JK: Indonesia Siap Dipimpin Presiden Non-Jawa

Posted by Unknown Sabtu, 12 Januari 2013 2 komentar
JK: Indonesia Siap Dipimpin  Presiden Non-Jawa
Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Kamis, 10 Januari 2013
SINGAPURA, Dalam wawancara yang dilakukan dengan harian Straits Times, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyatakan Indonesia siap dipimpin presiden non-Jawa. Keberhasilan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terpilih sebagai Wakil Gubernuh DKI Jakarta merupakan suatu kemajuan yang pesat.
JK menyadari kemenangan Ahok masih terbatas di Jakarta dan tentu saja perlu waktu bagi seluruh rakyat Indonesia untuk benar-benar siap dipimpin presiden non-Jawa. Namun, JK tetap menyuarakan optimismenya.
"Saya percaya hanya sekitar 30 persen penduduk Indonesia yang benar-benar berpikir bahwapresiden haruslah berasal dari suku Jawa," kata JK.
JK juga menceritakan mengenai latar belakang keluarganya di mana istrinya berasal dari Padang dan tiga anaknya menikah dengan suku Jawa. "Yang paling penting kita semua adalah bangsa Indonesia yang bersatu," ujar JK.
Wawancara dilakukan di sela-sela kunjungan JK ke Singapura, Kamis (10/1/2013). JK diundang sebagai pembicara utama forum tahunan Institute of Southeast Asian Studies (ISEAS). Dia diminta menyampaikan pandangannya mengenai kondisi regional Asia Tenggara.
Ditanya apakah akan maju atau tidak untuk Pilpres 2014, JK menjawab dengan diplomatis. "Saya tidak mengincar kursi presiden. Yang paling utama adalah bagaimana saya terus dapat berpartisipasi untuk menciptakan Indonesia yang jauh lebih baik."
Namun, JK juga menambahkan, kursi presiden tentu saja akan membantunya untuk menjalankan visi dan misi yang ada. "Saya selalu siap jika rakyat membutuhkan saya. Kita lihat saja perkembangan politik dalam beberapa bulan ke depan."
Ditanya mengenai umurnya yang akan mencapai 72 tahun depan, JK menegaskan bahwa umur bukanlah isu. Yang paling penting adalah akhlak, rekam jejak, dan prestasi. JK juga melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Lee Hsien Loong. Pertemuan mereka membahas mengenai perkembangan kondisi di Indonesia.

Sumber: merdeka.com

Baca Selengkapnya ....

Jokowi minta konflik Farhat Abbas tak diperpanjang

Posted by Unknown 0 komentar
Jokowi minta konflik Farhat Abbas tak diperpanjang

Kicauan Farhat Abbas yang menyerang etnis Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berbuntut panjang. Meski Ahok tak mempermasalahkan, namun ada juga yang melaporkan Farhat ke polisi.

Gubernur DKI Joko Widodo meminta agar kasus itu tidak terus diperpanjang. Menurutnya, itu hanya masalah kecil yang jika dibesar-besarkan akan mengganggu kinerja.

"Ya enggak apa-apa, mau diapain, biasa saja. Tidak usah dilaporkan lah, enggak masalah. Masalah kecil jangan dibesar-besarkan," kata Jokowi di LBH Jakarta, Jumat (11/1).

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam kicauan Farhat di Twitter, pengacara tersebut menulis @farhatabbaslaw : Ahok sana sini plat pribadi B 2 DKI dijual polisi ke org Umum katanya ! Dasar Ahok plat aja diributin ! Apapun plat nya tetap C***!

Akibatnya, Ramdan melaporkan Farhat mewakili Komunitas Intelektual Muda Betawi (KIMB) dan Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI) juga pribadi sebagai penduduk Indonesia. Ramdan melaporkan Farhat atas dugaan pelanggaran UU No. 40 tahun 2008 pasal 4 dan 16 tentang penghapusan diskriminasi etnis dan ras dan UU ITE pasal 27 ayat 2.

Selain itu, mantan narapidana Anton Medan juga sudah membawa kasus itu ke jalur hukum. Anton sendiri hari ini bertemu dengan Ahok

Sumber: merdeka.com.


Baca Selengkapnya ....

Sebelum kejutan 22 Januari, ada 5 Kejutan Jokowi pada 15 Januari 2013

Posted by Unknown 0 komentar
Sebelum kejutan 22 Januari, ada 5 Kejutan Jokowi pada 15 Januari
Jokowi jajal jalan layang non tol. nurul ©2013 Merdeka.com

Pemerintahan Jokowi dan Basuki Tjahaja Purnama di Jakarta akan segera mencapai 100 hari pertama. Semua upaya dilakukan Jokowi terutama mengatasi problem besar macet dan banjir. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjanjikan satu kejutan sebagai resolusi Pemprov DKI Jakarta di tahun 2013. kabar gembira itu akan langsung disampaikan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

"Pak gubernur akan bikin kejutan, tanggal 22 Januari," ujar Ahok di Balai Kota Jakarta, Rabu (2/1).

Tak cuma satu, kata Ahok, tapi banyak kejutan. Namun demikian, sebelum kejutan tanggal 22 Januari, ada kejutan pada 15 Januari. Apa saja?

1. Integrasi Kopaja ke jalur Busway

Integrasi Kopaja masuk jalur Busway akan diuji coba pada 15 Januari nanti. Integrasi secara fisik dan tiket akan diujicoba pada Kopaja S13 (Ragunan-Grogol) dan P20 (Lebak Bulus-Senen).

Sebelum kejutan 22 Januari, ada 5 Kejutan Jokowi pada 15 Januari

"Jadi, tanggal 15 sudah jalan,"ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono di Balaikota Jakarta, Senin (7/1).

Dia mengatakan yang akan diintegrasikan bukan untuk semua kopaja dan metromini. Namun, diperuntukkan untuk kopaja yang sudah direvitalisasi atau direhab.

"Contohnya, dia busnya baru, pakai AC, speknya tinggi, ada pintu ke busway. Jadi kopaja yang ada sekarang ya enggaklah. Untuk S13, 20 bus dan P20 ada 20 bus," terangnya.

Sistem tiketing untuk integrasi ini, Udar mengaku penumpang Kopaja akan ditarik bayaran Rp 5000. Dia memisalkan, Kopaja yang dari Lebak Bulus jalan, nanti jika sampai Kuningan penumpang berhenti dan ganti busway tidak akan dikenakan biaya kembali alias gratis.

"Enggak bayar lagi, begitu turun Transjakarta enggak bayar lagi," katanya.

2. Uji coba layang non tol Antasari-Blok M

Dari hasil tinjauan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) ke Jalan Layang Non Tol (JLNT) Antasari-Blok M siap diujicobakan pada 15 Januari. Nanti akan dibuka terlebih dahulu arah selatan. Yakni arah Blok M ke Cipete.

Sebelum kejutan 22 Januari, ada 5 Kejutan Jokowi pada 15 Januari
jalan layang non tol blok m-antasari. merdeka.com/Imam Buhori

"Nanti semua kendaraan bisa naik ke atas mulai 15 Januari," kata Kepala Seksi Simpang Tak Sebidang Dinas Pekerjaan Umum DKI, Heru Suwondo, kepada wartawan, Kamis (10/1).

Heru mengklaim pekerjaan proyek itu sudah berjalan 99 persen. Dia pun sudah menguji coba lebih dulu kemantapan aspal di fly over ini. Meskipun demikian, ada beberapa kekurangan. Salah satunya rambu-rambu lalu lintas dan tanam hijau (pohon).

"Tinggal trafficnya saja, kalau strukturnya sudah bisa dipakai semua," ujar Kepala Dinas PU Ery Basworo di JLNT Antasari-Blok M Jakarta Selatan, Kamis (10/1).

3. Penentuan nasib monorail

Jumat akhir tahun lalu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo rapat dengan PT Jakarta Monorail guna membahas tentang nasib monorail yang sudah lama mangkrak. Jokowi memberikan deadline hingga tanggal 15 Januari 2013.

Sebelum kejutan 22 Januari, ada 5 Kejutan Jokowi pada 15 Januari

"Kita berikan tenggat tanggal 15 harus siap semuanya. Masalah financial crossing, kajian teknis. Semuanya rampung dan sudah siap, Bappenas juga ada nanti kita libatkan

dari sisi pasokan listrik. Perkiraan saya pertengahan Januari akan saya putuskan," kata Jokowi di Kantor Balai Kota, Jakarta, Jumat (28/12).

Kemungkinan besar, Mantan Wali Kota Solo ini bakal tetap melanjutkan pembangunan Monorail dengan menggandeng PT Jakarta Monorail. Namun demikian, Jokowi belum memutuskannya.

4. Penentuan nasib MRT

Gubernur DKI Jokowi meminta pemerintah pusat membayar 60 persen dan pemerintah daerah 40 persen pada proyek MRT, Lebak Bulus-Bundaran HI.

"Hasil rapat nanti akan kita umumkan 15 Januari 2013. Sudah putus akan dibuat (MRT)," ucap Jokowi ketika ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (9/1).

Sebelum kejutan 22 Januari, ada 5 Kejutan Jokowi pada 15 Januari

Porsi pembayaran utang yang diminta ini berubah dari sebelumnya yaitu 42 persen pemerintah daerah dan 58 persen pemerintah pusat."Bebannya Pemda berapa dan pusat berapa nanti itu kita putuskan, Tawaran DKI tetap 60:40," ucapnya.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan perubahan komposisi pinjaman harus berdasarkan keputusan pemerintah. Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menjadi penentu apakah permintaan ini dikabulkan atau tidak.

"Nanti Pak Hatta yang akan menyampaikan," ujarnya saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu (9/1).

5. Pemantapan jalur busway

Jokowi ingin menjadikan jalur busway lebih produktif. Momentumnya akan diambil mulai 15 Januari ini. Tanggal 15 Januari bagaimana pak? Tanya wartawan. "Memang kita ingin jalur busway itu produktif. Artinya dari bus ke bus jangka waktu pendek. 3-5 menit. Jadi yang naik ga perlu nunggu 1 jam.

Menurut dia, armada akan ditambah 102 masuk pada koridor padat. "Sisanya baru disebar. Juni masuk lagi kira-kira 450-an untuk busway. Lalu tambah kopaja, metromini baru. Nanti kelihatan. Kalau sudah maksimal, baru masuk ke MRT, monorail, KRL, lalu diintegrasikan satu tiket. Akhir tahun ini kita sudah siapkan KA sampai Dukuh Atas, masuk ke busway, 1 tiket, lalu nanti bus sedangnya juga," papar Jokowi.

"AMDAL-nya nanti ditindaklanjuti oleh kementerian yang teknisnya lebih ngerti. Nanti dilihat saja tanggal 15," kata Jokowi.

Sumber: merdeka.com





Baca Selengkapnya ....

Ingkar janji soal jalan tol, Jokowi tuai kritik

Posted by Unknown 0 komentar
Ingkar janji soal jalan tol, Jokowi tuai kritik
gerbang Tol Cileunyi. ©2012 Merdeka.com

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tiba-tiba merespon positif proyek pembangunan enam ruas jalan tol. Padahal sebelumnya, pria yang akrab disapa Jokowi itu sangat antipati dengan proyek peninggalan mantan gubernur Fauzi Bowo.

Sinyal hijau itu ditunjukkan Jokowi usai mendengar paparan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto. Meski belum menghasilkan satu keputusan bulat, paling tidak Jokowi sudah punya ancang-ancang seperti apa tol yang harus dimilik Jakarta seandainya proyek ini berjalan.

"Dengan catatan, tol tersebut bisa dipakai untuk busway dan untuk angkutan massal. Jadi tol tidak hanya digunakan untuk pribadi," kata Jokowi kala itu.

