Cara Cek Nomor Sendiri HP Sendiri ...

Posted by Tiket Kotu Kamis, 16 Januari 2014 0 komentar

Cara Cek Nomor Sendiri Indosat ( Im3 dan Mentari ) :

Im3 dan Mentari merupakan produk dari Indosat. Anda bisa menggunakan produk Indosat ( Im3 dan Mentari ) untuk berbagai layanan seperti Nelpon, Sms, MMS, Internet dan lainnya.

Untuk info bagi Anda yang lupa dengan nomor hp sendiri dengan kartu Indosat ( Im3 dan Mentari ), Anda bisa menggunakan cara dibawah ini untuk mengetahui nomor Telkomsel Anda sendiri.


Indosat


Cara Cek Nomor Indosat ( Im3 dan Mentari)

Ketik : *777*8# kemudian tekan tombol Call

Cara Cek Nomor Sendiri Telkomsel ( Simpati dan As ) -

SimPATI merupakan Kartu Prabayar yang dikeluarkan oleh Telkomsel. SimPATI dapat digunakan di seluruh Indonesia dan juga sms ke dalam negeri atau luar negeri.

Untuk info bagi Anda yang lupa dengan nomor hp sendiri dengan kartu telkomsel ( Simpati dan As ), Anda bisa menggunakan cara dibawah ini untuk mengetahui nomor Telkomsel Anda sendiri.

Telkomsel


Cek Nomor Telkomsel ( Simpati dan AS )

Ketik : *808# kemudian tekan tombol Call



Cara Cek Nomor Sendiri CDMA ( Smartfren, Flexi, Esia ) - Smartfren, Flexi dan Esia merupakan operator celluler Indonesia dengan basis CDMA. Anda bisa menggunakan ketiga operator tersebut untuk sms, telepon dan lainnya.

Namun akhir-akhir ini, ketiga operator celluler CDMA banyak sekali yang menawarkan promo internet murah.

Untuk info bagi Anda yang lupa dengan nomor hp sendiri dengan kartu Smartfren, Flexi dan Esia, Anda bisa menggunakan cara dibawah ini untuk mengetahui nomor Smartfren, Flexi dan Esia Anda sendiri.

Cara Cek Nomor Sendiri CDMA ( Smartfren, Flexi, Esia )

Smartfren : Ketik : *551# kemudian tekan tombol Call

Flexi : Ketik lewat SMS : INFO lalu kirim ke 678

Esia :

Cara Cek Nomor Sendiri Axis -

Axis merupakan salah satu operator celluler yang ada di Indonesia. Anda bisa menggunakan berbagai layanan dari Axis, seperti Sms, Telpon, Internet, BBM dan lainnya.

Untuk info bagi Anda yang lupa dengan nomor hp sendiri dengan kartu Axis, Anda bisa menggunakan cara dibawah ini untuk mengetahui nomor Axis Anda sendiri.

axis

Cara Cek Nomor Sendiri Axis

Ketik : *2# kemudian tekan tombol Call


Cara Cek Nomor Sendiri 3 Three -

Three merupakan salah satu operator celluler yang ada di Indonesia. Anda bisa menggunakan berbagai layanan dari Three, seperti Sms, Telpon, Internet, BBM dan lainnya.

Untuk info bagi Anda yang lupa dengan nomor hp sendiri dengan kartu Three, Anda bisa menggunakan cara dibawah ini untuk mengetahui nomor Three Anda sendiri.

Three 3

Cara Cek Nomor Sendiri 3 Three

Ketik : *998# kemudian tekan tombol Call



Cara Cek Nomor Sendiri XL -

Xl merupakan salah satu operator celluler yang ada di Indonesia. Anda bisa menggunakan berbagai layanan dari XL, seperti Sms, Telpon, Internet, BBM dan lainnya.

Untuk info bagi Anda yang lupa dengan nomor hp sendiri dengan kartu XL, Anda bisa menggunakan cara dibawah ini untuk mengetahui nomor XL Anda sendiri.

XL

Cara Cek Nomor XL

Ketik : *123*6*4*1*1# kemudian tekan tombol Call







Baca Selengkapnya ....

