Inilah 10 Bandara Paling indah Di Dunia

Posted by Tiket Kotu Sabtu, 29 Juni 2013 0 komentar



1. Beijing International Airport

Bandar Udara Internasional Ibu Kota Beijing (Hanzi: 北京首都國際機場) adalah bandar udara internasional di Beijing, Republik Rakyat Cina. Bandar udara ini memiliki kode bandar udara IATA PEK. Bandara ini merupakan bandar udara kedua tersibuk di dunia.

2. Kansai International Airport, Osaka, Jepang

Bandar Udara Internasional Kansai {関西国際空港 Kansai Kokusai Kūkō)(IATA: KIX, ICAO: RJBB), adalah sebuah bandara internasional yang terletak di sebuah pulau di tengah-tengah Teluk Osaka, jauh dari pantai distrik Sennan di Osaka, Jepang. Bandara ini disebut juga sebagai Osaka Airport dalam bahasa Inggris, dan sebagai 関空 (Kankū) dalam bahasa Jepang (jangan dibingungkan dengan bandara lain bernama Bandar Udara Internasional Osaka yang terletak lebih dekat dengan kota Osaka).

3. Chek Lap Kok Airport, Hongkong
Bandar Udara Internasional Hong Kong (b. Inggris: Hong Kong International Airport atau HKIA) adalah bandara internasional yang melayani daerah Hong Kong, Republik Rakyat Cina dengan kode IATA HKG dan kode ICAO VHHH. Nama lain dari bandara ini adalah Bandara Chek Lap Kok.

Bandara ini terletak di pulau Chek Lap Kok dan sejak dibuka pada tahun 1998, menjadi salah satu pusat transit yang penting di dunia karena posisinya yang strategis. Bandara berkapasitas sebesar 45 juta penumpang dengan 3 juta ton kargo dan setelah landas pacu kedua dibuka pada Mei 1999, kapasitas meningkat menjadi 87 juta penumpang dan 9 juta ton kargo. Bandara yang menjadi pusat operasi Cathay Pacific, Dragonair, Air Hong Kong, CR Airways, dan Hong Kong Express ini mendapatkan penghargaan sebagai bandara terbaik dari majalah Skytrax selama lima tahun berturut-turut (2001-2005).

Saat ini terdapat 2 buah landas pacu dengan panjang 3.800 meter dan selebar 60 meter. Nama landasan tersebut adalah 07L/25R dan 07R/25L yang berarti bisa juga dibedakan sebagai landasan.

4. Marrakech Menara Airport, Morocco
Bandar Udara Internasional Menara (Bahasa Arab مطار مراكش المنارة) (IATA: RAK, ICAO: GMMX) di Marrakech, Maroko, ialah sebuah fasilitas internasional kecil yang menerima beberapa penerbangan dari Eropa, Casablanca dan beberapa negara Arab.

Landasan pacu bandara ini dapat didarati oleh Boeing 747

5. Incheon International Airport, Korsel
Bandar Udara Internasional Incheon (IATA: ICN, ICAO: RKSI) (Hangul: 인천국제공항; Hanja: 仁川國際空港) adalah bandar udara terbesar di Korea Selatan dan merupakan salah satu yang terbesar di Asia. Bandara ini menggantikan Bandara Internasional Gimpo yang sekarang distatuskan sebagai bandara domestik kecuali penerbangan international ke Bandara Internasional Haneda di Tokyo, Jepang dan Bandara Internasional Hongqiao di Shanghai, RRC. Berdasarkan survei dari Global Traveller bandara ini merupakan yang terbaik di dunia selama tiga tahun berturut-turut dari tahun 2006, 2007 dan 2008. Berperan sebagai bandara penghubung untuk kawasan Asia Timur, terdapat 63 maskapai penerbangan yang melayani penerbangan ke bandara ini.

6. Denver International Airport, USA
Bandara Internasional Denver adalah bandara internasional Denver, Amerika Serikat dengan kode IATA DEN. Dengan luas 140 km2 (53 mil2), maka bandara ini menjadi bandara terluas di Amerika Serikat atau ketiga terbesar di dunia. Landasan pacu 16R/34L menjadi landasan pacu terpanjang yang dapat digunakan secara umum di Amerika Serikat.

Pada tahun 2009, Bandar Udara Internasional Denver merupakan bandara tersibuk ke-10 di dunia berdasarkan lalu lintas penumpang, yaitu sebesar 50.167.485 penumpang. Bandara ini juga menempati posisi ke-4 bandara tersibuk di dunia berdasarkan jumlah pergerakan pesawat, yaitu sebesar 600.606 kali.

7. Sondika Airport, Bilbao, Spanyol
Bandar Udara Bilbao (BIO/LEBB) merupakan bandar udara yang terletak di Bilbao, sebelah utara Spanyol.

8. Carrasco International Airport, Uruguay
Bandar Udara Internasional Carrasco General Cesáreo L. Berisso (IATA: MVD, ICAO: SUMU) adalah bandar udara terbesar di Uruguay yang melayani ibukota Montevideo. Bandara ini lokasinya di bagian barat laut kota Ciudad de la Costa di Departemen Canelones, yang berjarak 5 km dari Montevideo. Bandara ini melayani 1.236.415 penumpang tahun 2008, dan diproyeksikan akan melayani lebih dari 1.500.000 penumpang pada tahun 2010.

9. John F. Kennedy Airport, New York City, USA
Bandara Internasional John F. Kennedy (IATA: JFK, ICAO: EWR) adalah bandara internasional yang terletak di Jamaica, Queens kota New York, negara bagian New York, Amerika Serikat.

Bandara ini merupakan salah satu gerbang masuk ke Amerika Serikat dan merupakan penghubung utama JetBlue Airways yang terletak di Terminal 6. JFK juga dipakai sebagai penghubung kedua American Airlines yang terletak di Terminal 8 dan 9. Delta Airlines memakai bandara ini sebagai penghubung keempat terbesar mereka di Terminal 2 dan 3. British Airways memakai bandara ini sebagai penghubung kota London dengan frekuensi penerbangan 8 kali sehari dan United Airways memakainya dengan frekuensi penerbangan 16 kali sehari.

Bandara ini dioperasikan oleh Port Authority of New York and New Jersey. Port Authority of New York and New Jersey juga mengoperasikan Bandara Internasional Newark Liberty, Bandara LaGuardia, dan Bandara Teterbor.