Keputusan itu begitu cepat diambil Jokowi. Pasalnya, sejak dilantik Jokowi selalu menolak dengan konsep penambahan jalan. Mantan wali kota Solo itu tetap memilih peremajaan dan perbaikan angkutan massal untuk mengurai kemacetan Jakarta.

Meski belum ada kata sepakat antara Pemprov DKI dan pemerintah pusat dalam hal ini Kemen PU, ucapan Jokowi kala itu menuai kontroversi. Dia malah dicerca dan dianggap tidak membuat program yang pro rakyat.

"Saya tidak setuju dengan pembangunan itu, dia harusnya mengoptimalkan angkutan umum. Dia saja belum menjawab persoalan MRT," kata pengamat transportasi Agus Pambagio kepada merdeka.com, Jumat (11/1).

Agus menambahkan, penambahan ruas jalan sama dengan memangkas hak asasi manusia untuk menikmati fasilitas berkendara yang aman dan nyaman.

"Karena saya yakin pembangunan tol itu ke depannya untuk kendaraan pribadi bukan bukan untuk angkutan umum," tambahnya.

Kritik yang sama juga dilontarkan pengamatan perkotaan lainnya Marco Kusumawijaya. Dia menyarankan Jokowi melakukan uji publik terlebih dulu sebelum memutuskan setuju dengan proyek garapan bersama Kemen PU ini.

"Dia harus buat pertemuan publik seperti MRT dulu. Di situ kan ada yang pro dan kontra. Nah tapi sampai sekarang tidak, padahal proyek jelas lebih tinggi biayanya yakni mencapai Rp 42 triliun," tegas Marco.

"Jika memang bena ini memperjuangkan transparansi dan menunjukkan keberpihakan pada rakyat dia harus buat pertemuan itu," imbau Marco.

Lalu bagaimana tanggapan mitra Pemprov DKI Jakarta, Komisi B DPRD? Menurut anggota Komisi B Aliman Aat sesungguhnya proyek ini cukup baik. Namun Jokowi tampaknya masih grogi hadapi masalah macet di Jakarta.

"Secara garis besar kita setuju, tapi kenapa dia gak pernah diskusi ke kita," kata Aliman.

Dia melihat ada kebimbangan di diri Jokowi untuk menyelesaikan masalah macet di Jakarta.

"Pak Jokowi ini gak paham selesaikan masalah kemacetan, dia belum punya model dan sistem. Kemarin mengusulkan ganjil genap tapi belum ada kajian mendalam, akhirnya seperti orang bersiul. Kemudian MRT, semula membatalkan kemudian dia setuju, gitu juga 6 ruas tol," beber politikus Demokrat.

"Jadi saya lihat dia belum punya konsep tangani macet," tambah Aliman.

Dia juga heran kenapa Jokowi tak pernah duduk formal membahas proyek-proyek apa yang dibutuhkan Jakarta dengan DPRD.

"Dia memang pernah ngobrol, tapi di acara coffee morning gak ada konsultasi secara khusus ke kita. Nah karena belum jelas, tapi dia sudah lemparkan ke publik," keluh Aliman.

Sumber : merdeka.com


Baca Selengkapnya ....

Jawaban Jokowi atas kritik terhadap persetujuan 6 ruas tol

Posted by Unknown 0 komentar
Jawaban Jokowi atas kritik terhadap persetujuan 6 ruas tol
Demo tolak jalan tol. ©2012 Merdeka.com/Arie Basuki

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyetujui pembangunan 6 ruas tol baru di Jakarta. Tetapi Jokowi minta syarat yaitu 6 ruas tol baru harus boleh dilewati bus Transjakarta. Kritik atas persetujuan Jokowi terhadap 6 ruas tol baru itu bermunculan. Berikut ini jawaban lengkap Jokowi.


Di negara lain, rasio jalan dan kendaraan kurang lantas ditambah tetapi tetap macet?

Saya bilang kan dua-duanya itu harus jalan, kalau jalannya kurang mesti tambah jalan. Kalau transportasi massalnya kurang yah transportnya tambah. Jadi dua-duanya gak mungkin hanya tambah jalan apalagi jalan tol.

Jadi dua-duanya harus jalan? Iya, harus beriringan. Jadi rasionya itu ditambah. Tapi yang 6 ruas jalan tol memang betul-betul harus dilihat secara detil, artinya kalau untuk mobil pribadi maaf, gak boleh. Harus juga membuat transportasi massal umum.

Apa saja yang boleh masuk?

Yah Kopaja AC sama Transjakarta.

Tetapi di desain awal transportasi hanya 1?

Saya kan ngomongnya kemarin dengan catatan sepanjang jalan itu dipakai untuk transportasi umum massal.

Jadi Halte di jalan tol?

Ya kan untuk transportasi massal, semuanya harus kita masukan. Kalau kemarin gambarannya mmg ada layang, tapi ada shulter-nya. Saya nggak tahu, pelaksanaannya seperti apa, saya maunya dites.

Transjakarta saja yang 5 meter ga ada yang mau naik, itu 20-an meter bagaimana pak?

Lah iya saya ngomong itu, kalau gak bisa ya udah, kan sepanjang dengan catatan, gitu aja kok ribet.

Yang dipastikan?

Yang pertama itu tadi, yang kedua jangan banyak pintu. Saya itu iya dengan syarat-syarat.

Lah itu bukan urusannya Kemen PU, itu itung-itungan ekonomis dengan investor. Kemen PU memberikan izin karena ruas jalannya kurang. Saya juga sama, saya beri dengan catatan. Kalau dihitung secara ekonomis jadi gak jadi. Sekali lagi saya sampaikan saya pro pada transportasi massal, agar elevated bus bisa masuk silakan. Kalau ada tambahan koridor kan masuk, jangan dikomentari terlalu jauh dulu. Saya denger kok dari pakar-pakar, termasuk yang berkicau di Twitter. Lah iya saya juga ngerti, baca.

Mereka bilang bapak nggak pro rakyat kecil?

Lho gak pro gimana, itu kan transportasi massal. Transportasi massal itu untuk rakyat, biar kita bisa nikmati jalan tol. Setiap kepentingan rakyat apapun itu untuk transportasi massal. Berarti rakyat kecil enggak terakomodasi.

Bapak pernah bilang jalan tol lain aja dirubuhin?

Iya karena untuk pribadi.

Kenapa gak untuk pejalan kaki yang dana Rp 42 Triliun?

Nah ini investor seharusnya suruh bangun tol untuk jalan kaki. Kalau APBD dipakai untuk tol, yah ada-ada aja.

Dengan tambahnya ruas jalan tol, akan tambah berapa persen?

Target maksimal kira-kira rata-rata 12an persenlah.

Sampe 5 tahun ini akan sampai berapa?

Nggak tahu, di mana tempatnya untuk nambah.

Kan ada 2 ruas tahap pertama?

Itu yang prioritas. Yang prioritas kalau tol antarkota, yang 2 kota Bekasi-Tangerang. Tapi dengan catatan transportasi massalnya masuk.

Langkah selanjutnya apa?

Gak tahu, saya nanti mau mengundang investornya itu, saya juga gak ngerti investornya siapa. Nanti pakar, pengamat semuanya diundang.

Kalau jalan tol?

Belum ketemu, saya kan baru dengar dari Kemen PU, lho diterangkan dengan catatan, catatan itu jangan ditutup. Kalau perlu kamu block yang gede.

Publik hearing kapan?

Segera

Kurangnya rasio jalan bisa kapan?

Gak ngerti, kalkulasi itu pakarlah.

Di RPJMD ada gak pak?

Yah itu kan masalah teknisnya tapi sampai rute ke terkecil gak hafal. Saya juga gak pernah urusan ke RT dan RW juga.

Lingkungannya? Itu catatan tambahan, nah jadi ada 3 analisis dampak lingkungan harus juga masuk. Kalau gak masuk yah saya bilang sorry. Kalau menyebabkan macet yah tidak dong.

Jadi bisa di-sorry?

Iya. Pertama, transportasi massal masuk. Kedua, Amdal harus oke, ketiga pintu-pintu tidak terlalu banyak menyebabkan kemacetan. Ini syaratnya udah berat. Terus terang saya minta terus masukan-masukan dari siapapun.

Sumber : merdeka.com

Baca Selengkapnya ....

Jokowi: Saya Setujui 6 Ruas Tol untuk Rakyat

Posted by Unknown Jumat, 11 Januari 2013 0 komentar
Jokowi: Saya Setujui 6 Ruas Tol untuk Rakyat

Gubernur DKI Joko Widodo membantah bahwa persetujuannya terhadap pembangunan 6 ruas jalan tol yang melintas di Jakarta itu tidak pro-rakyat. Menurutnya, keputusan itu justru untuk rakyat.

"Lho...enggak pro gimana?! Itu kan transportasi massal. Transportasi massal itu untuk rakyat. Biar kita bisa menikmati jalan tol. Setiap kepentingan rakyat apapun itu untuk transportasi massal. Kalo enggak, ya berarti rakyat kecil tidak terakomodasi," kata Jokowi di Balaikota DKI, Jakarta, Jumat (11/1/2013).

Jokowi menjelaskan persetujuannya terhadap pembangunan 6 ruas jalan tol diputuskan dengan satu syarat, yakni mengizinkan transportasi umum untuk melintasi ruas tol yang dikomandani Kementerian Pekerjaan Umum itu. Karenanya, hal tersebut merupakan langkah yang pro-rakyat.

Mantan Walikota Solo ini menambahkan, pemberian izin tersebut diputuskan karena ruas jalannya kurang. Ia juga meminta masyarakat, terutama yang berkomentar menolak keputusannya lewat kicauan Twitter, untuk mengerti akan hal ini.

"Kementerian PU memberikan izin karena ruas jalannya kurang. Saya juga sama. Saya beri (setujui, red.) dengan catatan (syarat-syarat). Sekali lagi saya sampaikan, saya pro pada transportasi massal, agar elevated bus bisa masuk, silahkan. Kalo ada tambahan koridor kan masuk," tuturnya.

Sumber : liputan6.com

Baca Selengkapnya ....

Perusahaan Jusuf Kalla bantu Jokowi wujudkan monorail Jakarta

Posted by Unknown Kamis, 10 Januari 2013 0 komentar

Perusahaan Jusuf Kalla bantu Jokowi wujudkan monorail Jakarta

Jokowi sowan ke JK. ©2012 Merdeka.com/Mustiana Lestari

Sejak awal, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla sudah mendukung Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi untuk menata ibu kota. Saat ini, Jokowi sibuk 'safari' ke berbagai tokoh mulai dari Menteri Keuangan Agus Martowardojo, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, hingga Wakil Presiden Boediono untuk merealisasikan proyek monorail Jakarta yang mangkrak bertahun-tahun.

Jokowi sangat berambisi mewujudkan mimpi Jakarta memiliki sarana transportasi massal modern yang diyakini mampu menjadi solusi untuk mengurai masalah kemacetan ibu kota.

Di saat Jokowi dipusingkan dengan ketidakjelasan nasib proyek yang ditangani oleh Jakarta Monorail dan mundurnya Adhi Karya dari proyek tersebut, tiba-tiba perusahaan milik Jusuf Kalla melakukan ekspansi dengan berniat membeli sebagian besar saham Jakarta Monorail.

Jika proses akuisisi tersebut berjalan, maka Kalla Group akan menjadi penggarap proyek monorail. "Otomatis, mereka (Kalla Group) akan menggarap proyek ini," ungkap juru bicara PT Jakarta Monorail Bovanantoo kepada merdeka.com di Jakarta, Jumat (11/1).

Bovanantoo menuturkan, Jakarta Monorail tidak ragu jika Kalla Group ikut ambil bagian dalam menggarap mega proyek transportasi massal tersebut. Alasannya, kalla Group sudah teruji menggarap proyek-proyek besar, terutama di kawasan timur Indonesia.

