Hikmah di Balik Kepergian Ricky Jo

Posted by Tiket Kotu Sabtu, 23 Maret 2013 0 komentar
Ricky Johannes atau Ricky Jo

Baru saja kita dikejutkan dengan meninggalnya presenter olah raga terkenal Ricky Jo di usia yang relatif muda 45 tahun. Saya pribadi sangat sedih dan  menyayangkan kepergiaan almarhum. Sebagai penggemar sepak bola khususnya sepakbola nasional, wajah dan  suara beliau tidak asing lagi buat saya.

Almarhum merupakan seorang ayah dengan dua putri yang masih membutuhkan kehadiran seorang ayah. Masih muda dan masih aktif menjalankan profesi untuk menyenangkan orang lain. Sakit jantung diduga menjadi penyebab meninggalnya beliau. Serangan jantung terjadi tiba-tiba walau kita tahu bahwa proses yang terjadi pasti tidak tiba-tiba.

Ada proses aterosklerosis pembuluh darah, penyempitan pembuluh darah dan terakhir sumbatan. Kalau sumbatan terjadi pada pembuluh darah yang memperdarahi otot jantung tentu akan membuat otot jantung yang terkena sumbatan tersebut menjadi kekurangan oksigen bahkan sampai menyebabkan kematian jaringan otot yang terkena.

Selalu ada hikmah meninggalnya seorang sahabat, teman atau seseorang yang kebetulan kita kenal. Saya coba mengintip akun @Rick_Jo, ternyata ada 3 hal utama yang membuat hatinya galau dalam kurun 2 hari sebelum kepergiannya. Beliau menyampaikan ocehannya melalui twitter antara lain: miris terhadap kondisi yang ada saat ini dimana orang saling menyalahkan dan merasa benar dan melupakan jati diri sebagai bangsa yang bermartabat, beliau juga sempat menyampaikan kekecewaan terhadap kemacetan Jakarta, apalagi beliau sebagai seorang selebritis membutuhkan "tepat waktu" untuk sampai ditempat tugas atau pekerjaan. Terakhir, beliau merasa kehilangan ayah yang dicintainya yang meninggal 1 bulan yang lalu. Kehilangan orang yang dicintai merupakan stres sendiri yang kadang-kadang kita tidak sadari. Bisa saja ketiga stressor ini yang mencetuskan terjadinya serangan jantung pada beliau.

Penyakit jantung koroner yang diduga menjadi penyebab meninggalnya almarhum, bisa muncul dengan gejala berupa nyeri dada,biasanya nyeri menjalar ketangan kiri dan tembus ke belakang dada. Nyeri dada seperti ditekan dan berlangsung  lebih dari10 menit. Nyeri dada juga tak selalu disebabkan oleh sakit jantung. Selain nyeri dada, pasien bisa mengalami sesak nafas. Gejala sesak nafas akan bertambah jika naik tangga atau latihan yang keras atau karena stres.

Di akhir hayat almarhum Ricky Joe, sesak nafas merupakan gejala utama beliau sebelum menghembuskan nafas terakhir. Walau kita tahu sesak nafas tidak selalu dari jantung bisa juga berasal dari organ lain. Sedangkan nyeri dada ternyata bukan saja milik penyakit jantung, nyeri dada dapat disebabkan karena gangguan saluran cerna atas yaitu kerongkongan penyakit nya kita sebut GERD (gastroesofageal reflux disease).

Pasien dengan GERD bisa datang karena nyeri dada dan bisa merasakan rasa panas di dada seperti terbakar (heart burn). Biasanya, nyeri dada ini diikuti juga dengan mulut pahit karena ada asam yang naik. Serangan jantung sendiri ternyata tidak selalu berawal dari nyeri dada atau sesak nafas karena nyeri ulu hati bisa merupakan gejala awal dari suatu serangan jantung. Ini bisa saja terjadi jika penyempitan pembuluh darah koroner yang mensuplai bagian bawah otot jantung yang lokasinya lebih dekat daerah ulu hati.

Saya sudah sampaikan bahwa serangan jantung yang terjadi  melalui proses panjang. Karena itu, kita harus mengenali beberapa faktor  risiko dari penyakit jantung koroner antara lain umur di atas 40 tahun, obesitas, merokok, hipertensi, hiperkolesterol, hipertrigliserida, diabetes mellitus, riwayat  keluarga dengan sakit jantung, kurang olah raga rutin dan stres. Kita tahu juga bahwa dari faktor risiko jantung koroner tersebut ada yang kita bisa cegah agar kita terhindar dari serangan jantung.

Terakhir cegah penyakit jantung dengan mengurangi faktor resiko yaitu  kontrol berat badan, kontrol TD, kontrol kadar gula darah jika menderita DM, kontrol kadar kolesterol, kurangi makanan yang berlemak, banyak makan buah dan sayur-sayuran dan stop rokok dan alkohol dan tentunya olah raga teratur. Hindari stress dan selalu belajar untuk bisa mengendalikan diri.

Melakukan check up rutin bagi yang berumur laki-laki di atas usia 40 tahun sudah menjadi keharusan. Pemeriksaan treadmill merupakan salah satu skrining yang dapat mengidentifikasi adanya permasalahan pada jantung kita. Pada waktu pemeriksaan treadmill, kita akan melakukan aktivitas jalan dan secara bertahap berlari di mana aktivitas jantung akan direkam dengan EKG dan tentu dipantau TD, N dan keluhan lain yng muncul selama kegiatan treadmill tersebut.

Melalui pemeriksaan ini  adanya kelainan jantung dapat diidentifikasi lebih awal. Apalagi bagi mereka yang mempunyai faktor risiko seperti seperti yang saya sebutkan diatas. Pencegahan lebih baik dari pada mengobati, kita tentu berharap bahwa kita selalu dalam keadaan sehat dalam menjalani sisa hidup yang ada.

Selamat jalan Ricky Jo...

Sumber

Baca Selengkapnya ....

Tips Rahasia orang Jepang Mengecilkan Perut (Buncit) Tanpa Olahraga !

Posted by Tiket Kotu Jumat, 22 Maret 2013 1 komentar


Perut besar atau buncit bisa disebabkan tumpukan lemak yang ada di perut atau otot perut yang tidak terlatih. Berbagai upaya tentu akan Anda lakukan untuk mengurangi tumpukan lemak tersebut, dari mulai diet rendah kalori sampai senam dan bahkan yang paling ekstrim melalui sedot lemak.

Jepang mempunyai cara unik untuk melatih perut supaya kencang dan hasilnya perut bisa mengecil. Caranya hanya dengan meniup napas kuat-kuat selama 5 detik. Beberapa orang yang melakukannya selama 2 minggu memiliki hasil yang berbeda-beda, tetapi semuanya berhasil mengecilkan perut.

