Uje... Titip Salam Rindu Untuk Nabi

Posted by Tiket Kotu Jumat, 26 April 2013 0 komentar
Uje... Titip Salam Rindu Untuk Nabi
 
Salam rinduku kasih...

Salam rinduku Nabi...
Salam rinduku kasih...
Salam rinduku Nabi.


Demikian lantunan lagu Ustad Jefri Al Bukhori. Dalam tembang Salawat Cinta, ustad yang biasa disapa Uje itu menumpahkan segala rasa rindunya kepada sang suri teladan, Nabi Muhammad SAW. Namun, kini lantunan suara merdu Uje tak akan terdengar lagi untuk selama-lamanya.

Uje, dai yang multilatenta itu kini telah tiada. Kecelakaan tunggal di Jalan Gedong Hijau, Pondok Indah, Jakarta Selatan telah merenggut nyawanya. Kepergian Uje tak hanya menyisakan duka bagi keluarga, namun juga bagi masyarakat Indonesia. Sejumlah kalangan pun berduyun-duyun menyambangi kediaman Uje di Perumahan Bukit Mas, Jalan Narmada 3 Blok I No 11, Rempoa Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, untuk menyampaikan doa.

Wakil Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku mengagumi sosok Uje. Walau masih muda, namun ilmu agama yang dikuasainya begitu luas, sehingga menjadikan ia sebagai seorang pendakwah.

"Saya suka banget dengan khotbahnya, enak didengar. Pokoknya, Uje keren banget saat menyampaikan khotbahnya. Saya kagum dengan dia," kata Ahok.

Kronologi Kejadian

Pertemuan di Kemang, Jakart Selatan, yang dihadiri 4 ustad menjadi awal peristiwa nahas tersebut. Menurut Kang Asep yang merupakan sepupu Uje, usai mengadakan pertemuan itu, mereka pulang melalui kawasan Pondok Indah dengan mengendarai motor beriringan. Namun Uje mendahului ketiga temannya dan tak terlihat lagi hingga terjadi kecelakaan itu.

Uje yang menggunakan Moge Kawasaki E650 bernopol B 3590 SGQ menabrak pohon palem kedua di tepi jalan. Tubuh Sang Ustad terpental sekitar 3-4 meter, kemudian mogenya masih melaju hingga 30 meter.

Usep menyebutkan, Ustad Jefri memang memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi. Bahkan, seorang saksi menyatakan tak mampu mengejar sang ustad dengan kecepatan 100 km/jam. "Mereka semua mengendarai motor. Ustad (Uje) jalan duluan. Kata (saksi) yang ikut saat itu, 'Saya di atas 100 km per jam saja tidak ngejar," ungkap Kang Asep saat ditemui di kediaman Uje di Perumahan Bukit Mas Bintaro, Rempoa, Tangerang Selatan, Jumat (26/4/2013).

Sebelumnya, tutur Kang Asep, keempat temannya yang mengetahui kondisi Uje sedang tidak fit sempat melarangnya mengendarai motor sendiri. Namun, Uje meyakinkan teman-temannya itu masih mampu mengendarai motor sendiri.

"Sudah sempat dilarang sama teman-teman. Cuma dia bilang dia bisa," sambung pria yang kerap ikut Uje berdakwah itu.

Dari olah TKP diketahui, penyebab meninggalnya sang ustad yang kerap muncul pada acara rohani ini diduga akibat kondisi tubuhnya yang sedang tidak fit atau mengantuk. "Pertama menabrak trotoar, lalu motornya semakin ke kiri dan menabrak pohon palem yang ada di atas trotoar. Setelah itu korban jatuh ke jalan dan motornya melaju," jelas Kepala Satuan Lantas Polres Jakarta Selatan Ajun Komisaris Besar Polisi Hindarsono di Jakarta.

Setelah kecelakaan itu, Uje sempat dibawa ke Rumah Sakit Pondok Indah. Namun, nyawanya tak tertolong lantaran luka diderita sangat parah. "Luka pada wajah sebelah kiri, terkena benturan pohon. Korban mengalami out of control, " jelas Hindarsono.

"Dugaan sementara karena mengantuk, kejadiannya sudah malam juga kan, jadi lepas kontrol lalu menabrak," imbuh dia.

Firasat perpisahan

Tak ada yang tahu kapan kematian akan tiba. Kendati demikian, seseorang kerap diberi firasat jika jatah hidupnya akan berakhir. Kondisi ini telah tampak dalam sejumlah sikap yang dilakukan Uje sebelum ia meninggal dunia. Ibunda Uje, Hj Tathu Mulyana mengaku sebelum berpisah dengan putranya, Uje sempat melontarkan pernyataan tentang usianya.

"Dia sempet bilang, dua hari lalu. Umi, saya belum bayar ini, udah jatuh tempo," ungkapnya.

Sifat Uje yang suka bercanda dengan sang ibu, membuat Tathu tak berpikir bahwa ungkapan itu adalah tanda bila sang anak akan meninggal dunia. "Kita mah enggak pikir ke umur, ternyata jatuh temponya ini (meninggal)," tuturnya sedih.

Firasat itu juga sempat Uje tunjukkan kepada sang adik, Fajar Sidiq. Tiga hari sebelum meninggal, Uje sempat mengirim pesan melalui broadcast message layanan Blackberry Messenger (BBM) kepada pada kerabat dan rekan-rekannya sesama pendakwah melalui handphone Blackberry miliknya.

"Isinya kurang lebih seperti ini, 'mohon maaf ini (Blackberry) tidak aktif, sekali lagi mohon maaf lahir bathin'," tutur Fajar di rumah duka di Tangerang, Jumat (26/4/2013).

Tak hanya itu, lanjut Fajar, ustadz juga berpesan kepada keluarga agar memakamkan dirinya berdekatan dengan makam sang ayah. Yang mengejutkan, pesan itu disampaikannya saat melaksanakan ibadah umrah, beberapa minggu lalu.

"Pas umroh kemarin, beliau bilang 'kalau gue mati, gue mau deket sama Apih (panggilan Ustadz Jefri pada ayahnya). Karena dia ngerasa bandel dulu, jadi dia pengin deket sama bapaknya," terang sang adik.

Tak hanya itu, Uje juga menghapus kontak teman-temannya yang ada di blackberrynya. "Bb (blackberry) didelete-deletin sama Uje. Saya nggak tau kenapa," kata Eko 'Patrio' sebelum ikut menyolatkan jenazah Uje di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Meski tak terlalu aktif di media sosial, firasat perpisahan itu juga ada dalam kicauan Uje dalam twitternya yang ia tulis bertanggal 13 Maret 2013. "Pada akhirnya.. Semua akan menemukan yg namanya titik jenuh.. Dan pada saat itu.. Kembali adalah yg terbaik.. Kembali pada siapa..??? Kpd "DIA" pastinya.. Bismi_KA Allohumma ahya wa amuut.." kicau Uje dalam twitternya.

Sebelum meninggal, Uje sempat bertemu dengan sahabatnya yang juga sesama pendakwah, yakni Ustadz Solmed. Dalam kesempatan itu, keduanya berbincang tentang banyak hal. Tak disangka, Ustadz Jefri pun melontarkan sebuah ucapan yang diyakini Ustadz Solmed sebagai pesan terakhir dari pria yang wafat di usia 40 tahun itu.

"Dia (Ustadz Jefri) bilang sama saya, 'ente harus lanjutin dakwah ane'," kenang Ustadz Solmed sambil berlinang air mata saat berta'ziah di rumah duka di Tangerang.

Ustadz Jefri juga sempat memberikan kenang-kenangan pada Ustadz yang sempat membintangi sinetron Pesantren Rock N Roll tersebut. Dia memberikan cincin dan peci sambil berkata 'ini cincin buat elo, elo terusin dakwah gue, ini peci juga buat elo, elo terusin dakwah gue'.

Dari mantan pecandu jadi ustad kondang

Perjalanan hidup Jefri al Bukhori memang sungguh dahsyat. Penuh gejolak dan tikungan tajam. Proses pergulatan yang luar biasa dialami Uje hingga menemukan kehidupan yang tenang dan menenteramkan.

Jefri lahirkan pada 12 April 1973 di Jakarta. Dia adalah anak ketiga dari lima bersaudara pasangan almarhum Haji Ismail Moda dan Hajah Tatu Mulyana. Apih (panggilan Jefri untuk ayahnya--Red.) asli Ambon, sedangkan Umi (demikian sang ibunda dipanggil) berasal dari Banten. Apih mendidik Uje dan 4 saudaranya itu dengan sangat keras, terutama dalam hal agama.

Berada di lingkungan keluarga yang taat agama membuat Uje menyukai pelajaran agama. Sewaktu kelas 5 SD, Uje pernah ikut kejuaraan MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran) hingga tingkat provinsi. Selain agama, pelajaran yang juga kusukai adalah kesenian. Entah mengapa, Uje suka sekali tampil di depan orang banyak. Uje pun terbilang cerdas di sekolahnya. Setelah kenaikan kelas, dari kelas tiga sekolah dasar (SD) dia langsung melompat ke kelas lima. Jadilah Uje sekelas dengan kakaknya yang kedua.

Setelah lulus SD, bersama kedua kakaknya, alm. Ust. H. Abdullah Riyad dan Ust. H. Aswan Faisal, bersekolah di PonDaar el-Qolam Gintung, Jayanti, Tangerang. Namun selama di pesantren, Uje terbilang nakal. Seringkali saat teman-temannya lainnya belajar, ia diam-diam tidur atau kabur dari pesantren untuk main dan nonton di bioskop. Sampai akhirnya Uje dikeluarkan dari pesantren tersebut yang sempat dikecapnya selama tahun yang harus dijalani. Setelah itu, Uje dipindahkan ke Madrasah Aliyah (MA, setingkat SMA). Bukannya bertambah baik, kenakalan Uje justru bertambah.

Apalagi setelah lulus di tahun 1990 dan kuliah di akademi broadcasting, kenakalan Uje tak berkurang. Dia bergaul dengan pemakai narkoba dan sering dugem (dunia gemerlap). Bahkan Uje akhirnya tak menyelesaikan kuliah. Pada 1991, Uje pernah menjadi dancer di salah satu club. Uje juga sering nongkrong di Institut Kesenian Jakarta.

Di kala para pemain sinetron sedang latihan, kadang-kadang Uje menggantikan salah satunya. Ia pun ikut casting dan mendapat peran. Salah satu sinetron yang sempat dibintanginya adalah Pendekar Halilintar. Bahkan Uje pernah dinobatkan sebagai pemeran pria terbaik dalam Sepekan Sinetron Remaja yang diadakan TVRI pada 1991.`

Uje bertemu dengan Pipik Dian Irawati, seorang model gadis sampul majalah Aneka tahun 1995 asal Semarang, Jawa Tengah. Saat itu, Uje masih berstatus sebagai pemakai narkoba. Meski demikian, hal itu tidak menghalangi Pipik yang bersedia dinikah siri pada 7 September 1999. Dua bulan kemudian mereka menikah resmi di Semarang. Pernikahannya dengan Pipik ini dikaruniai 4 anak, Adiba Khanza Az-Zahra, Mohammad Abidzar Al-Ghifari, dan Ayla Azuhro, serta Attaya Bilal Rizkillah.

