Kisah Wanita Yang Lahirkan Bayinya Dalam Kondisi Koma

Posted by Tiket Kotu Sabtu, 03 Agustus 2013 0 komentar


(c) www.manchestereveningnews.co.uk

Kasih ibu sepanjang jalan, tak terhenti walau maut mengancam. Kata mutiara ini memang benar adanya, karena ada banyak ibu yang rela mempertaruhkan nyawanya demi buah hati tercinta. Salah satu bukti cinta yang teramat besar adalah seorang wanita yang mengalami insiden kecelakaan parah dan melahirkan dalam kondisi koma. Namun dia tahu bahwa dirinya harus sadar untuk buah hatinya, dan wanita ini bangun dari masa kritis dan koma.

Wei Liu (30) mengalami kecelakaan saat naik taksi bersama kekasihnya Geng Yu (24). Wanita yang tengah hamil 8 bulan ini mengalami luka serius hingga koma. Pasangan yang tinggal di Manchester itu tidak menyangka bahwa akan mengalami tragedi kecelakaan yang membuat Liu mendapat cedera parah bahkan dokterpun sampai pesimis dengan kondisi Liu.

Kondisi Liu setelah koma | (c) www.manchestereveningnews.co.uk
Kondisi Liu setelah koma | (c) www.manchestereveningnews.co.uk

Sesampainya di rumah sakit, dokter memutuskan untuk melakukan operasi caesar kepada Liu. Dalam keadaan koma, tidak sadarkan diri dan terluka parah, Liu melahirkan buah hatinya. Liu tidak tahu bahwa dirinya sudah melahirkan sampai ketika 3 hari setelah koma, Liu sadarkan diri.

Liu menangis terharu karena dirinya sudah ketakutan bahwa bayinya akan meninggal setelah tabrakan itu terjadi. Geng Yu membawa buah hati mereka dan membiarkan Liu mendekapnya. Liu menciumi bayinya, mendekapnya erat. "Ini adalah keajaiban. Aku percaya bahwa Tuhan penuh dengan keajaiban" ujar Liu sembari tersenyum. Walau keadaannya masih banyak luka dan harus menggunakan kursi roda namun Liu bersyukur bahwa dirinya bisa selamat dan begitu pula bayinya.

Liu merawat sendiri bayinya walau masih belum pulih total | (c) www.manchestereveningnews.co.uk
Liu merawat sendiri bayinya walau masih belum pulih total | (c) www.manchestereveningnews.co.uk

40 hari setelah dirawat di rumah sakit, Liu dan bayinya diperbolehkan pulang. Begitu besar kuasa Tuhan, Lucas, nama bayi Liu tidak terluka sedikitpun dan lahir dalam keadaan sangat sehat. "Aku sangat khawatir tentang bayiku dan ternyata Lucas lahir dengan selamat. Aku tahu bahwa saat aku koma aku harus bangun, dan itu karena Lucas" ujar Liu lagi. Liu bersikeras merawat Lucas sendirian walau kondisi tubuhnya masih sakit dan tidak bisa melakukan banyak aktivitas.

Liu telah mengalami koma dan sudah sangat dekat dengan pintu kematian. Namun ikatan batin yang kuat antara Liu dan bayinya membuat Liu berusaha bangun dan mendekap bayinya. Walau tidak bisa merawat Lucas seperti ibu yang lainnya, tapi Liu telah membuktikan bahwa dirinya bisa melakukan yang terbaik untuk bayinya. 

Sumber: vemale.com


Baca Selengkapnya ....

6 Tips Jitu Agar Pacaran Lebih Menyenangkan dan Awet

Posted by Tiket Kotu 1 komentar

 

Apa sih yang membuat pria betah untuk setia? Bagaimana caranya agar pacaran lebih menyenangkan? Apa tips agar pacaran lebih awet? Tiga hal itu paling sering ditanyakan sahabat Vemale. Sebenarnya bukan hal yang sulit membuat sebuah hubungan cinta menjadi menyenangkan dan langgeng.

Lakukan 6 tips ini dan lihat hasilnya!

Percaya Padanya dan Jangan Ragu

Apakah dia terlihat manis di awal dan makin lama makin terlihat aslinya? Sebenarnya bagus jika dia makin memperlihatkan bagaimana dirinya yang 'asli' di depan Anda, berarti dia merasa nyaman dan yakin Anda tidak akan meninggalkannya. Kenapa? Dia tidak sesempurna yang Anda pikirkan? Ladies, tidak ada pria yang sempurna. Daripada Anda menghabiskan waktu untuk mengubahnya agar sempurna seperti yang Anda inginkan, belajarlah untuk menerima ketidaksempurnaannya. Jika Anda masih oke, lanjutkan! Jika terjadi benturan, Anda punya keputusan untuk hidup Anda.