Menurut pakar, saat kita bernapas, otot perut lebih digunakan ketika mengeluarkan napas dari pada menarik napas. Tertarik untuk mencoba? Anda hanya membutuhkan sedotan yang ditutup separuh agar efek penggunaan otot perut menjadi berlipat.

Siapkan Sedotan:

Potong 5 cm:

 Ratakan salah satu ujung sedotan:


Tutup separuh lubang sedotan dengan selotip.:


Mulut sedotan setelah tertutup selotip 1/2 bagian:

Tarik napas dalam-dalam, lalu tiup sedotan dengan kuat selama 5 detik:




lakukan selama 3 menit per hari:




Hasilnya:


Beberapa orang yang melakukan selama 2 minggu hasilnya berbeda-beda, tetapi semuanya berhasil mengecilkan perut....

Luar biasa, kreatifitas orang Jepang memang tidak ada matinya....


Sumber :  wisbenbae

Baca Selengkapnya ....

Video Penampilan Fatin Shidqia Lubis Tembus Angka 2 Juta Pengunjung

Posted by Tiket Kotu Kamis, 21 Maret 2013 0 komentar

Finalis X Factor Indonesia, Fatin Shidqia Lubis saat tampil pada babak Gala Show (babak eliminasi) ke-3 X Factor Indonesia yang digelar di Studio 8 RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jumat (8/3/2013) malam.

Video audisi Fatin Shidqia Lubis di acara X Factor yang membawakan lagu "Grenade" saat ini sudah tembus dua juta view.



Beberapa video Fatin lainnya yang diunggah ke Youtube pun juga sudah tembus satu juta pengunjung.

Diakses pada Kamis (22/3), video "Grenade" Fatin sudah ditonton sebanyak 2.010.877 pengunjung. Sedangkan video Fatin yang menyanyikan lagu "Diamonds" telah ditonton sebanyak 1.204.108 kali.




Sementara video Fatin berdurasi dua menit 33 detik yang membawakan lagu "Pumped Up Kicks" telah ditonton sebanyak 1.510.586 kali.



Lagu "Pudar" yang dibawakan Fatin pada 1 Maret 2013 kemarin pun sudah tembus 1.072.147 pengunjung.


Sedangkan lagu "Girl On Fire" yang dibawakan Fatin pada 8 Maret 2013, telah ditonton sebanyak 929.540 kali.




Nama Fatin mulai mencuri perhatian setelah berhasil memikat Bruno Mars, artis musik internasional dari Amerika Serikat, setelah menonton video YouTube yang berisi penampilan pelajar SMA itu membawakan "Grenade".  Sang pemilik lagu, Bruno Mars, lalu menampilkan video tersebut ke situs resminya, brunomars.com.

Penampilan Fatin di ajang X Factor juga mencuri perhatian para juri sekaligus mentor X Factor Indonesia Auditions, yaitu Ahmad Dhani, Rossa, Anggun dan Bebi Romeo. Tak heran, Fatin pun menjadi salah satu finalis yang diunggulkan.

Sumber : kompas.com

Baca Selengkapnya ....

Iran Ancam Akan Ratakan Tel Aviv dan Haifa

Posted by Tiket Kotu 0 komentar
Iran Ancam Akan Ratakan Tel Aviv dan Haifa
Ali Khamenei mengatakan Iran tidak akan tunduk pada tekanan negara lain.

Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, memperingatkan jika Israel menyerang Iran maka kota-kota Israel seperti Tel Aviv dan Haifa akan rata dengan tanah.

"Kalau pemerintah Israel melakukan kesalahan dengan melancarkan invasi militer ke Iran, maka Tel Aviv dan Haifa akan rata dengan tanah," kata Khamenei dalam sambutan untuk menandai tahun baru Iran, Kamis (21/03).

Dalam pidato yang disiarkan televisi ini, Khamenei menggambarkan upaya Iran melawan tekanan internasional soal program nuklir tidak ubahnya seperti pertempuran melawan musuh yang ia gambarkan mencoba melumpuhkan Iran.

"Namun Iran tidak akan pernah tunduk pada tekanan negara mana pun," katanya.

Khamenei mengeluarkan pernyataan ini sehari setelah Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengatakan Israel memiliki hak mengambil langkah apa pun untuk melindungi rakyat Israel dari ancaman nuklir Iran.

Pernyataan PM Netanyahu didukung oleh Presiden Barack Obama, yang tengah berada di Israel, dengan menyebut Israel sebagai negara sahabat paling dekat.

Pemerintah di Teheran berkali-kali menegaskan bahwa mereka tidak mengembangkan senjata nuklir dan Ayatollah Ali Khamenei mengatakan dirinya tidak terlalu optimistis dengan hasil perundingan langsung dengan Amerika soal program nuklir Iran.



Baca Selengkapnya ....

Yoko Ono Pajang Kaca Mata Penuh Darah John Lennon

Posted by Tiket Kotu 0 komentar
John Lennon, Yoko Ono

Yoko Ono, artis dan istri dari mantan personel The Beatles, John Lennon, telah memasuki wilayah debat hukum mengenai kontrol senjata di AS dengan mengunduh dokumen foto pribadinya di Twitter.

Yoko menampilkan foto kacamata yang berlumuran darah, milik mendiang bintang rock legendaris, sebagaimana dilaporkan SkyNews.

Perempuan berusia 79 tahun itu menampilkan beberapa gambar yang dia posting, untuk menyerukan agar kekerasan akibat senjata api bisa segera dihentikan.

"Lebih dari 1.057.000 orang telah tewas oleh senjata api di Amerika Serikat sejak John Lennon ditembak dan mati pada 8 Desember 1980," tulis Yoko pada akun Twitter.

"31.537 orang di Amerika Serikat tewas akibat senjata api setiap tahunnya. Kita telah mengubah negara yang indah ini menjadi zona perang."

Yoko mengajak masyarakat AS untuk bersama-sama membawa kembali Amerika menuju perdamaian.

"Kematian orang yang dicintai adalah pengalaman yang menghantui. Setelah 33 tahun anak kami Sean dan aku masih merindukannya (Lennon). Yoko Ono Lennon."

Lennon dibunuh di luar apartemennya di New York pada tahun 1980. Personel the Beatles yang kala itu berusia 40 tahun ditembak sebanyak empat kali dari arah belakang oleh Mark Chapman, seorang penggemar yang meminta tanda tangannya beberapa jam sebelum dia menunggu dan membunuhnya bintang rock tersebut.

Sumber : kompas.com

Baca Selengkapnya ....

Bos Google: Soal Revolusi Media Sosial, Saya Telat

Posted by Tiket Kotu 0 komentar


"Padahal, itu salah satu tanggung jawab pribadi saya," ujar Schmidt.