10. Barajas Airport, Madrid, Spanyol
Bandara Internasional Barajas Madrid (IATA: MAD, ICAO: LEMD), terletak di timur laut pusat kota Madrid (40°28′20″LU,3°33′39″BB), adalah pintu gerbang internasional dan domestik terpenting di Spanyol. Bandara ini dibuka pada 1928, dan kini telah berkembang menjadi salah satu pusat penerbangan terpenting di Eropa.

Barajas berfungsi sebagai pintu gerbang ke jazirah Iberia dari seluruh bagian Eropa dan dunia, khususnya Amerika Latin. Pada 2005, 41.963.197 penumpang menggunakan Barajas; bandara ini menduduki peringkat ke-12 dunia—dan ke-5 Eropa—sebagai bandara paling sibuk.. Barajas adalah pusat (hub) utama dan basis pemeliharaan Iberia Airlines. Akibatnya, Iberia bertanggung jawab atas sekitar 60 persen lalu lintas di Barajas


Baca Selengkapnya ....

Di Polewali Mandar, Siswa Berwisata sambil Belajar

Posted by Tiket Kotu 0 komentar
Puluhan kelompok siswa di polewlai mandra Sulawesi barat mengisi liburan panjang mereka dnegan berwisata edukasi di kawasan hutan belantara sambil belajar bahasa inggris. Suasana alam yang asri dan nyaman membuat para peserta betah belajar. Dalam waktu singkat merekabisa lancar bercas-cis cus bahasa inggris bersama teman-teman mereka.

Musim liburan panjang dimanfaatkan para siswa dengan cara mengisi beragam kegiatan bernilai positif. Di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, sejumlah siswa memilih liburan dengan cara berwisata alam di hutan belantara, sambil belajar bahasa Inggris dengan santai.

Wisata edukasi ini selain menyenangkan juga dipercaya mampu melecut semangat para peserta hingga mahir dan lancar berbahasa asing dalam waktu singkat. Puluhan siswa sekolah di Polewali Mandar ini mengisi liburan mereka dengan berwisata ke kawasan hutan belantara di Desa Batetangnga, Kecamatan Binuang sambil belajar bahasa Inggris.

Agar suasana wisata edukasi ini lebih berkesan dan menyenangkan, para peserta bebas memilih suasana tempat belajar di mana saja, seperti di tengah hutan belantara, sungai atau di pinggir danau yang rimbun dengan pepohonan.

Memilih tempat belajar di sepanjang pesisir Sungai Batetangnga yang sejuk ternyata diakui para peserta memancing motivasi belajar yang lebih menyenangkan. Bosan belajar di pinggir sungai atau di tengah hutan rimbun dengan pepohonan yang asri seperti ini, anda bisa menggantinya dengan belajar di pesisir kawah atau danau kecil ini sambil menikmati aneka ikan cantik di danau ini.

Tak heran jika para peserta wisata alam ini hanya butuh waktu singkat belajar bersama teman-teman kelompoknya. Agar peserta lebih cepat menguasai percakapan bahasa Inggris, setiap peserta diwajibkan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa percakapan selama liburan berlangsung.

Intan, salah satu siswi SMP di Polewali Mandar mengaku wisata edukasi sambil belajar bahasa Inggris di tengah hutan cukup menyenagkan. Selain mampu memancing semangat belajar para peserta, kegiatan ini juga dinilai lebih positif dan biayanya murah, dibanding mereka menghabiskan waktu, tenaga dan biaya besar hanya untuk kegiatan hura-hura di tempat wisata ternama.

"Suasananya santai dan menyenangkan, belajar bahasa Inggris dengan metode khusus membuat para peserta dengan mudah dan singkat bisa bercakap bahasa Inggris dengan sesama peserta wisata edukasi ini. Suasana alam yang asri dan sejuk membuat siswa betah tinggal berlama-lama," ujar Intan.

Ahmad Taufik, konsultan pendidikan di lembaga kursus bahasa Inggris Leon-cs menyebutkan selama liburan sekolah pihaknya banyak mendapat tawaran menjadi instruktur atau tutorial bahasa Inggris dari sejumlah kelompok wisata edukasi di Polewali Mandar. Selama musim liburan sekolah, Ahmad sampai kewalahan menerima permintaan tutorial wisata edukasi sambil belajar bahasa Inggris dari berbagai sekolah.

Selama liburan sekolah, Leon cs membina sedikitnya 9 kelompok wisata edukasi dari berbagai sekolah di Polewali Mandar dan Mamuju termasuk Majene. Dengan metobe belajar yang santai dan menyenangkan, didukung dengan suasana alam yang asri membuat kelompok-kelompok wisata edukasi ini mengaku dengan cepat bisa lancar berbahasa Inggris dibanding mereka belajar formal di ruang kelas.

Metode belajar yang santai bahkan kerap dikemas dalam metode bermain diakui Ahmad cukup menarik dan lebih memancing motivasi dan semangat para peserta sambil berlibur.

Sumber: kompas.com


Baca Selengkapnya ....

13 Rahasia Seks Pasangan Menikah

Posted by Tiket Kotu 0 komentar
Perempuan butuh lebih banyak foreplay.

Seberapa bahagia atau berani Anda dan pasangan jika bicara soal seks? Setiap pasangan menikah tentunya menyimpan rahasia seksnya masing-masing. Bisa jadi beberapa dari rahasia seks Anda sama dengan temuan iVillage's yang merilis hasil survei seks pasangan menikah pada 2013 berikut ini.


1. Pria lebih bahagia.

Para suami, 80 persen, mengaku bahagia dengan kehidupan seks mereka. Sementara hanya 61 persen istri yang mengaku hal yang sama.

2. Suami istri beda persepsi.

Para perempuan menganggap para suami tak sebahagia mereka. Sebaliknya, banyak pria merasa istri mereka bahagia dengan kehidupan seksnya. Sebanyak 55 persen perempuan menganggap suaminya tak bahagia, dan 79 persen pria menganggap istrinya bahagia dengan hubungan seks dalam pernikahannya.

3. Pria lebih puas.
Lebih banyak pria yang mengaku pasangan mereka adalah seks terbaik dalam hidupnya. Sementara hanya 45 persen perempuan yang mengaku menikahi pria dengan seks terbaik.