Kisah JK Taklukkan Banjir Cengkareng

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

Kisah JK Taklukkan Banjir Cengkareng
Ketua Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla memberikan keterangan kepada wartawan di kantor PMI, Jakarta, Selasa (29/5/2012). Terkait pencalonan presiden yang diusung Partai Golkar, wakil presiden ke sepuluh ini tidak akan mencampuri urusan internal partai berlambang pohon beringin tersebut.


Hari itu Jusuf Kalla (JK) benar-benar kesal. Pasalnya, sudah beberapa hari ia menyaksikan tayangan televisi, ratusan pesawat tertunda lepas landas dan mendarat. Para penumpang di terminal-terminal Bandara Soekarno-Hatta terlunta tak tentu arah.

Pangkal soal adalah banjir di jalan menuju bandara yang menyebabkan kendaraan tidak bisa lewat. Jalan alternatif melalui Tangerang juga mengalami kemacetan total karena di mana-mana air menggenangi jalan lebih dari semeter.

Kalkulasi dagang JK bereaksi. Ia menghubungi salah seorang pejabat dengan menanyai berapa kerugian negara per hari akibat penundaan pendaratan dan keberangkatan semua pesawat. Pejabat yang ditanya, tak mampu menjawab. JK pun kian bereaksi, kalau hitungan simpel seperti itu saja tidak bisa dilakukan, ya, pantas saja kondisi ini terus menerus terjadi tiap musim hujan datang. Pasti tidak ada upaya perbaikan.

JK langsung mengontak pejabat yang memiliki otoritas di bidang infrastruktur. Mengapa setiap musim hujan, selalu saja banjir ke bandara. Dan kawasan banjir itu, selalu di tempat yang sama setiap tahun. "Kok tidak ada upaya untuk mengatasinya. Ada apa sesungguhnya di sana. Di mana masalahnya dan bagaimana cara mengatasinya," desak JK.

Yang ditanya mulai memberikan alasan. Sejurus kemudian, Sang Pejabat menerangkan secara teoritis.

JK langsung memotong pembicaraan. "Kalau sekedar teori, kan sudah lama mesitnya anda selesaikan itu, sebab kejadian ini selalu terjadi. Jangan lagi pakai alasan teori sekarang. Yang dibutuhkan publik adalah bagaimana mengatasi kebanjiran di bandara agar orang bisa tiba dan berangkat sesuai jadwal yang ditentukan. Ini ekonomi terganggu sekali karena banjir ini. Coba lihat apa yang terjadi di bandara kita sekarang. Orang bisa mengamuk nantinya."

Tak puas dengan itu, JK langsung bertanya, "berapa jumlah mesin pompa yang ada di daerah banjir yang terpasang sekarang?"

"Ada dua pak," kata Pak Pejabat.

"Ya, bagaimana mungkin anda bisa mengatasi banjir kalau begitu. Dua buah pompa tidak akan mungkin bisa menyedot air yang mengalir deras dan banyak. Saya tidak mau tahu caranya, anda cari pompa sebanyaknya dan letakkan sekarang juga di sana. Saya akan kunjungi kawasan tersebut jam 5 sore ini," perintah JK tak sabar.

Pejabat tentu saja segera bereaksi sebelum JK tiba sore hari di lokasi banjir. Perintah bos jadi mutlak dijalankan. Apalagi, disertai dengan marah. Tak ada pilihan bagi Sang Pejabat hari itu. Teori pun tidak laku di mata JK.

Benar juga, JK datang di lokasi banjir. Saat itu, genangan air sudah mulai habis. JK langsung tersenyum lebar. Soalnya, pompa-pompa yang didatangkan Sang Pejabat sudah berjalan sejak beberapa jam sebelum kedatangan JK di lokasi.

"Nah, mengapa selama ini, tahun demi tahun, anda tidak berpikir praktis seperti ini. Kan anda tahu bulan berapa hujan di Jakarta ini. Curahannya pun anda bisa perkirakan. Ya, pada saat itu, siapkan dong pompa. Kalau jauh hari sebelumnya anda siap seperti ini, tidak perlu negara kita mengalami kerugian karena bandara tidak berfungsi," tegas JK.