Eric Schmidt
Eksekutif Google Eric Schmidt mengaku telah menyesal terlambat datang di revolusi media sosial, setelah hampir sepuluh tahun menjadi CEO perusahaan Google.

Namun, pria yang telah mengundurkan diri dari kursi CEO Google pada tahun 2011 itu mengatakan sangat bangga dengan prestasi Google dalam satu dekade terakhir.

"Sumber rasa bangga saya adalah kekuatan informasi yang meningkat sangat dramatis. Anda benar-benar merasa hidup ketika sudah memberikan jawaban atas pertanyaan orang lain," kata Schmidt, dilansir CNBC News, 21 Maret 2013.

Schmidt mengakui kesalahan terbesarnya adalah tidak jeli melihat revolusi media sosial yang terjadi begitu cepat. "Padahal, itu adalah salah satu tanggung jawab pribadi saya," ujarnya.

Kendati Google Plus (Google+) telat datang ke industri media sosial, tapi menurutnya, sudah sangat baik dan siap untuk bersaing.

"Google Plus akan memberikan jalur untuk interaksi antarmanusia. Dan itu menjadi sangat penting untuk menaikkan ranking Google sebagai mesin pencari. Saya pikir sangat penting bagi Google untuk menjadi pemain di semua teknologi Internet," ungkap Schmidt.

Saat ini, ada empat besar perusahaan yang sedang bertarung dalam industri teknologi. Selain Google, ada Facebook, Amazon, dan Apple.

Apple terancam dengan keberadaan Android, Amazon memiliki rival sendiri di arena e-commerce. Sementara Google harus melawan Microsoft, dan Facebook harus bertarung dengan Google Plus.

"Kunci dari kemenangan sebuah perusahaan adalah tingkat kemampuan perusahaan dalam berinovasi untuk mempermudah penggunaannya bagi masyarakat," kata Schmidt.

Masa depan Google

Berbicara masa depan perusahaan yang membesarkannya, Schmidt terus berkomitmen terhadap pentingnya sebuah Internet yang terbuka dan bisa diakses siapa saja. Ini terkait dengan perjalanan bulan Januari kemarin ke Korea Utara.

"Sangat wajar seorang politisi hanya ingin berita yang baik tentang dirinya," ujar Schmidt. Tapi, Internet mengharuskan seorang presiden menjalani pemerintahannya secara terbuka. Kepala negara harus memberitahukan apa yang sedang dilakukan pada rakyatnya. Itu bentuk dari demokrasi.

Pada kesempatan itu, Schmidt menyatakan, bahwa masa depan Google akan terus cerah. "Ini terjadi karena dua faktor, Android dan Google Glass," ujar Schmidt.

Namun ia masih belum yakin apakah orang-orang nantinya akan mengadopsi Google Glass. "Tapi, perilaku manusia terus berubah. Mungkin di masa depan orang-orang membutuhkan satu aplikasi yang bisa menunjang semua kebutuhannya, seperti yang ditawarkan pada Google Glass," tutup Schmidt.

Sumber: VIVAnews

Baca Selengkapnya ....

FOTO: Porno, Bugil, Telanjang Bulat yang Tertangkap Kamera di Alam Bebas

Posted by Tiket Kotu Rabu, 20 Maret 2013 9 komentar

Inilah kumpulan foto foto natural telanjang bulat di alam terbuka tanpa sehelai benangpun. Ternyata alampum bisa menguji pikiran Anda. Bagaimana enterpretasi Anda menyikapi foto-foto ini? Termasuk dalam kategori porno kah atau pikiran kita yang langsung memvonisnya, alamkah yang keliru karena pastinya bukan kesengajaan namun alamiah.

Tes imajinasi? terserah Anda, bisakah kita masih berpikir netral melihat foto- foto gambar ini untuk tidak mengasumsikannya pada arah judul postingan, misalnya pikiran kita mengarah pada guratan motif – motif kayu langka yang unik, atau yang lainnya? ada ide?















13367483721759626422
Bukit Seks Buttu Kabobong di ceruk Bambapuang
  
 Sumber

Baca Selengkapnya ....

Woow ...Wanita Ini Memiliki 5 Suami Sekaligus .

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

Satu pria memiliki banyak istri mungkin sudah biasa, tapi jika sebaliknya, akan menjadi berita besar.

Di desa Dehradun, India utara, poliandri bukanlah hal aneh. Adat di sana justru mengharuskan para wanita menikah dengan pria, sekaligus semua saudara kandungnya. Itulah yang terjadi pada wanita 21 tahun bernama Rajo Verma.

Secara resmi, Rajo bersuamikan Guddu. Mereka menikah secara agama Hindu. Setelah itu, Rajo juga menikahi empat saudara laki-laki Guddu yakni Baiju (32), Sant Ram (28) Gopal (26), dan Dinesh (19).


"Kami semua berhubungan seks dengannya [Rajo], tapi tak pernah merasa cemburu, kami keluarga besar yang bahagia," ujar Guddu si suami pertama, seperti dikutip dari DailyMail.

Rajo pun tampaknya tak keberatan dengan adat yang berlaku. Dulu ibunya juga melakukan hal yang sama, yaitu menikahi tiga pria yang bersaudara.

"Awalnya mungkin aneh. Tapi aku menyayangi mereka semua," ujar Rajo.

Tradisi Hindu kuno memang mengajarkan praktik poliandri. Salah satu cerita paling populer adalah kisah Drupadi yang menikahi Pandawa bersaudara. Walau kini poliandri telah jarang tapi masih terjadi di beberapa daerah, hal. Para pelaku poliandri percaya, mereka dapat mempertahankan tanah keluarga jika terus melestarikan adat tersebut.

Kembali ke Rajo, kini wanita muda itu telah memiliki satu putra yang bernama Jay. Sayangnya ia sendiri tak tahu siapa ayah kandung dari para putranya. Rajo mengungkap, ia bercinta dengan kelima suaminya secara bergiliran setiap hari di atas lantai hanya dengan beralaskan selimut.

Lagi-lagi, tampaknya hal tersebut bukan masalah baginya.

"Aku merasa lebih dicintai ketimbang istri-istri lain pada umumnya," ujar Rajo lagi.

Baca Selengkapnya ....

Jokowi Senang Gaji Sopir Transjakarta Rp 7,7 Juta

Posted by Tiket Kotu 0 komentar
Jokowi Senang Gaji Sopir Transjakarta Rp 7,7 Juta
Sebanyak 23 bus Transjakarta, jenis bus gandeng, buatan Zhong Tong China menempati pool Transjakarta di Pesing, Jakarta, Rabu (12/12/2012). Rencananya Pemkot DKI Jakarta, total akan mengimpor sebanyak 66 bus gandeng dari China yang seluruhnya akan tuntas dikirim pada bulan Desember ini. Bentuk bus ini kaca depannya lebih lebar, dilengkapi atribut keselamatan seperti tabung pemadam kebakaran, palu pemecah kaca, dan CCTV.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menilai tingginya gaji sopir bus transjakarta sebagai suatu hal yang baik. Meski tak ikut campur dalam penentuan gaji sopir transjakarta, Jokowi senang jika para pramudi bus memperoleh penghasilan besar.