"Mereka sudah cukup memahami dan menguasai bisnis ini, jadi pasti siap," katanya.

Dia menambahkan, rekam jejak proyek yang digarap oleh Kalla Group juga cukup berhasil. Termasuk proyek infrastruktur transportasi modern. "Kami anggap Kalla Group cukup berhasil di dunia infrastruktur. Sebelumnya kan mereka juga mengajukan untuk monorail Makassar," paparnya.

Proyek monorail dimulai pada masa Presiden Megawati Soekarnoputri dengan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso, sekitar 2004. Namun sejak pergantian presiden dan gubernur, periode Fauzi Bowo, proyek tidak diteruskan hingga kini. Lihat saja jejak proyek ini di Jalan Asia Afrika (Senayan) dan Jalan Rasuna Said (Kuningan). Di sana menyisakan tiang beton dan kolom mangkrak.

Proyek ini sesungguhnya sudah digagas sejak awal 2000-an. Penggagas studi kelayakan adalah PT Indonesian Transit Central (PT-ITC). Salah satu pemegang saham ITC adalah PT Adhi Karya. Transportasi monoraail ini semula dirancang hendak menggunakan teknologi Jepang.

Sistemnya meliputi kereta, listrik, sinyal, komunikasi, dan urusan tiket berbiaya USD 424 juta, plus biaya pegawai USD 235 juta. Sehingga total biaya mencapai USD 659 juta atau setara Rp 6,5 trilliun.

Dua jalur lintasan kereta dirancang sepanjang 24 kilometer dengan 27 stasiun, yaitu lintasan Green-line sepanjang 14,275 kilometer, membentang dari Palmerah, Gelora Bung Karno, Casablanca, Dukuh Atas, Karet, dan Pejompongan. Lintasan kedua, Blue-line sepanjang 9,725 kilometer, mulai dari Kampung Melayu, Tebet, Casablanca, Karet, Tanah Abang, Cideng, dan Taman Anggrek.

Setelah rancangan desain lintasan disetujui Pemerintah DKI, kemudian ITC bekerja sama dengan Omnico Singapore Pte menghasilkan PT Jakarta monorail (PT-JM). Kesepakatan keduanya, Omnico wajib mencari dana pembiayaan selama enam bulan. Sayang, Omnico tidak berhasil mendapat dukungan. Walhasil, monorail pun mangkrak.

Konsorsium BUMN yang digawangi oleh Adhi Karya berambisi 'menguasai' proyek ini. Mereka memilih tidak ingin bersinergi dengan perusahaan swasta dan ngotot agar proyek ini murni digarap oleh perusahaan-perusahaan pelat merah. Padahal, Jokowi sendiri meminta agar Adhi Karya akur dengan Jakarta Monorail agar proyek ini tidak sebatas angan.

Adhi Karya pun akhirnya memutuskan untuk mundur dan meminta Jakarta Monorail mengembalikan aset yang selama ini sudah dikeluarkan Adhi Karya untuk proyek tersebut.

Sumber : merdeka.com


Baca Selengkapnya ....

Android Hadir di "Rice Cooker"

Posted by Unknown 0 komentar
Panasonic

Google tidak berpuas diri setelah berhasil membuat Android menjadi sistem operasi mobile yang paling banyak digunakan di perangkat smartphone. Google akan mengembangkan Android ke arah lain yang belum pernah terpikirkan sebelumnya, yaitu perangkat rumah tangga.

Jangan kaget misalkan pada suatu hari menemukan alat penanak nasi (rice cooker) atau kulkas yang dipersenjatai dengan sistem operasi Android. Perangkat tersebut sebenarnya sudah mulai banyak beredar, walaupun belum masuk ke Indonesia.

Sebagai contoh, beberapa waktu yang lalu, Panasonic sudah meluncurkan sebuah alat rice cooker dengan Android di Jepang. Sistem operasi ini bisa digunakan untuk menentukan jenis nasi, berapa lama nasi akan ditanak, dan panduan untuk memasak nasi.

Selain itu, Panasonic juga sudah meluncurkan perangkat microwave berbasis awan. Dengan menggunakan produk ini, pengguna dapat mencari resep dan memprogram masakan langsung melalui smartphone.

Perusahaan elektronik asal Korea, LG, juga sudah membuat perangkat kulkas yang dilengkapi sistem operasi Android. Perangkat tersebut dinamakan Smart ThinQ Refrigerator.

Melalui layar LCD yang ada di kulkas ini, para pengguna dapat melihat makanan apa saja yang terdapat dalam produk ini, di mana diletakkannya, dan informasi mengenai tanggal kadaluwarsa. Informasi tersebut juga dapat diakses melalui perangkat smartphone.

Dengan Android dan internet, perangkat-perangkat di rumah akan semakin terkoneksi dan memudahkan kehidupan penggunanya. Di masa yang akan datang, apakah Anda tertarik menggunakan perangkat-perangkat seperti yang sudah disebutkan sebelumnya?

Sumber : kompas.com


Baca Selengkapnya ....

Yu Youzhen, Wanita Kaya Penyapu Jalan

Posted by Unknown 0 komentar
Yu Youzhen, Wanita Kaya Penyapu Jalan
Yu Youzhen (53) meski sudah kaya raya tetap mempertahankan pekerjaan penyapu jalan kota Wuhan, China, yang sudah digelutinya sejak 1998.

Yu Youzhen (53) bukan perempuan biasa. Warga kota Wuhan, China ini memiliki kekayaan yang luar biasa. Menurut harian South China Morning Post, Yu adalah pemilik 17 gedung apartemen di Wuhan dengan nilai aset sebesar 1,6 juta dollar AS atau lebih dari Rp 15 miliar.

Namun, tak seperti orang kaya lainnya yang memilih bersantai menghitung kekayaan atau bepergian ke luar negeri, Yu tetap memilih bekerja di usianya yang sudah senja itu. Dan, pekerjaan yang dipilih Yu adalah petugas kebersihan kota dengan gaji hanya sekitar Rp 2 juta sebulan.

Sudah sejak 1998, Yu bekerja sebagai petugas kebersihan kota. Dia harus bangun sejak pukul 3.00 dini hari, lalu bekerja selama enam jam penuh membersihkan ruas jalan sepanjang 3 km dari sampah dan kotoran lainnya. Tak hanya itu, Yu harus bekerja selama enam hari dalam sepekan.

Sejatinya, Yu dan suaminya memang terlahir dari keluarga miskin dan terbiasa bekerja keras. Sejak 1980-an, Yu dan suaminya bekerja dari pagi hingga malam demi bisa menyisihkan sedikit uang.

Jerih payah mereka terbayar, ketika mereka akhirnya bisa membangun rumah tiga lantai. Nah, beberapa ruangan di rumah tiga lantai inilah yang kemudian disewakan Yu untuk warga desa yang merantau ke Wuhan.

Dengan menyewakan ruangan dengan harga 50 yuan atau sekitar Rp 75.000 sebulan, Yu bisa menyisihkan uang untuk membangun lebih banyak apartemen. Hanya dalam beberapa tahun, Yu sudah memiliki lima gedung apartemen.

Kembali ke masa kini, banyak orang tak memahami mengapa Yu, yang sudah berkelimpahan uang, tetap bekerja sebagai pembersih jalanan. Apa sebenarnya motivasi Yu mempertahankan pekerjaannya?

"Saya ingin menjadi contoh bagi putra dan putri saya. Seseorang tak bisa hanya duduk di rumah dan memakan semua kekayaannya," kata Yu menjelaskan motivasinya.

Bahkan Yu tak segan-segan memperingatkan kedua anaknya agar tak bermalas-malasan.

"Jika mereka tak mau bekerja maka saya akan serahkan semua kekayaan saya kepada negara," ujar Yu.

Dan ancaman sang ibu ternyata cukup manjur. Putranya kini bekerja sebagai pengemudi di kawasan Donghu dengan gaji sekitar Rp 3 juta sebulan. Sementara putrinya bekerja sebagai karyawan sebuah perusahaan dengan penghasilan hampir Rp 5 juta sebulan.
Sumber : oddity central


Baca Selengkapnya ....

Farhat: Basuki Jutek, Ngeyel, dan Nyolot

Posted by Unknown 0 komentar
Farhat: Basuki Jutek, Ngeyel, dan Nyolot
Farhat Abbas saat mendatangi Balai Wartawan Polda Metro Jaya untuk mengklarifikasi pernyataannya di situs jejaring sosial Twitter, Kamis (10/1/2013).

Farhat Abbas menuai kecaman akibat kicauannya di Twitter yang dinilai bernada rasialis terhadap Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Meski demikian, Basuki menyatakan tidak tersinggung ataupun berniat membawa omongan Farhat itu ke ranah hukum.

Sikap tenang Basuki tersebut ternyata tidak menghentikan Farhat menyampaikan kritikannya terhadap pria yang akrab disapa Ahok tersebut. Saat ditemui di Mapolda Metro Jaya, Farhat yang kondang dikenal sebagai advokat ini menyampaikan pandangannya terhadap Basuki.

"Saat pilkada kemarin, saya memilih Basuki. Karena orang dari rumpunnya, dia biasanya ulet dan pekerja keras," kata Farhat di Mapolda Metro Jaya, Kamis (10/1/2013).

Namun, Farhat mengakui, ia merasa terusik atas ucapan Basuki yang menuding pelat nomor B 2 DKI yang seharusnya menjadi milik wakil gubernur sudah dijual oleh Polda Metro Jaya. "Karena ucapannya itu, saya jadi menganggap dia sebagai wagub yang cerewet dan resek. Saya cuma berharap semoga kemacetan di Jakarta ini bukan karena polisi yang tersinggung atas omongannya Ahok itu," kata Farhat.

Lebih jauh, ia menilai, bahwa kinerja Basuki dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sejak terpilih hanyalah berisi pencitraan-pencitraan belaka. "Yang saya lihat, dia hanya blusukan dan pencitraan, seperti membagikan parsel ke penjaga pintu air," kata suami artis Nia Daniati ini.

Menurutnya, kebijakan-kebijakan Jokowi-Basuki hanya membuat masyarakat yang miskin akan tetap miskin. "Buat saya, orang miskin itu tidak perlu dipelihara karena merupakan penyakit sosial, jadi harusnya tidak perlu diiming-imingi digaji atau disejahterakan oleh dana APBD. Kalau semua di Jakarta apa-apa gratis, orang makin banyak yang akan datang ke Jakarta. Makanya, hati saya gatal untuk protes," ujarnya.

Ia juga menilai inovasi Basuki untuk mengunggah tayangan rapat ke situ Youtube sebagai tindakan yang mempermalukan pejabat DKI Jakarta. "Kalau dia memang berwibawa, dia tidak harus masukkan ke Youtube. Lagi pula kalau tidak ada hasil juga buat apa," ujar Farhat.

Farhat pun mengakui, dia telah mengirimkan permintaan maaf kepada Basuki. Namun, lagi-lagi ia menyiratkan ketidakpuasannya atas respons Basuki yang enggan memperpanjang masalah ini atau membawa ke ranah hukum. "Dia cuma bilang dia tidak merasa saya salah, tandanya kan dia ngeyel. Selain ngeyel, dia juga jutek dan nyolot," kata Farhat.

Farhat menuai kritik dan menghadapi tudingan sebagai sosok rasialis akibat kicauannya di jejaring sosial Twitter. Dalam kicauannya, Rabu (9/1/2013) kemarin, Farhat mengkritik perkataan Basuki perihal pelat nomor B 2 DKI, tetapi menyelipkan kalimat yang mengungkit-ungkit latar etnis Basuki.