Hal yang menyadarkan Uje dari kehidupan semu adalah saat dirinya diajak umrah oleh ibu dan kakaknya. Sebagai awal dari usaha pertobatan, Uje mendapat amanah dari kakak tertuanya alm. Ust. H. Abdullah Riyad, untuk melanjutkan dakwah kakaknya di Jakarta.

Umi mau 'ikut' Abi aja...

Kepergian Ustad Jefri membawa duka mendalam bagi keluarga. Sang istri, Pipik Dian Irawati, terus menangis histeris setelah mendengar sang suami meninggal setelah kecelakaan. Bahkan dirinya pun pingsan hingga beberapa kali.

"Yang paling menyedihkan, Mbak Pipik menangis terus, disampingnya anak-anaknya yang masih kecil juga ikut menangis," kata istri Bebi Romeo, Meisya Siregar yang juga tak kuasa menahan air mata. "Bahkan katanya, saat menjemput jenazah di RS Pondok Indah, Mbak Pipik terus-terusan berteriak 'Ini badannya (Ustadz Jerfy) masih panas. Masih Hidup'," paparnya.

Bahkan usai mengantar sang suami ke peristirahatan terakhir di Tempat Pemakaman Umum Karet Bivak, Jakarta Pusat, Pipik yang tiba di rumah masih tak percaya bahwa suaminya sudah meninggal dunia. Sambil duduk di lantai, Pipik bersandar di tembok. Saat itulah, Pipik seperti meracau berbicara sendiri. Dia tak percaya, pria yang begitu dicintainya pergi begitu cepat.

"Mau ikut Abi, Umi mau ikut Abi aja. Kenapa harus kayak gini. Abi pergi kenapa harus gini Abi," kata Pipik sambil terus menangis diapit keluarganya.

Tamu-tamu yang datang datang langsung duduk bersila di dekat Pipik sambil membaca surat Yasin. Pipik tidak berhenti bicara. Dia terus berkata, "Abi belum meninggal. Badannya masih hangat kok sudah dibawa ke kamar mayat," ujar Pipik yang terus menangis.

Lautan manusia antar kepergian sang guru

Setelah disemayamkan di rumah duka selama sekitar 6 jam, jenazah Uje diberangkatkan ke Masjid Istiqlal untuk disalatkan. Ratusan orang mengiringi jasad Uje yang berada dalam mobil ambulans dari Yayasan Bunga Kemboja. Pengawalan tak hanya dilakukan oleh para jemaahnya, namun juga FPI. Ormas pimpinan Habib Rizieq ini menurunkan 500 laskarnya untuk mengawal jenazah Uje hingga pemakaman.

Gema takbir pun mengiringi jenazah saat dibawa dari dalam rumah menuju ambulance.Keranda Uje sempat jadi rebutan jamaah. Merkea berlomba memegang keranda yang membawa Uje, namun tidak sampai menimbulkan keributan. Di Masjid Istiqlal, lautan manusia telah berkumpul bersiap menyambut kedatangan sang guru. Mereka melantunkan salawat dan tahlil. Saat salat jenazah akan dimulai. Suasana sempat tidak kondusif.

Sempat terjadi saling dorong dari para jamaah. Mereka seakan berebut ingin menyentuh keranda dan jasad sang ustad. Wakil Imam Besar Masjid Istiqlal, Syarifudin Muhammad pun sedikit berang dan bersuara lantang meminta jemaah untuk bersikap tenang.

Suasana kembali tak kondusif saat jenazah Uje usai disalatkan. Lautan manusia menghampar mulai dari dalam masjid hingga ke pintu gerbang Masjid Istiqlal. Jamaah berebut ingin mendekat keranda mayat ustad muda yang populis itu.

Bahkan sempat terjadi sedikit keributan. Massa berebut, merapat, bahkan ada yang membuka selimut keranda. Banyak juga dari mereka yang terus mengabadikan gambar. Bukan perkara mudah bagi ambulans yang mengangkut jenazah Uje keluar dari masjid. Perlu sedikit perjuangan. Banyak jamaah yang menutupi jalan. Tetapi akhirnya kondisi itu bisa dikendalikan.

Ambulans jenazah Uje akhirnya berangkat menuju Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Tengsin, Jakarta Pusat. Mengantar Uje ke peristirahatan terakhir.

Di TPU Karet Bivak, ribuan orang menyemut dan berkerumun di satu titik pusara yang sudah beratapkan tenda yang berada di blok A I blad 38 nomer 203. Massa berkerumun sejak selepas salat Jumat tadi (26/4/2013) dan berkonsentrasi di satu liang lahat Uje yang akan dimakamkan di dekat makam sang ayah, H Ismail Modal.

Tahlil terus bergema seiring jenazah Uje dimasukkan ke peristirahatan terakhir. Dengan susah payah, jenazah pun akhirnya sampai di dalam liang lahat. Papan-papan di dalam sudah dirapatkan. Tanah yang masih merah pun menutup liang tempat Uje dimakamkan.

Asa sebelum 'dipanggil'

Banyak mimpi Ustad Jefri semasa hidupnya yang ingin direalisasikan. Salah satunya adalah ingin membuat film bertemakan religi. Bahkan keinginannya itu sudah disampaikan kepada Eko Patrio. "Kita rencana mau bikin film bareng dan acara sahur," kata Eko sebelum ikut mensalatkan jenazah Ustad Jeffry di Masjid Istiqlal.

Dalam film itu, rencananya akan menjadikan Uje sebagai peran utama. Namun sayang, belum membicarakan lebih lanjut, Uje keburu dipanggil Tuhan untuk selamanya. "Dia akan jadi peran utama di film tentang dakwah itu. Baru niat, dia sudah meninggal," kata suami Viona ini.

Selain itu, Uje juga sempat melontarkan keinginan terakhirnya untuk berkonsentrasi memajukan pesantren yang tengah dibangun di kawasan Gunung Putri, Cikeas, Bogor. "Saat saya bareng ceramah di Cilegon, Banten. Seminggu lalu beliau sempat bilang 'kapan ya bisa lebih istiqomah di pondok pesantren'. Dia bilang itu," kata sepupu Uje, Kang Asep saat ditemui di kediaman Uje di Bukit Mas Bintaro, Rempoa, Jakarta Selatan.

Uje memang sedang melakukan pembangunan pesantren di daerah Cikeas, Bogor. Pesantren yang berdiri di atas lahan puluhan hektare itu rencananya untuk anak-anak kurang mampu dan yatim piatu.

Harapan itu akan tetap dilanjutkan kendati Uje telah tiada. Sejumlah rekan dan kerabatnya berkomitmen melanjutkan dakwah Uje. Semoga niat dan amal itu akan menjadi amal jariah yang pahalanya akan terus mengalir meski ia terbaring di 'sana'.

Selamat jalan ustad, selamat jalan guru.. Jasamu akan dikenang selamanya.

Sumber: liputan6.com

Baca Selengkapnya ....

"Ustaz Gaul" Itu Telah Pergi..

Posted by Tiket Kotu Kamis, 25 April 2013 0 komentar
Jeffry Al Buchori

Tak ada yang bisa menduga soal maut. Itu pulalah yang terjadi dengan Ustaz Jeffry Al Buchori. Tepat pada usianya yang memasuki kepala empat, ustaz yang akrab disapa Uje itu wafat hanya berselang beberapa hari setelah merayakan ulang tahunnya yang ke-40.

Dalam perayaan ulang tahunnya dua pekan lalu itu, Uje memilih merayakannya khusus bersama keluarganya.

"Biasanya almarhum merayakan bersama dengan teman-teman atau ustaz lainnya," tutur Fajar Sidik, adik kandungnya, di rumah duka di Perum Bukit Emas, Jalan Narmada III, Rempoa, Bintaro, Jumat (26/4/2013).

"Mungkin ini menjadi pertanda akan meninggalkan kita," katanya.

Ustaz yang memiliki banyak jemaah dari kalangan pemuda tersebut lahir pada 12 April 1973. Sehari setelah acara ultahnya, Uje sempat berkicau lewat akun Twitter-nya dengan tulisan: "Pada akhirnya.. Semua akan menemukan yg namanya titik jenuh.. Dan pada saat itu.. Kembali adalah yg terbaik.. Kembali pada siapa..??? Kpd "DIA" pastinya.. Bismi_KA Allohumma ahya wa amuut.."

Uje yang lahir di Jakarta menemui ajalnya ketika sepeda motor yang ditumpanginya menabrak sebuah pohon di Jalan Gedong Hijau 7 Pondok Indah, Jakarta, Jumat (26/4/2013) dini hari. Uje sempat dilarikan ke Rumah Sakit Pondok Indah, tetapi nyawanya tak tertolong.

Uje meninggalkan seorang istri, Pipik Dian Irawati, dan tiga orang anak, yakni Adiba Khanza Az-Zahra, Mohammad Abidzar Al-Ghifari, dan Ayla Azuhro.

Berasal dari keluarga dengan pendidikan agama kuat dan sempat mengenyam pendidikan agama di pesantren dan madrasah aliyah.  

Sebelum melakukan aktivitas dakwahnya, Uje sempat mengaku bahwa dirinya begitu akrab dengan dunia gemerlap.  

Namun, jalan hidup mengembalikannya ke dunia dakwah. Pengalaman pribadinya mendorong Uje mengemas dakwah dalam bahasa anak muda, bahkan kerap dianggap sebagai "ustaz gaul".

Meski awalnya menyasar dakwah di kalangan anak-anak muda, Uje justru dapat diterima oleh mereka dari segala usia.

Uje merupakan anak ketiga dari lima bersaudara dari pasangan almarhum H Ismail Modal dan Ustazah Tatu Mulyana.

Besar di lingkungan keluarga pendidik, Uje kecil sudah fasih membaca ayat-ayat suci Al Quran. Ia bahkan kerap menjadi juara di ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) hingga tingkat provinsi.

Kehidupan Uje memang penuh warna. Kehidupan gemerlap anak-anak remaja sempat pula dilaluinya. Pada awal tahun 90-an, ia bahkan pernah menjadi penari (dancer) di salah satu tempat hiburan malam.

Ia juga pernah mencicipi dunia akting, bahkan pernah dinobatkan sebagai pemeran pria terbaik dalam Sepekan Sinetron Remaja yang diadakan TVRI pada tahun 1991.

Jalan dakwah kemudian ditempuhnya ketika mendapatkan amanah dari kakak tertuanya, almarhum Ustaz H Abdullah Riyad, untuk melanjutkan dakwah dirinya di Jakarta.  

Dari sini, Uje membangun kembali dirinya. Namun, jalan dakwah Uje tak semulus yang dibayangkan. Ia bahkan pernah dicibir dan ditinggalkan jemaah saat hendak memimpin shalat lantaran kehidupan masa lalunya. "Ngapain diimamin sama tukang mabuk," begitu ujar Uje dalam sejumlah kesempatan saat mengenang kembali awal-awal berdakwah.

Meski sempat putus asa, tetapi berkat dorongan semangat sang istri, Uje justru bangkit serta menunjukkan ketulusan dan pertobatannya. Namanya kemudian menjadi begitu dikenang publik.