Balik dari lokasi banjir, JK mulai menyusun rencana. Ini adalah tahun terakhir bandara mengalami banjir. JK langsung menghubungi lagi pejabat di bidang sarana dan prasarana untuk segera membangun jalan layang di lokasi banjir tersebut. Biar hujan sederas bagaimana pun, tidak akan meninggalkan genangan di kawasan banjir tersebut.

Sang Pejabat memberitahu JK bahwa kawasan banjir tersebut tidak bisa dibangun apa pun karena itu menyangkut kawasan hutan lindung. Kalau dibangun jembatan atau jalan layang maka pasti sejumlah areal kawasan lindung tersebut diambil.

JK bertanya, "Siapa yang memiliki kewenangan untuk menentukan itu semua?'

"Depertemen Kehutanan, Pak," jawab pejabat di bidang prasarana tersebut.

JK langsung mengontak pejabat Departemen Kehutanan dan tidak memberi sedikit pun kesempatan untuk menolak program JK, membangun jalan layang di kawasan banjir tersebut.

"Kalau itu kawasan lindung dan tidak boleh dipakai hanya untuk jalan layang, maka sekarang juga, demi kepentingan negara dan bangsa, jadikan itu sebagai kawasan yang bisa dipakai. Kalau ada aturan yang melarangnya, maka segera ubah aturannya. Ini soal krisis yang harus ditangani sekarang juga. Pokoknya, saya tidak mau tahu, kawasan banjir di Cengkareng, harus dihindari. Caranya, saya mau bangun jalan layang di sana," tegas JK.

"Lagi pula, kalau itu kawasan lindung, mengapa banyak bangunan gudang, perumahan, dan bahkan ada hotel tidak jauh dari pusat banjir. Mengapa itu semua diperbolehkan padahal itu kan sumber banjir yang ada," tegas JK.

Wapres tidak hanya berhenti pada rencana dan perintah. Ia langsung melakukan tindakan dengan cara menunjuk langsung sebuah BUMN yang bergerak di bidang kontruksi jalan. Soal Kepres pengadaan dan pelelangan, itu bisa kita pakai kalau kondisi normal. Sekarang ini, sangat tidak normal, pikir JK.

Nah, kurang dari setahun, jalan layang di kawasan banjir, dari dan ke bandara Soekarno-Hatta telah terpakai. Banjir yang menghambat penerbangan tiap tahun, tinggal sebagai kenangan.

Sumber : jusufkalla.info

*Kisah ini diambil dari buku "Solusi JK: Logis, Spontant, Tegas dan Jenaka", ditulis oleh Hamid Awaludin


Baca Selengkapnya ....

Cara Agar Asuransi Cepat Cair Usai Mobil Kena Banjir

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan.

Rolls-Royce terendam banjir Jakarta
Rolls-Royce terendam banjir Jakarta (VIVAnews/Muhamad Solihin)
Hampir semua wilayah DKI Jakarta terendam banjir akibat hujan lebat, ditambah luapan sungai beberapa waktu lalu, . Jalan-jalan lumpuh. Mobil-mobil terendam.

Bagi mobil-mobil yang diasuransikan, para pemilik tentunya tidak perlu cemas. Nah, bagaimana agar klaim asuransi ini cepat cair, meski mobil terendam parah?

Ganti rugi akan dilakukan memenuhi beberapa langkah. Pemilik kendaraan diharuskan mengecek kelengkapan polis, termasuk dalam bencana banjir serta bagaimana cara berkendara

Dikutip dari PT Asuransi Astra Buana, berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan jika ingin melakukan klaim:

1. Costumer melapor atas kerugian atau kecelakaan atas kendaraan bermotor dengan menghubungi pihak asuransi melalui cabang terdekat.

2. Setelah melapor, pihak asuransi akan melakukan survei terhadap kendaraan untuk mengecek kerugian apa saja yang sudah diderita.