Pihak Polda Metro Jaya sendiri telah menyampaikan klarifikasi seputar ucapan Basuki ini. Menurut Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Wahyono, Jumat (4/1/2013), pelat nomor tersebut masih disimpan oleh pihak Polda Metro Jaya dan tidak diberikan ke pengusaha seperti yang disebut oleh Basuki.

Sumber: kompas.com

Baca Selengkapnya ....

Angelina Sondakh Divonis 4,5 Tahun Penjara

Posted by Unknown 1 komentar
Angelina Sondakh Divonis 4,5 Tahun Penjara

Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta menjatuhkan vonis berupa hukuman empat tahun enam bulan penjara ditambah denda Rp 250 juta subsider kurungan enam bulan kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat Angelina Sondakh alias Angie. Hakim menilai, Angie terbukti melakukan tindak pidana korupsi secara berlanjut dengan menerima pemberian berupa uang senilai total Rp 2,5 miliar dan 1.200.000 dollar Amerika dari Grup Permai.

Selaku anggota DPR sekaligus Badan Anggaran DPR Angie menyanggupi untuk menggiring anggaran proyek perguruan tinggi di Kementerian Pendidikan Nasional sehingga dapat disesuaikan dengan permintaan Grup Permai.

Putusan ini dibacakan majelis hakim Tipikor yang terdiri dari Sudjatmiko (ketua), Marsudin Nainggolan, Afiantara, Hendra Yosfin, dan Alexander secara bergantian dalam persidangan yang berlangsung di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (10/1/2013).

"Menyatakan terdakwa Angelina Patricia Pingkan Sondakh terbukti sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara berlanjut sebagaimana diancam dan diatur dalam Pasal 11 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 64 ayat 1 KUHP sebagaimana dakwaan ketiga," kata ketua majalis hakim Sudjatmiko.

Vonis ini jauh lebih ringan dibanding tuntutan jaksa KPK yang meminta agar Angie dihukum 12 tahun penjara ditambah denda Rp 500 juta subsider enam bulan kurungan. Putusan ini juga tidak mengharuskan Angie membayar kerugian negara sesuai dengan nilai uang yang dikorupsinya sebagaimana yang dituntut oleh jaksa KPK.

Mengenai jumlah uang yang dianggap terbukti diterima Angie pun berbeda dengan pendapat jaksa. Menurut majelis hakim, Angie hanya terbukti menerima uang Rp 2,5 miliar dan 1.200.000 dollar Amerika, atau sekitar Rp 14,5 miliar. Sementara menurut jaksa, Angie terbukti menerima uang senilai total Rp 12,58 miliar dan 2.350.000 dollar AS sepanjang 2010. Hakim juga menilai Angie tidak terbukti menggiring anggaran proyek wisma atlet SEA Games Kemenpora.

Lamanya masa hukuman Angie yang diputuskan majelis hakim ini jauh lebih ringan dari tuntutan jaksa karena penerapan pasal yang berbeda. Hakim menilai Angie terbukti melanggar Pasal 11 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 64 ayat 1 KUHP, sementara jaksa memilih Pasal 12 huruf a juncto Pasal 18 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 64 Ayat 1 KUHP, yang ancaman hukumannya lebih berat, maksimal 20 tahun penjara.

Dalam memutuskan perkara ini, majelis hakim juga mempertimbangkan hal-hal yang dianggap meringankan hukuman Angie. Hakim menilai Angie bersikap sopan selama persidangan, menjadi orang tua tunggal yang memiliki tanggungan anak-anak yang masih kecil, masih muda, serta berjasa mewakili bangsa  dan negara dalam forum nasional maupun internasional.

Sementara hal yang memberatkan, perbuatan Angie dianggap berpotensi membuka pintu gerbang tindak pidana korupsi berikutnya, yakni pengaturan pemenang tender proyek Kemendikas yang anggarannya sudah gol. Selain itu, perbuatan Angie telah merenggut hak sosial dan eknonmi masyarakat.

"Karena anggaran tidak sepenuhnya digunakan untuk masyarakat dan selaku anggota DPR tidak memberi teladan kepada masyarakat, tidak mengakui perbuatannya, dan tidak menyesalinya," kata hakim Sudjatmiko.

Fee Lima Persen

Majelis hakim menguraikan, uang Rp 2,5 miliar dan 1.200.000 dollar AS yang diterima Angie merupakan realisasi atas janji Grup Permai untuk memberikan fee lima persen dari nilai proyek. Pemberian fee itu disepakati dalam beberapa kali pertemua Angelina dengan staf pemasaran Grup Permai, Mindo Rosalina Manulang.

"Pemberian fee pernah dibahas saksi Mindo dengan terdkawa dalam beberapa kali pertemuan, di sepakati fee lima persen. Fee dibayarkan dulu 50 persen saat pembahasan anggaran, dan 50 persen lainnya setelah DIPA (daftar isian pelaksanaan anggaran) turun," kata hakim Hendra.

Adapun Angelina diperkenalkan kepada Mindo oleh Muhammad Nazaruddin sekitar Februari-Maret 2010. Saat itu, Nazaruddin masih menjadi anggota DPR sekaligus bendahara umum Partai Demokrat. Berdasarkan fakta persidangan, Angie juga dianggap terbukti memperkenalkan Mindo dengan Sekretaris Dikti Kemendiknas Haris Iskandar.

Perkenalan Mindo dengan Haris tersebut membuka jalan untuk mengatur universits saja yang akan mendapat jatah anggaran pengadaan sarana dan prasarana. "Menurut saksi Haris, saat itu terdakwa Angelina mengatakan, ada tiga sampai empat perguruan tinggi yang bisa dibantu. Saksi pun bertukar pin BB dengan Mindo dan terdakwa," kata hakim Hendra.

Dalam amar putusannya majelis hakim Tipikor juga menganggap transkri pembicaraan BlackBerry Messenger (BBM) antara Angie dengan Mindo Rosalina sebagai bukti yang sah. Transkrip pembicaraan tersebut, menurut hakim, sah menunjukan adanya permintaan uang oleh Angie kepada Mindo dan menunjukkan penyerahan uang. "Meskipun penyerahan uang dilakukan secara tidak langsung, melalui kurir terdakwa, yakni Jefri dan Alex," tambah hakim Hendra.

Angie Pikir-pikir

Mendengar putusan ini dibacakan, Angie tampak tenang. Dia tidak menangis sesenggukan seperti saat membacakan nota pembelaannya dalam persidangan beberapa waktu lalu. Atas putusan ini, baik Angie maupun pengacaranya menyatakan pikir-pikir apakah akan mengajukan banding atau tidak. Demikian juga dengan tim jaksa penuntut umum KPK.

Saat pembacaan vonis ini berlangsung, sejumlah anggota keluaga Angie tampak hadir di ruang persidangan. Namun tidak terlihat politikus Partai Demokrat di Pengadilan Tipikor sejak siang tadi. Seusai pembacaan vonis, keluarga Angie langsung berhamburan memeluk Putri Indonesia 2001 itu. Tampak di antara kerumunan keluarga, penyanyi Reza Arthamevia  yang juga mantan istri mendiang suami Angie, Adjie Massaid.

Sumber : kompas.com

Baca Selengkapnya ....

Kok Bisa Pilihan SBY Jatuh kepada Roy Suryo?

Posted by Unknown 0 komentar
Kok Bisa Pilihan SBY Jatuh kepada Roy Suryo?Roy Suryo

Politisi Demokrat Roy Suryo, Jumat (11/1/2013), memastikan bahwa ia adalah Menteri Pemuda Olahraga yang ditunjuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menggantikan Andi Mallarangeng. Pagi ini, ia menjalani fit and proper test di Istana Negara, Jakarta. Sejak Andi mundur dari kursi Menpora, awal Desember 2012, posisinya sementara dijabat Menko Kesra Agung Laksono.

"Tadi sudah disampaikan bahwa Presiden sudah tunjuk saya. Selanjutnya akan dilantik. Saya belum tahu kapan dilantiknya, diminta siap-siap," kata Roy, seusai bertemu Presiden.

Kabar bahwa Roy ditunjuk sebagai Menpora sempat disampaikan anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Ahmad Mubarok, Kamis (10/1/2013). Pilihan terhadap Roy terbilang mengejutkan lantaran pria berkumis itu lebih kerap tampil sebagai pengamat telematika dan anggota Komisi I DPR. Roy juga tidak menempati posisi strategis dalam kepengurusan Partai Demokrat. Ia menjabat sebagai Sekretaris Divisi Pembinaan Anggota Partai Demokrat.

Posisi Roy di Demokrat jelas kalah jauh dibandingkan para politisi Demokrat lain yang santer disebut menduduki kursi Menpora, yakni Wakil Sekretaris Jenderal Saan Mustopa dan Wakil Sekretaris Jenderal Ramadhan Pohan. Lalu, mengapa Presiden SBY memilih Roy?

Direktur Eksekutif Pol-Tracking Institute Hanta Yudha AR menilai, pemilihan Roy Suryo sebagai Menpora tidak lepas dari faksi-faksi yang ada di kubu Partai Demokrat. Roy dinilai tidak terlibat langsung dalam dinamika pertarungan kubu-kubu di internal Partai Demokrat.

"Selain itu, Roy juga sangat jarang memberikan komentar khusus soal dinamika internal Partai Demokrat, seperti Anas versus Cikeas, beda dengan nama-nama, seperti Ruhut, Sutan, Saan, Pasek," kata Hanta, Jumat (11/1/2013), saat dihubungi wartawan.

Menurut dia, Roy bisa dibilang netral dan tidak terlalu dekat dengan kubu Anas. Pada Kongres Demokrat lalu, Roy merupakan salah satu pendukung Andi Mallarangeng, tetapi ia juga tidak terlibat langsung dalam pertarungan antarfaksi.

"Meski juga tidak terlalu dekat dengan Cikeas, loyalitasnya relatif baik. Jadi resistensi dari internal tidak akan terlalu kuat," kata Hanta.

Selama ini, Hanta menilai, Presiden SBY tidak pernah menempatkan kader Demokrat dari kubu Anas menjabat sebagai menteri. "Sehingga posisi Roy Suryo relatif mendapat kepercayaan dari SBY," katanya.

Sumber : kompas.com

Baca Selengkapnya ....

Jokowi-Ahok bicara soal persetujuan 6 ruas tol baru

Posted by Unknown 0 komentar
Jokowi-Ahok bicara soal persetujuan 6 ruas tol baru
Pelantikan Jokowi-Ahok. ©2012 Merdeka.com/arie basuki

Duet pimpinan DKI Jakarta Gubernur Joko Widodo dan Wagub Basuki T Purnama menyampaikan alasan mengapa mereka setuju dengan 6 ruas tol baru. Menurut Ahok, sapaan akrab Basuki, tol itu bagus untuk penghematan.

"Jalan tol itu juga bisa menghemat. Jauh lebih besar dia punya fungsi. Kalau yang lain perlu kajian. Kalau tol itu perlu untuk memindahkan barang dari Banten dan Priok," ujar Ahok di Balai Kota, Kamis (10/1).

Menurut Ahok, kemacetan karena ruas tol sebenarnya tampak pada pintu keluar yang mengarah ke mal atau rumah. "Jadi intinya tol itu bagus selama bisa memindahkan orang atau barang ke tujuan yang jauh, yang selama ini harus melalui jalur berliku," ujarnya.

Sementara Jokowi menjelaskan, sebenarnya dia pro pada transportasi masal. Tetapi, dia mengakui di Jakarta rasio kendaraan dan jalan masih belum berimbang. "Sehingga mau tidak mau jalan itu, harus tetap dilebarin. Tetapi transportasi massalnya juga harus segera disiapin itu pun tanpa dibarengi dengan kebijakan-kebijakan yang mendukung juga tidak akan kelihatan hasilnya," ujar Jokowi.