Gaya ceramah Uje memang terbilang rada berbeda, menggunakan bahasa gaul dan kerap menyisipkan lagu-lagu yang berisi dakwah.

Tak hanya kemampuan melantunkan ayat-ayat suci Al Quran, ia juga memiliki kemampuan vokal yang tak kalah. Selain itu, ia juga sempat merilis beberapa album lagu. Debut albumnya Lahir Kembali diluncurkan tahun 2006. Beberapa lagu diciptakannya sendiri dan dinyanyikan bersama penyanyi lagu-lagu religi.

Uje juga pernah berkolaborasi dengan Opick dan grup band Ungu.

Kini, tak ada lagi Uje yang begitu hangat dan bersahabat. Namun, namanya tak akan pernah dilupakan. Selamat jalan Uje....

Sumber : Tribunnews


Baca Selengkapnya ....

Ustaz Jeffry Al Buchori Akan Dishalatkan di Masjid Istiqlal

Posted by Tiket Kotu 0 komentar
Jenazah ustaz Jeffry Al Buchori disemayamkan di rumah duka, di kawasan Rempoa Jakarta Selatan, Jumat (26/4/2013) pagi. Foto didapat dari akun twitter ipangwahid.

Keluarga Ustaz Jeffry Al Buchori yang diwakili adik kandungnya, Fajar Sidik, mengharapkan jemaah Ustaz Uje, begitu ia disapa, agar melakukan shalat gaib untuk almarhum.

Rencananya, jenazah akan dimakamkan di lingkungan makam keluarga di TPU Karet Bivak, Jakarta, setelah shalat Jumat. "Nanti jenazah akan dibawa ke Masjid Istiqlal untuk dishalatkan, kemudian dimakamkan," tutur Fajar di kediaman almarhum di Perum Bukit Emas, Jalan Narmada III, Rempoa, Bintaro, Jumat (26/4/2013).

Dipilihnya shalat jenazah di masjid terbesar di Asia Tenggara ini karena dekat dengan tempat kelahiran almarhum, sedangkan tempat pemakaman di Karet karena merupakan makam keluarga.

"Almarhum sempat berpesan saat umrah entar kalau meninggal ingin (dimakamkan) dengan ayah," tuturnya.

Seperti diberitakan, Uje meninggal pada Jumat (26/4/2013) dini hari dalam sebuah kecelakaan tunggal yang terjadi di kawasan Pondok Indah.

Berdasarkan akun Twitter @TMCPoldaMetro, kecelakaan terjadi di Jalan Gedong Hijau 7 Pondok Indah. Saat itu Uje yang tengah mengendarai motor Kawasaki E650 dengan nomor polisi B 3590 SGQ menabrak pohon. Korban sempat dilarikan ke Rumah Sakit Pondok Indah.

Sumber : Tribunnews

Baca Selengkapnya ....

Ini Pesan Terakhir Ustadz Jeffry Al Buchory

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

Ustadz Jeffry Al Buchori alias Uje telah meninggal dunia secara mendadak. Kabar ini pun mengejutkan banyak pihak karena Uje meninggal karena kecelakaan tunggal yang menimpanya.

Seperti diketahui, motor Kawasaki yang dikendarai olehnya menabrak pohon di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan sekitar pukul setengah 2 dini hari.


"Benar. Kejadiannya jam setengah 2. Beliau meninggal di tempat," kata Fajar Shiddiq, adik kandung Uje saat dikonfirmasi wartawan (26/4).

Uje pun ternyata telah berpesan untuk memakamkan dirinya ketika meninggal di samping makam ayahanda.

"Rencana disemayamkan di TPU Karet. Makam keluarga di sana. Ayahanda, kakak. Dia pernah bilang kalau pengen dimakamin di sana, di samping makam ayahandanya," lanjutnya.

Fajar pun mewakili keluarga meminta maaf kepada jamaah Uje yang tersebar di beberapa daerah. "Atas nama keluarga besar Jeffry mohon maaf kepada jamaah yang selalu mendengar Uje. Mohon sholat ghaib bagi jamaah di seluruh Indonesia," tandasnya.

Sumber: kapanlagi.com

Baca Selengkapnya ....

Innalillahi Wainnailaihi Rojiun : Ustaz Jeffry Al Buchori Meninggal karena Kecelakaan

Posted by Tiket Kotu 0 komentar
Jeffry Al Buchori

Jagat Twitter dikejutkan dengan kabar meninggalnya Ustaz Jeffry Al Buchori, atau lebih akrab disapa Uje, Jumat (26/4/2013) dini hari. Namun, Rumah Sakit Pondok Indah yang sudah mengonfirmasi Uje dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat-nya menolak menyebutkan kondisi terakhir ustaz yang mengawali karier sebagai artis tersebut. Kabar meninggalnya Uje muncul dalam akun Twitter TMC Polda Metro Jaya.

"Iya, yang bersangkutan ada di sini," kata petugas IGD melalui sambungan telepon, Jumat dini hari. Namun, saat ditanya apakah kondisi Uje telah meninggal, petugas tersebut malah balik bertanya dari mana dapat kabar tersebut.

Hingga saat ini kabar kondisi terakhir Ustaz Jeffry Al Buchori masih simpang siur. Sebelumnya, Uje dikabarkan meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan saat mengendarai motor besar di sekitar Pondok Indah.

Ucapan belasungkawa pun berdatangan kepada ustaz tersebut. Sahabat Uje, Ustaz Mahdy Alatas, dalam akun Twitter-nya pun menulis, "Telah berpulang kerahmatullah sahabatku tercinta ustd jefri albukhari dini hari". Twitland pun terus dibanjiri ucapan dukacita untuk Uje.

Kabar meninggalnya Uje dua kali berturut-turut muncul dalam akun Twitter @TMCPoldaMetro. Bunyi tweet tersebut adalah "03:28 Kecelakaan Pemotor Kawasaki E650 B 3590 SGQ menabrak pohon di Jl. Gedong Hijau 7 Pdk Indah, korban meninggal & msh penanganan." Tak lama berselang menyusul tweet, "03:47 Kecelakaan Pemotor Kawasaki B 3590 SGQ di Jl. Gedong Hijau 7 Pdk Indah, korban meninggal dunia a/n Bpk Jefri Al Buchori."


Baca Selengkapnya ....

Orang Tertua Saudi Wafat, Tinggalkan 471 Keturunan

Posted by Tiket Kotu 0 komentar
Orang Tertua Saudi Wafat, Tinggalkan 471 Keturunan
Sheikh Awadh bin Abdul Aziz Al Saifi, meninggal dunia dalam usia 120 tahun.

Seorang pria yang diyakini sebagai orang tertua di Arab Saudi meninggal dunia dalam usia 120 tahun.

Sheikh Awadh bin Abdul Aziz Al Saifi lahir pada 1893 dan hidup melewati tiga abad yang berbeda, yaitu abad ke-19, ke-20, dan ke-21.

Sheikh Awadh meninggal dunia di kediamannya di Desa Al Badadha di wilayah tengah Arab Saudi meski sebelum meninggal dia dalam kondisi sangat sehat.

Sheikh Awadh yang menjadi kepala suku seumur hidup itu meninggalkan total 24 anak, 447 cucu, dan buyut. Putra tertuanya berusia 98 tahun dan yang termuda berusia 22 tahun. Sementara cucu tertuanya berusia sekitar 65 tahun.

Menurut sejumlah laporan, Sheikh Awadh semasa hidup dikenal sebagai seorang yang bijaksana dengan kemampuan bernegosiasi yang mumpuni.

"Dia (Sheikh Awadh) adalah sosok yang dihormati semua orang yang pernah bertemu dengannnya," demikian harian Sabq melaporkan.

"Kondisi kesehatannya sangat baik dan masih mengenal semua orang yang ada di sekitarnya. Dia menyukai puisi dan menyaksikan semua peristiwa bersejarah sejak penobatan Raja Abdul Aziz hingga Raja Abdullah," tambah harian itu.

Raja Abdul Aziz adalah pendiri kerajaan Arab Saudi pada dasawarsa 1930-an.

Sumber : Gulf News

Baca Selengkapnya ....

Sexomnia, Bercinta Secara Tak Sadar Saat Tidur

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

Dari sekian banyak jenis gangguan tidur seperti insomnia (sulit tidur), hipersomnia (mudah tertidur) atau berjalan di saat tidur (sleep walking) atau , ternyata ada jenis kelainan yang relatif jarang masih dikenal. Gangguan tersebut bernama sexomnia (sexomnia) yaitu gangguan tidur seperti melakukan aktivitas seksual di saat tidur.


Seksomnia mencuri perhatian media belum lama ini setelah kasus unik yang dialami oleh pria asal Denmark.  Pria ini dibebaskan dari tuduhan perkosaan terhadap dua gadis remaja oleh hakim pengadilan karena terbukti menderita gangguan tidur jenis seksomnia.

Seperti dilansir Associated Press, dua gadis remaja itu pulang bersama pria berusia 31 tahun ini ke apartemen miliknya setelah sebuah pesta pada tahun 2011. Salah satu gadis terbangun saat pria tersebut memeluknya, dan gadis ini pun kabur dan melaporkan peristiwa ini kepada pihak yang berwenang. 

Berdasarkan kesaksian di pengadilan, gadis ini setuju dengan pengakuan si pria bahwa dirinya memang tertidur ketika hendak memperkosa. Pria ini pun mengajukan bukti pemeriksaan medis dari dokter yang yang menyimpulkan bahwa ia sebenarnya menderita seksomnia.

Seksomnia yang juga dikenal dengan "sleep sex" belum lama ini diakui oleh komunitas medis sebagai salah satu jenis gangguan tidur. Hampir sama seperti berjalan sleep walking, seksomnia juga dianggap sebagai parasomnia, suatu kelainan yang disebabkan otak tidak dapat membedakan saat tidur maupun terjaga.

Studi para ahli pada 2010 melakukan analisa terhadap 832 pasien yang menderita gangguan tidur. Ternyata 7,6 persen di antaranya menderita seksomnia. Temuan ini juga menyimpulkan bahwa seksomnia lebih banyak dialami oleh pria dibandingkan wanita.

Para ahli gangguan tidur dan seksolog sejauh ini masih belum dapat memastikan apa yang sebenarnya penyebab dari gangguan ini. Namun ada faktor pemicu yang memperbesar risiko dari mengalami gangguan ini, seperti stres, alkohol, penggunaan narkoba, dan kurang tidur. Mereka yang mengalami gangguan tidur seperti sleep walking lebih rentan juga menderita gangguan ini.


Baca Selengkapnya ....

12 Makanan Super Pelawan Kanker

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

Setiap hari satu orang terdiagnosis kanker. Meski penyebab kanker belum diketahui dengan pasti, bukan berarti kita hanya bisa pasrah menghadapi penyakit ini. Banyak penelitian menunjukkan kanker dapat dicegah dengan menjalankan pola hidup sehat.


Memilih makanan yang sehat dan olahraga rutin bukan hanya dapat mencegah kanker, melainkan penelitian juga menunjukkan bahwa makanan yang tepat dapat menghentikan perkembangan sel kanker. Berikut adalah 12 makanan super yang diketahui bisa menjauhkan kita dari kanker.

