Nyeri saat Bercinta, Hati-hati Endometriosis!

Posted by Tiket Kotu Sabtu, 21 September 2013 0 komentar



Endometriosis dapat menjadi penyebab nyeri hubungan seks pada wanita

Aktivitas seksual sejatinya penting untuk membina keharmonisan antara pasangan suami-istri. Namun jika aktivitas tersebut justru membawa nyeri dan rasa tidak nyaman, tentu akan menimbulkan trauma dan rasa enggan untuk melakukannya.

Nyeri saat bercinta dapat disebabkan oleh banyak hal. Umumnya nyeri disebabkan oleh vagina kering karena kurangnya rangsangan sebelum dilakukan penetrasi atau berkurangnya produksi lubrikasi lantaran usia yang menua. Nyeri juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur, konsumsi pil KB, ataupun penyakit kelamin.

Selain itu, ada pula penyakit yang tidak terduga menyebabkan rasa nyeri saat bercinta. Profesor Ali Baziad, pakar kesehatan kandungan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) mengatakan, penyakit itu adalah endometriosis.

Endometriosis merupakan penyakit kronik yang disebabkan oleh jaringan endometrium yang terdapat di dalam rahim (uterus) ditemukan tumbuh di tempat lain dalam tubuh. Jaringan ini seringnya melakukan perlengketan pada indung telur dan semua organ di dalam panggul wanita.

Ali menjelaskan, perlengketkan jaringan endometrium pada organ-organ di dalam panggul wanita inilah yang mengakibatkan nyeri saat melakukan hubungan seks. "Ini wajar saja mengingat saat berhubungan seks, wanita menggunakan organ-organ di panggul," ujarnya saat ditemui Kamis (19/9/2013) di Jakarta.

Endometriosis, kata Ali, berbentuk jaringan yang berisi darah dan saraf, terlebih jika jaringan ini sudah melakukan perlengketan pada organ lain. Maka, penyakit ini bisa menimbulkan rasa nyeri, terutama jika sedang dalam kondisi-kondisi tertentu seperti berhubungan seks atau menstruasi.

Endometriosis terjadi pada satu dari 10 wanita usia subur. Hingga saat ini, para ahli medis belum dapat menentukan secara pasti penyebab sebenarnya dari penyakit ini.

Menurut Ali, kelompok yang rentan mengalaminya antara lain wanita dengan riwayat endometriosis dalam keluarganya, nyeri menstruasi di usia muda, dan pendarahan menstruasi yang banyak.

Pada kasus ekstrem, dijumpai endometriosis yang melakukan perlengketan pada organ-organ seperti paru-paru hingga otak. Inilah yang sering mengakibatkan salah diagnosis dengan penyakit lain.

Ali mengatakan, salah satu ciri khas endometriosis yaitu hanya nyeri di saat menstruasi. "Maka kalau paru-paru nyeri, perhatikan dulu, apakah nyerinya saat menstruasi saja atau tidak. Kalau hanya saat menstruasi, perlu dicurigai endometriosis," jelasnya.

Maka untuk lebih jelasnya, lanjutnya, perlu dilakukan pemeriksaan seperti ultrasound sonography (USG), cek darah, laparoskopi, dan penggunaan obat.

Sumber: kompas.com

Baca Selengkapnya ....

Astaga ..... Tubuh Bayi Keluar dari Mulut Anak Tukang Es Cincau

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

Ilustrasi. | shutterstock

Aep Supriatna (36), warga Kampung Cikadu, Kecamatan Cipendeuy, Kabupaten Bandung Barat (KBB) selalu menitikkan air mata setiap kali keluar dari ruang Natal Intensife Care Unit (NICU) Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Ia tidak kuat melihat penderitaan anak pertamanya Ginan Septian Nugraha yang belum genap satu minggu dilahirkan dari rahim istrinya Yani Mulyani (33).


Dari keterangan Aep, Ginan mengalami kelainan saat dilahirkan. Dari dalam mulut kecil putranya itu, muncul seonggok daging. "Kata bidan yang membantu persalinan, itu tumor," tutur Aep dengan nada lemah saat ditemui Kompas.com di ruang tunggu RSHS, Sabtu (21/9/2013).

Namun, ketika diperksa lebih lanjut di RSHS, daging yang muncul dari mulut putranya itu ternyata bukan daging biasa. Ginan ternyata lahir dengan keadaan kembar siam. Daging yang keluar dari mulutnya itu adalah kembarannya.

Ukuran bayi di mulut Ginan cukup besar, sekitar setengah ukuran tubuh Ginan sehingga memaksa mulutnya terus menganga. Bayi tersebut menempel di dalam rongga mulut bagian atas dan menjulur keluar.

"Setelah diteliti dokter, tahunya itu menyerupai bayi karena ada kaki dan ada alat kelaminnya, tapi kepalanya tidak ada," tutur Aep.

Bayi yang menempel dari mulut itu, kata Aep melanjutkan, sudah dipastikan tidak bernyawa. Untuk itu, Ia berharap pihak RSHS bisa menyelamatkan nyawa Ginan dengan cara memisahkan tubuh tak bernyawa tersebut dari mulutnya.

"Yang keluar dari mulut itu ada satu tangan, dua kaki dan kelaminnya laki-laki," ungkapnya.

Meski memiliki kelainan, berdasarkan keterangan dari dokter yang menangani putranya, Aep mengatakan, Ginan lahir dalam keadaan sehat. " Saya cuma ingin anak saya sembuh," harapnya.

Aep tidak memungkiri jika dirinya masih bingung untuk membayar semua biaya perawatan hingga biaya operasi pemisahan tubuh tak bernyawa itu dari mulut anaknya. Pasalnya, sehari-hari Aep yang berprofesi sebagai penjual es cincau keliling, tidak memiliki biaya sepeser pun. Dalam satu hari, Ia mengaku hanya mendapat laba bersih tidak lebih dari Rp 50 ribu

"Sampai tiga hari ini saja saya sudah ngutang sampai Rp. 1.000.000," tuturnya.

Sumber: http://regional.kompas.com/read/2013/09/21/2138149/Tubuh.Bayi.Keluar.dari.Mulut.Anak.Tukang.Es.Cincau

Baca Selengkapnya ....