Tidak Selamanya Harus Menerima Apa Adanya

Kadang wanita terkekang dengan keharusan menerima apa adanya. Anda diam saja saat dia selalu terlambat hingga satu jam dalam berbagai acara. Anda diam saja saat dia selalu mendominasi hidup Anda, semua hal harus sesuai apa yang dia inginkan. Anda diam saja saat tahu bahwa kebiasaannya seharian main game merusak kepercayaan atasannya. Utarakan apa yang menurut Anda mengganjal di hati, diam saja hanya akan menjadi bom waktu.

Hindari Curhat di Media Sosial

Kami tahu, Anda pasti kesal jika melihat mantannya masih terus menghubungi pacar Anda. Padahal pacar Anda sudah berkali-kali mengatakan dia tidak ada minat untuk kembali pada mantannya. Daripada Anda curhat dan mengucapkan kata-kata makian untuk si 'cewek itu', akan lebih bijak jika Anda bicara langsung. Hindari juga menjelek-jelekkan atau bertengkar dengan pacar di media sosial, ini hanya akan menambah masalah dan membuat Anda malu.

Komunikasi, Bicaralah!

Berhentilah berpikir bahwa pria akan mengerti apa yang Anda inginkan tanpa bicara. Kekasih Anda bukan paranormal yang bisa membaca apa yang Anda pikirkan, apa yang Anda rasakan. Jika Anda lapar saat menemaninya di bengkel, katakan!. Jika Anda sedang kesal karena tidak dapat sepatu yang sedang didiskon, katakan padanya! Jangan buat pria menduga-duga. Jangan selalu mengatakan "Aku tidak apa-apa,". Ingat, pacar Anda bukan paranormal!

Berhenti Membandingkan

Mungkin pacar sahabat Anda tampak sempurna, selalu rapi, selalu mendengarkan, romantis dan sebagainya. Lalu Anda mulai membandingkan pacar Anda dengan pacar sahabat Anda. Lebih parahnya, Anda berusaha membuat pacar agar sama seperti pacar sahabat Anda. Ladies, coba kembalikan pada diri Anda, Anda pasti tidak suka jika dibanding-bandingkan dengan wanita lain. Pria juga merasakan hal yang sama, apalagi mereka punya ego yang lebih tinggi. Membandingkan sama saja dengan menginjak harga dirinya.

Tertawa Bersama

Jangan malu atau sungkan tertawa dengan kekasih Anda. Semakin sering Anda dan dia mengeluarkan lelucon segar, semakin baik dampaknya untuk hubungan Anda. Karena itu, berbahagialah Anda yang memiliki pacar hobi bercanda. Banyak penelitian membuktikan bahwa pasangan yang selalu tertawa bersama dan tidak takut bercanda cenderung lebih langgeng, bahkan setelah puluhan tahun menikah.

Sumber: vemale.com


Baca Selengkapnya ....

Lelaki Bertestis Besar Berisiko Penyakit Jantung

Posted by Tiket Kotu Kamis, 01 Agustus 2013 0 komentar
Pria Bertestis Besar Berisiko Penyakit Jantung

 Para peneliti di University of Florence mengatakan pria memiliki testis yang besar menjadi tanda kesehatan yang buruk. Penelitian menemukan pria dengan testis yang besar lebih mungkin berisiko penyakit jantung.

Selain penyakit jantung, masalah menjadi pecandu minuman beralkohol serta memiliki tekanan darah tinggi dikutip Dailymail, Kamis (1/8/2013).

"Meskipun secara umum diasumsikan bahwa ukuran testis dapat memprediksi kebugaran reproduksi, hasil kami menunjukkan bahwa parameter ini dapat memberikan wawasan juga pada kesehatan secara keseluruhan dan risiko penyakit kardiovaskular," ujar Pemimpin Penelitian, Giulia Rasterelli.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memperjelas determinan dan mekanisme pembesaran testis yang bisa memediasi peningkatan insiden kejadian kardiovaskuler yang merugikan.

Para ilmuwan mempelajari 2.809 pria yang mengunjungi klinik kesehatan seksual. Peneliti mencatat ukuran buah zakar pria dan diuji kadar hormonnya sebelum pelacakan kesehatan selama tujuh tahun.

Selama periode ini, peneliti menemukan bahwa pria dengan testis lebih besar lebih mungkin berisiko penyakit jantung.

Peneliti juga menemukan bahwa pria dengan testis yang lebih besar cenderung memiliki tingkat yang lebih tinggi hormon luteinising. Hormon ini diketahui mempengaruhi ukuran testis. Para ilmuwan percaya bahwa hormon ini dapat merusak hati.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa pria dengan testis lebih besar umumnya lebih subur yang menganggap menjadi tanda kesehatan yang baik.

Para peneliti menerima bahwa penelitian tersebut didasarkan pada pria yang memiliki masalah dengan disfungsi seksual.

Sumber

Baca Selengkapnya ....