Jokowi menyampaikan, gaji sopir transjakarta telah diatur dalam kontrak pada masing-masing operator transjakarta. Saat ditanya mengenai masih adanya kesenjangan di antara para sopir, ia menolak menjawab karena hal itu di luar kewenangannya.

"Saya enggak ngerti, soal gaji itu urusannya operator. Tapi, kalau digaji sebesar itu, ya bagus," kata Jokowi.

Kepala Unit Pelaksana (UP/bukan BLU) Transjakarta Muhammad Akbar mengaku sulit menghindari adanya kesenjangan upah antarpramudi bus transjakarta. Hal itu disebabkan masing-masing pramudi telah terikat kontrak kerja dengan operator yang berbeda-beda.

Akbar menjelaskan, sejak 2011, transjakarta mengubah struktur pembiayaan operasional bisnis untuk kontrak baru. Dalam kontrak baru tersebut, para sopir, khususnya di Koridor I, XI, dan XII, berhak atas gaji sebesar 3,5 kali upah minimum provinsi (UMP). "Artinya, untuk kontrak baru, gajinya minimal Rp 7,7 juta dan kontrak lama masih satu kali UMP," kata Akbar.

Ia menyampaikan, dari 12 koridor busway, ada sembilan operator yang terlibat di dalamnya. Untuk itu, menjadi sulit bila harus menyamakan upah yang diberikan untuk para sopir, terlebih ada kontrak yang telah mengikat sebelumnya.

Dari sembilan operator itu, baru dua operator, yakni Bianglala dan Damri di Koridor I (bus baru), XI, dan XII, yang memberikan upah sebesar Rp 7,7 juta. Adapun tujuh operator lainnya masih memberikan upah sesuai dengan kontrak lama. Perbedaan upah ini memicu sejumlah sopir bus transjakarta berunjuk rasa menuntut upah yang sama. Unjuk rasa itu dilakukan beberapa sopir Koridor I (Blok M-Kota) yang masih terikat kontrak lama dan mengoperasikan bus lama.

Saat ini, total unit bus transjakarta sekitar 670 unit dengan jumlah sopir sekitar 1.500 orang yang dikelola oleh sembilan operator. Ke depan, jumlah unit bus akan ditambah 684 unit yang realisasinya dibagi dalam tiga tahap. Sebanyak 450 unit diadakan melalui APBD 2013 dan 230 unit sisanya diadakan melalui lelang investasi (swasta). Untuk 234 unit itu, 76 unit bus gandeng rencananya akan terealisasi pada Oktober tahun ini dan disusul penambahan 158 bus gandeng setelahnya.

Sumber: kompas.com

Baca Selengkapnya ....

Jokowi Akan Buat Pasar Bebas Zat Kimia

Posted by Tiket Kotu 0 komentar


Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berniat membuat pasar aman yang tidak menjual makanan dan minuman mengandung zat kimia berbahaya. Untuk tahap awal, rencana ini akan diterapkan di lima pasar dengan menggandeng Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Saat mengunjungi Pasar Perumnas Klender, Jakarta Timur, Jokowi menyampaikan bahwa kelima pasar itu nantinya akan menjadi contoh pasar aman yang tidak menjual produk berbahaya. Pasar pertama yang menjadi contoh adalah Pasar Perumnas Klender.

"Jadi kita ingin beri contoh bahwa pasar itu aman dari bahan kimia berbahaya. Biar masyarakat yang berbelanja merasa aman. Kita bikin di tiap wilayah, nanti ditambah lagi," kata Jokowi, di Klender, Rabu (20/3/2013).

Mengenai kontrolnya, kata Jokowi, nanti BPOM akan menempatkan laboratorium keliling di setiap pasar. Laboratorium disediakan untuk pengecekan secara berkala sekaligus melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

"Kami mulai semuanya, mulai dari makanan, obat, jamu, ikan, daging, tahu, semuanya kami kerjakan bersama BPOM. Nanti yang sudah dicek kami kasih stiker," ujarnya.

Di lokasi yang sama, Kepala BPOM Luki Oemar menyampaikan, pihaknya akan melakukan pengawasan secara rutin dan intensif. Meski sudah mengalami kemajuan yang bagus, menurut dia, sosialisasi kepada masyarakat harus terus digalakkan.

"Supaya tidak membeli produk berbahaya, kami terus sosialisasi dan lakukan pendekatan," ujarnya.

Sumber: kompas.com



Baca Selengkapnya ....

Basuki: Hemat APBD, Manfaatkan Duit Orang...

Posted by Tiket Kotu 0 komentar
Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Menteri Perdagangan dan Investasi Denmark Pia Olsen Dyhr saat meninjau Stasiun Pompa Kapuk Poglar, Cengkareng, Jakarta Barat, Minggu (3/3/2013).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mempunyai strategi agar menghemat pengeluaran dalam APBD untuk membiayai program-program DKI Jakarta. Yakni dengan memanfaatkan dana dari perusahaan Corporate Social Responsibility (CSR).

"Itu namanya pintar dengan memanfaatkan duit orang, jangan pakai duit sendiri," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Rabu (20/3/2013).

Menurut Basuki, menggunakan dana dari CSR untuk membiayai program Pemprov DKI tidak masalah dan yang terpenting tidak melanggar aturan, sehingga tidak melenceng dari sasaran CSR itu sendiri. Lagipula, kata dia, belum ada aturan resmi mengenai CSR seperti undang-undang.

Menurut Basuki, salah satu keuntungan bagi perusahaan CSR yang membantu Pemprov DKI adalah dapat diberikan kemudahan izin di Ibu Kota. "Kan dia mau membantu secara sukarela, izin akan kita permudah. Kita tidak minta uang pribadi. Mereka juga senang hati kok mau kasih," kata pria yang akrab disapa Ahok itu.

Melalui skema CSR ini, perusahaan sangat diuntungkan karena secara tidak langsung menjadi promosi gratis. Misanya saja untuk perbaikan yang membiayai layanan e-ticketing Transjakarta akan menyerap banyak masyarakat menggunakan uang elektronik.

"Semakin banyak nasabah, makin nyaman nasabah untuk menaruh duit, dan dia jadi tambah untung. Jadi, kaya kartu kenapa tidak dikenakan biaya potongan itu hanya untuk meningkatkan kenyamanan nasabah," ujar mantan Bupati Belitung Timur tersebut.