`Seperti Menunggu Hilal`, BBM Android Jadi Guyonan di Jagat Maya

Posted by Tiket Kotu 1 komentar
`Seperti Menunggu Hilal`, BBM Android Jadi Guyonan di Jagat Maya
Blackberry Messenger (muypymes.com)

BlackBerry direncanakan merilis layanan chat BlackBerry Messenger untuk sistem operasi Android sore ini. Rencana awal, perusahaan asal Kanada itu akan meluncurkan BBM di toko aplikasi Google Play Store pada pukul 07.00 EDT atau pukul 18.00 waktu Jakarta.

Tapi hingga saat ini BBM belum juga menampakkan diri. Di halaman BlackBerry Limited di Play Store hingga pukul 19.15 belum juga memunculkan BBM.

BlackBerry juga belum memberikan notifikasi via email. Seperti direncanakan sebelumnya, email notifikasi akan dikirim ke calon pengguna jika BBM siap diunduh di Play Store. Selain itu, Personal Identification Number juga akan dikirim via email. Sayangnya email tak jua muncul.

Akun resmi BBM di Twitter kemudian mengaku kalau aplikasi itu memang masih dalam 'perjalanan'. Sayangnya, akun itu tak merasa bersalah atas keterlambatan itu.

"Love the enthusiasm. Still on the way - hold tight! #BBM4ALL," tulis akun @BBM.

Baru pada pukul 19.06, akun itu mengkonfirmasi kehadiran BBM untuk kawasan New Zealand. Tapi bukan Android, malah muncul di iPhone.

"Good morning #NewZealand, welcome to @BBM on #iPhone. #BBM4ALL," tulisnya.

Tentu saja keterlambatan ini menjadi bahan keluhan di dunia maya. Di forum dalam laman CrackBerry misalnya, BlackBerry disebut memang memiliki kebiasaan untuk 'ngaret' alias telat.

Di jejaring sosial Twitter BlackBerry malah menjadi bahan bully. Ada yang menyebut BlackBerry melakukan lelucon April Mop di bulan September. Ada juga yang disertai guyonan menunggu BlackBerry seperti menunggu "hilal Idul Fitri".

Tak heran jika "BBM for Android" menjadi trending topic di Twitter. Lalu bagaimana dengan Anda? Apa Anda menjadi salah satu yang menunggu "hilal BBM untuk Android"?

Sumber: liputan6.com

Baca Selengkapnya ....

Ditunggu di Android, BlackBerry Messenger Hadir Lebih Dulu di iOS

Posted by Tiket Kotu 1 komentar
Ditunggu di Android, BlackBerry Messenger Hadir Lebih Dulu di iOS

Saat mengumumkan kehadiran layanan chat BlackBerry Messenger di platform lain, BlackBerry menjanjikan BBM akan terlebih dulu hadir di Android. Dalam rilis persnya, perusahaan asal Kanada itu mengatakan BBM Android akan tersedia mulai 21 September 2013 pukul 07.00 EDT atau 18.00 WIB. Untuk iOS akan hadir lima jam setelahnya.

Tapi nyatanya, BBM hadir terlebih dulu di Apple App Store ketimbang Google Play Store. BBM muncul pertama kali di iPhone untuk kawasan Selandia Baru. Kabar ini dikonfirmasi oleh akun resmi BBM di Twitter.

"Good morning #NewZealand, welcome to @BBM on #iPhone. #BBM4ALL," tulis akun @BBM.

Di App Store, BBM bisa diunduh gratis. Lihat di tautan ini. Aplikasi chat ini masuk dalam kategori Social Networking dan memiliki kapasitas 30, MB.

Tapi tak semua iPhone bisa menggunakan BBM. Sebab BBM terbatas hanya bisa digunakan untuk iPhone dengan iOS ke atas. Aplikasi itu juga disebut optimal untuk iPhone 5 ke atas.

Sayangnya belum diketahui kapan BBM di iPhone tersedia untuk pasar Indonesia. Jika sesuai jadwal, pengguna iPhone di Indonesia bisa mendapatkannya mulai Minggu 22 September dini hari, atau pukul 00.01. Tapi tentu tak ada jaminan BBM akan hadir tepat waktu, dan malah 'ngaret' seperti BBM Android.

Sumber: liputan6.com

Baca Selengkapnya ....

7 Kesalahan Berbusana Yang Sering Dilakukan Wanita Gemuk

Posted by Tiket Kotu 1 komentar

Sebagai wanita yang memiliki ukuran plus, ada beberapa trik menggunakan pakaian yang bisa membuat tubuh terlihat lebih ramping. Namun ada juga rambu-rambu yang harus diperhatikan agar tidak salah dalam menggunakan pakaian.

Ini lho beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh wanita gemuk dalam memilih pakaian. Cek juga kebiasaan Anda di sini.

Pakaian Ketat

Wanita gemuk tidak disarankan menggunakan pakaian yang ketat, melainkan yang fit di badan. Pakaian ketat selain menimbulkan kesan lekukan yang kurang sedap dilihat, juga membuat Anda tak leluasa bergerak. Sedangkan kita yang bertubuh gemuk, membutuhkan sirkulasi yang membuat kulit merasa nyaman.

Pakaian Lebih Kecil Dari Ukuran

Ada juga yang sengaja memilih pakaian yang lebih kecil dari ukuran yang semestinya. Misalnya dalam memilih luaran (cardigan/blazer). Meski membuat Anda sedikit terlihat lebih ramping, namun juga membuat pundak Anda terkesan terangkat dan kesempitan. Selain tak leluasa, juga tak nyaman pada bagian lengan.

Tali Bra Yang Nampak Saat Menggunakan Tank Top Atau You-Can-See

Pilihlah bra yang bisa menyangga dengan baik sehingga bisa mengikuti gerakan tubuh. Seringkali tali bra ini tersingkap dari pakaian. Secara estetika memang tidak sedap dipandang, sekaligus kurang sopan.

Sabrina Atau Pakaian Yang Memperlihatkan Belahan Dada

Kalau Anda memang menggunakan dress yang memperlihatkan belahan dada, mungkin hal tersebut memang sesuai dengan pemakaian. Namun ada juga penggunaan tanktop,, baju sabrina atau kaos yang membuat belahan dada terekspos tidak sebagaimana mestinya. It's a big no no, dear.

Pakaian Terlalu Longgar

Memang pakaian jenis batwing dan loose membuat kita lebih nyaman dan sejuk saat menggunakan, namun juga seringkali membuat tubuh kelihatan besar, bahu nampak turun dan overall tubuh nampak bulat. Siasati dengan belt, vest atau blazer sepinggang, sehingga nampak ada potongan pada badan Anda.