Wow..... ! Ratusan Bule Ikuti Audisi Penari Agnes Monica di Amerika

Posted by Tiket Kotu 0 komentar
Wow! Ratusan Bule Ikuti Audisi Penari Agnes Monica di Amerika
Tweet




Agnes Monica tak menyangka, audisi penari yang dilakukannya ternyata mendapatkan antusias yang luar biasa dari para penari Amerika. Lebih dari 400 orang mengikuti audisi tersebut.

"Over 400 dancers auditioning #AGNEZMO #NEZdanceaudition #boomkack," begitu Agnes Monica menulis di sosial media pada Kamis (1/8/2013) pagi.

Seperti diberitakan kemarin (Rabu, 31/7/2013), Agnes Monica menyerahkan urusan koreografinya pada koreografer dunia, Boomkack alias Lauriean Gibson yang biasa bekerjasama dengan Lady Gaga dan Katy Perry. Untuk membentuk grup dancer sendiri, Agnes yang kini menetap di Amerika Serikat ini, bermaksud melakukan audisi terbuka. 

Dan inilah yang terjadi. Ratusan penari menyerbu ruang audisi. Hebohnya audisi tersebut diabadikan Agnes lewat foto-foto yang diunggahnya di media sosial Instagram pada Kamis (1/8/2013). Dari depan ruang auditorium sudah terlihat antrian panjang penari yang menginginkan menjadi penari Agnes Monica. Gokil...

Agnes sampai perlu ruang auditorium yang cukup besar untuk bisa menampung begitu banyak penari. Ternyata tak cuma di Indonesia saja yang antusias untuk menjadi penari latar Agnes Monica, di Amerika pun para bule ini menunjukkan antusiasnya.

Jadi ingat beberapa waktu lalu Agnes membuka audisi penari di Indonesia untuk mendukung konser tunggalnya yang ditayangkan secara eksklusif di SCTV. Ribuan peserta ikut serta dalam audisi tersebut.

Sejak dulu Agnes Monica selalu memimpikan untuk bisa go international. Sepertinya momentum ini menjadi salah satu upaya dirinya untuk mewujudkan impiannya tersebut. Bahkan kini Agnes Monica sudah menetap di Amerika.

Sumber: liputan6.com

Baca Selengkapnya ....

Butuh waktu 10 tahun rehabilitasi Pony si pelacur Orangutan

Posted by Tiket Kotu Selasa, 30 Juli 2013 0 komentar
Butuh waktu 10 tahun rehabilitasi Pony si pelacur Orangutan
Pony orangutan dijadikan pelacur. vice.com ©2013 Merdeka.com

Kisah hidup Pony si orangutan membuat orang merinding. Orangutan betina berusia 6 tahun ini dipaksa menjadi pelacur untuk manusia. Seperti pelacur pada umumnya, dengan sejumlah uang, pria hidung belang yang punya kelainan bisa meniduri orangutan.

Koordinator Komunikasi dan Edukasi Nyaru Menteng The Borneo Orangutan Survival Foundation (BOS), Monterado Fridman, berbagi kisah soal Pony. Bagaimana sulitnya mengevakuasi orangutan ini dari lokalisasi, hingga waktu 10 tahun untuk menjadikannya normal kembali.

Pony diselamatkan dari lokalisasi tahun 2003 lampau. Tidak ada yang tahu sudah berapa lama Pony berada di sana. Si pemilik rumah prostitusi dengan keras menolak menyerahkan Pony. Baginya Pony adalah sumber uang dan dipercaya sebagai sumber keberuntungan.

"Tidak mudah mengeluarkan Pony dari tempat mengerikan itu, karena siapa saja yang mencoba menyelamatkan Pony akan berhadapan dengan orang-orang desa itu yang siap mengayunkan parang mereka membela pemilik rumah prostitusi," kata Monterado dalam website yayasan BOS.

Akhirnya setelah proses melelahkan yang berlangsung selama kira-kira satu tahun, Yayasan BOS dan BKSDA bekerja sama dengan aparat kepolisian dan TNI berhasil menekan pemilik rumah prostitusi untuk menyerahkan Pony.

"Pony pertama kali datang ke Nyaru Menteng pada tanggal 13 Februari 2003. Ketika itu, kondisinya sangat menyedihkan. Seluruh rambutnya telah habis dicukur oleh pemilik rumah prostitusi, tubuhnya pun dipenuhi bekas gigitan nyamuk. Pony tidak bisa berhenti menggaruk gatal-gatal akibat gigitan nyamuk itu, sehingga mengakibatkan infeksi pada kulitnya," lanjut Monterado.

Di Nyaru Menteng, Pony mendapatkan perawatan setelah mengalami siksaan hidup yang mengerikan dan mulai menjalani proses rehabilitasi. Karena cukup lama tinggal bersama manusia dan diperlakukan sangat biadab, tidak mudah bagi Pony untuk belajar hidup layaknya orangutan liar.

Pony menjalani proses panjang untuk membentuknya menjadi orangutan yang sesungguhnya. Dia telah tinggal di kandang sosialisasi bersama orangutan betina lain dan mengikuti pembelajaran di Sekolah Hutan.