3. Berdasarkan hasil analisa survei, pihak asuransi akan menerbitkan Surat Perintah Kerja (SPK) ke bengkel resmi.

4. Anda harus melengkapi dokumen apa saja yang harus dibawa untuk klaim, seperti:
- Foto copy SIM pengemudi saat kejadian
- Foto copy STNK
- Foto copy polis asuransi
- Surat laporan polisi bila terjadi kerusakan akibat perbuatan jahat orang lain atau kehilangan sebagian.

Bila melibatkan pihak ketiga (pihak yang dirugikan/menuntut), maka diperlukan juga dokumen:
- Surat Tuntutan dari pihak ketiga
- Foto copy SIM pihak ketiga
- Foto copy STNK kendaraan pihak ketiga
- Surat laporan polisi

5. Menunggu jadwal perbaikan.

6. Masuk bengkel, lama perbaikan tergantung kerusakan yang dialami.

Sumber

Baca Selengkapnya ....

Namai Anak "Muhammad" di Chechnya Dapat Rp12 Juta

Posted by Tiket Kotu Rabu, 15 Januari 2014 0 komentar

Dilaksanakan dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW.

Foto ilustrasi
Foto ilustrasi (istockphoto)
Pemerintah Chechnya punya cara unik merayakan Maulid Nabi Muhammad shallalahu alaihi wasallam. Chechnya akan memberikan hadiah uang sebesar US$1000 (Rp12 juta) kepada anak yang lahir bertepatan dengan tanggal lahir nabi dan dinamai "Muhammad".
Diberitakan Russia Times, maulid nabi Muhammad dirayakan pada Senin kemarin di Chechnya. Pemberian hadiah ini diumumkan langsung oleh pemimpin negara itu, Ramzam Kadyrov.

Kadyrov mengatakan, tidak hanya bayi bernama Muhammad yang diberi hadiah, tapi juga bayi yang diberi nama istri-istri nabi, anak-anaknya atau 10 sahabat nabi yang dijamin masuk surga.

Uang hadiah itu berasal langsung dari kantung Kadyrov sendiri, seperti disampaikannya di akun instagramnya. Dia mengatakan, ide ini datang dari ibunya, Aimani Kadyrova.

Pemerintah Chechen mengatakan dalam situsnya, ada 126 anak, terdiri dari 78 lelaki dan 48 perempuan, yang mendapatkan hadiah. Paling banyak digunakan adalah nama Muhammad dan Fatima, putri Rasulullah.


Baca Selengkapnya ....

Hebat.... Di Malang, Bayar Dokter Bisa Pakai Sampah.

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

Setiap akhir pekan puluhan warga datang ke sejumlah klinik di kota Malang dengan membawa sampah antara lain berupa botol plastik, kardus dan kertas. Sampah-sampah yang dapat didaur ulang - yang mereka kumpulkan dari rumah sendiri dan lingkungan di sekitar - mereka bawa dan ditukarkan dengan kartu berobat melalui program Klinik Asuransi Sampah, yang digagas dr. Gamal Albinsaid.
Ide kreatif Gamal Albinsaid mendirikan asuransi sampah mengundang decak kagum dunia. Kreasinya itu menempati urutan teratas di ajang finalis dunia Unilever Sustainable Living Young Entrepreneurs Awards 2013.

 
foto : nationalgeographic
 
 
Pada 30 Januari 2014 ini, dokter  berusia 24 tahun ini diundang ke London, Inggris, untuk jamuan makan dengan pewaris tahta kerajaan Inggris, Pangeran Charles.

"Warga cukup menyerahkan sampahnya kepada Klinik Asuransi Sampah dan mereka bisa menikmati berbagai fasilitas pelayanan kesehatan primer," kata Gamal. "Sampah yang mereka bawa dapat berupa sampah kering apa saja yang dapat didaur ulang."

Dengan sampah ini, pasian yang kebanyakan warga miskin, mendapat pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan dokter, gula darah sampai obat.

Konsepnya sama seperti asuransi pada umumnya, di mana nasabah membayarkan premi tiap bulan. Tapi nilai preminya terbilang murah, dan tidak perlu mengeluarkan uang. "Cukup dengan sampah," kata dia.
 