4. Pemicu hasrat.
Bagi perempuan, hasrat bercinta muncul ketika ia merasa dicintai, memiliki pasangan yang berinisiatif tinggi, dan pasangan yang sering berkata manis. Sedangkan stimulasi seks pada pria lebih dipengaruhi faktor penampilan istrinya, seperti menggunakan pakaian seksi. Selain pakaian, pria juga terpicu hasratnya karena merasa dicintai dan melihat pasangannya tanpa busana.

5. Seks mudah ditebak.

Kehidupan seks pasangan menikah berjalan tanpa banyak kejutan alias mudah ditebak, 54 persen perempuan dan 68 persen pria mengakui hal ini.

6. Beda kebutuhan.

Satu hal yang selalu dibutuhkan pria dalam hubungan seks adalah posisi seks. Sementara bagi perempuan, lokasi punya peran penting dalam pemenuhan kebutuhan hubungan intim dalam pernikahan.

7. Berubah karena anak.

Sebagian pasangan menikah menyalahkan kehadiran anak atas perubahan kehidupan seksnya. Jika sebelumnya pasangan menikah bisa bercinta di mana saja di rumah, seperti di dapur misalnya. Sejak ada anak, hal ini tak lagi bisa dilakukan. Sebanyak 52 persen perempuan dan 49 persen pria mengaku mereka memiliki hubungan seks yang lebih "panas" sebelum punya anak. Meski begitu sepertiga pasangan menikah mengaku kehidupan seks mereka tak berubah setelah punya anak. Sebagian kecilnya, delapan persen perempuan dan 22 persen pria justru mengaku kehidupan seks mereka meningkat kualitasnya sejak punya anak.

8. Pesan seksi.

Mengirim pesan pribadi yang seksi dan mengundang hasrat menjadi kebiasaan pasangan menikah. Sepertiga pasangan menikah pernah mengirim  pesan atau email seksi satu sama lain. Pria cenderung melakukan keduanya, mereka juga suka meninggalkan pesan seksi lewat telepon dan Facebook.

9. Ekspektasi pria.
Survei ini menunjukkan, responden pria menyimpan harap terkait kehidupan seks dalam pernikahannya. Sebanyak 42 persen pria ingin pasangannya lebih berinisiatif saat bercinta, dan 41 persen menginginkan lebih sering seks oral.

10. Ekspektasi perempuan.

Tak hanya pria, perempuan juga punya harapan dalam hubungan seks di pernikahannya. Survei ini menunjukkan 35 persen perempuan mendambakan foreplay lebih sering, dan 35 persen perempuan ingin para suaminya lebih sering mengungkapkan perasaan cinta.

11. Kesempatan selingkuh.
Survei ini juga memberikan pertanyaan kepada pasangan  menikah, jika punya kesempatan untuk selingkuh tanpa diketahui pasangan, apakah mau mengambilnya? Survei ini menunjukkan, jawabnya ya, 32 persen pria mau melakukannya dan 13 persen perempuan ingin mencobanya.

12. Selingkuh dengan siapa?
Pertanyaan lanjutannya adalah, dengan siapa Anda membayangkan perselingkuhan itu? Para perempuan menjawab pacar lama. Sementara para pria ingin selingkuh dengan selebriti atau istri teman.

13. Berubah karena novel erotis.
Satu dari lima responden perempuan dan laki-laki dalam survei ini mengaku kehidupan seks mereka berubah setelah membaca novel erotis. Pasangan menikah mengaku terstimulasi untuk lebih sering melakukan foreplay, lebih sering bercinta, berani pakai lingerie seksi, banyak sex toy di kamar, dan lebih sering diskusi soal fantasi dan keinginan dalam hubungan seks pasangan menikah.

Sumber: Your Tango

Baca Selengkapnya ....

Trik Berbusana Agar Terlihat Lebih Muda

Posted by Tiket Kotu 0 komentar
Pilih warna pastel agar Anda terlihat lebih muda.

Penuaan seringkali jadi musuh utama kaum perempuan. Selain merawat kulit dengan cermat sejak muda, dan memilih make-up yang sesuai, Anda juga harus menyiasatinya dengan pandai-pandai memilih busana.

"Selain itu, Anda juga harus memilih busana dengan warna yang tepat. Salah memilih warna baju malah justru membuat Anda jadi terlihat lebih tua," ungkap desainer Nuniek Mawardi saat konferensi pers menjelang peragaan busananya di Jakarta Islamic Fashion Week (JIFW) 2013 di Jakarta Convention Center, Senayan, Kamis (27/6/2013) lalu.

Sedikit membagi tip berbusananya, Nuniek mengungkapkan bahwa sebenarnya tak sulit untuk menyesuaikan warna baju dengan kulit perempuan Indonesia yang cenderung kecoklatan. Karena pada dasarnya, semua warna cocok digunakan untuk jenis kulit ini.

Namun untuk perempuan yang usianya sudah lebih matang, sebaiknya hindari memilih baju-baju dengan warna tua. Misalnya merah tua, biru tua, hitam, dan lainnya. Warna-warna gelap ini akan membuat penampilan Anda justru terlihat lebih tua, kusam, dan kurang bersemangat.

Sebaliknya, pilihlah warna-warna pastel yang lembut seperti krem, putih gading, hijau toska, pink, dan lain-lainnya. Warna yang lembut ini akan memberi kesan segar dan cerah untuk kulit Anda.

"Warna-warna pastel yang cerah dan lembut akan membuat Anda terkesan lebih muda secara natural, tapi nggak terlihat norak," imbuhnya.

Sumber: kompas.com

Baca Selengkapnya ....

Anak Kerap Melamun Sesaat, Waspadai Gejala Epilepsi!

Posted by Tiket Kotu Jumat, 28 Juni 2013 0 komentar

Waspadai perubahan perilaku yang esktrem pada anak.

Tak bedanya dengan orang dewasa, anak pun dapat terkena penyakit epilepsi. Epilepsi atau penyakit yang dikenal dengan istilah awam dengan "ayan" ternyata tidak hanya menimbulkan gejala kejang. Melamun atau bengong sesaat juga bisa merupakan salah satu gejalanya.

Spesialis saraf dari Rumah Sakit Islam Pondok Kopi, dr Gea Pandhita, mengatakan, orangtua perlu mewaspadai gejala epilepsi berupa melamun sesaat yang berlangsung beberapa detik di tengah-tengah beraktivitas. Pasalnya gejala yang satu ini sering tidak disadari.