Tahun 2005, Pony bahkan ditempatkan di Pulau Bangamat, sebuah pulau pra-pelepasliaran, untuk menempanya menjadi lebih mandiri. Sayangnya, Pony masih tampak belum siap menjalani proses pembelajaran ini. Pony tidak terbiasa dengan pepohonan. Dia lebih suka beristirahat di tanah.

"Ketika lapar, dia hanya menunggu teknisi memberinya makan tanpa berusaha mencari makanan alaminya. Pony hampir tidak pernah menjelajah pulau seperti orangutan lain. Daya jelajahnya hanya sebatas pada menyeberangi sungai kecil yang mengalir antar-pulau untuk menuju pondok jaga para teknisi dan meminta makanan," jelas Monterado.

Melihat kemampuannya yang tidak menunjukkan perkembangan yang menggembirakan, dengan sangat terpaksa, Pony-pun dikembalikan ke kandang sosialisasi Nyaru Menteng pada bulan Juli 2010.

Sekembalinya Pony ke Kandang Sosialisasi, dengan penuh kesabaran, para teknisi Nyaru Menteng merawat dan tetap mengajari Pony keterampilan bertahan hidup di hutan. Tak jarang Pony dibawa ke Sekolah Hutan dan ikut belajar lagi bersama orangutan lain yang jauh lebih muda darinya.

Kini, di usianya yang menginjak 17 tahun, Pony akhirnya kembali mendapat kesempatan keduanya untuk tinggal di pulau. Tanggal 29 Juni 2013, bersama 7 orangutan betina lain, Pony dipindahkan dari Nyaru Menteng ke Pulau Kaja.

"Keterampilan bertahan hidup Pony sudah berkembang lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya. Pony sudah mampu membuat sarang dan menunjukkan perilaku layaknya orangutan liar. Orangutan betina dengan berat 72,1 kilogram ini berperilaku sangat dominan dibanding teman-temannya," jelas Monterado.

"Selama tinggal di pulau, Pony tentu akan mendapatkan perhatian khusus dari Nyaru Menteng, untuk melihat perkembangan keterampilannya bertahan hidup. Meski masih membutuhkan proses pembelajaran yang panjang, kami bahagia melihat Pony kini tinggal di rumah barunya di pulau pra-pelepasliaran. Sebuah tempat di mana dia seharusnya berada, bukan di kandang atau jauh lebih buruk lagi, di dalam kurungan peliharaan," kata Monterado.

Sumber : merdeka.com

BERITA TERKAIT :

Kisah Malang Pony, Orangutan Yang Dijadikan Pelacur


Baca Selengkapnya ....

Cara Mudah Mengecilkan Pori-Pori

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

 

Kadang pori-pori besar tampak tidak indah dipandang, karena kebanyakan wanita ingin kulit yang halus dengan pori-pori yang tidak tampak sama sekali. Sebenarnya pori-pori besar adalah hal yang wajar di beberapa bagian wajah, atau bisa juga di seluruh bagian wajah. Ada beberapa faktor yang membuat pori-pori besar, faktor keturunan dan jenis kulit adalah hal yang paling berpengaruh.

Ingin mengecilkan pori-pori dengan mudah? Lakukan langkah-langkah ini!

Rutin Membersihkan Wajah

Membersihkan kulit secara rutin adalah salah satu cara untuk mengurangi ukuran pori-pori adalah rutin membersihkan wajah, terutama jika Anda memakai makeup. Mencuci wajah pagi dan malam hari, serta menggunakan toner dapat membantu mengecilkan pori-pori jika dilakukan teratur. Menurut Dr Ronald Mei dilansir dari situs Sheknows, membersihkan kulit adalah kunci utama untuk membuat pori-pori yang besar lebih bersih dan tampak kecil

Jangan Sering Sentuh Wajah

Jangan membuat trauma pada kulit dengan sering menyentuhnya. Misal bertopang dagu, mencubit pipi, memencet jerawat dan sentuhan lain yang akan menimbulkan ruam merah pada kulit. Pori-pori bisa semakin besar jika Anda sering melakukan ini.

Gunakan Krim

Ada beberapa krim khusus yang bisa mempercepat regenerasi sel kulit dan membuat permukaan kulit lebih halus. Tapi waspada, pastikan produk yang Anda pakai sudah memiliki izin dari badan kesehatan. Jika ingin lebih yakin, kunjungi langsung dokter kulit kesayangan Anda.

Produk Bebas Minyak

Jika Anda memakai makeup, pastikan Anda memakai produk yang bebas minyak atau mengandung sedikit minyak. Kosmetik yang mengandung minyak akan membuat pori-pori tampak besar. Jika Anda suka memakai foundation, kadang timbul 'retakan' yang membuat pori-pori tampak makin besar. Untuk mengatasi hal itu, gunakan pelembab dengan bahan dasar air, baru gunakan foundation.

Semoga tips ini bisa membantu Anda mengatasi pori-pori besar.