 
Jenis sampahnya, imbuh Gamal, bisa organik, bisa juga anorganik. Yang pasti, nilai sampah harus Rp 10 ribu per bulannya. Gamal dan kawan-kawan bekerjasama dengan Bank Sampah Malang (BSM) untuk menilai berapa harga sampah yang disetor nasabah. Sampah-sampah itu punya nilai jual karena bisa diolah menjadi pupuk untuk yang organik. Sedangkan yang anorganik ditawarkan ke pengepul.

Dengan membayar premi bulanan, masyarakat bisa menikmati pelayanan kesehatan yang dipusatkan di sejumlah klinik. "Tidak hanya untuk pengobatan, tapi juga untuk program peningkatan kualitas kesehatan dengan penyuluhan dan konsultasi gizi, pencegahan, dan rehabilitatif," kata dia.

Gamal sendiri menyikapi keberhasilannya di Unilever Sustainable Living Young Entrepreneurs Awards 2013 dalam dua sisi. "Satu sisi, saya menganggap penghargaan adalah sampah-sampah dunia. Penghargaan bisa membuat kita terlena," kata peraih penghargaan Anugerah Karya Inspiratif 2011 dari Kementerian Riset dan Teknologi, Ashoka Young Change Maker 2012 AusAID Indonesian Social Innovator Award 2013, Promising Social Award 2013, People Choice Award 2013, dan belasan penghargaan lain ini.

Tapi di sisi lain, bagaimana pun, penghargaan memberikan sebuah kebanggaan, dan bisa menjadi pelecut semangat untuk meraih hasil yang lebih baik di masa mendatang. Toh, kata-kata sampah yang diucapkannya barusan juga mengandung arti lain. Sebab, dia masuk tujuh besar juga berkat sampah.

Aktivitas  rutin Gamal Albinsaid terbilang superpadat. Selain sebagai dokter muda yang tengah jadi asisten dokter di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA), dia juga sedang kuliah S2 Biomedik Universitas Brawijaya (UB). Tak hanya itu, dia juga menjabat sebagai chief executive Indonesia Medika, klinik kesehatan yang dia dirikan sejak 2010.

Organisasi Indonesia Medika ini mulai dibentuk tahun 2010. Namun sempat terhenti setelah berjalan baru enam bulan. Sejak Maret 2013, Klinik Asuransi Sampah ini mulai diaktifkan lagi dengan sasaran utama keluarga kurang mampu.  Ada lima klinik yang menerapkan sistem ini.
 
 
Setelah dibangkitkan lagi, klinik asuransi sampah kita punya lebih dari 300 nasabah. Nah, di Indonesia Medika, Gamal tidak sendiri. Sejauh ini, ada 47 anak muda dari seluruh Indonesia yang bergabung dengan Indonesia Medika. Dari jumlah total tersebut, 17 di antaranya berstatus tenaga tetap. Mereka ini mendapatkan bayaran dari Indonesia Medika. "Sistemnya bagi hasil," kata anak ketiga dari empat bersaudara, putra pasangan Saleh Arofan Albinsaid dan Eliza Abdat ini.

Sedangkan sisanya berstatus volunteer alias sukarelawan. Anak-anak muda yang tergabung dalam Indonesia Medika, berasal dari berbagai disiplin ilmu. Tidak hanya di bidang kedokteran atau kesehatan, tapi juga TI (teknik informatika), hukum, hingga ekonomi.

Lantas, dari mana Indonesia Medika mendapatkan dana untuk operasionalnya? "Kita banyak didukung perusahaan, organisasi internasional," kata dia. Sebut saja, nama-nama seperti AusAID (the Australian Agency for International Development), Ashoka, Socentix, hingga LGT Venture Philanthropy. Di samping itu, Indonesia Medika juga membuat cara-cara kreatif seperti penjualan merchandise untuk menambah kas mereka.

Sumber

Baca Selengkapnya ....

Jangan Gegabah Mendapatkan Wajah Menawan dengan Instan

Posted by Tiket Kotu 0 komentar
Jangan Gegabah Mendapatkan Wajah Menawan dengan Instan
Ilustrasi

Salah satu alasan orang melakukan bedah plastik adalah untuk mendapatkan penampilan fisik yang menawan.