Melamun sesaat akibat epilepsi dicirikan dengan tidak merespons pembicaraan apa pun yang dikatakan orang sekitar kepadanya sekalipun namanya dipanggil. Gea memaparkan, melamun sesaat terjadi karena sedang terjadi ketidakseimbangan listrik di otak sementara waktu dan bila sudah selesai, anak akan tersadar kembali.

"Melamun sesaat merupakan salah satu jenis epilepsi general yang ditandai dengan ketidaksadaran saat mengalaminya," ujar staf pengajar ilmu saraf di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada ini.

Epilepsi merupakan salah satu gangguan fisik yang diakibatkan ketidaknormalan aktivitas listrik sekelompok sel saraf di otak (bangkitan). Seseorang dikatakan mengidap epilepsi apabila ia mengalami bangkitan berulang, berselang lebih dari 24 jam, yang timbul tanpa provokasi.

Provokasi dapat berupa demam tinggi yang mana untuk beberapa kasus juga dapat menimbulkan gejala yang hampir sama dengan epilepsi, misalnya kejang dan kaku. Namun, Gea menegaskan, apabila timbul gejala saat ada provokasi sebelumnya, itu bukanlah epilepsi.

"Gejala epilepsi yang kerap muncul ialah kejang, terkejut, melamun tak sadarkan diri dalam beberapa saat, dan kaku sesaat. Bahkan, ada pula tidak punya kekuatan otot sesaat," paparnya.

Pada anak epilepsi, ditemukan paling banyak pada anak usia 0-4 tahun, diikuti kemudian pada anak usia 10-14 tahun, kemudian usia 5-9 tahun, dan usia 15-19 tahun. Epilepsi pada anak 0-4 tahun paling banyak dipicu oleh proses tumbuh kembang, sedangkan pada usia 5-14 paling banyak dipicu oleh infeksi dan pada usia 15-24 paling banyak dipicu oleh trauma.

Prevalensi epilepsi pada anak diketahui cukup tinggi. Data dari Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (Perdossi) tahun 2012 menyebutkan di negara berkembang, termasuk Indonesia, kasus baru epilepsi pada anak mencapai 25-840 per 100.000 penduduk per tahun.

Sumber: kompas.com


Baca Selengkapnya ....

Jusuf Kalla : Kenapa Pula Harus Minta Maaf ke Malaysia dan Singapura?

Posted by Tiket Kotu Kamis, 27 Juni 2013 0 komentar
Jusuf Kalla


"Jadi, usaha, kerja keraslah secara bersama-sama dan Malaysia harus sama-sama mengatasi itu dong. Udara baik kan dia juga yang nikmati. Jadi, dulu juga begitu, saya katakan 11 bulan menikmati udara segar tanpa terima kasih, tentu kenapa pula harus minta maaf?" kata Kalla di Jakarta, Kamis (27/6/2013).

Kalla menanggapi sikap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang meminta maaf kepada Singapura dan Malaysia beberapa hari lalu.

Yudhoyono juga meminta seluruh pejabat negara untuk tidak memberikan pernyataan yang tidak semestinya, seperti menyebut adanya perusahaan Malaysia dan Singapura yang melakukan pembakaran di Riau. Seusai mengikuti acara puncak Hari Anti Narkoba Nasional di Istana Negara, Senin (24/6/2013), Yudhoyono langsung menggelar rapat terbatas yang membahas masalah kebakaran hutan tersebut.

Dari hasil rapat, diputuskan, pemerintah akan mengambil alih pemadaman kebakaran. Yudhoyono menunjuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai komando penanganan masalah kebakaran hutan tersebut.

Sumber: kompas.com

Baca Selengkapnya ....

10 Kebiasaan yang Merusak Keuangan Keluarga

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

Jangan sampai keuangan keluarga inti berantakan karena niatan mulia membantu anggota keluarga lain.

Keinginan membahagiakan anggota keluarga terkadang mengalahkan kebutuhan. Meski tak mampu, keinginan ini tetap diwujudkan dengan alasan ingin memberikan yang terbaik untuk keluarga. Alhasil, keinginan untuk selalu membahagiakan orang lain, termasuk anak-anak, terpenuhi namun hidup berutang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.


Kondisi ini kerap ditemui Prita Hapsari Ghozie, dalam perjalanannya beberapa tahun menjadi financial planner. Dalam buku keduanya berjudul Make It Happen!, Prita menyebutkan masih banyak orang yang luluh pada niatan mulia. Seringkali orang berkorban untuk hal yang salah demi kepentingan yang baik menurutnya. Banyak orang yang menempatkan keamanan finansial keluarga dalam risiko demi membuat anggota keluarga lainnya bahagia.

"Kita menempatkan keinginan di atas kebutuhan karena kita berpikir itulah cara kita menunjukkan kasih sayang," jelasnya.

Banyak orang menempatkan keinginan di atas kebutuhan karena merasa itulah jalan terbaik untuk menunjukkan kasih sayang. Alhasil, selama beberapa dekade, terlalu banyak orang yang telah menghabiskan uang di atas hak dan kemampuannya dengan alasan memberi terbaik untuk keluarga.

Kebiasaan ini membuat seseorang kemudian kesulitan mewujudkan mimpi-mimpi pribadinya. Prita menyarankan, untuk mewujudkan mimpi mulailah jujur kepada diri sendiri. Prita punya cara untuk mengetes kejujuran Anda.

Pastikan Anda memilih sesuai dengan kondisi dan kebiasaan, dengan menjawab jujur "Ya"atau "Tidak" pada 10 kebiasaan yang umum ditemui dalam kehidupan personal atau keluarga dan menentukan kondisi keuangan Anda.