Saat ditanyakan terkait bagaimana nasib perusahaan yang tidak membantu Pemprov DKI, apakah akan dipersulit oleh DKI, Basuki mengatakan semua perusahaan akan dipermudah oleh Pemprov DKI namun masing-masing perusahaan harus 'tahu diri'.

"Semuanya kita permudah kok, cuma yang tahu diri, pasti mau kasih, kasih ke masyarakat gitu. Kan dia merasa senang, punya keuntungan, dia ingin bantu masyarakat," ujar Basuki.

Adapun, sejumlah program yang memakai kegiatan CSR antara lain, pernataan kampung, pengisian fully furnished rumah susun sewa Marunda bagi pengungsi banjir Pluit, pemberian bantuan pengungsi banjir, dan juga bekerjasama bersama Pemprov DKI menciptkan sistem pajak online.

Basuki juga akan memanfaatkan CSR untuk pelaksanaan seleksi dan promosi jabatan terbuka atau lelang jabatan, pembelian vila di Puncak (hulu) untuk dibongkar dan dijadikan sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebagai upaya penanggulangan banjir hulu dan hilir (Jakarta).

Sumber: kompas.com



Baca Selengkapnya ....

Warga Jatinegara Minta Perlindungan Jokowi

Posted by Tiket Kotu 0 komentar
Warga Jatinegara Minta Perlindungan Jokowi
Sekitar seratusan warga Perumahan Srikandi, Jatinegara Kaum, Jakarta Timur, menggelar aksi unjuk rasa di depan Balaikota Jakarta. Unjuk rasa itu sengaja digelar untuk menolak rencana penggusuran 140 rumah di perumahan tersebut, Rabu (20/3/2013).

Sekitar seratusan warga Perumahan Srikandi, Jatinegara Kaum, Jakarta Timur, menggelar aksi unjuk rasa di depan Balaikota Jakarta. Unjuk rasa itu sengaja digelar untuk menolak rencana penggusuran 140 rumah di perumahan tersebut.

Koordinator aksi, Edi Satimin menyampaikan, pihaknya menuntut Gubernur DKI Joko Widodo untuk membantu warga menggagalkan rencana penggusuran itu. Kalau nantinya penggusuran tetap dilakukan, maka warga setempat menganggap Jokowi gagal memenuhi hak hidup dasar warganya sekaligus melegalkan perampasan tanah di lahan tersebut.

"Ada pihak yang merekayasa bukti kepemilikan tanah tapi dibenarkan oleh pengadilan. Padahal warga sudah tinggal sejak 1998 tapi dinyatakan bersalah," kata Edi, Rabu (20/3/2013) siang.

Selain diminta untuk menggagalkan upaya penggusuran, warga yang tergabung dalam Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) ini juga meminta Jokowi untuk memberikan perlindungan terhadap aksi premanisme yang mengintimidasi. Para warga kerap diintimidasi agar menyetujui proses penggusuran itu.

"Tangkap preman-peman yang suka mengintimidasi warga dan hentikan rencana penggusuran," ujar Edi.

Di lokasi, warga telah memulai aksinya selama beberapa jam. Mereka terus melakukan orasi dan mendesak diadakan pertemuan dengan Jokowi.

Aksi berjalan cukup tertib, hanya beberapa petugas kepolisian dan Sarpol PP yang mengawal aksi tersebut. Situasi lalu lintas terpantau lancar karena aktivitas unjuk rasa tidak memakan badan jalan.

Sumber : kompas.com

Baca Selengkapnya ....

Anas Tika, Sang "Profesor Tikus" dari Pinrang

Posted by Tiket Kotu Selasa, 19 Maret 2013 0 komentar
Anas Tika, Sang "Profesor Tikus" dari Pinrang
Sumur fermentasi bangkai tikus buatan Anas Tika, seorang petani asal Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, berhasil mengubah tikus, dari hama menjadi pupuk organik, yang menguntungkan.

Bagi para petani, tikus merupakan masalah yang meresahkan karena merusak sawah mereka. Namun di tangan seorang petani di Pinrang, Sulawesi Selatan, tikus justru bermanfaat untuk menyuburkan sawah.

Adalah Anas Tika, seorang petani asal Kecataman Cempa, Kabupaten Pinrang, yang mengolah bangkai tikus menjadi pupuk. Petani teladan tingkat nasional itu bahkan kini berjuluk "Profesor Tikus".

Anas mengatakan, cara membuat pupuk tikus itu sangat sederhana. Dia memasang perangkap raksasa di sekeliling areal sawahnya. Bangkai-bangkai tikus hasil tangkapannya kemudian ke dalam tiga sumur beton berdiameter 1 meter.

Bangkai tikus itu selanjutnya diberi air untuk mempercepat proses penghancuran dan fermentasi. Anas memanfaatkan air limbah, seperti air kelapa, air cucian beras, bahkan air bekas mencuci piring. Air hasil fermentasi itu kemudian dialirkan ke sebuah sumur penampungan sebelum digunakan sebagai pupuk.

Berkat pupuk tikus itu, tanaman padi di sawah Anas terlihat lebih subur ketimbang tanaman padi petani lain. Menggunakan pupuk itu sejak 1998 lalu, sang Profesor Tikus berhasil menggenjot produksi padinya hingga 12 ton per hektare.

Keberhasilan pupuk tikus itu ternyata menarik perhatian petani-petani lain. Awalnya hanya petani di desanya. Lama-kelamaan, orang-orang dari wilayah lain seperti Enrekang, Mamuju, Barru, Polewali, Majene, dan Soppeng pun belajar dari kelompok tani pimpinan Anas.

Anas memang tidak segan berbagi pengalaman dengan pupuk tikus itu. Bahkan kini pria yang hanya tamat SD itu pun sibuk menjadi penyuluh pertanian. Selain menjelaskan cara pembuatan pupuk itu, Anas mempraktikkan cara menggunakannya supaya tanah bisa gembur dan tanaman menjadi subur.

"Seperti pupuk kimia, pupuk tikus kalau digunakan berlebihan juga membahayakan tanaman," Anas menjelaskan.

Dianggap gila

Ide memanfaatkan bangkai tikus itu diawali dengan keresahannya karena hama tikus yang merajalela. Panennya sering tidak berhasil karena serangan tikus. Perhatiannya tergugah ketika tanpa sengaja melihat bahwa tanaman di sekitar tempat dia membuang bangkai tikus terlihat lebih subur.

Dia pun membuat "percobaan" kecil-kecilan. Dia mulai membuang bangkai tikus di beberapa tempat di sawahnya. Ternyata, tanaman di sekitar itu memang lebih subur. Dia pun menyimpulkan bahwa bangkai tikus memang bisa menyuburkan tanah sehingga padi pun lebih subur.