Dari sekian banyak bedah plastik, Rhinoplasty atau bedah plastik untuk memperbaiki bentuk hidung sangat diminati. Tujuannya tentu untuk memperoleh bentuk hidung yang proposional atau mancung.

Sayangnya, hingga kini masih banyak masyarakat memperbaiki bentuk hidung tanpa melewati prosedur bedah plastik estetik dengan benar. Misalnya melakukan suntik silikon cair di hidung, yang dikenal dengansiliconoma. Faktor harga yang relatif murah menjadi alasan. Banyak yang menganggap itu bagian dari bedah plastik.

"Suntik silicon cair itu bukan prosedur bedah plastik. Sudah masuk ranah kriminal dan pelakunya harus di tangkap," kata dr. Teuku Adi Fitrian, Sp.BP dalam media briefing mengenai "Improving Life Quality Through Aesthetic & Recontrukive Sugery, di Hotel Indonesia (31/7).

Karena masuk ranah kriminal tadi, maka suntik silikon ini banyak di lakukan secara sembunyi-sembunyi. Terutama di salon-salon kecantikan. Karena berbentuk cairan, maka silikon ini bisa mengalir ke mana-mana.

Kalau kepala bergerak ke kiri ia akan mengalir ke kiri dan sebaliknya. Bila kebanyakan memasukan cairan akan menyebabkan muka hancur dengan ditandai warna kemerah-merahan pada hidung.

Jika sudah begini maka perlu penanganan dokter bedah plastik. Proses penormalan kembali muka yang sudah "rusak" tadi memakan waktu cukup lama.

Jadi, buat yang mau memancungkan hidung, pikir-pikir dulu jika harus disuntik silikon. Jangan sampai tergiur biaya murah di awal, malah merogoh kantung yang dalam untuk mengembalikan wajah yang rusak akibat prosedur ilegal tadi.


Baca Selengkapnya ....

Menuju “Puncak” Asmara di Malam Berhujan

Posted by Tiket Kotu 0 komentar
Menuju
Ilustrasi

Di malam berhujan seperti sekarang, memang paling asyik dilalui dengan bermanja-manjaan bersama suami. Udara yang dingin membuat pelukan suami terasa hangat dan membuai perasaan, nikmatilah dengan perhatian penuh hanya tertuju pada suami, supaya "pendakian" menuju "puncak" asmara berjalan mulus tanpa kendala berarti.

Siapa yang tidak ingin merasakan sensasi bercinta yang lebih seru dan menggebu?  Semua pasangan suami istri, jika diajukan pertanyaan seperti ini, mungkin saja langsung mengacungkan ibu jari tanda setuju.

Salah satu cara agar kehidupan seks dengan suami tak berjalan monoton adalah Anda harus menjadi seorang istri yang kreatif dalam menciptakan variasi gaya dan membangun mood bercinta, yang panas serta membangkitkan gairah, hingga akhirnya mencapai tahap "puncak" asmara yang sarat "ledakan" dan kenikmatan yang berlipat ganda.

Menurut Rob Bell, penulis Sex God: Exploring the Endless Connections between Sexuality and Sprituality, seperti dikutip dari Glamour, "Salah satu yang membuat acara bercinta berjalan datar-datar saja adalah pasangan yang memikirkan banyak hal ketika sedang beraksi. Banyak pasangan yang meremehkan hal ini, menurut mereka, terbersit pikiran soal meeting esok hari saat bercinta bukanlah hal yang mengganggu, ini salah besar!"

Setiap distraksi yang Anda rasakan secara psikologis akan memunculkan percikan konflik dan  rangsangan non-seksual di otak, di mana hal ini secara otomatis akan mengurangi kenikmatan. Walaupun tak bisa dimungkiri bahwa, tidak mudah untuk menghalau hadirnya pikiran lain ketika sedang asik menikmati intimasi bersama suami.