Terlalu Banyak Kerutan

Jangan gunakan pakaian dengan detail yang puffy dan terlalu banyak kerut. Ini akan membuat penampilan terlalu penuh dan tubuh semakin terlihat besar. Anda boleh menggunakan pakaian dengan detail dan kombinasi warna secukupnya.

Chiffon Goes Wrong

Kesalahan yang satu ini tak hanya sering dilakukan wanita gemuk, namun juga kebanyakan wanita. Menggunakan pakaian dengan bahan chiffon atau bahan ringan lainnya, namun cukup menerawang ke dalam. Solusinya adalah dengan menggunakan dalaman atau memilih pakaian chiffon yang tidak terlalu tembus pandang. Biasanya chiffon motif bisa menjadi alternatif.

Hindari kesalahan dalam menggunakan pakaian di atas. Anda bisa tampil fashionable dengan lebih memperhatikan detail sederhana sehingga nampak lebih indah dikenakan di tubuh Anda.

Sumber: vemale.com

Baca Selengkapnya ....

Cara Mengatasi Trauma Setelah Mengalami Keguguran

Posted by Tiket Kotu 0 komentar


(c) shutterstock.com

Cepat atau lambat menanti kehamilan, keguguran tak pernah menjadi kabar yang biasa saja bagi seorang wanita. Kehamilan yang dinantikan dan dipelihara sekian lama, gugur hanya dalam waktu sekejap dan menyisakan rasa kecewa serta sedih.

Tak sedikit pula wanita yang jadi trauma untuk punya anak. Selain merasa pesimis dengan kemampuannya memiliki anak lagi, rasa sakit karena kehilangan harapan dan rasa sakit di perut saat keguguran terjadi bisa menjadi alasannya. Bagaimana cara mengatasinya? Jangan khawatir, Mom. Vemale akan membantu Anda mengatasi fase trauma ini.

Mengikhlaskan Yang Sudah Terjadi

Langkah awal ini pasti disepakati oleh semua ibu yang pernah mengalami trauma keguguran. Ya, menanamkan pikiran ikhlas lebih dulu, sembari menata diri dan kesehatan kembali sampai kita siap untuk memulai kembali memiliki anak.

Dukungan Dari Suami

Dalam masa seperti ini, peran suami sangat penting untuk mempercepat penyembuhan istri secara fisik dan psikologis. Anda terpukul, suami pun ikut sedih merasakan hal ini dan melihat kekecewaan Anda. Bekerjasamalah dengan suami untuk mengatasi fase-fase ini bersama. Misalnya dengan menjadwalkan piknik atau kencan lagi, untuk bisa membangun kepercayaan diri dan sikap positif Anda.

Sharing Dengan Keluarga Dekat

Coba sharing dengan ibu atau saudara perempuan yang berpengalaman. Mereka biasanya lebih bisa memahami perasaan sebagai sesama calon ibu/ibu itu sendiri. Sharing seperti ini juga bisa membuat kita mendapatkan lebih banyak 'pencerahan' yang menguatkan lho.

Lakukan Hal Menyenangkan

Coba terapi diri Anda sendiri dengan melakukan sesuatu yang membuat Anda rileks dan bahagia. Misalnya olahraga ringan dengan yoga, jalan sehat atau jenis olahraga apapun yang tak membebani kondisi Anda. Bisa juga mencoba resep masakan baru untuk suami Anda. Melakukan sesuatu yang membuahkan hasil biasanya membuat seseorang jadi lebih mudah membangkitkan kepercayadirian mereka.

Baca Pengalaman Yang Sama

Ingin lebih optimis lagi? Anda bisa bergabung dengan forum ibu-ibu di lingkungan Anda ataupun di dunia maya. Browsinglah di internet dan Anda akan menemukan bahwa Anda tak sendirian untuk mulai membangun harapan lagi. Ini juga bisa menjadi cara lain untuk curhat dengan orang-orang yang memahami kondisi kita.

Mom, keguguran bukanlah tanda kegagalan. Jangan terlalu kecewa dan menyalahkan diri. Bila kita mau berusaha, harapan itu pasti akan datang. Semoga bermanfaat dan get well soon, Mom.

Sumber: vemale.com


Baca Selengkapnya ....

Bayi Tewas Tersangkut Ban Berjalan Bandara

Posted by Tiket Kotu Jumat, 20 September 2013 1 komentar

alicante

Bayi berusia lima bulan meninggal dunia di sebuah bandara Spanyol setelah tersangkut di ban berjalan untuk bagasi.

Ibu bayi, seorang warga AS, berangkat dari London dengan penerbangan malam hari ke Alicante, kata sejumlah sumber di bandara.

Ia meletakkan anaknya yang tidur di keranjang bayi di atas sebuah ban berjalan untuk bagasi berukuran besar.

Ban berjalan itu tidak beroperasi tetapi secara otomatis teraktivasi karena berat dan si bayi terbawa ke tempat pengambilan bagasi.

Ia tewas setelah tersangkut di roda ban.Tim medis menyatakan bayi itu tewas seketika.

Hari Jumat (20/09) jenazah bayi akan diotopsi untuk memastikan penyebab kematiannya.

Ayah si bayi yang merupakan warga negara Kanada menunggu di zona kedatangan saat insiden terjadi.

Keluarga muda itu dilaporkan tiba di Klik Spanyol untuk berlibur.

Polisi Spanyol mengatakan mereka melakukan penyelidikan dan mempelajari rekaman kamera CCTV "tapi tampaknya hal itu adalah sebuah kecelakaan."

Tragedi ini diyakini terjadi di bandara Alicante-Elche di Costa Blanca.

Sumber: kompas.com


Baca Selengkapnya ....

Garuda Butuh 250 Pilot dan 1.000 Pramugari

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

Garuda butuh 1000 Pramugari

Seiring dengan penambahan armada baru, PT Garuda Indonesia Tbk membutuhkan
awak kabin dan pilot dalam jumlah banyak. Garuda mencari 250 pilot baru dan 1.000
pramugari setiap tahunnya.


Direktur SDM dan Umum Garuda Heriyanto Agung menuturkan, kebutuhan tersebut
seiring dengan penambahan pesawat serta masa pensiun terbang.
"ʺButuhnya 800-­‐‑1.000 pramugari dan terbuka dari mana saja asalkan sesuai dengan
kriteria kita,"ʺ kata Heriyanto di Jakarta, Kamis (19/9).