Temuan Anas sempat dicibir tetangga-tetangganya. Dia dianggap gila karena menganggap tikus bisa menjadi pupuk organik yang tidak merusak struktur tanah.

Anas bertahan dengan pendapatnya. Akibat kengototannya itu, Anas bahkan hampir bercerai dengan istrinya. Seperti tetangga-tetangga mereka, istri dan anak-anaknya menganggap Anas tidak waras.

Namun Anas berhasil membuktikan keyakinannya. Berkat temuannya itu, gelar Petani Teladan Tingkat Nasional pun diraihnya. Tahun lalu dia menerima penghargaan atas jerih payahnya itu dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kini sudah banyak petani lain yang menggunakan temuannya. Anas tidak keberatan. Dia justru merasa senang. Jerih payahnya, yang dulu dianggap sebagai perbuatan orang tidak waras, kini malah ditiru banyak orang.

Dengan pupuk organik itu, Anas mampu menggenjot produksi padinya, 8-12 ton per hektare. Sementara petani lain yang tidak menggunakan pupuk tikus hanya memproduksi gabah 6-7 ton per hektare sawah.

Dengan 8 ton per hektare saja, Anas sudah bisa mengantongi penghasilan hingga 26 juta setiap kali panen. Setelah menyisihkan untuk biaya produksi, Anas mendapat pendapatan bersih sebesar Rp 21 juta.

Sumber : kompas.com

Baca Selengkapnya ....

Umat Muslim Aberdeen Beribadah di Gereja Lokal

Posted by Tiket Kotu 0 komentar
Umat Muslim Aberdeen Beribadah di Gereja Lokal  Pendeta Isaac Poobalan dari Gereja St Yohanes, Aberdeen, Skotlandia, menawarkan sebagian ruangan gereja untuk tempat ibadah umat Muslim setempat yang dipimpin Imam Ahmed Megharbi.

Apa yang terjadi di kota Aberdeen, Skotlandia, ini adalah salah satu cermin kerukunan beragama yang sesungguhnya.

Gereja Episkopal Santo Yohanes di Aberdeen menjadi gereja pertama di Inggris Raya yang memberikan sebagian ruangan bangunan gereja sebagai tempat umat Muslim setempat menjalankan ibadah salat lima waktu.

Keputusan ini diambil pihak gereja karena masjid yang terletak tak jauh dari gereja itu kapasitasnya terlalu kecil sehingga sebagian dari umat Islam terpaksa menjalankan ibadahnya di tepian jalan.

Pendeta Isaac Poobalan dari Gereja St Yohanes akhirnya "meminjamkan" sebagian ruang aula gereja kepada Imam Kepala Ahmed Megharbi sebagai tempat ibadah umatnya.

Pendeta Poobalan mengatakan, dia merasa tak menjalankan imannya jika tidak menawarkan bantuan kepada sesamanya yang membutuhkan.

"Berdoa tidak ada yang salah. Tugas saya adalah mengajak orang untuk berdoa," kata Poobalan.

"Masjid mereka sangat kecil, setiap kali mereka beribadah, terlalu banyak orang di luar masjid, bahkan pada saat angin kencang dan turun hujan," tambah Poobalan.

"Saya tak bisa membiarkan ini terjadi begitu saja. Jika saya biarkan, saya akan mengabaikan apa yang diajarkan agama kepada saya, tentang bagaimana kita memperlakukan tetangga kita," lanjut dia.

"Saat saya mendiskusikan masalah ini dengan umat gereja, seseorang memang mengatakan itu bukan masalah kami, tapi bagi saya itu masalah bersama," papar Poobalan lagi.

Poobalan mengenang dia pernah melihat umat Muslim terpaksa beribadah di ruang terbuka saat salju turun dan cuaca sangat dingin.

"Pemandangan itu sangat sulit saya lupakan," ujar Poobalan.

"Kami memiliki sesuatu untuk ditawarkan dan mereka beribadah dalam cuaca dingin. Saya lalu mengatakan kepada umat bahwa kami harus melakukan sesuatu," kenang Poobalan.

Selain memberi bantuan tempat ibadah, Poobalan ingin ikut membantu menjadi jembatan antara umat Kristen dan Islam, apalagi sebagian umat gerejanya menentang rencananya itu.

Namun, Pendeta Poobalan tetap pada pendiriannya untuk menawarkan bantuan kepada umat Muslim.

"Apa yang saya lakukan ini sangat mendasar, tak ada hubungannya dengan agama. Semua hanya karena saya ingin membantu sesama yang membutuhkan," Poobalan menegaskan.

Poobalan menyadari sebagian umat memang menentang keputusannya, lebih karena hal semacam itu belum pernah terjadi sebelumnya.

"Pada saatnya, umat akan menyadari bahwa lebih banyak persamaan ketimbang perbedaan di antara kami," tambah dia.

"Saya berharap dan berdoa, langkah kecil ini bisa membantu mempererat hubungan kedua agama," papar Poobalan.

Ternyata, keraguan juga muncul dari sisi umat Muslim. Sebab, sebelumnya mereka belum pernah mendapat tawaran seperti itu.

"Namun, akhirnya mereka menerima dan ini adalah awal sebuah hubungan yang positif," ujar Poobalan.

"Apa yang terjadi di sini sangat istimewa dan seharusnya langkah seperti ini bisa diadopsi di seluruh negeri," kata Syekh Ahmed Megharbi dari Masjid Jami Syed Syah Mustafa.

"Hubungan antara kedua agama sangat bersahabat dan saling menghormati," tambah Megharbi.

Sumber : Daily Mail


Baca Selengkapnya ....

Jangan Pakai Kawat Gigi karena Alasan Gaya

Posted by Tiket Kotu 0 komentar


Melihat orang yang memakai kawat gigi tentu bukan pemandangan langka, apalagi sekarang kawat gigi atau behel sudah dianggap bagian dari mode. Padahal, pemakaian kawat gigi bukan hal main-main.

Tujuan utama dari penggunaan kawat gigi adalah merapikan dan meratakan gigi sehingga gigi lebih mudah dibersihkan dan mampu berfungsi semestinya.

"Kalau memang harus memakai kawat gigi alasan utamanya adalah memperbaiki fungsi gigi. Kalau gigi tidak rata maka makan menjadi tidak enak, sendi rahang rusak, bahkan bisa menyebabkan sering sakit kepala atau nyeri leher," papar drg.Zaura Rini.

Mereka yang direkomendasikan untuk menggunakan kawat gigi adalah orang yang mengalami rahang maju atau mundur, jarak gigi yang satu dengan yang lain jauh, adanya caling (tumbuhnya gigi di atas gigi lain), gigi berjejalan, atau jumlah gigi tidak normal.  

Dokter gigi yang diakrab disapa Rini itu menjelaskan, efek samping dari penggunaan kawat gigi tidak sederhana seperti yang dibayangkan orang.

