Bukan Buah Biasa, Nangka Kaya Vitamin dan Mineral

Posted by Tiket Kotu Sabtu, 16 Agustus 2014 0 komentar

Ilustrasi

 Nangka merupakan buah yang cukup dekat dengan masyarakat Indonesia. Selain dimakan sebagai buah matang, buah nangka muda juga biasa diolah menjadi sayur.

Nangka bukanlah buah biasa. Buah ini memiliki banyak manfaat kesehatan sehingga dapat disebut sebagai buah super. Tidak hanya daging buahnya yang dapat dimanfaatkan, bijinya pun mampu diolah menjadi makanan yang memberikan manfaat kesehatan. Nangka secara umum merupakan sumber yang kaya nutrisi dan mineral.

Berikut beberapa manfaat dari nangka.

1. Imunitas
Nangka merupakan sumber vitamin C yang baik sehingga bersifat antiviral dan antibakteri. Vitamin C memperbaiki sistem imun dan meningkatkan fungsinya. Sistem imun yang sehat dapat melindungi tubuh dari penyakit dan infeksi.

2. Melindungi dari kanker
Bersamaan dengan vitamin C, nangka juga mengandung polinutrien yang mampu melawan kanker, seperti lignan, isoflavon, dan saponin. Nutrisi ini tidak hanya dapat mengikat radikal bebas yang memicu kanker, tetapi juga memperbaiki fungsi sel-sel sehat di dalam tubuh.

3. Memperbaiki pencernaan
Nangka mengandung banyak serat pangan yang membuatnya memiliki sifat laksatif. Ini artinya nangka membantu memperbaiki pencernaan dan mencegah konstipasi.

4. Kesehatan kulit
Paparan polusi, sinar ultraviolet, dan asap terhadap kulit seringkali tidak dapat terhindari. Padahal hal-hal tersebut dapat merusak kulit dan mempercepat proses penuaan. Buah yang kaya antioksidan seperti nangka akan membantu memperlambat aktivitas radikal bebas yang menyebabkan penuaan.

5. Kesehatan tulang
Nangka mengandung kalsium dalam jumlah yang cukup tinggi sehingga membantu memperkuat tulang. Rutin mengonsumsi nangka dapat meringankan risiko osteoporosis. Nangka juga mengandung potasium yang membantu mengurangi pembuangan kalsium di ginjal.



Baca Selengkapnya ....

Benarkah Olahraga Malam Bikin Susah Tidur?

Posted by Tiket Kotu 0 komentar


Shutterstock
Ilustrasi berolahraga di gym

Terbatasnya waktu membuat banyak orang kini memilih malam hari setelah jam kerja untuk berolahraga. Namun, banyak pendapat yang menyebutkan agar olahraga sebaiknya tidak dilakukan di malam hari agar tak susah tidur.

Olahraga diketahui akan meningkatkan suhu tubuh dan mengaktifkan sistem simpatetik (respon lawan atau tinggalkan). Karena itu berolahraga terlalu dekat dengan jam tidur dianggap bisa membuat kita sulit mengantuk.

Pendapat tersebut dibantah oleh studi teranyar yang didasarkan pada polling tahun 2013 yang dilakukan oleh National Sleep Foundation Sleep di Amerika.

Penelitian tersebut mensurvei waktu olahraga, kualitas dan lama tidur dari 1000 orang. Hasilnya cukup mengejutkan, bahwa orang-orang yang olahraga di pagi hari punya kualitas tidur lebih baik. Mereka juga yang cenderung bangun tidur dengan lebih segar.

Sebaliknya, mereka yang berolahraga pada malam hari, baik latihan ringan atau berat, tidak punya perbedaan tidur dengan yang tak berolahraga. Mereka merasa latihan tersebut tak berpengaruh pada tidur atau membuatnya lebih nyenyak.

Penemuan tersebut membuktikan bahwa asumsi orang banyak tentang olahraga sebelum tidur salah.

Robert Rosenberg, ahli tidur mengatakan, suhu tubuh yang naik akibat olahraga memang membuat orang sulit tidur. Tapi penurunan suhu tubuh yang cepat setelah olahraga akan mengundang rasa kantuk.

Sekitar satu hingga dua jam setelah olahraga juga akan terjadi reaksi penurunan rasa cemas, penurunan tekanan darah, dan berkurangnya tegangan otot.

Jadi, tak ada alasan lagi untuk takut berolahraga di malam hari. Namun menurut Rosenberg, jika kualitas tidur kita buruk sebaiknya jangan berolahraga 3 jam sebelum waktu tidur.  (Kevin Sanly Putera)


Baca Selengkapnya ....

Tiket

Popular Posts

LAYANAN TIKET PESAWAT MURAH support SENI BERBELANJA DI RUMAH - Original design by Bamz | Copyright of Berbagi Berita Terkini.