Kebijakan lain itu seperti ganjil genap, electronic road pricing (ERP), serta pajak parkir tinggi di area Central Bussines Distric (CBD) diharapkan bisa mengurangi kemacetan.

"Kalau berjalan hanya transportasi massalnya saja enggak mungkin ngaruh banyak. Semua jurus harus dikeluarkan," katanya.

Sumber : merdeka.com

Baca Selengkapnya ....

Ahok: Kasihan Farhat, capres ganteng pakai SARA

Posted by Unknown 0 komentar
Ahok: Kasihan Farhat, capres ganteng pakai SARA
Farhat Abbas. ©2012 Merdeka.com

Tidak ada angin dan hujan, pengacara Farhat Abbas menyerang Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Dalam akun Twitter resmi miliknya, Farhat mengaitkan etnis dan prilaku Ahok yang meributkan soal pelat nomor dinasnya yang dijual ke swasta.

Ahok menanggapi santai serangan itu. Dia malah menyayangkan pria yang mengaku bermimpi jadi capres itu malah bermain-main dengan isu SARA.

"Kasihan saja kalau ganteng-ganteng capres pake istilah SARA itu," kata Ahok di Balai Kota Jakarta, Kamis (10/1).

Ahok tak mau menanggapi lebih ucapan suami artis Nia Daniati itu. Apalagi Ahok mengaku tak mengenal Farhat.

Berikut wawancara Ahok saat ditanya seputar ucapan nyeleneh Farhat di Twitter:

Pernah ketemu Farhat?
Ketemu sekali saja si, pas acara Pak Mahfud.

Soal ocehan Twitter farhat?
Ya biasa-biasa saja, cuma kasian saja diserang begitu banyak orang.

Dia sudah minta maaf, tanggapannya?
Ngapain sih minta maaf, gue juga nggak marah kok. Saya nggak tersinggung kok. Cuma kasian saja diserang orang terus, anak muda kok diserang terus, apalagi dia katanya capres termuda.

Dia juga bilang capres terganteng pak?
Nah itu, maka kasian saja kalau ganteng-ganteng capres pakai istilah (Sara) itu.

Kata Farhat tunggu kritikan?
Ya bagus donk, mana ada pejabat yang mau ajak wartawan buat ngeritik. Justru kita seneng dikritik.

Ada yang melaporkan Farhat ke polisi terkait Twitter, tanggapannya?
Aku gak tau itu, itu bisa saja orang melaporkan itu dengan alasan melanggar UU. Aku tidak permasalahkan itu.

Dimaafin gak pak?
Ha ha ha, zaman segini masih ngomong soal kesukuan. Zaman dulu penjajahan aja gak ngomongin kok. Saya malah kasian. Anak muda, ganteng-ganteng mau jadi capres muda tapi nggak ngerti empat pilar

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam kicauan Farhat di Twitter, pengacara tersebut menulis @farhatabbaslaw : Ahok sana sini plat pribadi B 2 DKI dijual polisi ke org Umum katanya ! Dasar Ahok plat aja diributin ! Apapun plat nya tetap C***!

Setelah mendapatkan banyak serangan, Farhat akhirnya minta maaf.

Sumber : merdeka.com

Baca Selengkapnya ....

PKS: Jokowi asal-asalan bikin program deep tunnel

Posted by Unknown 0 komentar
PKS: Jokowi asal-asalan bikin program deep tunnel
Jokowi. ©2013 Merdeka.com/imam buhori

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Triwisaksana kembali bersuara lantang soal rencana kebijakan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi). Kali ini ia menyoroti mega proyek terowongan multi fungsi (deep tunnel).

"Mau Pak Jokowi bilang proyek deep tunnel bukan wangsit, tetap saja, seharusnya dalam menentukan proyek itu dengan strategic planning (rencana strategis) yang jelas," ujar Triwisaksana di Gedung DPRD Jakarta, Kamis (10/1).

Politikus PKS ini mengatakan, Pemprov DKI seharusnya mengacu pada Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Meski Jokowi tengah merancang payung hukum deep tunnel untuk masuk dalam RPJMD, Sani menilai seharusnya Jokowi tidak serta merta memasukkan suatu proyek dalam RPJMD.

"Enggak bisa dadakan untuk main masukin ke RPJMD, ini ngurus kota bukan ngurus halaman rumah, harus ada kajian yang matang," katanya.

Meski tidak sepakat, Sani belum membicarakan proyek ini ke Jokowi. Ia saat ini akan melihat perkembangan proyek yang digagas Jokowi tersebut.

"Buat apa inisiasi, orang Jokowi-nya saja sampai sekarang masih bingung, nantilah kalau memang kajiannya sudah jelas, baru kita bahas. Sampai saat ini, DPRD belum mendapatkan penjelasan soal deep tunnel," terangnya.

Sani menuding, Jokowi terkesan memilah-milah beberapa proyek. Seharusnya, semua proyek dilakukan public hearing.

"Kenapa tidak semua proyek dilakukan public hearing? Dan semua itu sebenarnya bisa terjawab bisa ada strategic planning dalam membuat program," tandasnya.

Sumber : merdeka.com

Baca Selengkapnya ....

Ribut berat soal busana pengundang syahwat

Posted by Unknown 0 komentar
Ribut berat soal busana pengundang syahwat
Baju karet gelang. ©odditycentral.com

Bukan hanya syariah Islam melarang perempuan untuk berpakaian terbuka, umat Hindu di Desa Khedar, Provinsi Hisar, India, melarang para gadis memakai celana jins dan kaus oblong.

Seperti dilansir dari surat kabar the Daily Mail (9/1), anggota parlemen Khedar telah mengesahkan aturan itu untuk mengurangi tindak kejahatan seksual pada perempuan. Pelarangan ini ternyata lebih dulu muncul di Negara Bagian Bihar.

Juru bicara pemerintah setempat Nitish Kumar mengatakan sudah membuat rancangan beleid melarang para gadis memakai busana ketat dan rok pendek sebab disinyalir menjadi penyebab utama lelaki melakukan pemerkosaan. Pengadilan di Desa Siswan Kala populasi mayoritas muslim mendesak undang-undang ini segera disahkan.

Tak hanya melarang berpakaian seksi, pengadilan desa itu sudah mempersiapkan denda sebesar Rp 886 ribu jika mereka berani memakai busana mengundang syahwat. Pemerintah Bihar memerintahkan para orang tua agar membelikan anak-anaknya penutup tubuh lebih sopan, seperti dilansir situs gulfnews.com (3/1).

Namun apa lacur ternyata banyak label busana kelas dunia justru mengeluarkan koleksi musim panas 2013 mereka identik serba terbuka dan menonjolkan beberapa bagian tubuh seperti dilansir situs sacbee.com (7/1). Produksi busana lokal pun cenderung mengikuti gaya pakaian seperti itu. para produsen busana tidak memberikan pilihan banyak untuk pakaian tertutup kecuali di negara menerapkan syariah Islam ketat atau mayoritas muslim.

Kolumnis Tory Shepherd menuliskan di situs adelaidenow.com.au (31/12/2012), kasus pemerkosaan bukan salah pelaku melainkan korban. Ini menyindir mereka berpikiran sempit masih berlaku pada kaum konservatif memandang perempuan memakai busana sedikit ketat, hingga berjalan dengan teman pria sebagai wanita murahan. "Katakan pada lelaki-lelaki itu, bukan salah perempuan memakai rok mini, tapi bilang pada mereka untuk tidak memperkosa," ujar dia.

Perdebatan panjang ini jelas tak pernah selesai. Pelaku mengklaim mereka tergoda hawa nafsu melihat korban berpakaian seronok, sementara korban seperti jatuh tertimpa tangga. Belum lagi memperbaiki trauma malah dianggap membangkitkan syahwat.

Sumber : merdeka.com

Baca Selengkapnya ....

5 peristiwa paling aneh sejagat

Posted by Unknown 0 komentar

Lima peristiwa paling aneh sejagat

Taliban melatih kera memegang senapan serbu AK-47. istimewa ©2013 Merdeka.com

Banyak peristiwa tidak masuk akal terjadi di sekitar kita, namun lima kejadian ini bakal membuat Anda ternganga serta berujar bagaimana itu bisa terjadi. Nyatanya lima perkara aneh ini benar-benar fakta, seperti kembar tiga namun berjarak umur hingga 11 tahun atau kelompok militan Taliban melatih kera untuk menggunakan senjata bahkan senapan serbu AK-47.

Dilansir dari listsverse.com, peristiwa aneh dan unik ini berlangsung di luar akal sehat manusia pada umumnya. Seperti apa kejadian pernah menghebohkan sejagat itu? Berikut ulasannya.

1. Kembar tiga berjarak usia 11 tahun

Ini mungkin peristiwa paling aneh sejagat pernah menimpa ibu asal Kota Birmingham, Inggris, bernama Lisa Sheperd. Dia melahirkan anak kembar tiga, namun bayinya terakhir terpisah jarak 11 tahun dari kedua kakaknya.

Lima peristiwa paling aneh sejagat
Si kembar tiga dengan jarak umur 11 tahun.


Ketiga anak itu bernama Bethany dan Megan lahir pada 1998, sementara di tengah kembaran mereka Ryleigh baru muncul ke dunia tiga tahun lalu.

Menurut keterangan dokter menangani kelahiran kembar tiga itu, Bethany dan Megan mempunyai embrio kuat hingga bisa bertahan dan lahir tepat pada waktunya. Sedangkan embrio Ryleigh lemah hingga harus dibekukan 11 tahun dan akhirnya dia lahir pada 2010.

2. Tertembak di kepala dan baru tahu lima tahun kemudian

Seorang lelaki Jerman tidak disebutkan namanya ternyata tidak mengetahui jika dia telah tertembak di kepala pada malam tahun baru 2004 sebab sangat mabuk.

Lima peristiwa paling aneh sejagat
Foto sinar X kepala lelaki terkena tembakan peluru. istimewa 

Lelaki itu baru menyadari sebuah peluru kaliber 0,22 tertanam di kepala pada 2009. Itu pun secara tidak sengaja saat dirinya pergi ke dokter dengan keluhan perut.

Dia mengakui pada malam itu seperti terhantam benda berat di kepala. Namun dia pikir bukan sesuatu yang berarti.

3. Taliban latih kera dengan AK-47

Kelompok militan Taliban di Afghanistan telah menciptakan sepasukan mujahidin monyet. Tidak tanggung-tanggung, para kera dan babon ini berlatih dengan senapan serbu AK-47 untuk menembak militer Amerika Serikat pada 2010.

Kejadian ini membuat banyak pihak bengong. Bahkan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) ikut menyelidiki kasus itu.

4. Bayi selamat terlempar dari lantai tujuh

Seorang bayi perempuan 15 bulan tidak disebutkan namanya selamat saat terlempar dari lantai tujuh sebuah gedung apartemen. Dia beruntung lantaran seorang lelaki langsung menangkapnya.

Lima peristiwa paling aneh sejagat
Bayi 15 bulan terlempar dari lantai tujuh apartemen.

Bayi asal Ibu Kota Paris, Prancis, itu bermain dekat jendela tanpa pengawasan. Ketika dia jatuh lelaki yang menangkapnya melihat lalu berlari secepat kilat menyambar bocah itu. Massa di sekitar tempat kejadian memperkirakan lelaki itu pemain rugby, permainan bola asal Amerika Serikat.

5. Pramugara berhenti kerja saat pesawat ada di udara

Aksi ini sungguh aneh tapi benar-benar terjadi. Lelaki bernama Steven Slater berprofesi sebagai pramugara pesawat JetBlue melayani penerbangan antar negara bagian di Amerika Serikat memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya justru di saat burung besi itu tengah lepas landas.