Pemasangan kawat gigi akan membuat sisa-sisa makanan lebih mudah terkumpul di sela kawat. "Tuhan menciptakan gigi yang licin ada tujuannya, yakni supaya makanan tak mudah nyangkut," papar ketua pengurus besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia ini.

Selain itu, gigi yang berderet di mulut manusia tidak diikat menjadi satu sehingga masing-masing punya kekuatan untuk menguyah makanan.

"Kalau diikat jadi satu seperti ketika memakai kawat gigi, saat ada tekanan tidak akan bisa dipakai maksimal. Malah bisa menyebabkan tekanan pada tulang sehingga akhirnya tulang rusak dan gigi goyang," paparnya.

Ditambahkan oleh drg.Ratu Mirah Afifah, karena makanan di sela-sela kawat gigi lebih sulit dibersihkan, maka akan lebih mudah terjadi penimbunan plak sehingga berisiko karies atau lubang gigi.

"Terkadang kerusakan gigi baru terlihat saat kawat gigi dilepas. Selain itu, pemakaian kawat gigi akan menarik gusi sehingga gigi menjadi lebih sensitif," kata Profesional Relationship Manager Oral Care PT.Unilever Indonesia ini.

Rini menjelaskan bahwa pemasangan kawat gigi bukanlah pekerjaan sederhana. Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mendapatkan gigi yang rapi. Karena itu pasien harus rajin kontrol ke dokter gigi. Biaya yang harus dikeluarkan juga tak sedikit.

"Kalau ingin memakai kawat gigi datangkan ke dokter gigi yang kompeten melakukannya. Kalau bukan pada ahlinya sangat beresiko mengalami komplikasi sehingga biaya menjadi jauh lebih mahal," katanya.

Sumber : kompas.com


Baca Selengkapnya ....

Jokowi Dinilai Perlambat Proyek MRT

Posted by Tiket Kotu 0 komentar
Jokowi Dinilai Perlambat Proyek MRT

Pengamat transportasi dari Dewan Transportasi Kota Jakarta Azas Tigor Nainggolan menilai lambannya perkembangan proyek MRT (Mass Rapid Transit) bukan salah PT. MRT saja. Ia menilai Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi pun punya peran.

Ketika diwawancarai Tempo hari ini, 18 Maret 2013, Tigor beranggapan Jokowi sedikit banyak juga memperlamban proyek MRT. Pasalnya, Jokowi tidak fokus dan tidak mengambil sikap cepat dan tegas dalam pelaksanaan proyek tersebut.

"Padahal proyek tersebut feasible, lebih feasible dibanding proyek monorel yang terbelit sengketa, investor belum jelas dan sebagainya," ujar Tigor menjelaskan.

Ketidaktegasan Jokowi, ujar Tigor, tampak dalam penentuan jalur MRT. Dalam isu ini, Jokowi tidak bisa tegas dalam menentukan apakah jalur MRT akan terbagi menjadi dua, layang (elevated) dan bawah tanah (underground) atau underground sepenuhnya.

Tigor juga mencontohkan perkara penggantian direksi PT MRT. Sebagaimana diketahui, dua dari tiga direksi PT MRT telah habis masa jabatannya. Tapi  Jokowi hingga sekarang belum mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham untuk mengganti mereka.

"Sebenarnya gampang, kalau Jokowi ingin cepat, ia bisa katakan cepat. Kalau Jokowi menilai performance perusahaan lamban, ia bisa tahan proyek, lakukan evaluasi, perbaiki fokus proyek," ujar Tigor menegaskan.

Tigor mengatakan, Jokowi memiliki kekuasaan besar dalam proyek MRT. Oleh karena itu, ia merasa Jokowi tak akan kesusahan untuk memastikan proyek MRT tetap berjalan. Asal, kata Tigor, tetap fokus dan tegas.

Sumber : tempo.co


Baca Selengkapnya ....

Miris, Gaji Dokter Setengah Gaji Supir Busway

Posted by Tiket Kotu Senin, 18 Maret 2013 0 komentar
Ilustrasi

Kritik dan cercaan kerap kali datang untuk dokter. Sedangkan perjuangan dokter yang mengabdi hingga ke pelosok jarang mendapat apresiasi. Hal itulah yang membuat Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menginginkan adanya seimbangan antara keduanya.

Salah satu anggota IDI Profesor Zubairi Djoerban mengatakan, bahkan untuk dokter baru, mereka hanya digaji Rp 2 juta hingga Rp 3 juta rupiah per bulan. "Jumlah itu hanya setengah dari gaji supir busway," ujar pada wartawan dalam konferensi pers Senin (18/3/2013) di Jakarta.

Konferensi pers tersebut diadakan untuk mengonfirmasi kritik-kritikan yang selama ini kurang tepat ditujukan pada dokter. Dalam konferensi pers turut hadir dokter-dokter yang bekerja di wilayah pelosok seperti Aceh Timur.

Sekretaris Jenderal IDI Daeng M. Faqih mengatakan, dokter selalu dituntut profesional, memiliki kemampuan setinggi-tingginya dalam penguasaan ilmu dan teknologi kedokteran, tapi jauh lebih penting lagi dokter harus memiliki integritas etik dan moral yang tinggi.

"Pekerjaan profesi dokter (harus) diniatkan dan diarahkan untuk mengabdi kepada kepentingan kemanusiaan," ungkapnya.

Kendati demikian, kata Daeng, masih ada aja oknum dokter yang tidak menjunjung tinggi tradisi luhur kedokteran. Hal inilah yang menciptakan banyak kritik bahkan cercaan datang pada profesi ini.

"Memang ada kalanya dokter berbuat kesalahan, namun tidak semua dokter berlaku demikian. Jangan digeneralisasikan," tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Pengurus Besar IDI Zaenal Abidin mengatakan, sistem kedokteran di Indonesia masih belum baik. Hal itu yang lebih kurang mempengaruhi kinerja dokter.

"Sepandai apapun dokternya jika ada di sistem yang buruk, tidak akan terlihat kepandaiannya," ujarnya.

Sumber: kompas.com

Baca Selengkapnya ....

Inilah Segudang Khasiat dari Pepaya!

Posted by Tiket Kotu Minggu, 17 Maret 2013 0 komentar

Sekelompok mahasiswa dari University of Karachi, Pakistan, telah meneliti manfaat kesehatan dari pepaya dan menemukan beberapa fakta tentang pepaya, termasuk penggunaannya dalam menurunkan risiko serangan jantung dan pengendali diabetes.

pepaya

Selama penelitian, para mahasiswa termasuk Mariam Naseem dan Muhammad Kamran Nasir juga menemukan banyak keuntungan dari biji pepaya.