Nah, mengenai konsentrasi saat bercinta, Rob menawarkan trik yang mungkin dapat membantu Anda agar bisa berkonsentrasi. "Pusatkan perhatian pada kenikmatan saat Mr. P tengah mengeksplorasi kemampuannya saat berpenetrasi pada Miss Cherry. Rasakan setiap gerakan dan tekanan pada tubuh Anda. Dengan meresapi seluruh tahapan permainan pada tubuh, membuat pikiran tergiring untuk berpusat pada apa yang terjadi," terang Rob.

Selain itu, supaya tidak bosan, beranilah mengarahkan suami kapan untuk berganti posisi atau siapa yang pegang kendali. Di sela-sela bercinta, jangan lupa untuk beberapa kali menarik napas dalam-dalam secara perlahan hingga terasa ke bagian perut, menurut Rob metode pernapasan yang demikian membantu pikiran dan tubuh lebih rileks. Sehingga "pendakian" Anda dan suami menuju fase klimaks, akan terasa lebih mudah dan penuh hasrat meletup-letup hingga akhir tahapan bercinta. 

Sumber : Glamour

Baca Selengkapnya ....

Dalam JKN, Dokter Layanan Primer Setara Spesialis

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

Ilustrasi dokter

Penerapan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sebagai program dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) mengharuskan alur pelayanan diawali dari fasilitas primer. Kendati demikian, masih ada salah kaprah di tengah masyarakat yang menilai dokter layanan primer adalah dokter umum yang kurang berkompeten.

Manager akademik dan kemahasiswaan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Pradana Soewondo mengatakan, dokter layanan primer memiliki kompetensi setara dengan dokter spesialis. Meskipun jenis kompetensi keduanya berbeda.

"Salah jika dokter layanan primer itu kurang dihargai dan dianggap dokter umum, kompetensinya setara dengan dokter spesialis yaitu berada di tingkat delapan," ujarnya dalam Quo Vadis Dokter Indonesia, Sabtu (11/1/2014) di Jakarta.

Kompetensi dokter, jelas Pradana dibagi menjadi beberapa tingkatan. Dari skala satu hingga 10, dokter yang sudah lulus Ujian Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI) dan menjalani internship ada dalam tingkat kompentensi tujuh. Sementara setelah mengambil pendidikan spesialis, maka tingkatnya meningkat menjadi delapan, bahkan sembilan.

Karena itu, lanjutnya, dokter layanan primer juga membutuhkan pendidikan lanjutan, sama halnya dengan dokter spesialis. "Untuk mencapai tingkat delapan, dokter membutuhkan pendidikan lagi, meskipun saat ini belum memungkinkan jika diberlakukan pendidikan formal, belum ada kesepakatan tentang dokter layanan primer," kata Pradana.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Ketua Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia Sugito Wonodirekso mengatakan, meski memiliki tingkat kompetensi yang sama, dokter layanan primer memiliki kompetensi yang berbeda dengan dokter spesialis. Jika dijabarkan dalam kompetensi dokter layanan primer meliputi kontak pertama dan langsung dengan pasien, dapat dimendiagnosis semua macam penyakit, gejala penyakit, usia, kelamin, dan ikut berperan dalam pencegahan penyakit secara umum.

"Ini tentu berbeda dengan dokter spesialis yang hanya menangani penyakit-penyakit tertentu saja. Maka tidak heran dokter spesialis umumnya hanya terlibat dalam upaya kuratif, sementara dokter layanan primer perlu terlibat dalam upaya preventif promotif," katanya.

Seperti yang diketahui JKN menggunakan pola rujukan berjenjang yang dimulai dari sistem layanan primer hingga tersier. Layanan primer terdiri atas puskemas, klinik pratama, dan dokter praktek pribadi beserta jejaringnya.

Sistem layanan primer mencakup 144 macam diagnosis dengan alur klinis (clinical pathway) yang sudah disusun organisasi profesi terkait. Bila diagnosis ternyata di luar alur klinis yang dirancang, maka pasien akan dirujuk ke sistem layanan sekunder.

"Tentunya, lama pasien dirujuk bergantung pada sakit yang diderita dan kemampuan tenaga kesehatan di sistem layanan primer. Yang jelas masyarakat harus melalui fasilitas primer terlebih dulu baru akan dilayani di tingkat sekunder dan tersier," terang Direktur Pelayanan Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Fajriudin.