1. Kacang tanah
Kaya akan vitamin E yang menurunkan risiko kanker kolon, paru-paru, hati, dan kanker lainnya. Selai kacang yang nikmat pada roti gandum utuh akan membantu Anda melawan kanker.

2. Grapefruit

Jeruk, grapefruit, dan brokoli kaya akan vitamin C. Elemen ini penting untuk mencegah pembentukan senyawa nitrogen yang merupakan penyebab kanker. Makanan mengandung vitamin C tinggi ini menurunkan risiko kanker esofagus, kandung kemih, payudara, serviks, lambung, dan usus besar. Jadi, jangan lupakan makanan-makanan ini dalam diet Anda sehari-hari.

3. Berry
Buah berry merupakan pelawan kanker yang tangguh. Kandungan antioksidannya yang tinggilah yang menyebabkan demikian.

4. Ubi jalar
Ubi jalar kaya beta karoten yang dapat menurunkan risiko kanker kolon, lambung, dan paru-paru. Studi menunjukkan, ubi jalar dapat menurunkan risiko kanker payudara hingga setengahnya.

5. Salmon liar
Salmon, terutama ikan yang ditangkap liar, merupakan sumber vitamin D yang baik. Makanan yang kaya vitamin D membantu menghalangi perkembangan pembuluh darah yang memberi makan tumor tumbuh dan membantu menghentikan proliferasi sel kanker dan prakanker.

6. Biji lenan
Asam lemak omega-3 mencegah pertumbuhan sel kanker, selain itu juga dapat mengurangi inflamasi. Selain ikan, biji lenan merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik.

7. Kunyit

Kurkumin, bahan aktif dari kunyit yang berperan dalam anti-inflamasi dan antioksidan. Kurkumin juga dapat menjadi penghalang dari komunikasi sel-sel kanker sehingga mencegah perkembangannya.

8. Teh
Teh mengandung senyawa katekin yang menghambat pertumbuhan kanker. Sebuah studi di China mengatakan, peminum teh hijau memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengembangkan kanker dibandingkan mereka yang tidak.

9. Sayuran

Buah dan sayur mengandung fotonutrien yang sama pentingnya dengan mineral dan vitamin. Sayuran seperti kembang kol dan kubis mengandung fitonutrien yang dapat membantu menghambat metabolisme karsinogen dan merangsang tubuh untuk memproduksi enzim detoksifikasi.

10. Tomat
Studi pada tahun 2009 yang dimuat dalam Journal of Clinical Oncology menunjukkan bahwa tomat mengandung likopen yang membantu mencegah kanker prostat. Likopen merupakan antioksidan kuat yang juga dapat mencegah pelbagai jenis kanker lainnya.

11. Delima
Delima kaya akan asam elagik yang dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Asam elagik juga menonaktifkan senyawa penyebab kanker.

12. Bawang bombai
Bawang bombai kaya akan senyawa anti-kanker. Bawang bombai dapat dimakan mentah ataupun sebagai campuran makanan.


Baca Selengkapnya ....

Mangga Berkhasiat Turunkan Gula Darah

Posted by Tiket Kotu 0 komentar


Mangga merupakan buah super yang sarat vitamin dan memiliki beragam khasiat pencegahan penyakit. Penelitian terbaru menunjukkan kandungan polifenol dalam mangga berpotensi mencegah obesitas dengan cara menurunkan kadar gula darah.

Buah yang lezat ini juga diketahui mampu melawan reaksi inflamasi pemicu kanker. Penelitian yang dipresentasikan dalam konferensi Experimental Biology 2013 menyebutkan, peningkatan kadar gula darah bisa menyebabkan diabetes atau obesitas.

Polifenol adalah jenis mikronutrien yang ditemukan dalam tanaman. Beberapa penelitian telah mengaitkan polifenol dengan berbagai manfaat pencegahan penyakit.

Mangga termasuk buah yang kaya polifenol, termasuk jenis antioksidan seperti mangiferin yang akan meningkatkan metabolisme dan melawan diabetes, quercetin yang melawan inflamsi dan hipertensi, serta kaempferol yang menghambat pertumbuhan kanker.

Dr.Edralin Lucas dari Oklahoma University melakukan penelitian terhadap 20 orang obesitas. Mereka diberikan 10 gram buah mangga yang sudah dikeringkan untuk dikonsumsi setiap hari selama 12 minggu.

Di akhir periode studi, kadar gula darah para partisipan diukur dan diketahui adanya penurunan yang signifikan. Meski begitu tidak ada perbedaan dalam kadar lemak tubuh.

Lucas menjelaskan hasil penelitian ini konsisten dengan penelitian pada hewan yang menunjukkan konsumsi mangga menurunkan kadar gula darah pada tikus yang diberi makanan tinggi lemak.

Sementara itu penelitian lain akan buah mangga dilakukan oleh Dr.Susanne Mertens-Talcott dari Texas A&M University. Ia menemukan polifenol dalam mangga menghambat respon inflamasi pada sel kanker dan nonkanker yang diisolasi di laboratorium.

Akan tetapi penelitian Mertens-Talcott itu masih harus ditindak lanjuti dengan penelitian pada manusia.

Meski begitu penelitian ini memperkuat studi-studi sebelumnya yang mengungkapkan bahwa polifenol pada mangga menghambat pertumbuhan sel kanker payudara dan mengurangi ukuran tumor pada tikus. Kandungan tertentu yang disebut gallotannins juga membantu mematikan sel-sel kanker kolon tanpa merusak sel yang sehat. 


Baca Selengkapnya ....

Ini Dia Pria Abu Dhabi yang Diusir dari Arab Saudi karena Terlalu Ganteng

Posted by Tiket Kotu Rabu, 24 April 2013 0 komentar

Dubai,
- Beberapa waktu lalu, otoritas Arab Saudi menahan dan mendeportasi tiga pemuda yang berasal dari Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UAE). Pengusiran ini dilakukan karena ketiga pemuda tersebut dianggap terlalu ganteng. Tidak ada keterangan mengenai identitas ketiga pria muda tersebut. Namun salah satunya diketahui bernama Omar Borkan Al Gala.

Pemuda itu merupakan seorang fotografer fashion, sekaligus aktor dan penyair Uni Emirat Arab. Sejumlah situs menampilkan foto-foto Omar yang berwajah tampan itu.

Salah satunya situs nairaland.com, Kamis (25/4/2013) yang menampilkan sejumlah foto-foto Omar dengan judul: Deported From Saudi-Arabia For Being Too Handsome.

Omar beserta dua pria muda lainnya yang tidak disebutkan namanya, datang ke Saudi untuk menghadiri festival kebudayaan Jenadrivah Heritage and Cultural Festival yang digelar di ibukota Riyadh belum lama ini. Namun seperti dilansir The Sun, tiba-tiba mereka malah ditangkap polisi setempat.

Polisi syariah di kota itu atau Mutaween, beralasan bahwa pemuda-pemuda tersebut dikhawatirkan bisa mengganggu kaum wanita setempat. Menurut Mutaween, dikhawatirkan para wanita setempat tidak akan mampu menahan diri dan tergoda dengan ketiga pria tampan tersebut. Hal tersebut jelas-jelas melanggar hukum syariat Islam yang berlaku di negara itu.

"Tiga pria Emirat dibawa pergi dari lokasi karena mereka terlalu tampan. Ditakutkan para pengunjung wanita akan jatuh cinta pada mereka," demikian laporan surat kabar setempat, Elaph.

Ketiga pria muda itu dikabarkan langsung dideportasi ke Abu Dhabi.

Selama ini, kaum wanita Saudi harus selalu mengenakan pakaian yang menutup seluruh tubuh. Mereka juga dilarang untuk berbicara dan berinteraksi dengan pria yang bukan keluarga mereka. Kontak atau interaksi seksual dengan seorang pria di luar pernikahan merupakan pidana bagi wanita Saudi. Mereka yang ketahuan melanggar, terancam hukuman cambuk dan bahkan, bisa mendapat hukuman mati.

Sumber: news.detik.com

Baca Selengkapnya ....

Semifinal Liga Champions : Lewandowski Empat Gol, Dortmund Gilas Madrid 4-1

Posted by Tiket Kotu 0 komentar
 

Dortmund
- Robert Lewandowski jadi bintang kemenangan Borussia Dortmund di leg pertama semifinal Liga Champions. Empat gol yang diciptakannya mengantarkan Die Borussen menang telak 4-1 atas Real Madrid.

Menjamu Madrid di Signal Iduna Park, Kamis (25/4/2013) dinihari WIB, Dortmund memimpin lewat gol cepat Lewandowski. Namun, Madrid mampu menyamakan kedudukan di menit-menit akhir paruh pertama melalui kaki Cristiano Ronaldo.

Kemenangan Dortmund ditentukan oleh aksi sensasional Lewandowski di babak kedua. Lewandowski mencetak tiga gol tambahan dan membuat timnya menang dengan skor meyakinkan.

Kemenangan ini jelas membuka lebar jalan Dortmund menuju final. Sebaliknya, Madrid harus berjuang ekstra keras agar bisa menang minimal 3-0 di leg kedua yang akan digelar di Santiago Bernabeu, pekan depan.

Jalannya Pertandingan

Setelah menit-menit awal berjalan alot, peluang bersih didapat Dortmund ada menit ketujuh lewat aksi individu Marco Reus. Reus menggiring bola dari tengah lapangan dan mengacak-acak pertahanan Madrid. Dia mengakhiri aksinya dengan tembakan mendatar, tapi bola bisa ditepis kiper Diego Lopez.

Dortmund benar-benar mencetak gol di menit berikutnya. Sebuah umpan silang Mario Goetze dari sisi kiri diteruskan Lewandowski dengan sontekan dari jarak dekat yang menggetarkan gawang Madrid.

Madrid baru bisa mengancam gawang Dortmund pada menit ke-24. Handball Sven Bender membuat tim tamu mendapatkan tendangan bebas. Eksekusi Ronaldo mengarah ke gawang, tapi bola dimentahkan oleh Roman Weidenfeller.

Memasuki menit ke-42, Reus terjatuh dalam perebutan bola dengan Raphael Varane di kotak penalti Madrid. Tapi, wasit tak menganggapnya sebagai pelanggaran.

Berselang semenit, Madrid berhasil menyamakan kedudukan. Diawali kesalahan Mats Hummels di wilayah pertahanan Dortmund, bola direbut Gonzalo Higuain. Higuain kemudian melakukan penetrasi ke kotak penalti sebelum mengirim umpan mendatar yang dituntaskan menjadi gol oleh Ronaldo.

Lima menit setelah babak kedua dimulai, Lewandowski membawa Dortmund kembali memimpin. Diawali umpan terobosan Reus, tendangan jarak dekat penyerang asal Polandia itu tak mampu dibendung Lopez. Pemain-pemain Madrid memprotes gol ini karena menganggap Lewandowski dalam posisi offside, tapi wasit tak menggubrisnya.

Dortmund kembali menjebol gawang Madrid di menit ke-55. Lewandowski yang menguasai bola liar di kotak penalti memperdaya Pepe sebelum melepaskan tembakan ke pojok atas gawang.

Ilkay Guendogan nyaris menambah gol Dortmund tujuh menit kemudian. Dia menunjukkan aksi menawan dengan mengecoh Sami Khedira dan Sergio Ramos sebelum melepaskan tembakan kaki kiri menyilang. Namun, tembakannya bisa ditepis Lopez.