Lima peristiwa paling aneh sejagat
Pramugara berhenti bekerja saat pesawat lepas landas.

Steven asal Kota Pittsburgh, Negara Bagian Pennsylvania, membuka pintu darurat dan terjun langsung menggunakan peluncur karet. Dia berhenti bekerja lantaran bertengkar dengan salah satu penumpang. Sebelum melakukan aksinya, dia terlebih dulu mengambil pengeras suara dan memaki-maki penumpang.

Sumber : merdeka.com




Baca Selengkapnya ....

Banyak Bayi Rewel Ditenangkan TV

Posted by Unknown Rabu, 09 Januari 2013 0 komentar


Walau para pakar menyatakan bayi dan anak-anak sebaiknya jangan terlalu lama menonton televisi, tetapi cukup banyak ibu yang memilih tayangan TV untuk menenangkan bayinya yang sedang rewel.

Hasil penelitian menunjukkan, bayi-bayi yang aktif dan dianggap rewel oleh ibunya terpapar tayangan TV lebih banyak dibanding dengan bayi yang lebih anteng.

Banyak sedikitnya bayi menonton TV itu ternyata juga terkait dengan tingkat pendidikan ibunya. Para ibu yang berpendidikan rendah atau kegemukan cenderung membiarkan bayinya menonton TV lebih banyak.

Studi tersebut melibatkan 217 ibu berkulit hitam dan bayinya yang tinggal di wilayah North Carolina, AS. Tim peneliti mendatangi rumah para responden saat bayi berusia 3 bulan, kemudian riwayat kesehatan bayi diikuti sampai berusia 18 bulan.

Bayi berusia 3 bulan dalam penelitian itu rata-rata menonton TV 2,6 jam setiap hari. Di usia setahun, hampir 40 persen bayi menonton TV lebih dari 3 jam setiap hari. Bayi yang lebih rewel menonton lebih lama dibanding bayi yang anteng.

Penelitian sebelumnya menemukan bayi yang rewel beresiko tinggi obesitas di kemudian hari. "Ibu mereka memanfaatkan tayangan TV untuk menenangkan atau menghibur mereka," tulis peneliti dalam jurnal Pediatrics.

Terlalu banyak menonton TV di usia dini dikhawatirkan akan membentuk kebiasaan sehingga anak lebih jarang bergerak dan beresiko kegemukan. Efek samping buruk lainnya, perkembangan yang lebih lambat di usia prasekolah.

Alih-alih menggunakan tayangan TV, para peneliti menyarankan agar orangtua mencari strategi alternatif untuk menghibur bayi mereka.

The American Academy of Pediatrics menyarankan agar anak berusia kurang dari dua tahun dibatasi waktu menonton TV-nya karena sebanarnya manfaat pendidikannya lebih sedikit dan lebih banyak efek buruknya.

Sumber :LiveScience


Baca Selengkapnya ....

Nenek Ini Melahirkan Dua "Cucu" Kembar

Posted by Unknown 0 komentar
Maria da Gloria (51) menjalani teknik IVF atau bayi tabung untuk membantu anaknya, Fernanda, yang tidak bisa mengandung anaknya sendiri.

Perempuan berusia 51 tahun asal Portugal melahirkan dua bayi hasil dari proses bayi tabung. Maria da Gloria menjalani teknik IVF atau bayi tabung untuk membantu anaknya, Fernanda, yang tidak bisa mengandung anaknya sendiri.

Da Gloria menganggap ini adalah "hadiah" yang dapat diberikan kepada Fernanda. Ia melahirkan dua bayi perempuan sehat secara caesar pada Senin (7/1/2013) lalu di Setor Aeroporto, Goiania. Ia melahirkan empat minggu lebih cepat dari yang seharusnya. Kedua bayi itu diberi nama Emmanuel dan Julia.

"Aku senang sekali," ujar Fernanda Medeiros (34), seperti dilansir Portuguese News.

Da Gloria, yang juga sudah menjadi ibu dari tiga anak, sebelumnya harus diberi suntikan hormon untuk kembali mengalami siklus menstruasi. Ia pun harus berpindah dari tempat tinggalnya di kota Santa Helena de Goias ke Goiania untuk melahirkan cucunya.

Fernanda kini menjalani perawatan untuk dapat menyusui anaknya. Ia berharap dengan menyusui sendiri anaknya, ia dapat membentuk ikatan batin antara dirinya dengan putrinya.

Fernanda sejak umur 13 tahun divonis tidak dapat punya anak karena rahimnya sudah diangkat akibat masalah kesehatan. "Pada waktu itu, saya sangat sedih karena saya selalu ingin menjadi seorang ibu," katanya.

Fernanda menikah pada usia 20 tahun dan kerap mencoba untuk mengadopsi anak, tetapi selalu ditolak. Pada tahun 2005 ia melihat sebuah program TV tentang seorang nenek yang melahirkan cucunya. Ia pun kemudian mengunjungi dokter dengan ibunya, tetapi dokter mengatakan hal ini terlalu berisiko karena usia Da Gloria.

Namun, mereka tidak menyerah. Mereka kembali mengunjungi dokter 6 tahun kemudian. Ternyata saat itu kondisi Da Gloria cukup sehat untuk hamil kembali. Teknik bayi tabung pertama sempat gagal, tetapi akhirnya berhasil untuk kali kedua.

Sumber : Daily Mail

Baca Selengkapnya ....

6 Operasi Plastik Paling Aneh

Posted by Unknown 0 komentar


Hampir setiap orang berharap bisa mengubah salah satu bagian tubuhnya yang dianggap kurang sempurna. Namun, enam tindakan bedah plastik berikut ini tergolong ekstrem untuk mendapatkan tubuh yang ideal.

1. Pengencangan suara

Ternyata ada juga orang yang masih belum juga merasa lebih muda kendati sudah melakukan operasi penarikan kantung mata, botox, pemanjangan bulu mata, atau injeksi bibir. Untuk mereka ini, tersedia tindakan pengencangan suara alias voice lift untuk memperbaiki suara.

Voice lift bertujuan untuk menghilangkan nada suara serak yang sebenarnya adalah hal yang wajar seiring dengan pertambahan usia. Prosedur ini disebut-sebut bisa menghasilkan suara yang jernih bak orang yang baru masuk usia dewasa muda.

Pada beberapa kasus, dokter akan mengimplan semacam pita suara yang dimasukkan lewat tindakan insisi di leher sehingga benang suara merapat kembali. Selain itu terkadang dilakukan injeksi lemak atau kolagen ke dalam pita suara sehingga lebih berisi dan lentur.

2. Pelangsingan jari kaki

Sering merasa kesulitan memilih sepatu yang paling pas dengan ukuran kaki? Mungkin itu karena jari kelingking kaki Anda terlalu gemuk. Untuk masalah ini, kini tersedia operasi pelangsingan jari kaki yang disebut pinky toe tuck. Namun, tindakan operasi ini disebut sangat menyakitkan, meski diberikan garansi telapak kaki Anda akan terlihat langsing.

3. Telinga peri

Dalam bedah plastik yang aneh ini, akan dilakukan tindakan menghilangkan sedikit bagian daun telinga dan kemudian ujung yang tersisa dijahit. Hasilnya? mirip dengan telinga peri. Selain menyakitkan, hasil operasi ini juga tak bisa dikembalikan seperti semula. Jadi, pertimbangkan kembali tindakan ini meski Anda merasa bentuk telinga yang sekarang kurang sempurna.

4. Menjahit lidah

Berbagai upaya mengurangi nafsu makan tak membuahkan hasil? Menjahitkan secarik plastik di lidah kini menjadi alternatif untuk program penurunan berat badan. Hanya dokter ahli saja yang bisa melakukan tindakan ini.

Dokter akan menjahit plastik tipis seukuran perangko di lidah sehingga pasien akan merasa tidak nyaman dan sakit saat mengonsumsi makanan padat. Dengan demikian, mereka cuma bisa mengasup makanan cair. Menurut dokter, meski tergolong ekstrem, operasi ini aman dan plastik tersebut mudah diambil kembali.

5. Implan tanduk

Seorang wanita yang dijuluki "Wanita Vampir" melakukan operasi implan tanduk. Dalam tindakan ini dokter memasukkan fragmen silikon atau teflon ke bagian bawah kulit dahi. Awalnya bagian kecil yang dimasukkan baru kemudian bagian yang lebih besar sehingga lama-lama membentuk semacam tanduk.

6. Percabangan lidah

Kemajuan teknik operasi plastik semakin canggih bahkan mampu memenuhi permintaan pasien yang paling aneh sekalipun. Contohnya adalah tindakan memotong lidah sehingga lidah menjadi bercabang seperti lidah kadal.

Bila dikerjakan oleh dokter ahli, operasi ini sebenarnya cukup aman. Pemotongan juga bisa dilakukan dengan sinar laser dan umumnya perlu waktu sebulan untuk sembuh. Akan tetapi, jika pemotongan terlalu jauh ke otot lidah belakang, maka hal itu akan berpengaruh pada cara bicara seseorang.

Sumber : FOXNews
 

Baca Selengkapnya ....

PP Produk Tembakau Akhirnya Terbit

Posted by Unknown 0 komentar

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menandatangani Peraturan Pemerintah tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan. Penandatanganan dilakukan 24 Desember 2012.

Demikian pemberitahuan Kepala Biro Tata Usaha dan Hubungan Masyarakat, Sekretariat Kementerian Sekretariat Negara, Sugiri SH dalam suratnya yang diterima Kompas, Selasa (8/1).

"Ini kabar yang menggembirakan bagi masyarakat Indonesia. Peraturan pemerintah (PP) ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah atas kesehatan warganya dari dampak negatif paparan asap rokok," kata Widyastuti Soerojo, Koordinator Pengembangan Peringatan Kesehatan di Kemasan Rokok Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, pada hari yang sama, di Jakarta.

PP yang menjadi amanat Pasal 116 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan ini, menurut Widyastuti, seharusnya terbit paling lambat tahun 2010. PP Nomor 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan atau PP rokok ini, antara lain, mengatur area peringatan kesehatan bergambar seluas 40 persen di depan dan belakang kemasan.

Widyastuti yang juga pengurus Komisi Nasional Pengendalian Tembakau mengatakan, kewajiban pencantuman peringatan bergambar ini sebelumnya telah dilakukan negara-negara lain di ASEAN, yakni Brunei dengan luasan peringatan bergambar 75 persen, Thailand 55 persen, Singapura 50 persen, dan Malaysia 40 persen di kemasan depan dan 60 persen di belakang.

Tulus Abadi, pengurus Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, menyatakan urung menggugat Presiden dengan terbitnya PP ini. Seperti diberitakan (Kompas, 19 Desember 2012), para aktivis Jejaring Pengendalian Tembakau Indonesia, termasuk YLKI, berencana menggugat Presiden karena dinilai tidak mampu melaksanakan undang-undang untuk menerbitkan PP rokok.

Saat itu, mereka resah karena RPP rokok sejak Agustus 2012 terhenti di Kementerian Keuangan (Kemkeu). Padahal, dari Kemkeu, RPP masih harus diajukan ke Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan serta Kementerian Hukum dan HAM. Padahal, saat itu, Menteri Kesehatan, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, dan Menteri Perindustrian telah menyetujui RPP tersebut.

Kemkeu (saat itu) beralasan masih membahas penarikan produk tembakau yang melanggar peraturan. Dalam PP rokok diatur penarikan dilakukan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kemkeu serta Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Peringatan kesehatan

Tulus Abadi mengatakan, YLKI dan jaringannya akan mengawasi pelaksanaan PP rokok. Pemerintah memberi batas waktu 18 bulan (sejak PP diterbitkan) bagi produsen ataupun importir produk tembakau untuk pencantuman peringatan bergambar.