Sumber : vemale.com


Baca Selengkapnya ....

Cara Melepas Permen Karet Yang Menempel di Rambut

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

 

Arrghh.. menyebalkan sekali saat ada permen karet yang tidak sengaja tertempel di rambut. Menempel di baju saja susah dibersihkan, apalagi di rambut. Duh.. harus bagaimana? Ditarik membuat rambut rontok, jika rambut digunting juga tidak mungkin, masa harus memotong rambut gara-gara permen karet.

Tenang, ladies! Jangan sampai tragedi ini membuat Anda menangis apalagi sampai memotong rambut. Untuk menghilangkan permen karet yang menempel dengan erat, yang Anda butuhkan adalah salah satu dari bahan-bahan di bawah ini:

  • Selai kacang
  • Minyak goreng

Pakai salah satu yang Anda temukan di dapur. Dengan bantuan sikat gigi bekas, usapkan pada selai kacang atau minyak goreng, lalu sikat di bagian rambut yang tertempel permen karet. Sikat perlahan hingga permen karet terlepas dari rambut. Lakukan perlahan dan jangan kasar agar rambut tidak tertarik dan rontok.

Seandainya masih ada sisa-sisa permen karet di rambut, Ambil es batu, tahan di sekitar rambut kemudian ambil serpihan permen karet yang tersisa. Jika permen karet sudah lepas, Anda bisa mencuci rambut seperti biasa. Jangan lupa gunakan kondisioner, terutama pada rambut yang tadi tertempel permen karet bekas.

Sekarang rambut sudah bersih bebas dari permen karet.

Sumber: vemale.com


Baca Selengkapnya ....

Fakta Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

 

Kadang pusing juga menghadapi rambut yang rontok setiap hari. Sebenarnya rambut rontok adalah hal yang normal. Kumpulkan rambut yang rontok dan hitung berapa jumlahnya. Jika jumlahnya 60 - 100 helai perhari, hal itu wajar (tergantung ketebalan rambut). Jika lebih dari itu, Anda harus waspada.

Penyebab Rambut Rontok

Menurut Dr. Robert Jones dari Hair Transplant Centre, seorang wanita yang mengalami kerontokan sebanyak 80 hingga 90 persen disebabkan karena genetika atau keturunan, dilansir Readers Digest. Tetapi ada juga penyebab kerontokan lain, misalnya:

  • Masalah pada kelenjar tiroid
  • Perubahan hormon, misal kehamilan
  • Efek samping obat
  • Stres
  • Pertambahan usia
  • Kurangnya konsumsi zat besi
  • Tidak cocok produk perawatan rambut

Menurut Dr Robert, biasanya wanita sudah kehilangan 25 persen rambutnya sebelum menyadari mengalami masalah kebotakan. Karena itu, sebelum rambut Anda botak, perhatikan kerontokan yang terjadi pada rambut Anda.

Mengatasi Rambut Rontok

Karena ada banyak penyebab rambut rontok, Anda harus tahu terlebih dahulu apa penyebabnya. Tidak semua masalah kerontokan rambut bisa selesai hanya dengan memakai tonik. Nick Dimakos, pendiri Sure Thik Internasional menyarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mencoba berbagai kosmetik rambut yang dikabarkan bisa mengatasi masalah rambut rontok.

Sebagai upaya dari dalam, Anda bisa mencoba mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 atau suplemen yang mengandung zat besi (biasanya untuk mengobati anemia). Hindari mengikat atau menggulung rambut terlalu ketat. Saat rambut Anda sedang rontok, hindari ekstensi rambut agar akar yang lemah tidak semakin memperparah kerontokan rambut.

Anda punya jurus jitu mengatasi rambut rontok? Silakan bagi di kolom komentar!

Sumber: vemale.com


Baca Selengkapnya ....

Sering Nyeri Dada ..?? Ini Penyebabnya ..

Posted by Tiket Kotu Senin, 29 Juli 2013 1 komentar
Ilustrasi serangan jantung

Banyak orang yang terlampau khawatir menghubungkan semua nyeri dada yang dialaminya dengan nyeri dada akibat jantung. Pada bagian ini, kita akan melihat penyebab nyeri dada lainnya beserta karakteristik yang membedakannya dari nyeri dada akibat jantung. Menariknya, penyebab-penyebab yang akan dipaparkan di bawah ini sebenarnya lebih sering menimbulkan nyeri dada kiri ketimbang jantung sendiri.

Nyeri dada pada dasarnya dapat disebabkan oleh semua penyusun dada kita. Dari luar ke dalam dada kita disusun oleh kulit, otot, tulang, jantung, selaput pembungkus paru-paru, dan paru-paru. Di sekitar dada juga terdapat organ lambung dan payudara pada wanita.