Menurut dia, batas usia pramugari terbang sekitar 36 tahun. Pramugari selanjutnya
ditempatkan di divisi lain. Namun, tidak menutup kemungkinan pramugari melayani
penerbangan pada usia 56 tahun.


Sementara itu, untuk pilot, maskapai Garuda membutuhkan hingga 250 pilot. Pilot-­‐‑
pilot tersebut berasal dari sekolah penerbangan di Banyuwangi dan Curug.
Garuda juga mempekerjakan pilot sementara atau bridging. Pilot ini biasanya orang
asing. "ʺKita butuh pilot asing hanya sementara saja, sebelum pilot domestik siap,"ʺ
terangnya.


Ia mengakui, kontrak pilot asing ini biasanya satu tahun. Untuk gaji, Garuda
mempertimbangkan masa kerja, kompetensi, serta jejak rekam pilot teresbut. Sayang, ia
enggan mengungkapkan nilai nominalnya.

Sumber: infopenerbangan.com


Baca Selengkapnya ....

Bandara Halim Siap untuk Penerbangan Reguler

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

Pengamanan sebelum kedatangan Perdana Menteri Inggris, David Cameron di Bandara Halim Perdanakusuma,

Rencana membuat Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur menjadi bandara untuk penerbangan reguler segera terwujud. Menurut General Manager PT  Angkasa Pura II untuk Bandara Halim Perdanakusuma, Chrishadianto, mulai bulan depan bandara sudah siap digunakan.

"Kita ada program revitalisasi terminal yang akan selesai bulan Desember 2013. Tapi  kalau untuk digunakan penerbangan reguler, bulan Oktober–November kita sudah siap," ujarnya di Jakarta, Kamis (19/9/2013).

Menurut Chris, untuk tahap pertama bandara hanya bisa melayani tiga penerbangan reguler per jam. Hal ini terkait dengan kapasitas ruang tunggu keberangkatan yang masih terbatas. Bandara ini akan dioperasikan selama 16 jam perhari sehingga tiap hari akan bisa melayani 48 kali penerbangan reguler per hari. Selain penerbangan reguler, bandara juga melayani penerbangan carter dan penerbangan VVIP.

Penerbangan reguler ini untuk sementara akan dikhususkan untuk rute domestik. Maskapai yang sudah mengajukan diri untuk memakainya adalah Garuda, Citilink, Lion, Merpati dan Indonesia AirAsia. "Mandala belum kirim surat, tapi sudah bertemu dengan saya," ujar Chris.

Keputusan maskapai mana yang akan bisa memakainya, ada di tangan Ditjen Perhubungan Udara dan PT Angkasa Pura II.

Terkait proyek revitalisasi, pada tahun ini PT AP II menganggarkan dana sebesar Rp 6,7 miliar. Dana sebesar itu untuk merevitalisasi terminal sehingga kapasitasnya mampu menampung 1,2-1,5 juta pergerakan penumpang per tahun.

Untuk jangka panjang, perkantoran yang menempati ruang terminal juga akan dipindahkan. Parkir kendaraan akan diatur pergerakannya. Dan untuk apron juga akan dipisahkan antara pesawat penerbangan reguler dan pesawat carter. "Pihak Damri juga sudah menemui saya. Pokoknya kalau penerbangan regulernya jalan, Damri akan masuk," ujar Chris lagi.

Terkait rencana pengembangan Bandara Halim ini, Wali Kota Jakarta Timur HR Krisdianto siap melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengatasi kemacetan. "Tentu nanti ada rekayasa lalu lintas. Akan dilakukan  antara Dinas Perhubungan dan kepolisian. Pasti ada kemacetan dan kerepotan. Tapi Insya Allah itu sudah dipikirkan," ujarnya.

Menurut Krisdianto, pihaknya juga sudah memikirkan pembuatan jalan baru. Namun semua keputusan terkait hal tersebut ada di Pemerintah Pusat dan manajemen PT Angkasa Pura II.

"Pemprov senang kalau Bandara Halim jadi beroperasi karena akan membawa dampak perekonomian dan  kesejahteraan masyarakat. Misalnya  lapangan kerja baru, minimal untuk parkir dan cleaning service. Tapi memang harus dipikirkan dampak negatifnya seperti  kemacetan itu," ujarnya.

Sumber: kompas.com

Baca Selengkapnya ....

Kalau BBM sudah tersedia di Android dan iOS, Apa Guna BlackBerry?

Posted by Tiket Kotu Rabu, 18 September 2013 0 komentar
BlackBerry BlackBerry Messenger (BBM) akan tersedia di Android dan iOS.



Aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger atau yang dikenal lewat akronim BBM selama ini selalu menjadi salah satu fitur eksklusif yang hanya tersedia di smartphone BlackBerry.

Namun, eksklusivitas tersebut akan segera hilang begitu BlackBerry merilis aplikasi BBM untuk iOS dan Android pada pertengahan 2013 mendatang melalui toko aplikasi tiap-tiap platform.

Langkah yang mengejutkan ini disebut CEO BlackBerry Thorsten Heins sebagai sebuah "pernyataan percaya diri" perusahaannya. BlackBerry berharap bisa memperluas basis pelanggan BBM dan memonetisasi aplikasi tersebut begitu hal itu tercapai.

Meski bisa membuat BBM menjadi lebih relevan di tengah-tengah meningkatnya popularitas aplikasi pesan instan lintas platform, keputusan tersebut juga berpotensi menjadi bumerang bagi handset BlackBerry.

Larry Magid dari Forbes berpendapat bahwa pengguna BlackBerry yang memakai perangkat tersebut untuk chatting melalui BBM nantinya bisa beralih dengan bebas ke iPhone ataupun ponsel Android karena tak lagi terikat dengan eksklusivitas BBM.

Topik ini menjadi perbincangan hangat di kalangan konsumen BlackBerry, termasuk di Indonesia. Sebuah thread yang membahas kemungkinan di atas bahkan terpilih menjadi salah satu "hot thread" di forum komunitas online Kaskus.

Lantaran populer di Indonesia, handset BlackBerry banyak dipakai oleh pengguna dari berbagai kalangan. Smartphone BlackBerry kerap terlihat dalam genggaman, bersama iPhone atau smartphone Android, karena pemiliknya tidak bisa lepas dari kontak BBM yang sudah terlanjur banyak serta hanya bisa diakses dari perangkat BlackBerry.