1. Saya kerap kali membelikan baju anak-anak yang mahal, karena takut mereka minder dengan teman-temannya yang sudah memiliki terlebih dahulu.
2. Saya ikut membantu kehidupan kakak atau adik meski artinya keluarga saya sendiri hidup dari utang kartu kredit.
3. Saya meminjamkan uang kepada teman yang terkena penyakit kritis, sehingga keluarga saya tidak lagi punya dana darurat.
4. Tagihan kartu kredit saya dipenuhi oleh hasil belanja untuk anak-anak, meski gaji saya sebetulnya tidak sebesar limit kartu kredit.
5. Saya berbelanja untuk mencari kesenangan dan menunjukkan "status" di depan teman dan saudara.
6. Saya hanya melakukan pembayaran minimum setiap tagihan kartu kredit datang.
7. Beberapa kali saya meminjamkan uang kepada saudara saya, tanpa meminta persetujuan pasangan.
8. Saya selalu katakan kepada anak-anak untuk tidak perlu mengkhawatirkan sekolah mereka hingga lulus, karena saya pasti akan memberikan yang terbaik sesuai keinginan mereka.
9. Saya akan menandatangani akad kredit atas nama saya untuk rumah milik kakak atau adik.
10. Saya kerapkali menyisihkan uang untuk keperluan darurat, namun selalu menghabiskannya.

Menurut Prita, jika Anda menjawab "Ya" untuk enam atau lebih dari penyataan di atas, maka Anda sebenarnya belum jujur dan terbuka mengenai bagaimana kondisi keuangan Anda kepada pasangan, anak, bahkan saudara.

"Saya percaya, orang yang suka berderma jauh dari kemiskinan. Namun, saya juga percaya bahwa berderma tetap harus dalam batasan kemampuan, karena tugas dan tanggung jawab utama kita adalah pasangan dan anak-anak, sebagai keluarga inti," tandasnya.
 

Sumber: kompas.com


Baca Selengkapnya ....

Inilah 10 Mobil Super Murah di Dunia

Posted by Tiket Kotu 0 komentar


10 Mobil Super Murah di Dunia

Puluhan tahun lalu, mobil masih menjadi barang mahal. Seiring perkembangan industri kendaraan yang pesat khususnya di negara-negara Asia Selatan, mobil kian lebih mudah dimiliki masyarakat dunia.

Harga mobil mulai bisa terjangkau ketika para produsen sadar dan mengikuti hasrat masyarakat yang tak semua berasal dari golongan mampu.

Mobil yang banyak diincar kini adalah yang memiliki harga dan biaya perawatan murah. Selain itu harus hemat bahan bakar dan memiliki tempat duduk yang luas.

Tak sebatas itu, dengan harga murah para konsumen menginginkan mobil yang mampu melewati jalanan terjal atau rusak.

Begitulah sifat konsumen, selalu menginginkan produk dengan kualitas sebaik-baiknya namun dibeli dengan harga semurah-murahnya.

Impian pun terwujud. Beberapa produsen mobil dunia berlomba-lomba menyediakan kendaraan murah. Cukup dengan merogoh kocek di bawah Rp 40 juta, mobil pun bisa dibawa pulang.

Indonesia pun mulai ikut-ikutan berencana menciptakan mulai murah ditambah `embel-embel` ramah lingkungan. Bukti niat, pemerintah sudah menerbitkan peraturan pemerintah Nomor 41 Tahun 2013 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan Barang Mewah.

Ingin tahu, mobil murah apa saja yang sudah diproduksi produsen otomotif dunia. Berikut 10 mobil paling murah di dunia, seperti melansir Listdose.com, Kamis (27/6/2013):

1. Tata Nano

Harga : US$ 3.060 (Rp 30.572.460)

Mobil ini terdiri dari satu mesin, satu transmisi dan satu pilihan bahan bakar saja. Sebenarnya mobil ini tak mampu melewati uji standar dan emisi Amerika Serikat (AS), tapi gagasan `Car at 1 Lakh` membantunya meraih citra positif.

Keinginan kuat pebisnisnya, Ratan Tata, adalah menjual mobil termurah di dunia. Tata Nano adalah bukti kegigihannya mewujudkan keinginan tersebut. Saat ini mobil jebolan India ini dijual seharga US$ 3.060 (Rp 30.572.460) saja. Tata Nano menyediakan tiga versi dengan model dan desain yang berbeda.

2. Jiangnan Alto

Harga : US$ 3.260 (Rp 32.570.660)

Dalam persaingan mobil termurah, kompetitor terkuat adalah Tata Nano dan Jiangnan Alto. Namun jika Anda bermaksud membeli mobil yang hemat perawatan, maka Jiangnan Alto adalah pilihan yang paling tepat.

Mobilnya yang lebih besar, perlengkapan yang lengkap dan dilapisi lebih banyak baja daripada plastik membuatnya jadi yang terbaik. Namun dengan harga US$ 3.260 atau sekitar Rp 32.570.660, mobil produksi Jepang ini tak dilengkapi AC atau power steering.

3. Maruti 800

Harga: US$ 3.450 (Rp 34.468.950)

Maruti 800 merupakan produk hasil usaha gabungan antara Maruti (perusahaan India) dan Suzuki (Perusahaan Jepang). Kesepakatan tersebut mengizinkan Maruti memanfaatkan bidang perancangan mobil bersama dengan Jepang.

Pada April 2012, Maruti sempat menghentikan produksi mobilnya tersebut, guna mendorong penjualan Maruti Alto yang merupakan produk modifikasi dari Maruti 800 sendiri. Belakangan diketahui, harga jual terkini Maruti 800 adalah US$ 3.450 (Rp 34.468.950).

4. Zoty Z100

Harga: US$ 3.850 (Rp 38.465.350)

Zoyte Group yang berdiri pada 2005 meluncurkan mobil murahnya di pameran mobil `Shanghai Auto Show` pada April 2012.

Mobil ini merupakan salah satu yang termurah dan dijual di pasaran seharga di bawah US$ 4.000 yaitu US$ 3.850 (Rp 38.465.350). Versi terbaru Z100 yang akan segera diluncurkan dengan harga baru.

5. Maruti Omni

Harga: US$ 4.260 (Rp 42.561.660)

Kendaraan ini menjadi mobil ketiga paling murah di India. Meski diluncurkan 28 tahun lalu, namun mobil ini masih memenangkan hati banyak orang.

Dalam kurun waktu tersebut, Maruti Omni sudah mengalami banyak perubahan. Mobil ini merupakan produk kedua dari Maruti Suzuki. Semua versinya menggunakan pintu geser. Kapasitas mesin mobil ini mencapai 796 cc. Oleh produsen mobilnya tersebut, mobil ini dibanderol seharga US$ 4.260 (Rp 42.561.660).

6. Cherry QQ

Harga: US$ 4.700 (Rp 46.957.700)

Setiap orang di dunia ini pasti pernah berada di dua pilihan dalam hidupnya, mana yang terbaik dan yang terburuk. Hal tersebut serupa dengan mobil produksi China Chery QQ yang dihadapkan pada persoalan dagang dengan Matiz. Setelah itu, namanya diganti menjadi Chery QQ3.