 1. Kelainan kulit

Nyeri daerah dada dapat disebabkan sebatas kelainan kulit dada. Infeksi pada kulit, jerawat, atau bisul dapat menimbulkan rasa nyeri. Kelainan kulit lainnya dengan gejala utama nyeri adalah penyakit herpes. Jenis herpes tertentu menyerang kulit dan hanya pada satu sisi saja (sisi kiri saja atau sisi kanan saja).

Biasanya nyeri akibat kelainan kulit memiliki sensasi tajam, seperti ditusuk-tusuk. Letak nyeri akan mudah ditunjuk oleh satu jari dan biasanya tampak adanya kelainan pada kulit yang mudah ditemukan.

2. Muscle spasm

Lapisan setelah kulit adalah otot. Tegang otot atau muscle spasm dapat terjadi tiba-tiba, menimbulkan rasa nyeri pada dada, dan berlangsung dalam hitungan menit atau hilang-timbul hingga berhari-hari.

Muscle spasm adalah penyebab nyeri dada yang paling sering disangka oleh kita sebagai nyeri dada akibat jantung. Muscle spasm dapat timbul setelah olahraga maupun setelah aktivitas fisik sehari-hari, seperti mengangkat barang. Muscle spasm juga sering dialami oleh anak-anak yang aktif.

Nyeri dada yang ditimbulkan oleh otot biasanya dapat dilokalisasi. Orang tersebut akan mudah menunjukkan lokasinya dengan hanya satu jarinya. Nyeri akibat otot berubah-ubah intensitasnya oleh gerakan tubuh. Nyeri terkadang terasa lebih sakit pada suatu gerakan atau posisi tertentu, misal nyeri bertambah sakit saat mengangkat lengan kiri, saat menarik napas dalam-dalam, dan sebagainya. Sifat nyerinya juga tajam, sensasi seperti ditusuk-tusuk.

3. Memar tulang

Memar tulang atau dalam bahasa medis disebut kontusio tulang juga merupakan penyebab tersering nyeri dada. Memar tulang umumnya terjadi akibat terkena pukulan atau trauma langsung pada dinding dada. Tulang yang sering mengalami memar di dada ialah tulang rusuk. Sifat nyeri yang disebabkan oleh tulang mirip dengan nyeri karena otot. Nyeri akan terasa bertambah saat bagian memar tersebut ditekan.

4. Penyakit paru-paru

Hampir semua penyakit pada paru-paru, seperti TBC, radang paru, bronkitis, memar paru, tumor paru, dapat menimbulkan gejala nyeri dada. Nyeri biasanya bersifat tumpul dan tidak terlokalisasi, seperti halnya nyeri akibat jantung. Namun, nyeri akibat paru-paru tidak diiringi gejala simpatis (berkeringat dingin, laju jantung cepat, mual, muntah). Umumnya nyeri dada akibat paru-paru tidak berdiri sendiri, melainkan bersama gejala penyakit paru-paru lainnya, seperti batuk, demam, dan sesak napas.

5. Diseksi aorta

Diseksi aorta juga merupakan kondisi khusus dengan karaktersitik nyeri yang mirip dengan nyeri akibat jantung. Aorta sebenarnya adalah bagian dari jantung yang merupakan pembuluh darah besar yang berfungsi menyaluran darah keluar dari jantung.

Diseksi aorta ialah adanya robekan pada aorta dan ancaman terputusnya pembuluh darah aorta. Keadaan ini dapat diakibatkan benturan dari luar, tekanan darah yang sangat tinggi, atau kondisi dimana dinding pembuluh darah aorta orang tersebut tipis.

Ciri khas nyeri dada akibat diseksi aorta ialah sensasi nyeri yang sangat berat, seperti teriris pisau. Nyeri biasanya dirasakan pada dada kiri bagian atas. Orang yang mengalami diseksi aorta akan tampak lemas, berdebar-debar, berkeringat dingin, gelisah, hingga pingsan. Bila diukur, tekanan darah akan turun. Untuk menegakkan diagnosis diseksi aorta harus dilakukan foto radiologi dada.

6. Maag

Lambung, organ tubuh penyebab sakit maag, terletak tepat di bawah jantung dan paru-paru kiri. Tidak hanya di ulu hati, sering kali sakit maag menimbulkan rasa sakit hingga di dada. Data menunjukkan bahwa maag merupakan salah satu penyakit yang gejalanya sering kali dianggap penderita sebagai sakit jantung. Sebuah penelitian memperlihatkan 30-40 persen pasien yang berobat dengan keluhan nyeri dada ternyata diakibatkan oleh sakit maag.

Sensasi yang paling umum dirasakan adalah rasa terbakar dan panas di dada bagian tengah. Keluhan tersebut muncul akibat produksi asam lambung yang meningkat hingga asam lambung naik ke atas. Asam lambung tersebut mengiritasi saluran makan di daerah dada sehingga menimbulkan rasa panas di dada.

Maag juga menimbulkan rasa mual yang juga bisa ditemukan pada nyeri dada akibat jantung. Namun, bila keluhan disertai gejala lambung lainnya, seperti sering bersendawa, perut terasa kembung, begah, dan keluhan membaik setelah konsumsi obat maag, maka kemungkinan besar rasa dada terbakar tersebut berasal dari sakit maag.