Kini, dengan dibukanya pintu bagi BBM di iOS dan Android, apa alasan untuk tetap menggunakan ponsel BlackBerry?

Biarpun mungkin terkesan bisa menimbulkan blunder, keputusan BlackBerry ini sebenarnya dimaksudkan justru untuk mencegah pengguna BlackBerry beralih ke lain hati.

Harapannya, keberadaan BBM di iPhone dan Android bisa mendongkrak popularitas layanan chatting tersebut sekaligus memberi jaringan kontak yang lebih luas bagi pengguna BBM di BlackBerry.

Mengapa baru sekarang?

Lalu kenapa hal tersebut tidak dilakukan sedari dulu? Jim Dawson, kepala analis bidang telekomunikasi lembaga riset Ovum, mengatakan bahwa BlackBerry sudah lama berencana melepas BBM ke Android dan iOS. Hal ini baru menjadi kenyataan setelah dipicu oleh menurunnya basis pelanggan BlackBerry.

Hingga kuartal kedua tahun lalu, jumlah pelanggan BlackBerry secara terus-menerus mencatat peningkatan. Namun semenjak itu, kecenderungan sebaliknya terjadi: jumlah pelanggan BlackBerry berangsur turun dari angka puncaknya sebesar 80 juta.

"Banyak pengguna BlackBerry yang beralih ke platform lain dan oleh karena itu meninggalkan BBM. Nilai aplikasi itu jadi berkurang," ujar Dawson, seperti dikutip oleh The Verge. "Kalau ditunggu lebih lama lagi, bisa-bisa BBM benar-benar tidak ada artinya. Mereka (BlackBerry) ingin melakukan itu selagi masih ada waktu untuk memanfaatkan basis pengguna BBM."

BlackBerry mengklaim saat ini terdapat 60 juta pengguna BBM di seluruh dunia. Lebih dari 51 juta orang menggunakan BBM rata-rata 90 menit per hari. Secara keseluruhan, setiap harinya, ada 10 miliar pesan yang dikirim dan diterima pelanggan BBM. BlackBerry mengklaim jumlah ini dua kali lebih banyak dari pesan yang dikirim dan diterima aplikasi pesan instan lain.

Dengan turut hadir di iPhone dan Android, BBM nantinya akan bersaing langsung dengan aplikasi pesan instan lain, seperti WhatsApp, Line, Kakao Talk, ataupun WeChat yang lebih dulu meraih pengguna di kedua platform tersebut. Whatsapp, misalnya, sudah memiliki 200 juta pengguna secara global.

Menurut penjelasan di dalam blog BlackBerry, BBM untuk iPhone dan Android pada awalnya hanya akan memiliki fungsi-fungsi dasar seperti multi-chat serta membuat grup BlackBerry hingga 30 kontak dengan pembagian kalender, foto, dan file. Dukungan voice dan video chat rencananya akan ditambahkan ke BBM versi iOS dan Android pada akhir tahun ini.

Sumber: kompas.com


Baca Selengkapnya ....

Kapan Indonesia Bisa Unduh BBM untuk Android dan iPhone?

Posted by Tiket Kotu 0 komentar
Aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) versi uji coba untuk Android, beredar di internet dan bebas untuk diunduh

Yang ditunggu-tunggu akhirnya datang sudah. BlackBerry secara resmi mengumumkan ketersediaan aplikasi instant messaging populer BlackBerry Messenger untuk platform Android dan iPhone.

"Dengan lebih dari satu miliar ponsel Android, iOS, dan BlackBerry yang beredar di pasaran, dan tidak adanya platform mobile messaging yang sangat dominan, ini benar-benar waktu yang tepat untuk membawa BBM ke pengguna Android dan iPhone," kata Wakil Presiden Eksekutif BlackBerry Messenger Andrew Bocking.

Lalu, kapan pengguna di Indonesia bisa mengunduh BBM di Android dan iPhone?

Berdasarkan keterangan resmi dari BlackBerry, BBM sudah bisa diunduh (download) dari toko aplikasi Google Play Store pada hari Sabtu tanggal 21 September 2013, pukul 07.00 pagi waktu Eastern Day Time (EDT).

Artinya, aplikasi tersebut seharusnya telah tersedia untuk pengguna Android di Indonesia pada hari Sabtu, 21 September 2013, pukul 18.00 WIB.

Jadwal ketersediaan BBM untuk iOS terpaut satu hari dan akan mulai tersedia secara global di toko aplikasi App Store pada Minggu, 22 September 2013, pukul 00.01 waktu setempat.

Selain dari Google Play dan App Store, peminat juga bisa memperoleh aplikasi BBM untuk Android dan iOS dari situs resmi BlackBerry di www.bbm.com.

Aplikasi BBM bisa berjalan di iPhone dengan sistem operasi iOS versi 6/7 atau Android Ice Cream Sandwich dan Jelly Bean (Android 4.x).

Pengguna Android dan iPhone dapat memanfaatkan BBM untuk mengirim pesan teks, foto, voice note, serta membuat grup diskusi berisi 30 kontak.

Sumber: kompas.com

Baca Selengkapnya ....

Kondisi Kuku Cerminkan Kesehatan Tubuh

Posted by Tiket Kotu Selasa, 17 September 2013 1 komentar

Kuku bisa menjadi pertanda kesehatan tubuh Anda

Jika mata sering diibaratkan sebagai "jendela jiwa", maka kuku bisa menjadi jendela untuk melihat status kesehatan seseorang. Hal ini karena perubahan pada kuku bisa disebabkan oleh penyakit tertentu.

Beberapa penyakit yang bisa berpengaruh pada kondisi kuku misalnya sindrom kuku kuning (yellow nail syndrome). Kuku akan tampak menebal dan pertumbuhannya lambat. Biasanya dikaitkan dengan penyakit pernapasan.

Sementara itu, jika kuku berwarna kuning, tetapi pertumbuhannya normal, itu bisa menjadi tanda diabetes. Itu karena diabetes dapat menyebabkan glukosa, menyebabkan tumpukan protein kolagen di kuku sehingga kuku tampak kuning. Jika kuku Anda berwarna kuning dan terjadi gejala diabetes lainnya, seperti peningkatan rasa haus atau buang air kecil, segeralah berkonsultasi dan cek kadar gula darah Anda.