Saat ini Cherry QQ berhasil mengantongi beberapa rekor seperti 'The cheapest car of the world' hingga 2008 dan 'The most popular car in China'.

Dengan rekornya, pasar otomotif China memberinya gelar 'The Legend of Automobiles'. Mobil dengan mesin 800 cc ini dijual seharga US$ 4.700 (Rp 46.957.700).

7. Hyundai Santo Xing

Harga: US$ 5.150 (Rp 51.453.650)

Hyundai masuk ke India lewat kerjasamanya dengan Santo yang merupakan pesaing utama Maruti Suzuki saat itu. Lewat dukungan dari beberapa selebritas, penjualan mobil ini melejit pesat.

Hingga 2009, mobil ini terus diperbaharui sesuai dengan permintaan konsumen India. Dengan teknologi pengolah konsumsi bahan bakar yang canggih, Hyundai Santo Xing dijual seharga US$ 5.150 (Rp 51.453.650). Meski rancangan interiornya tidak menarik, mobil ini masih menjadi pemenang.

8. Geely MR

Harga: US$ 5.500 (Rp 54.950.500)

Ini adalah mobil sub-compact yang diproduksi produsen mobil China, Geely Automobile sejak 2000. Versi mobil murah ini dikenalkan guna merayu para konsumen Amerika.

Namun upaya ini gagal setelah Geely MR terbukti gagal melewati standar emisi dan keamanan AS. Hal tersebut dinilai sebagai salah satu kegagalan Geely. Untuk itu, harganya dijual murah sebesar US$ 5.500 (Rp 54.950.500).

9. Maruti Suzuki Versa

Harga: US$ 5.745 (Rp 57.398.295)

Produsen mobil terbesar di India mendesain mobil ini untuk memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat India. Versi pertamanya diluncurkan pada 2001 dan yang terbaru pada 2009.

Mobil ini dibanderol seharga US$ 5.745 (Rp 57.398.295) di sejumlah showroom lama. Beberapa yang menyukainya mengatakan mobil ini mudah diparkir dan tempat duduk yang lebih luas. Sebaliknya yang lain mengatakan jarak tempuhnya sangat minim dan desainnya terlihat buruk.

10. Tata Indica eV2 eXeta

Harga: US$ 6.036 (Rp 60.305.676)

Salah satu produsen terbesar dan tertua di pasar India secara global adalah Tata motor group. Semua kendaraannya dinilai baik di pasaran sejak pertama kali dikenalkan di India.

Salah satu produk terbarunya adalah Tata Indica eV2 eXeta yang diluncurkan pada 2011 dan menjadi salah satu yang terlaris di negaranya.

Dengan harga US$ 6.036 (Rp 60.305.676), mobil ini menawarkan mesin kuat dan ruang untuk orang-orang tinggi.

Sumber: liputan6.com

Baca Selengkapnya ....

Mau Nyoba Resep Makanan Donat Kampung ..??

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

Berbagai macam donat bisa dinikmati saat ini, mulai dari yang murah hingga paling mahal. Produk dalam negeri hingga luar negeri.

Nah, mungkin Anda lupa ada satu donat yang mungkin terlupakan yaitu Donat Kampung.

Pada prinsipnya bahan dan cara membuat Donat Kampung tidak berbeda dengan donat kentang, hanya beda tekstur saja. Tapi tidak ada salahnya Anda mencoba membuat Donat Kampung. Ini dia resepnya:

Bahan-bahan :

- 300 gr tepung terigu
- 150 gr kentang kukus,dihaluskan
- 1/2 sdm ragi instan
- 35 gr gula pasir
- 15 gr susu bubuk
- 1 btr telur
- 100 ml air es
- 30 gr margarine
- 1 sdt garam
- 100 gr gula donat,untuk taburan
- minyak padat untuk menggoreng

Cara membuat :
1. Campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan susu bubuk. Aduk rata, tambahkan kentang. Aduk rata.
2. Masukkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan margarine dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit.
3. Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 25 gr. Bulatkan. Diamkan 10 menit.
4. Pipihkan adonan. Lubangi tengahnya. Diamkan 45 menit sampai menggembang diloyang yang sudah ditaburi tepung.
5. Goreng dalam minyak padat yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang.
6. Dinginkan. Masukkan ke kantong plastik yang sudah berisi gula donat.

Selamat mencoba!

Sumber: Ghiboo.com


Baca Selengkapnya ....

Benarkah Paras Tampan Lebih "Memuaskan" Wanita?

Posted by Tiket Kotu Rabu, 26 Juni 2013 0 komentar

Maksud hati memuji apa daya ternyata malah membuatnya tersinggung. Sama seperti wanita pria juga punya perasaan, lho!

Paras tampan pria ternyata tidak hanya mampu memikat wanita, tetapi juga lebih baik dalam "memuaskan" pasangannya. Sebuah studi menemukan bahwa perempuan cenderung lebih mudah mengalami orgasme dengan pasangan yang dinilai lebih maskulin dan dominan serta tentu saja berwajah tampan.

Studi tersebut juga mengungkap bahwa wanita yang memiliki pasangan tampan dan dominan lebih mungkin untuk mencapai orgasme bersamaan atau sesudah ejakulasi pria sehingga lebih mudah untuk hamil.

Sebelumnya, orgasme pada wanita dinilai tidak berguna secara biologis. Namun, peneliti asal Pennyslvania State University mengklaim bahwa orgasme wanita memiliki fungsi evolusi.

Studi sebelumnya menunjukkan, orgasme wanita dapat membantu menahan sperma setelah berhubungan seksual dan memperbaiki konsepsi. Menurut studi tersebut, orgasme wanita mungkin merupakan salah satu cara untuk menyeleksi gen terbaik dari sperma untuk membentuk keturunan.

Sementara studi baru yang dipublikasi dalam jurnal Evolution and Human Behaviour menyatakan, maskulinitas dan ketampanan pria dapat mengatur frekuensi dan timing orgasme dari pasangannya.

Para peneliti menyimpulkan, meski studi ini masih memerlukan kajian lebih lanjut, hasilnya mendukung hipotesis bahwa orgasme wanita merupakan mekanisme seleksi gen berkualitas tinggi untuk membentuk keturunan.