7. Penyakit pada payudara

Pada wanita terdapat organ payudara pada dada. Organ payudara tak jarang menjadi sumber dari rasa nyeri di dada. Pada beberapa wanita, bila sedang menstruasi payudara akan terasa sakit hingga ke dalam dada. Sejumlah penyakit lain pada payudara, seperti infeksi, sumbatan saluran susu, tumor dapat menyebabkan nyeri hingga ke dada. Namun, biasanya nyeri hanya terlokalisasi di sekitar parudara yang dengan penekanan akan terasa lebih sakit.

Sumber: kompas.com


Baca Selengkapnya ....

Ternyata Kebiasaan Membawa Tas di Siku Tangan Sangat Beresiko ...

Posted by Tiket Kotu Minggu, 28 Juli 2013 1 komentar



Para wanita kini punya kebiasaan baru dalam menenteng tas. Bukan digantung di pundak, melainkan di bagian dalam siku dengan merek menghadap luar. Meski tampak gaya, kebiasaan tersebut bisa membuat tendon meradang.

Tendon adalah ujung otot yang melekat pada tulang. Peradangan pada tendon dan persendian dalam dunia kedokteran disebut dengan istilah tendinitis. Gangguan ini biasanya terjadi di sekitar siku, bahu, pergelangan tangan, dan tumit.

"Tendinitis terjadi karena gerakan yang dilakukan berulang-ulang, olahraga berlebihan, atau membawa beban dalam jumlah berat dalam waktu lama sehingga terjadi tarikan pada tendon," kata Laura Djuriantina, Sp KFR, dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi Rumah Sakit Pondok Indah, di Jakarta, Selasa (23/7/2013).

Selain itu, pekerja yang mengutamakan kegiatan fisik dengan pengulangan gerakan, posisi tak biasa, banyak getaran, dan pengerahan tenaga berlebihan, juga harus mewaspadai gangguan ini.

Pada awalnya, tendinitis mungkin hanya menyebabkan nyeri ringan saat digerakkan, tetapi lama-kelamaan nyerinya semakin sering muncul, ada pembengkakan, merah, dan rasa panas. "Semuanya merupakan tanda-tanda inflamasi atau peradangan," kata Laura.

Jika tidak ditangani, tendinitis dapat menjadi kronik dan menyebabkan keterbatasan anggota gerak. Misalnya, saat bahu baru diangkat sedikit, langsung terasa nyeri, padahal seharusnya bahu bisa bebas bergerak ke arah mana pun.

Dien Hermiyati (61) adalah salah satu pasien tendinitis. Beberapa bulan terakhir, ia menderita rasa nyeri di bagian siku dalamnya dan tangannya menjadi sulit digerakkan.

"Sudah bertahun-tahun saya punya kebiasaan menenteng tas di siku kiri, padahal isi tas saya termasuk berat," katanya.

Contoh kasus tendinitis lainnya adalah cedera yang dialami oleh pemain sepak bola asal Brasil, Kaka, yang terkena tendinitis hingga harus absen bermain.

Pengobatan

Meski terkesan tidak berbahaya, tendinitis yang tidak dirawat dengan tepat bisa berujung pada kerusakan tendon, kondisi serius yang butuh penanganan lebih lanjut berupa pembedahan.

Menurut Laura, pengobatan awal tendinitis adalah mengistirahatkan bagian tubuh yang meradang, gunakan kompres es untuk mengurangi bengkak, pemberian obat-obatan antinyeri, atau terapi fisik.

Tetapi, pada tahap kronik, selain pembedahan, kini tersedia metode menggunakan terapi gelombang kejut bertekanan tinggi (RSWT).

"Metode RSWT akan merangsang jaringan-jaringan saraf untuk mengaktifkan mekanisme penghalang nyeri," kata Laura.

Kelebihan metode ini dibanding pembedahan adalah pengobatan relatif cepat dan efektif serta efek sampingnya rendah karena meminimalkan penggunaan obat.

RSWT juga dapat dipakai untuk mengatasi masalah nyeri pada bagian otot rangka, berbagai nyeri pada kaki, sampai luka dan penyembuhan patah tulang yang terlambat.

Peradangan pada tendon dan otot sebenarnya bisa dicegah dengan tidak membebani tubuh melebihi kapasitasnya. "Otot dan tendon punya regangan maksimal. Daripada membawa satu tas tapi terlalu berat, lebih baik bawa dua tas sehingga bebannya terbagi," paparnya.

Untuk mereka yang rutin berolahraga, sangat penting untuk melakukan pemanasan atau peregangan.

Sumber: kompas.com

Baca Selengkapnya ....