Memasuki menit ke-65, wasit menunjuk titik putih setelah Xabi Alonso melanggar Reus di kotak penalti. Lewandowski maju sebagai eksekutor dan menjalankan tugasnya dengan sempurna. Tembakannya ke arah tengah membuat Lopez terkecoh.

Lewandowski hampir saja membuat Madrid makin terpuruk pada menit ke-78. Dia melepaskan tembakan terukur dari luar kotak penalti yang memaksa Lopez terbang menepis bola.

Di menit-menit akhir, Ronaldo punya kans untuk bikin gol. Tapi, usahanya digagalkan oleh Weidenfeller.

Susunan Pemain
Borussia Dortmund: Weidenfeller; Piszczek (Grosskreutz 83'), Subotic, Hummels, Schmelzer; Guendogan (Schieber 90+2'), Bender; Blaszczykowski (Kehl 82') Goetze, Reus; Lewandowski

Real Madrid: Diego Lopez, Ramos, Varane, Pepe, Coentrao; Alonso (Kaka 80'), Khedira; Modric (Di Maria 72'), Oezil, Ronaldo; Higuain (Benzema 70')
(mfi/roz)

Baca Selengkapnya ....

Mantan Murid Eyang Subur Ini Jadi "Bintang" di YouTube

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

Arya Wiguna meluapkan emosinya saat jumpa pers terkait perseteruan dengan mantan gurunya, Eyang Subur.

JAKARTA, Kasus perseteruan antara mantan pengikut Eyang Subur dan sang guru masih turut mewarnai ingar-bingar pemberitaan di media massa.

Kasus yang menyeret sejumlah artis dan orang-orang di lingkungan pengikut Eyang Subur menjadi konsumsi masyarakat, terlebih lagi para pemirsa televisi.

Kasus ini kemudian makin "menarik" setelah Majelis Ulama Indonesia (MUI) masuk dalam pusaran konflik antara guru dan mantan murid tersebut. Berdasarkan laporan dari mereka yang mengaku sebagai korban, investigasi pun dilakukan.

Sebuah keputusan akhirnya difatwakan. Ketua Bidang Fatwa MUI KH Dr Ma'ruf Amin dalam jumpa pers di kantornya di kawasan Menteng, Jakarta, Senin (22/4/2013), mengatakan, Eyang Subur diyakini telah melakukan penyimpangan terhadap akidah dan syariat Islam. Pro dan kontra pun bersahutan.

Gonjang-ganjing perseteruan Eyang Subur dan mantan murid-muridnya belakangan makin mencuri perhatian saja setelah sejumlah pihak menjadikan kasus ini sebagai "dagelan" yang menghibur.

Beragam cuplikan parodi perseteruan Eyang Subur dengan mantan murid-muridnya dibuat sejumlah orang dan diunggahnya di YouTube.

Salah satu mantan murid Eyang Subur, Arya Wiguna, menjadi bahan guyonan. Luapan emosi saat menggelar jumpa pers terkait perseteruannya dengan Eyang Subur dibuat video parodi oleh sejumlah orang.

Hasilnya? Hanya beberapa hari diunggah di YouTube, video ini langsung mencuri perhatian banyak pihak. Beragam komentar pun bermunculan.

Seperti apa video-video itu, lihat videonya di bawah ini. 





Baca Selengkapnya ....

Cara Mudah Mengubah Format File PDF ke Berbagai Format Lain

Posted by Tiket Kotu Selasa, 23 April 2013 0 komentar

PDF adalah salah satu format file yang sering digunakan untuk berbagai macam data atau file. Biasanya format ini digunakan pada file dokumen yang bisa kamu download melalui internet. Tapi terkadang, ada saja alasan yang membuat kita harus mengubahnya menjadi format yang lain. Nah, jika kamu ingin mengubah file PDF menjadi format file yang lain coba saja gunakan PDFMate PDF Converter.

PDFMate PDF Converter adalah sebuah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengubah format file PDF menjadi format file yang lain seperti, EPUB, TXT, HTML, SWF dan format gambar. Dengan interface yang bersih dan sederhana, kamu akan lebih mudah dan nyaman saat menggunakannya. Pertama-tama yang harus kamu lakukan yaitu download aplikasinya melalui link berikut ini :

http://www.pdfmate.com/pdf-converter-free.html

Setelah terdownload langsung saja install dan buka aplikasinya. Kemudian klik tombol Add PDF untuk memilih file yang akan kamu convert menggunakan PDFMate PDF Converter ini. Lalu kamu bisa memilih format outputnya dari toolbar. Setelah memilih format outpunya, tentukan juga folder outputnya dan klik tombol Convert untuk memulai proses convert file. Tunggu beberapa saat dan file PDF kamu akan langsung berubah format.

Cara Mudah Mengubah Format File PDF ke Berbagai Format Lain

Jika tidak ingin repot, kamu juga bisa mengconvert file langsung dalam jumlah yang banyak secara sekaligus (batch). Tapi sayangnya, jika kamu melakukan convert batch maka selama proses convert akan muncul layar nag yang sedikit mengganggu. Jadi jika kamu tidak ingin terganggu oleh layar nag ini, PDFMate PDF Converter harus diupgrade ke versi pro terlebih dahulu. Mengubah file PDF ke DOC juga hanya bisa dilakukan melalui versi pro saja. Jika kamu masih tertarik untuk mengubah format PDF dengan menggunakan PDFMate PDF Converter, kamu bisa mendownload versi gratisnya disini:

http://www.pdfmate.com/pdf-converter-free.html

Sumber: pusatgratis.com


Baca Selengkapnya ....

Penghina Nabi Muhammad Kini Masuk Islam: Maafkan Saya..

Posted by Tiket Kotu 0 komentar
Penghina Nabi Muhammad Kini Masuk Islam: Maafkan Saya...

Madinah
: Arnoud Van Doorn, mantan politisi Belanda yang anti-Islam, sekaligus eks anggota terkemuka partai sayap kanan yang dipimpin Geert Wilders, menjadi mualaf.

Seperti dimuat Saudi Gazette, Selasa (23/4/2013), kini ia makin memantapkan langkahnya sebagai seorang muslim dengan mengunjungi makam Nabi Muhammad di Madinah. Di sana, ia salat dan memohon maaf karena menjadi bagian dari film yang menghujat Islam dan Rasulullah, "Fitna".

Ia juga berniat membuat film internasional untuk mengkampanyekan Islam sebagai agama kasih. "Saya akan mencoba yang terbaik, untuk memperbaiki dampak buruk dari apa yang saya lakukan terhadap Islam dan Nabi melalui film "Fitna", "kata dia.

Di masa lalu, Arnoud di antara para petinggi Partai untuk Kebebasan PVV yang memproduksi film "Fitna". Bulan lalu ia memutuskan untuk masuk Islam setelah mempelajari agama yang kerap ia hina, juga Rasulullah yang sebelumnya ia lecehkan.

Arnoud mengaku, kemarahan umat muslim dunia yang mengutuk film yang dibuatnya, "memaksanya" untuk mempelajari Islam. Yang kemudian menuntunnya pada hidayah.

Setelah bertemu dua imam di Madinah, Sheikh Ali Al-Hudaifi dan Sheikh Salah Al-Badar, Arnoud menuju Mekah untuk melaksanakan ibadah umrah.

Awalnya Dianggap Lelucon

Sebelumnya, Arnoud mengumumkan keputusan untuk memeluk Islam di profil Twitternya. Ia juga memposting tweet Kalimat Syahadat dalam Bahasa Arab.

Pada awalnya, semua orang yang melihatnya, menganggapnya sebagai lelucon. Namun, Arnoud yang saat ini menjadi penasehat Pemerintah Kota Den Haag kemudian secara pribadi mengonfirmasi pilihannya menjadi muslim dalam surat resmi yang ditujukan pada walikota.

"Aku bisa memahami orang-orang yang skeptis dengan pilihanku, yang bagi sebagian orang tak diharapkan," kata Arnoud pada Al Jazeera. "Ini adalah keputusan besar yang sama sekali tak bisa aku anggap enteng."

Ia mengaku, rekan-rekan di lingkaran dalam partainya sudah lama mengetahui ia secara aktif meneliti Alquran, Hadis, Sunnah, dan tulisan tentang Islam lainnya. "Sudah hampir setahun lamanya. Aku juga sering berdiskusi dengan umat muslim tentang agama mereka."

Arnoud mengaku, kerap mendengar begitu banyak cerita negatif tentang Islam. "Tapi saya bukan orang yang mengikuti pendapat orang lain tanpa melakukan kajian sendiri."

Kini, pria 46 tahun itu telah berpisah dengan partai yang dipimpin Wilders dan maju ke pemilihan anggota ke Dewan Kota Den Haag dari jalur independen.

Keputusan Arnoud menjadi muslim mendapatkan reaksi beragam di Belanda. "Sejumlah orang menilai saya pengkhianat. Namun lainnya menganggapku telah membuat keputusan terbaik," kata dia. "Pada umumnya reaksi yang saya dapatkan positif. Saya juga menerima banyak dukungan di Twitter."

Ia juga menilai, pandangan negatif Barat terhadap agama Islam mayoritas didasarkan prasangka dan ketidaktahuan.

Sumber: liputan6.com

Baca Selengkapnya ....

Semifinal Liga Champions : Bayern Pesta 4 Gol ke Gawang Barca

Posted by Tiket Kotu 0 komentar
Gelandang Bayern Muenchen, Thomas Mueller (kanan), menyundul bola masuk gawang Barcelona, pada menit ke-25 pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions, di Allianz Arena, Selasa (23/4/2013).

Bayern Muenchen berpesta empat gol tanpa balas saat menghadapi Barcelona pada pertandingan semifinal Liga Champions, di Allianz Arena, Selasa (23/4/2013).

Gol pertama tuan rumah dicetak Thomas Mueller pada menit ke-23. Sebuah umpan silang dari Arjen Robben dibelokkan Dante ke arah Mueller yang berada di depan gawang. Mueller menyundul bola ke arah gawang. Valdes melakukan antisipasi, tetapi tak cukup untuk mencegah bola masuk ke gawang.

Empat menit setelah turun minum, Bayern mendapatkan gol kedua dari Mario Gomez. Dari jarak dekat, Gomez meloloskan bola ke gawang Barcelona, memanfaatkan umpan Mueller.

Angka di papan skor diubah oleh Arjen Robben menjadi 3-0 pada menit ke-73. Setelah menguasai umpan Bastian Schweinsteiger, Robben menggiring bola masuk ke gawang dan, berkat bantuan Mueller, berhasil melewati Jordi Alba. Robben mengakhiri pergerakannya dengan melepaskan tembakan akurat dari sudut sempit, yang gagal dihalau Valdes.

Pesta gol Bayern ditutup oleh Mueller pada menit ke-82. Bayern membangun serangan melalui sektor kanan pertahanan Barcelona, yang berujung lepasnya umpan silang dari David Alaba. Mueller memenangi perebutan posisi dengan seorang pemain lawan sehingga bisa menyepak bola masuk ke gawang.