Studi ini melakukan analisis terhadap 110 pasangan. Mereka ditanyai tentang pengalaman orgasme mereka, apakah sebelum, setelah, atau bersamaan dengan pasangan mereka. Selain itu, para wanita diminta menilai ketampanan, maskulinitas, dan dominasi pasangannya. Sementara para pria diminta menilai ketampanan, maskulinitas, dan dominasi dirinya sendiri serta feminitas dari pasangannya.

Hasilnya menunjukkan, jika seorang pria dinilai tampan dan maskulin oleh pasangannya, kesempatan si wanita untuk mencapai orgasme bersamaan dan setelah pasangannya lebih besar sehingga kesempatan untuk hamil juga lebih besar.

Menurut para peneliti, peluang mendapatkan hamil semakin besar jika wanita mencapai orgasme dalam satu menit sebelum atau 45 menit sesudah ejakulasi pria.


Baca Selengkapnya ....

Waspadah ..... Rokok, Dijadikan Senjata untuk Taklukkan Negara Berkembang

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

Rokok seperti halnya candu merupakan alat yang digunakan negara maju untuk menguasai negara berkembang. Indonesia saat ini menjadi sasaran empuk negara maju yang gencar menyerang melalui industri rokok.

Seperti yang diungkap Ketua Indonesia Tobacco Control, dr. Kartono Muhammad, rokok dan candu sesungguhnya tak berbeda. Keduanya menimbulkan ketergantungan dan berdampak buruk bagi kesehatan. Sejarah juga mencatat, rokok dan candu telah dijadikan senjata untuk menguasai negara lain.

Candu mengalaminya lebih dulu, lewat perang Inggris dan China pada perang candu tahun 1839-1842. Pada masa ini, Inggris dan sekutunya menekan China supaya mau menerima kiriman candu. Kejadian serupa dialami pada perang Vietnam dan Amerika Serikat, tahun 1955-1975. Perang dimenangkan Vietnam, setelah serdadu Amerika Serikat dibujuk menggunakan candu.

"Saat ini, kedudukan candu digantikan rokok. Lokasi perang juga berganti ke negara berkembang, misalnya Indonesia," kata Kartono pada peluncuran Road Map Pengendalian Produk Tembakau di Indonesia, Senin (24/6/2013) di Jakarta.

Negara berkembang, menurut Kartono, bukannya tak tahu bahaya merokok. Namun keuntungan investasi dan terbukanya lapangan kerja, menyebabkan industri rokok sulit dilawan.

"Padahal, menerima industri rokok sama saja membuka pintu untuk melemahkan generasi muda," ujarnya.

Konsumsi rokok, menurut Kartono, di negara-negara maju seperti Amerika telah dibatasi dan diatur secara ketat, antara lain lewat pelarangan iklan rokok dan peraturan dilarang merokok dalam keluarga. Akibatnya, produsen rokok 'melemparkan' produknya ke berbagai negara berkembang.

Di negara berkembang, rokok mendapat sambutan. Indonesia kini menempati peringkat empat dunia dengan jumlah perokok sekitar 61,4 juta. Rokok dikonsumsi berbagai kalangan ekonomi, maupun gender.

"Karena itu konsumsi rokok harus dilarang. Melalui road map saya harap pemangku kepentingan akan memiliki arah yang jelas," kata Kartono.

Pelarangan ketat rokok diharapkan dapat membuka peluang Indonesia, berada di peringkat sama dengan negara maju lainnya.

Jebakan middle income trap

Besarnya risiko akibat rokok juga diakui anggota Dewan Pertimbangan Presiden bidang Ekonomi dan Lingkungan, Emil Salim. Menurutnya, rokok akan menyebabkan Indonesia terus masuk dalam middle income trap.

Jebakan negara berpenghasilan menengah ini mengindikasikan kesejahteraan orang Indonesia tidak kunjung setara dengan negara maju. Keadaan tersebut diakibatkan kinerja generasi muda yang tidak maksimal.

Kebiasaan merokok yang banyak dilakukan generasi muda menjadi penyebabnya. Sehingga, generasi muda mengalami ketergantungan dan mudah sakit. Akibatnya produktivitas dan kinerja generasi muda tidak masimal.

"Padahal dengan jumlah generasi muda yang terus meningkat, Indonesia berpeluang mengalahkan Cina, India, Jepang, dan Korea Selatan. Namun karena rokok, semua bisa tinggal kenangan," kata Emil.

Sumber: kompas.com


Baca Selengkapnya ....

Ternyata .... Penghasilan pengemis di Jakarta lebih besar dari manajer ..

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

Penghasilan pengemis di Jakarta lebih besar dari manajer

Dengan muka memelas mereka menyusuri jalan-jalan Jakarta yang berdebu. Menadahkan tangan meminta sedekah. Sebagian tampil dengan anggota tubuh tak lengkap, sebagian lagi membawa bayi mungil yang dekil dalam gendongan. Penampilan para pengemis itu mengundang iba. Selembar seribu atau dua ribuan dengan ikhlas direlakan para dermawan untuk mereka.

Benarkah para pengemis yang setiap hari lalu lalang itu hidup menderita? Ternyata tidak semua.

Petugas Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan menemukan fakta mengejutkan. Dalam sehari, pengemis di Jakarta bisa mengantongi penghasilan sekitar Rp 750 ribu hingga Rp 1 juta.

"Kalau yang segitu biasanya didapat pengemis dengan tingkat kekasihanan yang sangat sangat kasihan. Seperti pengemis kakek-kakek atau ibu-ibu yang mengemis dengan membawa anaknya," ujar Kepala Seksi Rehabilitasi Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan, Miftahul Huda saat ditemui di kantornya, Selasa (25/6).

Kemudian, lanjutnya, untuk pengemis dengan tingkat kasihan yang standar atau biasa saja dalam sehari bisa mendapatkan sekitar Rp 450 ribu hingga Rp 500 ribu.

"Itu seperti anak-anak jalanan yang saat mengemis mengandalkan muka memelas," tuturnya.

Satu hari Rp 1 juta, kalikan 30 hari. Pengemis ini bisa dapat Rp 30 juta per bulan. Bermodal perkusi dari tutup botol, anak-anak jalanan mengantongi Rp 12 juta lebih.