Gejala lain dari masalah yang lebih besar? Kuku sendok, di mana kuku mencekung dan muncul jauh dari jari. Anda bahkan sampai bisa menempatkan setetes cairan dalam kuku Anda. Hal ini dapat dihubungkan dengan anemia defisiensi besi, hipotiroidisme, atau penyakit hati.

Yang cukup menarik, ada beberapa perubahan kuku yang juga dapat menjadi tanda masalah kardiovaskular. Pendarahan pecah atau garis merah dan coklat di bawah kuku Anda bisa menjadi tanda infeksi katup jantung.

Kondisi lain yang sering kita temui adalah bercak putih pada kuku. Sebagian orang percaya bercak putih yang ada pada kuku adalah tanda kekurangan kalsium dan berarti Anda perlu minum lebih banyak susu.

Tetapi, hal itu tidak selamanya benar. Bercak putih pada kuku umumnya berhubungan dengan luka masa lalu pada kuku yang baru diketahui kemudian. Namun, terkadang bercak tersebut dapat juga disebabkan dari reaksi alergi terhadap cat kuku atau infeksi ringan.

Masalah lain yang umum pada kuku, yaitu kuku rapuh, yang merupakan gejala umum dari penuaan. Jika masih muda, maka kuku rapuh bisa merupakan gejala dari masalah sederhana, seperti kuku yang terlalu lama terkena sabun atau air, atau sesuatu yang lebih serius.

Kuncinya adalah untuk melihat segala perubahan lain pada kuku Anda setiap waktu, terutama ketebalan kuku dan ada tidaknya perubahan warna. Jangan ragu untuk memeriksakan diri karena cukup banyak dokter kulit yang mengatakan mereka mendapati pasien penyakit kulit, seperti psoriasis, mengalami perubahan pada kuku.

Untuk mendapatkan kesehatan kuku yang baik, Anda sebaiknya rajin menjaga kebersihan kuku, mulai dari memotong dan merawatnya secara teratur.



Baca Selengkapnya ....

9 Waktu Bercinta Penuh Sensasi

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

Kapan waktu yang pas dan terbaik buat bercinta? Ada yang bilang tengah malam, atau menjelang matahari terbit. Berikut sembilan waktu yang membuat momen bercinta menjadi lebih berapi-api.

1. Untuk orgasme yang mengesankan, lakukan sehari sebelum mendapat masa menstruasi. Menurut Laurie Watson, terapis seks yang juga penulis buku Wanting Sex Again, ketika memasuki masa mens, bagian klitoris akan menjadi lebih sensitif. Keraguan akan mencoba berhubungan badan sebelum mens dan rasa tidak nyaman hanya soal cara pikir. Mungkin kalau dicoba sekali akan memberi kesan berbeda.

2. Untuk jangka waktu yang lama, lakukan saat liburan, antara hari Natal dan malam tahun baru. Masa liburan menikmati waktu berdua saja tanpa tekanan pekerjaan akan membuat seks lebih berkesan. Terence Watts, psikoterapis asal Inggris, mengatakan, dengan menikmati waktu lebih banyak, hubungan yang dilakukan menjadi lebih baik. Dimulai misalnya dengan menggoda dan berbisik di dekat telinganya di pagi hari lalu membuat sebanyak mungkin kontak mata.

3. Buat si dia terkesan. Pria selalu terbangun dalam keadaan ereksi, kata Amy Levine, seksologis yang tinggal di New York. Ada baiknya juga memanfaatkan momen ini, daripada harus menunggu sampai sepanjang hari. Seks kilat di pagi hari memberi sensasi tersendiri karena kadang kalau malam hari, Anda berdua telanjur kelelahan.

4. Untuk mengurangi rasa nyeri, Levine menuturkan agar seks dilakukan di saat menstruasi.  Karena sewaktu orgasme, ada kontraksi uterine yang membuat nyeri, sementara tubuh merilis hormon oxytocin dan neurotransmitter dopamine yang membuat rileks dan bahagia.

5. Merasa lebih percaya diri saat di tempat tidur, lakukan setelah berolahraga. Setiap usai melakukan olahraga dan berkeringat, tubuh akan merasa lebih fit. Sebuah studi di University of Florida, mengungkapkan, biasanya ada rasa percaya diri yang timbul setelah berolahraga dan ini akan berguna saat melakukan seks.

6. Memenuhi fantasi yang liar, lakukan di luar ruang. Melakukan seks outdoor, ibarat meninggalkan zona nyaman, sekaligus membuat adrenalin terpacu. Tammy Nelson, PhD, pakar seks di New Haven mengungkapkan kalau melakukan seks saat terkena sinar matahari akan meningkatkan mood dan bisa lebih menikmati momen.

7. Jika terlalu sibuk, bikin jadwal. Bila perlu set waktu misalnya pada satu malam di akhir pekan. Dengan demikian, tidak menganggu pekerjaan dan sama-sama meluangkan waktu. Yang utama adalah kualitas bukan kuantitas dari seks. Set dengan benar-benar matang, misalnya lengkap dengan suasana, musik pengiring, dan aroma ruangan yang romantis dan relax.

8. Sesekali keluar dari rutinitas. Misalkan terbiasa melakukan hubungan di satu malam lalu tidur sampai pagi, cobalah ganti kebiasaan ini. Misalnya dengan mengaktifkan alarm di jam tiga pagi. Sebelum itu, tentunya buat kesepakatan dengan pasangan bahwa dia tidak keberatan jika dibangunkan.

9. Sebelum hadir di pesta. Ada banyak pesta pernikahan di akhir pekan? Lakukan seks sebelum berangkat menuju pesta. Karena, setelah hadir di pesta biasanya perut sudah kenyang, terlalu banyak minum, atau terlalu lelah sehingga membuat gairah seks hilang. Sebaliknya, melakukannya sebelum berangkat ke luar rumah akan membuat muka berseri-seri. 

sumber:.kompas.com


Baca Selengkapnya ....

7 Hal Romantis Usai Bercinta

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

Menyamil setelah bercinta dapat menguatkan hubungan

Kelelahan dan kehabisan energi membuat sebagian besar pasangan biasanya langsung tidur sehabis bercinta. Hmm...seharusnya sih Anda tidak lagi-lagi melakukannya. Kalau terus-terusan begini, bisa-bisa seks ini hanya jadi pemuas nafsu saja.