Secara umum, Barcelona mendominasi penguasaan bola, tetapi pemain-pemain Bayern membangun komunikasi dan koordinasi yang solid sehingga mampu memangkas umpan-umpan final Barcelona.

Di tengah kesulitan itu, Barcelona mencoba memecah kebuntuan dengan melepaskan sejumlah tembakan, tetapi tak cukup ampuh bagi Manuel Neuer.

Pada menit ke-69, misalnya, Lionel Messi melepaskan tembakan jarak dekat, tetapi diblok oleh Dante. Tak lama setelahnya, Marc Bartra melakukan usaha serupa, tetapi tak membuahkan gol akibat langkah antisipasi Neuer.

Di sisi lain, Bayern selalu berusaha mengalirkan bola dengan cepat ke lini pertahanan lawan melalui sektor sayap. Dengan permainan umpan silang ditambah keunggulan postur badan, Bayern mampu menyulitkan lini belakang lawan dalam menutup ruang dan menentukan siapa pemain yang perlu dikawal.

Menurut catatan UEFA, sepanjang pertandingan, Bayern menguasai bola sebanyak 37 persen dan melepaskan sembilan tembakan titis dari sembilan usaha. Sementara Barcelona melepaskan dua tembakan akurat dari empat percobaan.

Bayern: 1-Manuel Neuer; 21-Philipp Lahm, 17-Jerome Boateng, 4-Dante, 27-David Alaba; 8-Javi Martínez, 31-Bastian Schweinsteiger; 10-Arjen Robben, 25-Thomas Mueller (14-Claudio Pizarro 83), 7-Franck Ribery (11-Xherdan Shaqiri 89); 33-Mario Gomez (30-Luis Gustavo Dias 71)

Barcelona: 1-Victor Valdes; 2-Dani Alves, 3-Gerard Pique, 15-Marc Bartra, 18-Jordi Alba; 6-Xavi, 16-Sergio Busquets, 8-Andres Iniesta; 9-Alexis Sanchez, 10-Lionel Messi, 17-Pedro (7-David Villa 83)

Wasit: Viktor Kassai (Hongaria)


Baca Selengkapnya ....

Demi Tuhan! Eyang Subur juga punya lagu hymne!

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

Demi Tuhan! Eyang Subur juga punya lagu hymne!
Gegap gempita berita Eyang Subur membuat banyak sisi lain dari Eyang yang selama ini belum terungkap, terangkat ke ranah publik. Salah satunya adalah munculnya video hymne Eyang Subur.
Dalam sebuah video, terlihat beberapa orang di atas panggung sedang bernyanyi bersama. Adi Bing Slamet dan beberapa artis terlihat di atas panggung tersebut.

Perhatikan lirik lagu berikut:

Tiada ada beda suku atau agama
Kita semua tetap sama
Dengan restu Eyang kita satu keluarga
Keluarga besar Paesindo
Kami semua cucu-cucu Eyang
Keluarga besar Paesindo
Kami semua cucu-cucu Eyang
Berkarya berbakti dan mengabdi

Dengan iringan musik mirip hymne lagu resmi, para penyanyi terlihat bersemangat. Dalam rombongan penyanyi itu ada juga dua anak kecil yang mempuisikan lagu sang Eyang.
Ingin ikut bernyanyi hymne Eyang Subur? silakan disimak video berikut.

Sumber: merdeka.com

Baca Selengkapnya ....

Eyang Subur calonkan diri sebagai presiden 2014

Posted by Tiket Kotu Senin, 22 April 2013 0 komentar

Eyang Subur calonkan diri sebagai presiden 2014

Eyang Subur hingga saat ini masih belum memberikan pernyataan terkait Fatwa MUI. Ramdan Alamsyah, Pengacara Eyang Subur, menyebut kalau kliennya baru akan memberikan pernyataan langsung saat mencalonkan diri sebagai presiden Republik Indonesia.

"Eyang Subur akan muncul saat deklarasi dirinya sebagai capres," kata Ramdan Alamsyah, pengacara Eyang Subur saat ditemui di Kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (22/4).

Entah bercanda atau serius, namun Ramdan menegaskan kalau kliennya akan mendaftarkan dirinya sebagai kandidat Presiden Republik Indonesia menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono. "Mau tahun berapa kita lihat nanti. Tahun 2014," ujar Ramdan.

MUI, Senin (22/4) mengeluarkan hasil investigasinya atas Eyang Subur. Mereka telah bekerja sejak 8 sampai 20 April 2013 dan memutuskannya dalam rapat pleno Komisi Fatwa pada 19 April.

Hasil investigasi tersebut menyatakan kalau ajaran yang dianut dan dipraktikkan Eyang Subur menyimpang dari akidah Islam. (kpl/aal/uji/dar)

Sumber: Kapanlagi.com

Baca Selengkapnya ....

Psy Kembali Pecahkan Rekor YouTube

Posted by Tiket Kotu 0 komentar




Video klip terbaru penyanyi populer Korea Selatan Psy, "Gentleman", telah berhasil memecahkan rekor harian YouTube.

Menurut pihak YouTube dalam sebuah posting blog, dalam waktu 24 jam sejak diunggah ke akun Psy hari Sabu (13/3/2013) lalu, "Gentleman" berhasil mengumpulkan 38 juta view.

Jumlah tersebut jauh lebih banyak dibanding pencetak rekor terdahulu, yaitu video "Boyfriend" dari penyanyi Amerika Serikat Justin Bieber yang pada Mei 2012 ditonton 8 juta kali dalam periode waktu yang sama.

Salah satu video pemecah rekor lainnya yang berhasil dikalahkan oleh "Gentleman", tetapi dengan subjek yang berbeda, adalah video KONY 2012 dengan jumlah 31 juta view. Video ini menceritakan misi seorang pembuat film, Jason Russell, yang ingin menjatuhkan pemimpin gerilya Uganda, Joseph Kony.

Video musik terbaru Psy ini juga berhasil memancing penonton dalam jumlah yang sangat banyak dalam satu minggu setelah diunggah, yaitu mendekati angka 204 juta view.

"Dari perspektif statistik, ini adalah peluncuran video musik dalam terbesar dalam situs web. Dari perspektif tambahan, "Gentleman" telah dilihan 100 juta kali kurang dari 4 hari di seluruh wilayah yang ada di dunia, sebuah pencapaian yang dibutuhkan nyaris dua bulan oleh vide "Gangnam Style", kata Kevin Allocca, Trend Manager YouTube, seperti dikutip dari Cnet, Selasa (23/4/2013).

Video Psy sebelumnya, "Gangnam Style" juga telah berhasil memecahkan rekor video terbanyak yang ditonton di YouTube. Video ini telah berhasil menjadi yang pertama menyentuh 1 miliar view dan kini memegang rekor penonton sebanyak 1,5 miliar.

Nonton videonya yuk ..:


Baca Selengkapnya ....

Inilah Ponsel Paling Murah Sedunia..

Posted by Tiket Kotu 0 komentar



Berapa harga ponsel termurah? Para penulis di Blog Bunnie Studios membeli ponsel seharga 12 dollar AS atau tak sampai Rp 120.000 dari Mingtong Digital Mall. Mereka lalu membongkarnya untuk melihat apa saja komponen yang mengisi ponsel ini.

Ponsel tersebut memang dijual seharga lebih kurang Rp 120.000, bukan melalui paket bundling dari operator atau promosi apa pun.

Seperti terlihat dalam gambar, ponsel yang bersangkutan terlihat sangat sederhana. Di bagian depannya ada LCD berukuran kecil yang menampilkan beberapa baris teks berwarna.

Meski sekilas tampak seperti mainan anak-anak, perangkat ini adalah ponsel sungguhan yang bisa dipakai untuk menelepon.

Dengan banderol harga eceran 12 dollar AS per unit, diperkirakan biaya produksi ponsel tersebut kurang dari 10 dollar AS. Boleh jadi, ponsel ini merupakan yang paling murah di dunia.

Cara membongkarnya pun disebut cukup mudah karena cangkang ponsel ini tak dikunci dengan sekrup, hanya menggunakan plastik yang dirapatkan dengan mekanisme lock-on seperti cover belakang sebuah smartphone konvensional.

Di dalamnya ada prosesor MediaTek MT6250DA dan Vanchip VC5276 yang ditanam pada sebuah papan PCB mungil. Ada unit baterai yang disolder ke papan ini, berikut antena Bluetooth dan backlit keypad.

Spesifikasi lengkapnya sebagai berikut:
- Kecepatan CPU: 260 MHz, 32-bit
- RAM: 8 MB
- Interface: USB, micro-SD
- Konektivitas: GSM Quadband, Bluetooth
- Baterai: Lithium-polymer
- Layar: OLED dua warna

Sumber: kompas.com


Baca Selengkapnya ....

Pendeta Jadi Caleg PKS

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

Pendeta Jadi Caleg PKS
Sekretaris Jenderal PKS, Taufik Ridho (kanan) memberikan keterangan pers, Senin (22/4/2013) di Jakarta.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendaftarkan pendeta sebagai calon anggota legislatif pada Pemilu 2014. Partai itu juga mencalonkan beberapa orang non-Muslim di Indonesia timur.

Sekretaris Jenderal PKS Taufik Ridho mengatakan, caleg pendeta ada di Sulawesi. Tercatat pendeta yang menjadi caleg PKS berada di Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan sebagian Sulawesi Selatan. "Kebutuhan daerah pemilihan sana memang seperti itu," ujarnya, Senin (22/4/2013), di Jakarta.

Para pendeta itu menjadi caleg untuk DPRD provinsi atau kabupaten/kota setempat. Belum ada pendeta menjadi caleg PKS untuk DPR.

Namun, di Papua ada caleg non-Muslim untuk DPR. "Ada satu atau dua orang untuk dapil Papua dan Papua Barat," ujarnya.

PKS mengusung 487 caleg untuk DPR dalam Pemilu 2014. Hampir semua anggota fraksi PKS saat ini dicalonkan lagi.

Sumber: kompas.com

Baca Selengkapnya ....

Ujian Nasional Sebaiknya Dihapus

Posted by Tiket Kotu 0 komentar
Ilustrasi: Pelajar SMA yang sedang menjalani masa tahanan (mengenakan kaus) mengerjakan soal Ujian Nasional di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 2B Cebongan, Desa Sumberadi, Mlati, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (15/4/2013).

Mantan Rektor UIN Bandung Prof Nanat Fatah Natsir, mengatakan, ujian nasional (UN) sebaiknya dihapus, dan penentuan kelulusan siswa diserahkan kepada sekolah, karena guru dan sekolah yang paling memahami kemampuan akademik siswa.

"Biarkan sekolah dan guru yang membuat soal dan menguji siswa. Pemerintah cukup membuat standar dan kisi-kisi soal UN untuk menjamin kualitas UN di seluruh Indonesia sama," kata Nanat Fatah Natsir di Jakarta, Senin (22/4/2013).

Presidium Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) itu mengatakan, pemerintah juga harus meningkatkan kualitas guru. Sebuah penelitian menyatakan, 62 persen kualitas pendidikan ditentukan oleh kualitas guru, baru kemudian kurikulum dan sarana prasarana.