"Peringatan bergambar menjadi pesan kuat (dibandingkan pesan teks) untuk meyakinkan masyarakat akan dampak merokok atau paparan asap rokok," katanya.

Selain peringatan bergambar, PP juga mewajibkan produsen/ importir mencantumkan tulisan berupa larangan menjual dan memberikan rokok kepada anak di bawah usia 18 tahun serta perempuan hamil. Di sisi lain kemasan, wajib dicantumkan teks "mengandung lebih dari 4.000 zat kimia berbahaya serta lebih dari 43 zat penyebab kanker".

PP yang menggantikan PP Nomor 19 Tahun 2003 tentang Pengamanan Rokok Bagi Kesehatan ini mengatur pula kawasan tanpa rokok dan pengiklanan/ promosi produk rokok. Kawasan tanpa rokok berlaku di fasilitas pelayanan kesehatan, tempat belajar-mengajar, tempat anak bermain, tempat ibadah, angkutan umum, tempat kerja, dan tempat umum/tempat lain.

Dua tempat terakhir menyediakan tempat khusus merokok di ruang terbuka yang berhubungan langsung dengan udara luar. Pemerintah daerah wajib menetapkan kawasan tanpa rokok di wilayahnya dengan peraturan daerah.

Dari sisi pengaturan iklan, Pasal 28 menyebutkan, iklan produk tembakau di media cetak tidak diletakkan di sampul/halaman depan, tidak diletakkan berdekatan dengan iklan makanan/minuman, luas kolom iklan tidak seluruh halaman, serta tidak dimuat di media cetak untuk anak, remaja, dan perempuan.

Untuk iklan di media penyiaran (Pasal 29), hanya dapat ditayangkan setelah pukul 21.30 sampai pukul 05.00 waktu setempat. Pada iklan media luar ruang (Pasal 31), diatur agar tidak diletakkan di kawasan tanpa rokok, tidak diletakkan di jalan utama/protokol, diletakkan sejajar dengan bahu jalan dan tak boleh memotong jalan atau melintang, serta tak boleh melebihi ukuran 72 meter persegi.

Bentuk iklan produk tembakau yang ditampilkan (Pasal 27) di antaranya tidak menggunakan kata atau kalimat yang menyesatkan, mencantumkan penandaan/tulisan "18+", tidak menggunakan tokoh kartun sebagai model iklan, serta tidak ditujukan terhadap anak/remaja dan perempuan hamil.

Sumber :Kompas Cetak

Baca Selengkapnya ....

Jokowi Telah Siapkan Jalan Soekarno

Posted by Unknown 0 komentar
Jokowi Telah Siapkan Jalan Soekarno
Pengunjung mengamati contoh naskah proklamasi yang disusun Soekarno-Hatta, di Museum Penyusunan Naskah Proklamasi di kawasan Menteng, Jakarta, Minggu (26/8). Museum tersebut memiliki koleksi dan dokumentasi saksi bisu sejarah Kemerdekaan Indonesia yang diperingati setiap 17 Agustus.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) berharap, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dapat memberi nama salah satu jalan di Ibu Kota dengan nama Dr Ir Soekarno. Pasalnya, Jokowi adalah kader PDI-P.

Menanggapi usulan PDI-P, Jokowi mengaku sudah mempersiapkan jalan mana yang akan dijadikan sebagai jalan Soekarno tersebut. "Pokoknya jalan yang besar-besar, termasuk Jalan Panjang. Baru lima hari yang lalu dibicarakan, jadi itu yang nanti akan kami tentukan, jalan ini untuk nama ini, jalan ini nama ini," kata Jokowi seusai melakukan pertemuan tertutup dengan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto di Kementerian PU, Jakarta, Rabu (9/1/2012).

Ia pun akan memilih jalan besar dan strategis yang akan menggunakan nama proklamator tersebut. Jokowi pun merasa tak berlebihan adanya usulan tersebut karena Soekarno adalah pahlawan nasional.

"Bung Karno sudah enggak usah saya sebutkan alasannya, semua warga tahu, ya karena beliau proklamator dan pahlawan nasional," kata Jokowi.

Seperti diketahui, Wakil Sekretaris Jenderal PDI-P Ahmad Basarah mengatakan, Jokowi sebagai kader unggulan PDI-P harus dapat memperjuangkan Jalan Soekarno. Basarah mengatakan, peresmian nama-nama jalan Dr Ir Soekarno di beberapa daerah menjadi salah satu agenda dari rangkaian HUT PDI-P. Puncak acara HUT akan digelar di Waduk Djuanda, Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Kamis.

Pemberian nama Jalan Soekarno itu dilakukan setelah pemerintah memberi gelar pahlawan nasional kepada Soekarno pada November 2012. Dengan demikian, katanya, tuduhan yang diarahkan kepada Soekarno dalam Tap MPRS Nomor 33 Tahun 1967 tidak berlaku.

Sumber : kompas.com

Baca Selengkapnya ....

Jokowi Setuju Proyek Enam Ruas Jalan Tol Dilanjutkan

Posted by Unknown 0 komentar
Jokowi Setuju Proyek Enam Ruas Jalan Tol Dilanjutkan
Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto (menggunakan safari) dengan didampingi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (menggunakan baju betawi). Mereka bertemu di Kantor Kementerian PU untuk membahas proyek enam ruas jalan tol dalam kota, di Jakarta, Rabu (9/1/2012).

Akhirnya Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyetujui proyek enam ruas jalan tol dalam kota. Hal ini sangat bertentangan dengan pernyataannya saat masih menjadi Calon Gubernur DKI yang saat ia berkampanye menolak pembangunan jalan tol dalam kota.

Karena menurutnya dengan pembangunan tol dalam kota, tidak akan mengurai kemacetan justru menambah keinginan warga untuk membeli kendaraan pribadi.

"Bukan setuju dan tidak setuju, tapi ini kebutuhan yang saya lihat kebutuhan ada kalkulasi, yang kedua bis masuk dan transportasi massal bisa masuk," kata Jokowi, di Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta, Rabu (9/1/2012).

Jokowi menyampaikan hal tersebut setelah ia mengadakan pertemuan tertutup selama sekitar 3 jam bersama Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto. Setelah mendapatkan gambaran dari Djoko Kirmanto terkait proyek tersebut, Jokowi merasa lebih mencerahkan.

"Setelah tadi dijelaskan oleh Pak Menteri, memang kita ini ada dua kekurangan yaitu kurang jalan dan transportasi umum. Dan memang benar kurang banyak," kata Jokowi.

Jokowi akhirnya menyetujui mega proyek yang bernilai sekitar Rp 42 triliun itu dengan catatan tol tersebut dapat dipakai untuk jalur busway dan transportasi massal lainnya.

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan untuk proyek enam ruas jalan tol, dari kajian sistem jalan, feasibility, semuanya sudah terkaji. Oleh karena alasan jalan di Jakarta hanya 6-7 persen, proyek tersebut harus dijalankan.

"Untuk Ibu Kota dimanapun masih sangat kecil. Maka harus ditambah. Dilihat dari sistem juga baik, jalan tol ini satu-satunya yang bisa dipakai untuk public transportation," kata Djoko.

Seperti diketahui, pembangunan enam ruas jalan tol dibagi empat tahap yang rencananya selesai pada 2022. Tahap pertama, ruas Semanan-Sunter sepanjang 17,88 kilometer dengan nilai investasi Rp 9,76 triliun dan Koridor Sunter-Bekasi Raya sepanjang 11 kilometer senilai Rp 7,37 triliun.

Tahap kedua, Duri Pulo-Kampung Melayu sepanjang 11,38 kilometer dengan nilai investasi Rp 5,96 triliun dan Kemayoran-Kampung Melayu sepanjang 9,65 kilometer senilai Rp 6,95 triliun. Tahap ketiga, koridor Ulujami-Tanah Abang dengan panjang 8,27 kilometer dan nilai investasi Rp 4,25 triliun.

Serta terakhir yaitu, Pasar Minggu-Casablanca sepanjang 9,56 kilometer dengan investasi Rp 5,71 triliun. Jika sudah selesai, keenam ruas tol itu akan menjadi satu dengan tol lingkar luar milik PT Jakarta Tollroad Development tapi tarifnya akan terpisah dengan tol lingkar luar.

Sumber : kompas.com

Baca Selengkapnya ....

Sarah Widyanti, Mantan SPG yg Jadi Pilot

Posted by Unknown 0 komentar

Sarah Widyanti.

Ia pernah menjadi kontestan Indonesian Idol, bahkan pernah menjadi "Sales Promotion Girl". Itu cerita dulu.

Kini, ia pilot yang melesat di angkasa dengan Boeing atau Airbus. Ia adalah Sarah Widyanti Kusuma (24). Mari terbang bersama Sarah!

Pada usia belia, 21 tahun, Sarah telah menerbangkan pesawat penumpang jenis Boeing. Mencuri start sebagai pilot termuda Garuda Indonesia, Sarah hingga saat ini sudah mengantongi 2.200 jam terbang dan sedang menapaki tahapan baru dalam kariernya.

Menjumpai Sarah seperti bukan berhadapan dengan seorang pilot. Tubuhnya mungil dengan senyum yang terus tersungging, sering kali membuat orang "tertipu". Meski sudah memakai seragam pilot pun, penumpang selalu salah kira dan menduganya sebagai pramugari.

Kini, Sarah kembali sekolah untuk persiapan pindah pesawat dari tipe pesawat kecil, Boeing, ke tipe yang lebih mutakhir, Airbus. Setelah tahapan dua bulan sekolah ini dilalui, Sarah akan menerbangkan Airbus ke rute menuju Jepang, Korea, Australia, China, Belanda, Uni Emirat Arab, dan Jeddah.

"Pesawat Airbus canggih banget. Sampai sekarang saya masih wow! Untuk utak-atiknya harus belajar ekstra, sama kayak nerbangin komputer. Canggih banget," kata Sarah dengan mata berbinar.

Di sela kesibukan mempersiapkan diri menjadi pilot Airbus itulah, Sarah menyediakan waktu untuk berbincang di rumahnya di Bintaro, Tangerang Selatan. Saking lelahnya belajar, Sarah masih tertidur di sofa pojok ruang tamu rumahnya ketika ibu dan adik-adiknya sudah bersiap jalan-jalan di akhir pekan.

Matanya langsung berbinar ketika diajak berbicara soal profesinya. "Yang membuat bersemangat, pesawatnya canggih dan kita yang mengoperasikan," tambahnya.

Namun, Sarah melanjutkan, tanggung jawab kepada penumpang ketika menerbangkan Boeing ataupun Airbus tetaplah sama. Selama ini, Sarah menerbangkan pesawat Boeing dengan rute domestik dan rute pendek ke luar negeri, seperti ke Singapura, Bangkok, dan Taiwan.

Semudah menyetir mobil

Bagi Sarah, menerbangkan pesawat itu semudah menyetir mobil manual. Hanya saja, panel atau tombolnya lebih banyak. "Peran kita terutama ketika take off dan landing. Selebihnya autopilot dan diarahkan oleh air traffic controllers. Remnya, gasnya, sama kayak bawa mobil," kata Sarah.

Kendaraan apa pun di tangan Sarah memang terasa sangat mudah dikemudikan. Jika punya waktu libur dua hingga tiga hari, Sarah sudah melesat pergi untuk menyelam. Seusai menyelam, ia akan mengambil alih kemudi speed boat.

Sarah tak pernah menganggap tugasnya berat. Ketika para pramugari masih melayani penumpang sebelum tinggal landas, Sarah biasanya sudah merampungkan semua keperluan untuk terbang. Sambil menunggu penumpang siap, Sarah mengisi waktu luangnya dengan membaca di kokpit.