Sumber : kompas.com


Baca Selengkapnya ....

Dimasa Mendatang, Takkan Ada Lagi Dokter Umum

Posted by Tiket Kotu 0 komentar
Ilustrasi

Selama ini, dokter umum merupakan istilah yang digunakan untuk dokter dapat mengobati semua penyakit dan paling mudah dijumpai di layanan kesehatan primer seperti puskesmas ataupun klinik. Namun, dengan implementasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), istilah tersebut akan ditiadakan.

"Ke depannya tidak ada lagi dokter umum, melainkan diganti dengan dokter layanan primer," ujar Manajer Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Pradana Soewondo dalam Quo Vadis Dokter Indonesia, Sabtu (11/1/2014) di Jakarta.

Kendati demikian, lanjut dia, dokter layanan primer tidaklah sama dengan dokter umum. Sebaliknya, dokter layanan primer memiliki tingkat kompentensi yang lebih tinggi dibanding dokter umum dan setara dengan dokter spesialis.

Pradana menjelaskan, untuk mendapatkan kompetensi sebagai dokter layanan primer, dibutuhkan pendidikan lanjutan seperti halnya dokter spesialis. Namun, dengan mengharuskan setiap dokter yang memberi pelayanan di tingkat primer mengambil pendidikan lanjutan, sebelum praktik dokter membutuhkan waktu yang lebih panjang dari sebelumnya.

"Dari yang semula sejak tahap akademik hingga internship membutuhkan tujuh setengah hingga delapan tahun, dengan adanya pendidikan lanjutan mungkin akan lebih panjang lagi," kata Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam FKUI ini.

Karena itu, Pradana menekankan pentingnya pendidikan non-formal seperti sertifikasi dan pelatihan-pelatihan. Langkah ini bermanfaat untuk menambah jumlah dokter layanan primer dengan waktu yang relatif cepat, mengingat program JKN sudah berjalan.

Menurut dia, perlu dibuat revisi pendidikan dokter sehingga dalam jangka waktu lima hingga lima setengah tahun saja, tahap akademik, profesi, hingga internship bisa selesai dan dilanjutkan dengan pendidikan dokter layanan primer.

Dalam kesempatan yang sama, Guru Besar di Bidang Kesehatan Masyarakat Sudarto Ronoatmodjo mengatakan, diperlukan pembentukan standar kompetensi pendidikan dokter layanan primer dengan segera. Pasalnya, tidak mungkin selamanya pendidikan dokter layanan primer hanya diperoleh melalui jalur non-formal.

"Di tahun 2014 sampai 2019 mungkin pendidikan dokter layanan primer bisa diperoleh melalui jalur non-formal. Namun, selebihnya perlu ada pendidikan formal dengan standar kompetensi yang jelas sehingga targetnya pada 2030 jumlah dokter layanan primer sudah cukup dengan kualitas yang baik," paparnya.

Sementara itu, kendati tingkat kompetensi dokter layanan primer setara dengan dokter spesialis, tetapi jenis kompetensi keduanya berbeda. Ketua Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia Sugito Wonodirekso menjelaskan, kompetensi dokter layanan primer meliputi kontak pertama dan langsung dengan pasien dapat mendiagnosis semua macam penyakit, gejala penyakit, usia, kelamin, dan ikut berperan dalam pencegahan penyakit secara umum.

Sedangkan dokter spesialis hanya menindak penyakit-penyakit tertentu yang sesuai dengan spesialisasinya. Dokter spesialis juga perlu kompeten dalam melakukan tindakan invasif terhadap pasien.

"Sebagai contoh, dokter layanan primer boleh saja mempelajari tentang jantung hingga tingkat molekuler, tetapi tetap tidak boleh melakukan tindakan kateterisasi. Yang berwenang melakukannya adalah dokter spesialis jantung dan pembuluh darah," terangnya.

Sumber: kompas.com


Baca Selengkapnya ....

Tiket

Popular Posts

LAYANAN TIKET PESAWAT MURAH support SENI BERBELANJA DI RUMAH - Original design by Bamz | Copyright of Berbagi Berita Terkini.