Karena itu, kata Nanat, pemerintah perlu memberi kepercayaan kepada guru dan kepala sekolah, untuk menentukan kelulusan siswa berdasarkan pedoman yang sudah disusun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Sistem UN saat ini menunjukkan seolah-olah pemerintah tidak percaya dengan kepala sekolah dan guru. Mengapa tidak bisa seperti di perguruan tinggi, ketika kelulusan mahasiswa ditentukan dosen penguji dan ditetapkan rektor," tuturnya.

Menurut Nanat, kondisi pelaksanaan UN yang berantakan beberapa waktu lalu menunjukkan sistem yang diberlakukan saat ini lebih banyak mudaratnya daripada manfaatnya. Orangtua dan siswa justru menjadi korban sistem yang berantakan tersebut.

"Sistem UN saat ini juga mendorong ketidakjujuran, baik yang dilakukan siswa maupun guru. Demi mengejar kelulusan 100 persen, sekolah dan siswa melakukan segala cara dalam menempuh UN," ujarnya.

Pelaksanaan UN tingkat SMA di 11 provinsi tertunda, karena lambatnya pengiriman soal ke daerah tersebut. Beberapa pihak menduga keterlambatan dan permasalahan yang baru pertama kali terjadi itu, disebabkan kebijakan Kemdikbud yang membuat 20 tipe soal.

Mendikbud Mohammad Nuh kemudian memutuskan UN susulan di 11 provinsi tersebut, pengadaan naskah soalnya dengan cara memfoto kopi.  

Sumber: Antara


Baca Selengkapnya ....

MUI : Praktik Eyang Subur Ternyata Menyimpang dari Pokok-pokok Syariat

Posted by Tiket Kotu 0 komentar
Eyang Subur (kedua dari kiri) bersama kuasa hukumnya, Ramdhan Alamsyah, Jumat (19/4/2013) mendatangi Bareskrim Mabes Polri, Jakarta.

 Setelah dua minggu melakukan investigasi, akhirnya Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan dua fatwa mengenai keberadaan Eyang Subur dan praktiknya sebagai "orang pintar".

"Pertama, ditemukan praktik keagamaan yang bertentangan dengan pokok-pokok syariat oleh Saudara Subur, dengan menikahi wanita lebih dari empat orang, dengan waktu bersamaan, yang dibuktikan dengan pengakuan yang bersangkutan (ikrar) dan persaksian sejumlah orang yang tepercaya (syahadat). Penyimpangan tersebut didasarkan pada Fatwa MUI tentang Beristri Lebih dari Empat dalam Waktu Bersamaan," papar KH Dr Ma'ruf Amin, Ketua MUI Bidang Fatwa, membacakan fatwa pertama di Kantor MUI, Jakarta, Senin (22/4/2013)

"Kedua, ditemukan adanya praktik perdukunan dan peramalan oleh Saudara Subur, yang dibuktikan oleh kesaksian (syahadat) sejumlah orang, yang jumlahnya sangat sulit untuk terjadinya kebohongan (tuhiil al-'adah tawathu 'uhum 'ala al-kadzib) serta indikasi kuat dalam proses klarifikasi yang menunjukkan adanya praktik yang dimaksud. Penyimpangan tersebut didasarkan pada Fatwa MUI Nomor 2/Munas VII/2005 tentang Perdukunan dan Peramalan," lanjutnya.

MUI menjawab permintaan dari artis Adi Bing Slamet dan pihak Subur. Keduanya menuntut MUI mengeluarkan jawaban soal praktik yang dilakukan oleh Subur. Investigasi telah dilakukan sejak 8-20 April 2013 dan melaporkan hasilnya kepada Dewan Pimpinan MUI. Lantas, Komisi Fatwa MUI melakukan Rapat Pleno Komisi Fatwa pada 19 April 2013 dan keluarlah dua fatwa tersebut.

Sumber: kompas.com


Baca Selengkapnya ....

IQ Bukan Satu-satunya Penentu Kesuksesan

Posted by Tiket Kotu Minggu, 21 April 2013 0 komentar

Cara individu memproses inteligensinya juga berpengaruh terhadap kinerja kognitifnya.

Berapa IQ Anda? Seberapa penting ukuran IQ ini bagi Anda?

Sebuah perusahaan mengandalkan "kecerdasan" atau IQ karyawan sebagai persyaratan kaku dalam proses promosi. Seorang supervisor harus punya IQ minimal tertentu, dan untuk menjadi manager IQ-nya harus lebih tinggi lagi. Beberapa atasan protes, sebab melihat kenyataan di lapangan yang tidak selalu relevan dengan ukuran IQ tadi.

Sementara pembuat kebijakan tetap pada prinsip bahwa para calon eksekutif yang dituntut melakukan problem solving dan menyusun strategi memang perlu ber-IQ tinggi. Para pembuat kebijakan ini berkomentar, "Bila tidak ber-IQ tinggi, nanti top manajemen kita hanya terdiri dari orang-orang yang terlalu operasional".

Di zaman modern ini, di mana tuntutan kompetensi makin beragam, kita terus bertanya-tanya, seberapa tinggi sebetulnya korelasi IQ dengan kemampuan membuat strategi perusahaan, problem solving dan kreativitas?

Banyak orang berpikir bahwa individu dengan IQ tinggi adalah orang yang smart. Meskipun ada yang terlihat culun dan  telmi alias "telat mikir", namun angka IQ tinggi kerap membuatnya tetap dianggap "smart" oleh lingkungan sekitar.

Pertanyaannya, apakah orang seperti ini bisa menjamin pengambilan keputusan  yang benar-benar "cemerlang", jago melakukan inovasi dan terobosan? Apakah individu seperti ini bisa masuk dalam suasana berpikir yang membutuhkan common sense dan streetsmartness yang merupakan hal kritikal, terutama di level manajemen atas? Mungkin ini sebabnya orang sering bersikap skeptis mengenai IQ?

Pengukuran IQ tentu tidak salah, penggunaannya sebagai parameter juga tidak salah. Berbagai riset jelas menunjukkan IQ punya peran signifikan terhadap kinerja individu di tempat kerja. Namun demikian, kita memang perlu berhati-hati dalam melakukan interpretasinya. IQ mengukur kemampuan general untuk memecahkan masalah.

Namun, kemampuan kognitif yang dibutuhkan di tempat kerja, tidak sekadar kemampuan general saja. Di tempat kerja, justru pencarian dan perolehan informasi baru, mengambil pelajaran dari kegagalan, menemukan jalan keluar unik, serta kreativitas menciptakan terobosanlah yang semakin menjadi hal kritikal. Di sini kita segera melihat ada batasan kemampuan yang diukur IQ, karena untuk melakukan itu semua, individu perlu mengerahkan kemampuannya secara menyeluruh.

Dunia kerja kita sekarang menuntut individu menunjukkan kemampuan untuk melepaskan diri dari kekakuan rumus-rumus, logika statis, dan juga mempersyaratkan "think outside the box". Artinya, cara individu memproses inteligensinya juga berpengaruh terhadap kinerja kognitifnya. Itu sebabnya, jangan heran bila sebuah studi terhadap para pimpinan perusahaan menemukan angka IQ mereka tidak hebat-hebat amat, sementara para direksi ini nyata-nyata berkinerja sangat cemerlang. 

Jadi, memanfaatkan pengukuran IQ saja sebagai satu-satunya penentu keberhasilan kinerja kognitif memang perlu kita tinjau kembali, karena ternyata dalam perkembangannya orang bisa meningkatkan kemampuan berpikirnya, dengan ukuran IQ yang tetap segitu saja.

Mengencerkan Inteligensi
Albert Einstein mengatakan bahwa individu perlu menajamkan instingnya, bila menginginkan hasil yang optimal. Jadi IQ dihidupkan dan dikembangkan, tidak bisa berkembang dengan sendirinya.

Dalam sejarah, kita pasti bisa menyaksikan betapa para jenius ini tidak henti-hentinya mencari informasi baru. Hal ini menyebabkan tidak sekadar mindset yang berubah, tetapi jumlah sambungan neuron dalam otakpun bertambah, karena ia perlu mengkaitkan informasi baru dengan yang sudah ada. Jadi orang dengan IQ "biasa" pun bisa dan harus mengadaptasi sikap "Be an "Einstein"'.

Orang yang berotak encer adalah orang yang dengan mudah menyerap informasi baru, menyusunnya di dalam memori, dan menggunakannya sebagai dasar pemecahan masalah terkini yang sedang ia hadapi. Hasil pengalaman ini kemudian digunakannya lagi untuk menghadapi masalah baru lagi.

Kegiatan mengencerkan inteligensi ini bisa dilatih. Di lingkungan kerja, di mana brainstorming dijadikan rutinitas dan dianggap penting, mau tidak mau orang bersiap untuk menerima  dan mengolah informasi baru. Seperti latihan dalam olah aga, daya pikirpun bisa dilatih: "The more you train, the more you gain". Untuk itu, belajarlah alat musik baru, kunjungilah pameran dan museum, bacalah penemuan penemuan science terbaru. Jadilah "knowledge junkie".

Hal yang sering tidak kita kaitkan dengan kegiatan kognitif adalah kegiatan sosial. Media sosial seperti Twitter, Facebook, memungkinkan kita untuk terekspos dan mengenal orang lain. Pada saat berkomunikasi kita tentunya akan dihadapkan pada hal hal baru yang kita temukan di lingkungan sosial kita, sehingga mau tidak mau kita jadi terangsang untuk mengembangkan diri.

Sadar kognisi
Saya mengenal seseorang yang skor IQ-nya berada di bawah rata-rata, namun begitu keras hatinya. Setelah menamatkan kuliah S1-nya, ia mengambil kursus programmer perangkat lunak yang canggih dan paling laku, memperbaiki nilai TOEFL-nya, sehingga sekarang menjadi programer yang langka dan berupah besar, jauh dari teman-temannya yang paling tidak ber IQ rata-rata. Hal ini lagi-lagi menjadi bukti bahwa kita memang tidak bisa sekadar mengandalkan angka IQ sebagai penentu kinerja kognitif seseorang.

Hal yang perlu kita waspadai adalah sikap mengistirahatkan otak atau malas berpikir. Meski punya IQ tinggi, namun bila tidak dilatih, akan membuat otak kita cepat berkarat. Contoh sederhana adalah sering kita mengetahui sesuatu tetapi lupa di mana kita bisa menggali memori kita. Jadi, kata atau nama itu seolah ada di ujung lidah tetapi tidak bisa diucapkan.

Ini tanda otak kita memerlukan alertness agar selalu bisa menyajikan memori yang tersimpan. Bila kita serius untuk menajamkan kemampuan kognitif kita, kita pun perlu berhati-hati dengan pemanjaan teknologi, misalnya penggunaan memori nomor telepon di ponsel yang menyebabkan kita tidak terbiasa menghapal nomer telepon lagi.

Selain itu, GPS yang semakin lama semakin friendly, menyebabkan kegiatan mapping di otak kita beristirahat. Perangkat lunak penerjemah, menyebabkan kita tidak berpikir keras untuk bertata bahasa yang baik, padahal bahasa adalah latihan otak yang sangat baik.

Kita perlu sadari bahwa orang yang berotak encer memiliki kebiasaan untuk terbuka dan mengosongkan pikirannya, sehingga ia semakin trampil mencari informasi. Sementara, orang yang mandeg, merasa nyaman-nyaman saja dan merasa sudah tahu segalanya. 