Naseem menjelaskan, jus benih pepaya sangat penting untuk melindungi ginjal dari disfungsional, karena benih pepaya mengandung flavonoid dan phenotic, yang menyediakan pencegahan dari kuman penyakit tersebut.

Selain bisa melindungi dari jumlah infeksi, biji pepaya juga dapat digunakan untuk membersihkan usus serangga. Di Nigeria, sebanyak 76,7 persen anak-anak menyingkirkan serangga usus dengan minum jus biji pepaya selama tujuh hari.

Orang-orang di Jepang juga percaya bahwa jantung bisa terhindar dari penyakit dengan penggunaan satu sendok teh biji pepaya.

Menurut Naseem, biji pepaya juga bisa digunakan dengan susu untuk menghindari penyakit tifus dan juga dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit wasir. Biji pepaya juga mengandung senyawa khusus, yang membantu menghentikan pembentukan tumor.

Sementara menurut Nasir, pepaya mengandung sejumlah besar vitamin C, potasium, kalsium, zat besi, thiamin, dan magnesium.

Nasir mencatat bahwa enzim papain dalam pepaya memberikan bantuan untuk gangguan pencernaan dan masalah lambung, dan menambahkan bahwa zat kimia tersebut mampu mengintegrasikan carpain dalam pepaya untuk membantu mencegah beberapa jenis penyakit.

Selain itu, pepaya juga sangat berguna untuk mengendalikan atau menghentikan diabetes. Nasir menegaskan bahwa kanker dapat diberantas melalui asupan harian pepaya, karena buah ini mengandung bahan kimia terintegrasi seperti lycopene dan lain-lain.

Lebih lanjut, Nasir menjelaskan bahwa makan pepaya setiap hari bisa membantu mengurangi berat badan. Ia menyarankan bahwa pasien yang menderita hipertensi untuk memasukan pepaya dalam pola makan harian mereka. Pepaya juga mengurangi risiko serangan jantung.

Nasir mencatat bahwa pepaya juga dikenal sebagai pembersih tubuh karena membantu menjaga sistem tubuh internal pada tahap normal. Vitamin A dalam pepaya membantu meningkatkan visi penglihatan. Yang mengejutkan lagi, pepaya juga meningkatkan daya kesuburan pada pria dan wanita.

Pepaya membantu untuk menghentikan penyempitan darah di kaki seseorang yang tidak aktif, sementara magnesium dalam pepaya bisa membantu menghilangkan jerawat wajah. Selain itu, pepaya juga menghilangkan keluhan mual dan sembelit, serta melindungi dari pembentukan emfisema di tubuh orang yang merokok.

Sumber

Baca Selengkapnya ....

Yuk, Makan Buah Salak Biar Otak ‘Encer’

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

Memiliki nama latin Sallaca Edulis, pohon salak merupakan tanaman yang banyak dijumpai di daerah tropis seperti di Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Yuk, Makan Salak Biar Otak 'Encer'

Ada beragam varietas salak yang bisa kita jumpai di Indonesia, seperti salak pondoh, bali, swaru, dan condet. Salak yang sudah matang biasanya memiliki rasa yang manis, asam, dan beberapa ada yang sedikit sepat.

Meski tumbuh di daerah tropis, namun buah salak sangat diminati oleh masyarakat Eropa dan Amerika. Masyarakat eropa dan Amerika menyebut salak dengan sebutan snake fruit, karena kulitnya yang bersisik seperti seekor ular.

Kandungan Gizi Buah Salak

Selain memiliki bentuk yang unik dengan rasa manis dan asam, ternyata buah salak juga memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap. Setiap 100 gr buah salak mengandung energi sebesar 368 kilokalori, protein 0,8 gram, karbohidrat 90,3 gram, lemak 0,4 gram, kalsium 38 miligram, fosfor 31 miligram, dan zat besi 3,9 miligram. Selain itu di dalam buah salak juga terkandung vitamin C sebesar 8,4 miligram.

Manfaat Kesehatan Buah Salak

Dengan kandungan gizi yang cukup lengkap, tidak mengherankan jika buah salak memiliki berbagai manfaat kesehatan bagi siapa saja yang mengonsumsinya. Manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah salak antara lain:

  • Meningkatkan Kinerja Otak
    Penelitian juga mengungkap bahwa salak diklaim mampu meningkatkan kinerja otak karena kandungan potassium dan pektin. Potassium dimanfaatkan oleh sistem saraf otonom (SSO), yang merupakan pengendali detak jantung, meningkatkan fungsi otak (mengatur kecerdasan), dan proses fisiologi penting lainnya.

    Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan pada jurnal "Integrative Cancer Therapies" diketahui bahwa pektin berpotensi mencegah dan mengobati kanker prostat. Pektin bekerja dengan cara menghambat reproduksi sel kanker serta menurunkan risiko terjadinya apoptosis, yaitu sel yang memprogram kematiannya sendiri.

  • Menjaga Kesehatan Mata
    Buah salak mengandung betakaroten yang efektif untuk menjaga dan memelihara kesehatan mata. Penelitian menyebutkan bahwa kandungan betakaroten buah salak lebih besar 5,5 kali dari buah mangga, dan 5 kali lebih besar daripada semangka.

    Jika Anda bosan dengan jus wortel , membuat jus salak bisa menjadi alternatif yang tepat untuk menjaga kesehatan mata Anda.

  • Mencegah Sembelit
    Ada mitos yang berkembang jika mengonsumsi buah salak dapat mengakibatkan susah BAB. Padahal mitos tersebut tidak sepenuhnya benar. Menurut F.X. Wahyurin Mitano, ahli gizi dari RSUD dr Soetomo, sebaiknya saat mengonsumsi buah salak jangan dibuang kulit arinya.

    Sebab dalam kulit ari itulah terdapat kandungan serat. Kandungan serat itulah yang dapat mengurangi kemungkinan mengalami sembelit setelah mengonsumsi buah salak. Salak juga diperkaya dengan tanin, zat yang dikenal sebagai anti diare. Hal yang sama juga berlaku saat Anda mengonsumsi buah jeruk.

    Saat mengonsumsi jeruk sebaiknya jangan hanya dimakan bulirnya saja, tetapi makan juga pembungkus bulir jeruknya, karena pembungkus bulir tersebut mengandung serat tinggi untuk melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

  • Membantu Program Diet
    Kandungan serat yang tinggi pada buah salak akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga bisa menghindarkan Anda untuk makan dalam porsi besar. Baik dikonsumsi bagi Anda yang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan.
Nah, mulai sekarang jangan ragu lagi menambahkan buah salak ke dalam menu harian Anda.

Sumber

Baca Selengkapnya ....

Tiket

Popular Posts

LAYANAN TIKET PESAWAT MURAH support SENI BERBELANJA DI RUMAH - Original design by Bamz | Copyright of Berbagi Berita Terkini.