Waktu "senggang" habis bercinta ini sebenarnya adalah momen yang sangat berharga. Waktu setelah bercinta ini bermanfaat untuk menyambung dan menguatkan kembali ikatan dengan pasangan Anda. Jika Anda tak bisa berpikir di luar berpelukan dan tidur, maka tujuh hal romantis ini bisa jadi alternatifnya.

1. Makan di kasur
Bercinta itu ibarat olahraga, Anda akan membakar banyak kalori, dan kehabisan banyak tenaga. Setelahnya, Anda pasti merasa lapar kan? Jadi, hal romantis lain yang bisa dilakukan setelah bercinta adalah makan camilan sehat seperti buah-buahan di atas kasur. Ini akan jadi lebih romantis jika dilakukan sambil berpelukan.

2. Ngobrol
Ketika bercinta, mungkin Anda tidak terlalu banyak ngobrol.Nah, setelah bercinta, ngobrol bisa jadi cara efektif untuk meningkatkan ikatan komunikasi di antara Anda dan pasangan. Pilih topik obrolan yang ringan dan tidak terlalu serius agar tak membunuh mood romantis Anda.

3. Saling menyentuh
Sekalipun bercintanya sudah selesai, tapi ini tak berarti kalau Anda  tidak bisa lagi menggodanya dengan beberapa sentuhan romantis. Agar lebih romantis, berbaringlah sejenak di ranjang sambil berpandangan. Kemudian mulailah untuk mulai menyentuhnya perlahan-lahan.

4. Berpelukan
Oke, yang satu ini bisa dilakukan tanpa berkata-kata. Berpelukaan setelah seks adalah salah satu cara mudah untuk memberitahu pasangan bahwa Anda sangat mencintainya.

5. Bertatapan
Kalau sudah lelah dan enggan melakukan apa pun lagi, Anda juga masih bisa kok melakukan hal romantis. Sekalipun Anda bisa ngobrol, menyentuh atau berpelukan, Anda juga bisa hanya saling menatap dan berbaring di sebelahnya dalam diam. Bisikkan kata-kata manis untuk menggodanya.

6. Tertawa
Setiap orang pasti suka tertawa kan? Pria juga sangat menyukai perempuan yang punya selera humor yang tinggi. Tak cuma itu, tertawa juga banyak manfaatnya lho.

Ceritakan hal-hal yang lucu yang bisa membuatnya tertawa lepas. Tertawa bersama adalah cara terbaik untuk bisa semakin dekat satu sama lain.

7. Nonton film
Nonton film setelah bercinta adalah ide yang terdengar cukup bagus. Hindari memilih film yang terlalu serius, sedih, atau seram. Sebaliknya, pilih film yang ringan dan lucu. Ini adalah cara yang paling tepat untuk mengakrabkan Anda berdua.

Sumber : idiva


Baca Selengkapnya ....

Pacar Hebat Belum Tentu Menjadi Suami Sempurna

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

Ilustrasi
Pria berwajah tampan dan secara ekonomi sudah mapan, apalagi ia orang yang romantis, sering dianggap sebagai kriteria ideal sebagai kekasih. Namun, sadarilah bahwa pacar sempurna belum tentu bisa menjadi suami yang baik. Perhatikan saja sifat si dia, apakah memenuhi syarat berikut untuk menjadi suami idaman?

1. Sadar Anda dan dia punya kedudukan yang sama

Dalam sebuah hubungan yang baik seharusnya ada keseimbangan posisi dan kedudukan di antara Anda berdua. Justru ketika salah satunya merasa seolah-olah sudah memberi kontribusi yang sangat banyak dibanding pasangan, secara tak langsung Anda merasa bahwa Andalah yang paling berkorban dalam hubungan ini.

Perancang busana India, Shivani Patel mengungkapkan bahwa pasangan suami-istri yang baik adalah orang yang selalu bersama-sama untuk membuat keputusan penting. Di dalam keluarga, suami-istri harus berdiskusi tentang pendidikan anak atau kelangsungan rumah tangga. Sifat keterbukaan komunikasi dan menganggap Anda dan dirinya punya posisi yang sama sejak pacaran bisa jadi pertanda untuk bahwa dia bisa menjadi seorang suami yang baik.

Psikolog Diana Cherian Ahluwalia mengungkapkan bahwa ada dua faktor  kunci yang harus dimiliki oleh pria untuk menjadi suami yang baik. Antara lain, memiliki pendidikan yang cukup dan kemandirian diri. Pendidikan akan membantu pria untuk memiliki pikiran dan pandangan yang luas akan kesetaraan posisi, sedangkan kemandirian sangat dibutuhkan untuk membangun rumah tangga.

2. Memberi Anda ruang

Ketika sudah menikah, suami pasti bertanggung jawab kepada istrinya. Meski demikian, ini bukanlah alasan untuk mengekang Anda di dalam rumah. Suami yang baik akan memberikan ruang untuk menjalankan hidup Anda sendiri. Ruang pribadi Anda juga penting karena bisa membantu meringankan beban dan masalah yang dihadapi.

Suami yang baik adalah suami yang mampu memberikan kebebasan dan ruang untuk Anda. Mungkin dia tak suka beberapa hal yang Anda lakukan, tapi dia tidak menghentikan Anda untuk melakukannya. Asalkan hal tersebut bukanlah hal yang negatif dan membahayakan.

Pasti tak mau kan punya suami yang posesif dan mengatur semua kegiatan Anda dari pagi sampai malam. Apalagi ia tak memberi Anda waktu pribadi untuk melakukan hal yang disukai. Sifat ini sebenarnya bisa mulai terlihat sejak pacaran.

3. Berlaku adil

Setiap hubungan pasti tak berjalan selalu mulus, kadang ada kerikil kecil yang menghambat. Namun perdebatan ini harusnya selalu diakhiri dengan kompromi antarpasangan. Untuk itu, Anda berdua harus berusaha untuk adil, dan tidak emosi atau memaki pasangan dan saling menyalahkan.

Seorang pasangan yang akan menjadi suami yang baik akan berusaha untuk selalu berlaku adil menyikapi segala sesuatunya. Seorang pria baik pasti tahu bahwa tak cuma perbuatan dan juga kekerasan yang bisa melukai pasangannya. Pria baik tahu bahwa kata-kata kasar juga bisa melukai hati pasangannya.


Sumber : idiva

Baca Selengkapnya ....