Setelah pesawat mengangkasa, Sarah sibuk menjalin komunikasi dengan air traffic controllers dan berusaha mencari jalan teraman ketika terjadi cuaca buruk. Jika seluruh tugas telah dijalani, ia biasa menikmati perjalanan dengan melihat bintang, menatap daratan, dan merenungi hidup.

"Hidup itu kayak main film. Hari ini enggak mungkin sama dengan hari sebelumnya. Harus ada totalitas. Tuhan menciptakan manusia itu mau jadi apa. Masih belajar menuju ke sana," ujar Sarah.

Hobi Nonton dan Berenang

Jika sudah tiba di suatu kota dan beristirahat minimal 15 jam di hotel, Sarah akan mengisi waktu dengan menonton film, berenang, dan tidur. Hanya sesekali ia menyempatkan diri melihat suasana kota sambil mencari makan.

Ia menonton film apa saja, termasuk film India dan film komedi Indonesia. Baginya, film menjadi senjata ampuh untuk mengobati rasa galau. Ketika film Habibie dan Ainun diputar di bioskop, Sarah buru-buru menontonnya. Soalnya ia mengidolakan Habibie dan menggenggam impian untuk menciptakan pesawat buatannya sendiri. "Pilot itu cuma operator pesawat. Masih keren yang nyiptain pesawatnya," tambah Sarah.

Dibawa Jatuh

Dalam hidup, Sarah selalu tertantang meraih sesuatu yang lebih baik daripada yang disediakan. Ketika hendak mendaftar untuk Jurusan Teknik Pesawat Udara di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, ia tiba-tiba terpikat pada pilihan lain, yaitu Jurusan Penerbang.

Ia lalu menjalani rangkaian tes, termasuk tes bakat, yang membawanya terbang untuk pertama kali. Pada ketinggian 3.000 kaki, instruktur tiba-tiba mematikan mesin dan sesaat membiarkan pesawat latih itu jatuh bebas. "Baru nerbangin pesawat pertama kali sudah dibawa jatuh," ujarnya.

Sarah lolos ujian mental itu dan kemudian menjalani pendidikan gratis sebagai calon pilot selama dua tahun dua bulan. Ia menjadi satu-satunya siswa perempuan. Sarah berjuang keras agar kekuatannya ketika berlari atau di saat push up bisa menyamai rekan-rekannya yang cowok.

Begitu lulus pada Februari 2009, ia menjadi pilot Garuda dan mulai terbang pada 2010. Ketika ditanya rute yang ditempuh saat pertama kali membawa pesawat berpenumpang, Sarah tertawa dan menjawab, "Saya lupa."

Satu hal yang tak pernah dilupakannya adalah ketika kapten pesawat pura-pura meninggal dunia dan untuk pertama kalinya ia menerbangkan pesawat tanpa panduan. "Rasanya benar-benar harus bertanggung jawab sama penumpang. Ternyata saya bisa menerbangkan pesawat sendiri," tambahnya.

Sejak kecil, Sarah sudah akrab dengan dunia penerbangan. Ia sering kali diajak ke tempat kerja ayahnya yang bertugas di bagian teknik penerbangan. Sempat lima tahun mengikuti ayahnya tinggal di Biak, Sarah berharap suatu saat bisa membuka sekolah untuk anak-anak kurang mampu di sana. Agar suatu hari kelak, mereka bisa terbang juga bersama Sarah untuk menggapai mimpi....

Di antara ayam jago

Ketika Sarah masih di dalam kandungan, sang ibu sudah terbiasa berhadapan dengan binatang liar, seperti biawak, di pedalaman Biak, Papua. Sarah lantas bertumbuh menjadi gadis kecil yang pemberani, periang, dan tomboi.

Jika ayahnya sedang memperbaiki mesin, Sarah kecil ikut-ikutan sibuk dengan membalikkan sepeda mininya. Sifat tomboi itu ternyata berlanjut ketika ia menjadi satu-satunya siswa perempuan di STPI. Di STPI, Sarah harus tampil seperti ayam jago, julukan bagi anak laki-laki siswa STPI. Rekan-rekannya akan meledek setiap kali dia ingin menangis. "Lu cengeng banget, sih, baru kayak gitu," ujar Sarah menirukan ucapan rekan-rekannya kala itu.

Ketika rekan-rekannya mengagumi kecantikan pramugari saat tes kesehatan bareng, Sarah hanya berujar, "Iya cantik-cantiklah, enggak ada yang dihukum!"

Seorang sahabatnya lantas menimpali, "Tenang Sarah, kamu tetap paling cantik di ketinggian one up to three thousand feet ha-ha-ha...."

Ketinggian jelajah terbang Sarah kala itu memang di antara 1.000-3.000 kaki. Kebalikannya, setelah Sarah menjadi pilot, rekan-rekan sesama lulusan STPI menuntutnya untuk tampil lebih "cewek". Mereka sampai membelikannya gaun hingga sepatu hak tinggi.

Pramugari di Garuda Indonesia juga selalu mendorong Sarah agar berdandan. Dari awalnya bergaya kasual dengan jins dan kaus, Sarah mulai merias wajah. "Pramugari bilang jangan terlihat kucel dong. Make up dikit karena bawa nama Garuda dan bangsa," kata Sarah.

Bekerja di lingkungan yang didominasi pria, Sarah bertekad akan menjadi istri dan ibu yang baik. "Saya lebih cocok punya pacar yang enggak sering ketemu. Sebulan sekali ketemu itu lebih bagus," tambah Sarah sambil tertawa.

Ia pun sudah menyiapkan siasat perawatan anak jika telah menikah dan harus terbang jauh. Sarah berencana mengajak anaknya ikut terbang dengan dijaga sang nenek.

"Jangan sampai anakku tahunya ibunya itu mamaku. Airbus terbang paling lama sembilan hari, bayi bisa diajak. Sisanya, bisa pulang setiap tiga atau empat hari sekali," ujar Sarah.

(sumber)


Baca Selengkapnya ....

BNI Siapkan 2 Juta Bibit Pohon pada 2013

Posted by Unknown Selasa, 08 Januari 2013 0 komentar

 PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI  menyiapkan dua juta bibit pohon pada tahun 2013 atau dua kali lipat dari jumlah bibit pohon yang dikembangkan pada tahun 2012, yaitu sekitar satu juta pohon. Ini sejalan dengan langkah pemerintah dalam menghijaukan bumi, yaitu melalui program penanaman satu miliar pohon per tahun.

            Mengawali awal tahun 2013, BNI dan Paguyuban Budiasi menyediakan 200.000 bibit pohon yang diserahkan kepada masyarakat di sekitar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Penyerahan bibit pohon tersebut secara simbolis dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Cianjur, Jawa Barat, Selasa (8/1/2013).

Hadir dalam kesempatan tersebut Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Wakil Direktur Utama BNI Felia Salim, dan Ketua Paguyuban Budiasi Mayor Jenderal TNI Doni Monardo. Ke-200.000 bibit pohon itu merupakan bagian dari dua juta bibit pohon yang akan dikembangkan BNI tahun ini.

            Penanaman pohon yang dilakukan Presiden tersebut menandakan bahwa masalah pemanasan global merupakan masalah serius yang sedang dihadapi planet bumi, termasuk Indonesia yang menjadi salah satu paru-paru utama dunia. Oleh karena itu, penanaman pohon tersebut dilaksanakan dengan ungkapan Global Warming Bukan Omong Kosong (Gosong).

            BNI menilai keterlibatannya dalam penghijauan ini merupakan strategi penting dalam membangun sustainable banking atau green banking. Isu green banking ini terus menghangat, bukan hanya di Indonesia namun juga di dunia. Perbankan yang menerapkan bisnis berkelanjutan, baik untuk kepentingan internal maupun eksternal, akan memperoleh laba dalam jangka panjang dan niscaya menjadi bank yang lebih baik, dibandingkan dengan praktek perbankan yang bersifat "business as usual".

            BNI telah menanam 1.298.183 pohon untuk menghijaukan Indonesia secara bertahap sepanjang 2012. Realisasi ini jauh melampaui target yang ditetapkan pada awal tahun 2012, yaitu mengembangkan dan menanam sejuta bibit pohon.

            BNI sebagai salah satu bank besar di Indonesia mengambil peran untuk menjadi pionir dalam isu green banking ini. Untuk itu, BNI berusaha menjelaskan kepada segenap nasabah dan masyarakat luas bahwa praktek bisnis yang berkelanjutan (sustainable business) akan membawa arah yang lebih baik dan bertanggungjawab terhadap lingkungan dan alam.

Oleh karenanya, BNI mengajak debiturnya untuk masuk ke dalam realitas baru dan mengadopsi prinsip bisnis berkelanjutan ini. Kemudian, BNI dapat menetapkan standar "sustainability" yang dapat ditiru oleh peer group.

 

Inisiatif BNI

Selain menyiapkan bibit pohon, BNI juga tercatat telah melakukan beberapa initiatif dalam penyelamatan lingkungan, yaitu Pertama, menjadi satu-satunya bank di Indonesia yang menjadi anggota signatory UNEP-Finance Initiative tahun 2005. Kedua, BNI dan WWF menandatangani kerjasama pelestarian penyu dan kerjasama mutual lainnya di Manado pada saat event Konferensi Kelautan Dunia (WOC) bulan Mei 2009. Ketiga, menjadi satu-satunya bank yang mendapatkan pelatihan dari YPB (Yayasan Pembangungan Berkelanjutan) yang didukung oleh British Embassy tentang "DEVELOPING SUSTAINABLE BUSINESS: Linking Banking Sector to Sustainable Development", pada Mei dan Juni 2009.

Keempat, pada Juli 2009, BNI menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Green Works Asia dan Climate Change Capital Limited (London, UK) untuk mendukung Program CDM (Clean Development Mechanism). Kelima, pada September 2009, BNI memberikan kredit sindikasi senilai US 103 juta bagi proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi (geothermal) di Jawa Barat. Keenam, sejak Oktober 2009, BNI menjadi partner dialog WWF dalam inisiatif RSPO (Roundtable Sustainable Palm Oil Discussion).

Ketujuh, BNI beberapa kali diundang Bank Indonesia untuk memaparkan apa dan bagaimana konsep Green Banking, Februari 2010. Kedelapan, BNI bekerjasama dengan beberapa pakar dari DNPI (Dewan Nasional Perubahan Iklim) dan Praktisi Carbon Trading untuk pelatihan CDM bagi Analis Kredit, relationship manager (RM), dan assistant vice president (AVP) dari berbagai divisi, pada 04 – 05 Februari 2010.

Kesembilan, BNI bekerjasama dengan ECO-ASIA/ICED yang merupakan pelaksana program-program Clean Energy yang didanai oleh USAID. Kesepuluh, BNI bekerjasama dengan Pemerintah Kota/ Daerah, lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan komunitas lokal untuk membangun hutan-hutan kota di berbagai daerah antara lain, Banda Aceh, Medan, Solo, Palangkaraya, dan Universitas Udayana.

Kesebelas, BNI Bekerjasama dengan LSM Domestik dan International menyediakan akses listrik bagi masyarakat lokal di berbagai daerah melalui Energi Terbaharukan (Pico Hydro dan Biogas). Keduabelas, BNI menjadi satu dari enam pendiri "Indonesian Business Council for Sustainable Development Association" (IBCSD) yang merupakan bagian dari WBCSD (World Business Council for Sustainable Development). IBCSD didirikan pada 27 April 2011 dan disahkan dalam akta pendirian perkumpulan pada 06 Oktober 2011.


Sumber


Baca Selengkapnya ....

Tiket

Popular Posts

LAYANAN TIKET PESAWAT MURAH support SENI BERBELANJA DI RUMAH - Original design by Bamz | Copyright of Berbagi Berita Terkini.