Maka silakan bandingkan dengan gaji manajer di Jakarta. Penelusuran merdeka.com, gaji manajer di Jakarta rata-rata berkisar Rp 12 hingga 20 jutaan. Gaji pemimpin cabang sebuah bank rata-rata Rp 16 juta. Sementara Kepala Divisi Rp 20 juta.

Rata-rata butuh waktu sekitar tujuh tahun bagi seorang profesional mencapai level manajer. Tak mudah mencapai posisi itu.

Untuk fresh graduate atau sarjana yang baru lulus dan tak punya pengalaman kerja. Kisaran gajinya Rp 2 juta hingga Rp 3,5 juta. Jika beruntung, ada perusahaan yang mau memberi hingga di atas Rp 4 juta. Tapi sangat jarang.

"Saya kerja jadi teller di bank. Sudah lima tahun, paling bawa pulang Rp 4 juta. Kaget juga dengar pengemis bisa dapet belasan sampai Rp 30 juta," kata Rani, seorang pegawai bank pemerintah saat berbincang dengan merdeka.com.

Luar biasa memang. Gaji seorang manajer kalah oleh pengemis. Teller bank yang selalu tampil cantik dan modis, gajinya hanya sepertiga anak jalanan yang bermodal tampang memelas.

"Karena pendapatan yang terbilang fantastis itulah, para pengemis enggan beralih profesi. Cukup bermodal tampang memelas, tanpa skill apapun mereka bisa dapat uang banyak dengan mudah," kata Miftahul Huda.

Dia menambahkan maraknya pengemis dan gelandangan yang tersebar di Ibukota disinyalir sudah teroganisir. Diduga ada sindikat yang mengatur kelompok pengemis yang kerap mendrop mereka di suatu tempat untuk kemudian 'beroperasi' di wilayah yang telah ditentukan.

"Kita pernah menelusuri ke kampung halamannya. Dan memang nyatanya mereka punya rumah yang bisa dibilang lebih dari cukuplah di kampungnya itu. Itu fakta yang kita dapatkan," jelas Miftahul.

Untuk itu, Miftahul mengimbau kepada masyarakat yang ingin memberikan sumbangan menyalurkan ke tempat yang tepat.

"Dengan menyalurkan ke badan zakat yang resmi, akan disalurkan ke yang berhak menerimanya. Dan secara otomatis ini mengurangi pengemis, karena tidak ada yang mau memberi di jalan," tandasnya.

Sumber: Merdeka.com


Baca Selengkapnya ....

Percayalah .... Wajah Makin Cantik Jika Tidak Pakai Makeup Tebal

Posted by Tiket Kotu Selasa, 25 Juni 2013 0 komentar

 

Setiap wanita ingin memiliki wajah yang cantik dan kulit yang sehat. Caudalie Bertrand Thomas, seorang pemilik merek kecantikan dari Prancis membagi rahasia untuk Anda. Dilansir dari situs GeniusBeauty.com, inilah rahasia memiliki wajah cantik dan kulit sehat.

Selalu Merawat Kulit

Merawat kulit adalah hal yang harus Anda lakukan jika ingin memiliki kulit sehat dan cantik. Kondisi lingkungan semakin berubah dan tidak bersahabat, karena itu Anda harus memakai banyak perlindungan. Sunblock, pelembab dan rutin memakai scrub halus seminggu sekali akan membantu wajah Anda tetap sehat.

Rutinitas Cantik Setiap Hari

Untuk memiliki kulit sehat, Anda harus melakukan rutinitas rutin seperti memakai pelembab dan membersihkannya. Selalu bersihkan wajah setelah memakai makeup. Saat tidur, pastikan kulit sudah dalam kondisi bersih bebas minyak. Pilih sabun pembersih khusus kulit yang memiliki pH seimbang.

Gunakan Masker Dua Kali Dalam Seminggu

Selain memberi nutrisi dari dalam, Anda harus memberikan nutrisi dengan bantuan masker. Lakukan dua kali seminggu atau sekali dalam seminggu. Anda bisa menggunakan bahan alami yang melembabkan dan menyegarkan kulit.

Jangan Gunakan Makeup Tebal

Semakin banyak makeup yang Anda pakai, semakin tidak baik untuk kulit. Pakai makeup seperlunya, akan lebih baik jika Anda tidak memakai foundation tebal. Caudalie menyarankan agar Anda lebih memilih BB cream dan pelembab di pagi hari.

Ternyata tidak sulit memiliki kulit sehat dan cantik, Anda pasti bisa melakukan semua rahasia ini.

Sumber: Vemale.com


Baca Selengkapnya ....

Tips Agar Tumisan Tak Lengket di Wajan

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

Jangan menuangkan minyak goreng ke atas sayuran saat sedang menumis. Ini akan membuat makanan Anda jadi berminyak.

Anda yang sering memasak, pasti sering mengalami masalah tumisan yang lengket di wajan. Kalau sudah lengket di wajan, pasti masakan jadi mudah gosong, dan rasa masakannya jadi pahit. Tak cuma itu saja, mencuci wajan pun jadi susah karena kerak sisa makanan yang menempel ini sangat sulit dibersihkan.

Masakan yang lengket di wajan bisa jadi salah satu pertanda bahwa tumisan Anda ini kurang minyak. Solusinya, pastinya dengan menambahkan minyak ke wajan. Namun jangan sekali-kali menambahkan minyak goreng langsung ke atas sayuran tumis. Cara ini akan membuat masakan Anda jadi sangat berminyak dan tak sehat. Selain itu, menuangkan minyak ke atas tumisan juga tidak membuat tumisan tak lagi menempel di wajan.

Sebaliknya, sebaiknya gunakan spatula untuk mengaduk tumisan Anda. Kemudian dorong ke salah satu sisi wajan. Kemudian miringkan wajan ke bagian yang kosong agar sisi ini lebih panas. Tambahkan minyak di bagian ini (1-2 sdm), kemudian biarkan minyak ini panas. Setelah itu, geser kembali tumisan Anda ke minyak panas. Minyak panas ini akan membuat tumisan tak lagi lengket ke penggorengan, meskipun tidak menggunakan wajan antilengket.

Sumber: kompas.com

Baca Selengkapnya ....

Tiket

Popular Posts

LAYANAN TIKET PESAWAT MURAH support SENI BERBELANJA DI RUMAH - Original design by Bamz | Copyright of Berbagi Berita Terkini.