Korek-korek Tahi Lalat di Wajah, Muka Ibu Ini Hancur

Posted by Tiket Kotu 1 komentar

Gara-gara mengorek-ngorek tahi lalat yang menempel di wajahnya, Bunga (54) malah hancur tak berbentuk akibat terserang tumor ganas. Karena tak mampu berobat ke dokter ahli bunga kini hanya mengurung di kamar karena malu bergaul dnegan sanak tetangga.

Maksud hati ingin mempercantik diri dengan cara mengangkat tahi lalat yang menempel di wajahnya, muka Bunga, seorang ibu di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, ini malah hancur tak berbentuk.

Tahi lalat itu malah berubah menjadi tumor yang terus menggerogoti wajah sang ibu dan menyebabkan salah satu matanya buta. Bagian hidung dan mulutnya pun hancur digerogoti tumor.

Kini ibu berusia 54 tahun yang tinggal di Desa Buttu Lamba, Kecamatan Matakali, Polewali Mandar, ini hanya pasrah dan mengurung diri di kamar sejak tiga tahun lalu. Janda satu anak ini mengaku malu bergaul dengan tetangga sekitar.

Awalnya, Bunga merasa terganggu dengan tahi lalat sebesar kelereng yang menempel di wajahnya. Ia pun lantas mengutak-atik benjolan hitam itu. Ia berharap tahi lalat itu bisa lenyap dari wajahnya.

Bunga mengaku sempat membawa dirinya ke puskesmas. Sayangnya, dokter yang merawatnya mengaku angkat tangan. Kini, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, Bunga dibantu oleh sang cucu.

"Sudah beberapa kali dibawa ke puskesmas, tapi tak ada perubahan. Dokter malah sarankan berobat ke dokter ahli, tapi terbentur biaya," ujar Sappeami, cucu Bunga.

Kini, dia hanya berharap ada uluran tangan dari pemerintah setempat agar bisa membantu penyembuhannya. Pendapatan Bunga sebagai pembuat gula aren yang tak lebih dari Rp 45.000 per dua hari membuat wanita itu semakin tak berani berobat ke rumah sakit.

Sumber: kompas.com

Baca Selengkapnya ....

Mungkinkah Vicky Prasetyo Alami Kelainan Jiwa?

Posted by Tiket Kotu 2 komentar

Vicky Prasetyo (kanan) dan Zaskia Gotik dalam cuplikan video C&R yang diunggah ke YouTube

Vicky Prasetyo dengan bahasa "intelek"-nya seakan membius masyarakat untuk terus memperbincangkannya di media sosial ataupun pembicaraan sehari-hari. Tak sedikit pula orang yang bertanya-tanya, apakah di balik gaya bicaranya yang konyol dan amburadul, Vicky sebenarnya mengidap suatu kelainan jiwa?

Mungkinkah mantan tunangan penyanyi dangdut Zaskia "Goyang Itik" (Gotik) tersebut mengalami suatu gangguan atau perilaku yang menyimpang? Apa komentar psikolog terkait perilaku Vicky yang kini banyak diberitakan?

"Banyak gangguan psikologis yang mungkin dapat dialami oleh Vicky, namun belum bisa dipastikan apa karena belum ada pemeriksaan psikologis pada yang bersangkutan," ujar psikolog Kasandra Putranto saat dihubungi Kompas.com, Senin (16/9/2013).

Oleh karena itu, Kasandra menekankan perlunya pemeriksaan psikologis terpadu untuk memastikan gangguan yang mungkin ada pada Vicky. Terlebih lagi, Vicky tidak hanya menciptakan tren gaya bahasa "Vickinisasi", tetapi juga terlibat dalam kasus penipuan.

Menurut Kasandra, penentuan Vicky mengalami gangguan psikologis tidaklah sederhana. Pasalnya, perlu diketahui dulu motif penipuan yang dilakukannya, apakah penipuan murni yang beralasan uang atau penipuan yang dilandasi gangguan psikologis.

"Inilah yang membuat pemeriksaan psikologis menjadi hal utama yang perlu dilakukan karena menentukan Vicky mengalami gangguan psikologis tanpa pemeriksaan berarti melanggar kode etik," tegas staf bagian pengembangan profesi dan keilmuan Asosiasi Psikologi Forensik Indonesia ini.

Soal tren bahasa yang diciptakan Vicky, Kasandra menilai gangguan psikologis belum tentu jadi penyebabnya. "Setiap orang bisa menciptakan tren, seperti dulu Agnes Monica pernah memopulerkan gaya wanita memakai dasi pria," tegasnya.

Hanya, menurutnya, tren "Vickinisasi" mungkin akan berakibat pada perusakan kaidah berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Kasandra mengatakan, setiap istilah baru dalam bahasa diciptakan dengan tujuan. Pengesahannya digunakan menjadi bahasa baku tentu membutuhkan pengkajian yang kuat dari para ahli bahasa.

"Vicky jelas bukan ahli bahasa sehingga tujuannya menciptakan istilah baru belum tentu benar," pungkasnya.

Sumber: kompas.com


Baca Selengkapnya ....

Indahnya Berbagi mengajak Anda untuk bergabung di Facebook

Posted by Tiket Kotu Minggu, 15 September 2013 0 komentar
facebook
Indahnya Berbagi ingin menjadi teman Anda di Facebook. Sejauh apa pun Anda dengan teman dan keluarga, Facebook dapat membantu Anda terus berhubungan.
Ada orang lain yang pernah meminta berteman dengan Anda di Facebook. Terima undangan ini untuk melihat permintaan pertemanan untuk Anda sebelumnya
Indahnya Berbagi
Marketing di Biro Perjalanan Wisata · Bekasi
288 teman · 19 grup
Tasya Diah Safitri
557 teman · 56 grup
Terima Undangan
Buka Facebook
Pesan ini dikirim ke tiket.kotu.kirimberita@blogger.com. Jika Anda tidak ingin menerima email ini lagi dari Facebook atau tidak ingin alamat email Anda digunakan untuk saran teman, berhenti berlangganan.
Facebook, Inc., Attention: Department 415, PO Box 10005, Palo Alto, CA 94303

Baca Selengkapnya ....

Tiket

Popular Posts

LAYANAN TIKET PESAWAT MURAH support SENI BERBELANJA DI RUMAH - Original design by Bamz | Copyright of Berbagi Berita Terkini.