(Eileen Rachman/Sylvina Savitri, EXPERD Consultant)

Sumber: Kompas Cetak

Baca Selengkapnya ....

Ingin jantung sehat? Perbanyak 4 vitamin ini!

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

Ingin jantung sehat? Perbanyak 4 vitamin ini!

Jantung adalah salah satu bagian paling vital dari tubuh manusia. Untuk itu, kita perlu menjaga kesehatan jantung dengan mengontrol makanan yang masuk ke tubuh. Olahraga saja tidak cukup, jika tidak didukung dengan konsumsi nutrisi yang baik untuk jantung. Berikut adalah vitamin yang dibutuhkan oleh jantung untuk tetap sehat, seperti dilansir Boldsky.

1. Vitamin B

Vitamin B mengandung suplemen seperti asam folat, vitamin B6 dan B12 yang secara tidak langsung mengurangi risiko serangan jantung. Darah memiliki asam amino bernama homosistein yang bisa mengurangi aliran darah melalui pembuluh darah dan menginduksi sel yang menggumpal. Ini pada gilirannya menciptakan blok di arteri dan vena dan berdampak memicu serangan jantung. Dalam hal ini, vitamin B membantu dalam mengurangi tingkat homosistein dalam darah.

2. Vitamin E

Vitamin E dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 40 persen. Vitamin E banyak ditemukan dalam bayam, kacang-kacangan, biji-bijian, merica, minyak zaitun, jagung, dan masih banyak lagi. Suplemen ini bertindak sebagai antioksidan dan melindungi darah dari timbunan lemak. Nutrisi ini akan menurunkan kolesterol jahat dan membantu untuk mempertahankan kolesterol baik, sehingga menghindari lemak yang menggumpal di arteri dan menginduksi aliran darah menjadi lancar.

3. Kalsium (Vitamin D) dan magnesium

Kalsium (Vitamin D) dan magnesium membantu dalam menjaga kesehatan jantung dan mengatur detak jantung tetap stabil. CoQ10 atau Coenzyme Q10 membantu mempertahankan tekanan darah dan membuat jantung yang sehat.

4. Asam lemak omega-3

Ikan seperti salmon, mackerel, sarden, dan tuna, memiliki banyak kandungan asam lemak omega-3. EPA dan DHA mengurangi risiko penyakit jantung dan pasien dengan penyakit jantung disarankan untuk mengonsumsi suplemen sehat ini secara teratur. Pasien dengan trigliserida tinggi juga dapat mengonsumsi asam lemak omega-3 untuk menjaga jantung tetap sehat.

Untuk menjaga kesehatan jantung, Anda tidak hanya perlu mengonsumsi vitamin dan mineral yang cukup, tetapi juga harus giat melakukan aktivitas fisik. Naik tangga, yoga, meditasi, dan latihan pernapasan, dapat mengurangi penumpukan kolesterol dan lemak dalam tubuh.

Baca Selengkapnya ....

Jus buah ini ampuh turunkan tekanan darah

Posted by Tiket Kotu 0 komentar


Jus buah ini ampuh turunkan tekanan darah

Minum segelas buah bit ampuh menurunkan tekanan darah tinggi, demikian menurut penelitian terbaru.

Di dalam penelitian tersebut, terbukti bahwa menikmati 250 ml jus buah bit bisa membuat tekanan darah tinggi kembali normal. Peneliti pun melaporkannya dalam jurnal Hypertension.

Khasiat jus buah bit itu pun bisa langsung dirasakan setidaknya tiga sampai enam jam dan paling lambat sehari sesudahnya.

Efek samping minum jus buah bit cuma satu, yaitu urine akan berubah menjadi warna merah jambu.

Menurut peneliti, kandungan nitrat pada bit memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Nitrat sendiri biasanya ditemukan di dalam tanah yang kemudian diserap oleh tanaman melalui akar untuk membantu pertumbuhan.

Meskipun demikian, peneliti dari Barts Health NHS Trust dan London Medical School yang telah menganalisis khasiat buah bit dalam setahun menganggap bahwa penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan.

"Kami cukup terkejut bagaimana jumlah kecil dalam nitrat bisa memberi khasiat yang luar biasa besar," tutur peneliti Dr Amrita Ahluwalia, seperti yang dikutip dari BBC.

Dengan adanya penelitian ini, peneliti pun menyarankan agar masyarakat lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah yang kaya akan nitrat untuk menurunkan tekanan darah.

Sumber: merdeka.com


Baca Selengkapnya ....

Mangga muda, si asam yang ampuh lawan sembelit

Posted by Tiket Kotu 0 komentar
Mangga muda, si asam yang ampuh lawan sembelit

Mangga seperti yang kita tahu adalah buah yang sangat nikmat lezat. Tak hanya mangga yang sudah masak, mangga muda juga digemari banyak orang. Meski rasanya yang sangat asam, buah ini tetap disukai dan selalu dinikmati sebagai pelengkap rujak buah. Di sisi lain, mangga muda hadir dengan sejumlah manfaat kesehatan. Yuk, intip khasiat mangga muda, dilansir magforwomen.

1. Kaya vitamin C
Meski rasanya asam, buah ini mengandung banyak vitamin C yang membantu untuk memenuhi kebutuhan kalsium dari tubuh yang membuat tulang kuat. Nutrisi ini penting membantu tubuh untuk melawan peradangan. Pembuluh darah menjadi lebih kuat dan lebih elastis. Vitamin C membantu dalam penciptaan sel-sel baru darah, penyerapan zat besi dan pencegahan pendarahan.

2. Baik untuk morning sickness
Wanita hamil bisa makan mangga muda untuk membantu menenangkan intensitas dan meminimalkan frekuensi morning sickness. Anda akan melihat hilangnya morning sickness setelah teratur mengonsumsi mangga muda.

3. Obat untuk gangguan pencernaan dan sembelit
Mangga muda kaya kandungan serat, sehingga membantu dalam pengobatan sembelit. Mencampurnya dengan sedikit madu dan garam akan membantu dalam menangkal gangguan pencernaan.

4. Baik untuk hati
Buah ini mengandung jumlah zat besi yang besar. Mangga muda berfungsi menjaga fungsi hati agar tetap sehat. Asupan reguler mangga muda dengan takaran yang cukup akan mengurangi risiko gangguan hati karena mempercepat sekresi asam empedu dan membersihkan usus dari infeksi bakteri.

5. Meningkatkan ketahanan terhadap penyakit
Mangga muda membantu tubuh untuk meningkatkan imunitas dan resistensi terhadap sejumlah penyakit seperti TBC, anemia, kolera, diare, disentri. Serta berbagai bentuk kanker dan penyakit jantung dapat dicegah dengan konsumsi mangga muda secara teratur.

Menyantap mangga hijau memang sangat bermanfaat. Tapi jangan terlalu banyak agar tidak sakit perut.

Baca Selengkapnya ....

Sering emosi saat menstruasi? Makan brokoli solusinya!

Posted by Tiket Kotu 0 komentar
Sering emosi saat menstruasi? Makan brokoli solusinya!

Gejala PMS atau pre-menstrual syndrome tentu hal yang biasa dialami oleh setiap wanita. Tak hanya rasa sakit, wanita juga sering meledak-ledak dalam hal emosi yang juga disebut sebagai PMT (Premenstrual Tension).

Jika Anda adalah wanita yang sering marah-marah dan emosi saat akan menstruasi, sebaiknya banyak konsumsi brokoli. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa brokoli bisa menurunkan tegangan dan emosi pada wanita yang sedang mengalami PMT.

Hal ini disebabkan oleh zat besi non-heme yang ada pada brokoli. Zat besi biasanya didapatkan melalui darah dan daging hewan. Namun Zat besi non-heme bersumber pada tumbuh-tumbuhan dan sayuran seperti brokoli.

Zat besi non-heme akan membantu tubuh untuk memproduksi zat kimia serotonin pada otak. Serotonin berfungsi untuk mengatur emosi dan mood, serta menekan amarah, seperti dilansir oleh Times of India (20/04).

Hasil ini didapatkan peneliti setelah mengamati kesehatan 3.000 perawatan selama 10 tahun. Pada awal penelitian semua partisipan mengaku mengalami PMT. Namun di akhir penelitian hanya sepertiga saja yang masih mengalaminya. Penelitian menemukan bahwa konsumsi zat besi non-heme yang tinggi melalui sayuran seperti brokoli menurunkan kemungkinan wanita mengalami PMT.

Wanita yang mengonsumsi lebih dari 20 miligram brokoli setiap hari memiliki kemungkinan terkena PMT 30 - 40 persen lebih rendah, dibandingkan wanita yang tak mengonsumsi brokoli.

Sumber: merdeka.com



Baca Selengkapnya ....

8 Ucapan ini menyakiti hati pria

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

8 Ucapan ini menyakiti hati pria

Saat marah, wanita kerap hilang kendali dan tidak mampu mengontrol ucapannya pada pria. Padahal ada banyak ucapan yang bisa menyakiti hati pria. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari GalTime berikut ini.

"Aku akan berbicara dengan orang yang lebih pengertian."
Pria memang cuek, namun bukan berarti Anda bisa berkata seperti itu pada pasangan. Sebab meskipun cuek, sebenarnya pria berusaha keras untuk memahami wanita.

"Kau tidak pernah..."
Berkata 'tidak pernah melakukan (sesuatu yang berharga)' pada pria mengindikasikan mereka tidak pernah berusaha.

"Kau mengerti maksudku, kan?"
Tidak, pria bukan manusia sakti yang bisa membaca pikiran. Jadi jelaskan apa sebenarnya yang Anda maksud. Sehingga Anda tidak akan menyakiti perasaannya.

"Aku tidak bisa menjelaskannya."
Hampir sama seperti kasus sebelumnya, ketika pria berbuat kesalahan, jelaskan apa kekurangannya. Pria yang tidak tahu apa kekurangannya namun disalahkan tentu merasa sakit hati.

"Kau dulu kan begitu."
Dulu maksudnya seperti apa? Jika pria sifatnya berubah, berusahalah untuk menjadi pasangan yang lebih pengertian. Jangan terlalu banyak menuntut karena pria tidak menyukainya.

"Aku tidak suka Mr P besar."
Ucapan seperti itu dianggap sebagai sebuah kebohongan bagi pria. Makanya mereka merasa sakit hati ketika pasangan berkata demikian.

"Ukuran tidak masalah."
Sama seperti ucapan sebelumnya, ucapan mengenai ukuran organ intim sebenarnya cukup sensitif. Sehingga wanita tidak perlu mengatakannya secara lugas.

"Kau membosankan."
Meskipun pria memang benar-benar membosankan, jangan katakan hal itu padanya. Sebab ucapan yang satu ini benar-benar mengiris hati pria.

Itulah berbagai ucapan yang bisa menyakiti hati pria. Jangan pernah mengatakannya pada pasangan Anda ya!

Sumber: merdeka.com


Baca Selengkapnya ....

Tiket

Popular Posts

LAYANAN TIKET PESAWAT MURAH support SENI BERBELANJA DI RUMAH - Original design by Bamz | Copyright of Berbagi Berita Terkini.