Mau Awet Muda ..?? Rutin Konsumsi 5 Makanan ini

Posted by Tiket Kotu 1 komentar

Selain bermanfaat untuk membantu menurunkan bobot tubuh, tomat juga berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Selain melakukan kebiasaan-kebiasaan baik untuk merawat tubuh, ternyata kita juga butuh "menjaga perut" agar tampak lebih muda. Alasannya, kunci awet muda berasal dari perut kita. Kok bisa?

Para ahli mengatakan, makanan-makanan tertentu bisa membantu meremajakan kulit, sehingga dengan makan makanan tersebut kulit akan tetap bercahaya lebih lama. Berikut 5 makanan yang membantu kita untuk tampak lebih muda.

1. Ubi

Warna oranye yang ada pada ubi berasal dari betakaroten, senyawa yang mampu menjaga kesimbangan pH kulit. Betakaroten juga dapat membantu melawan kulit kerin, dan mempercepat regenerasi kulit. Keduanya menghasilkan kulit yang lebih lembut dan tampak muda.

2. Salmon liar

Pigmen yang membuat ikan ini berwarna pink disebut astaksantin. Pigmen ini merupakan musuh bagi radikal bebas yang merusak membran sel dan DNA dan menyebabkan penuaan kulit. Sebuah studi menemukan, makan satu sajian salmon setiap lima hari dapat mencegah keratosis aktinik, yaitu suatu penyakit kulit yang ditandai dengan bintik-bintik kecil, kasar, dan bersisik menonjol.

3. Tomat
Pigmen merah pada tomat likopen merupakan antioksidan poten yang melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Agar tubuh mampu menyerap likopen lebih baik, maka tomat sebaiknya dimasak sebentar dan disajikan dengan minyak zaitun.

4. Jeruk
Kandungan vitamin C dalam jeruk penting untuk membentuk kolagen, komponen vital agar kulit tampak lebih muda. Jeruk juga kaya akan bioflavonoid yang menjaga kulit dari sinar UV dan membantu mencegah kematian sel.

5. Sayur-sayuran hijau
Bayam, kangkung, dan sayuran hijau lain mengandung lutein yang melindungi kulit dari peradangan dan bintik hitam akibat paparan sinar matahari.

Nicholas Perricone, ahli kulit dan penulis buku The Wrinkle Cure, The Perricone Prescription, The Perricone Promise and Forever Young, mengatakan, efek makanan terhadap kesehatan kulit jauh lebih baik daripada efek dari suplemen.

"Masih banyak faktor yang belum terungkap dari makanan, sehingga efeknya terhadap tubuh mungkin sangat jauh lebih baik daripada suplemen," ujarnya.


Baca Selengkapnya ....

Saat Berbuka Puasa, Jangan Lupakan Air Putih .

Posted by Tiket Kotu 1 komentar


Tidak makan dan minum sekitar 14 jam selama puasa tentunya sangat memengaruhi kondisi tubuh. Kurangnya cairan dan asupan nutrisi yang masuk membuat tubuh sering kali terasa lemas. Cara mengatasinya adalah dengan makan dan minum. Sudah tentu kegiatan makan dan minum Anda lakukan pada waktunya, yaitu saat berbuka dan setelahnya hingga sahur.
 
Banyak orang kehilangan nafsu makan ketika berpuasa. Minuman manis yang dikonsumsi saat berbuka puasa sering kali cukup memuaskan dahaga dan seketika menghilangkan rasa lapar.

Begitu pula saat sahur banyak orang malas makan karena alasan mengantuk. Padahal, umumnya kalori yang dibutuhkan oleh perempuan dewasa per hari sekitar 1.900 dan pria 2.100 kalori.

Untuk tetap memenuhi kebutuhan tersebut, Anda harus tetap makan saat berbuka maupun sahur. Anda juga bisa mengonsumsi buah kurma yang dipercaya memberikan dan mengembalikan energi saat berpuasa.

Bila saat sahur Anda malas makan dan berpikir untuk cukup mengganti makanan dengan vitamin, hal itu sangat tidak dianjurkan. Vitamin tidak bisa mengganti semua kebutuhan makanan yang diperlukan. Tubuh Anda butuh elemen-elemen lain juga.
 
Air putih

Berbuka puasa identik dengan takjil, penganan ringan yang mayoritas berasa manis dan tidak jarang bersuhu dingin. Berbuka dengan hidangan manis dan dingin memicu insulin untuk bekerja karena adanya lonjakan kandungan gula dalam darah.

Sangat dianjurkan berbuka dengan minuman hangat dengan kandungan gula rendah. Jangan lupa untuk kemudian tetap meminum air putih. Usahakan tetap sesuai anjuran idea,l yaitu minimal 8 gelas untuk menghindari dehidrasi dan mengembalikan cairan yang hilang selama berpuasa.

Sumber: www.tipsdokter.com

Baca Selengkapnya ....

Tiket

Popular Posts

LAYANAN TIKET PESAWAT MURAH support SENI BERBELANJA DI RUMAH - Original design by Bamz | Copyright of Berbagi Berita Terkini.