Stroke & Hipertensi Gampang Dicegah Asal Doyan Makan Pisang

Posted by Tiket Kotu Sabtu, 06 April 2013 0 komentar


Jakarta,
Pisang mudah didapatkan di mana saja, mulai dari warung makan hingga minimarket dan pusat perbelanjaan. Bukan hanya membantu menahan lapar, buah pisang juga memiliki banyak manfaat termasuk mencegah tekanan darah tinggi dan stroke.

Kandungan potasium atau kalium yang tinggi dalam buah pisang sejak lama dikaitkan dengan penurunan tekanan darah dan risiko hipertensi. Anggapan ini diperkuat dengan penelitian terbaru yang menunjukkan bahwa asupan kalium yang tinggi bisa mengurangi risiko stroke 23 persen.

Penelitian yang dipublikasikan di situs bmj.com tersebut juga membantah anggapan bahwa pada orang dewasa kalium susah dibersihkan oleh ginjal. Bahkan penelitian ini tidak menemukan dampak negatif dari konsumsi pisang yang kaya kalium, terhadap kesehatan ginjal.

Data yang terungkap dalam penelitian ini diklaim cukup berkualitas untuk membuktikan manfaat pisang bagi penderita tekanan darah tinggi. Dalam 33 pengujian, lebih dari 128.000 orang dengan riwayat tekanan darah tinggi membuktikan bahwa kondisinya membaik berkat makan pisang.

Pisang merupakan salah satu sumber potasium atau kalium yang paling populer sekaligus paling kaya. Tiap sebatang pisang, rata-rata terkandung 420 mg kalium. Pada orang dewasa, kebutuhan kalium dari berbagai sumber makanan rata-rata 3.500 mg setiap hari.

Stroke sendiri merupakan salah satu penyakit paling mematikan pada orang dewasa. Tiap tahun, ada lebih dari 53.000 kematian di Inggris yang dikaitkan dengan stroke. Kalaupun ada juga yang selamat, 100.000 di antaranya hidup dalam kecacatan akibat stroke.

Selain dengan memperbanyak asupan kalium dari pisang atau sumber makanan yang lain, stroke dan tekanan darah tinggi juga bisa dicegah dengan mengurangi asupan garam. Dikutip dari Daily Mail, Jumat (5/4/2013), tekanan darah berkurang sangat signifikan dalam 4 bulan hanya dengan membatasi asupan garam.

Sumber: http://health.detik.com

Baca Selengkapnya ....

Seks Seperti Apa yang Diinginkan Suami dan Istri? Cek di Sini ..

Posted by Tiket Kotu 0 komentar


Jakarta,
Terkadang istri enggan berbicara dengan gamblang kepada suami, hubungan seks seperti apa yang dia harapkan. Kadang-kadang suami pun tidak bisa mengkomunikasikan keinginan seksnya kepada sang istri. Hmm, seks seperti apa yang diinginkan oleh suami dan istri?

Menurut pakar hubungan seks Tracey Cox, banyak orang yang lebih terbuka tentang seks yang diharapkannya kepada teman-temannya ketimbang langsung disampaikan kepada pasangannya.

Tracey mengatakan beberapa tahun lalu dia mulai bertanya kepada laki-laki dan perempuan: Jika Anda harus jujur, apa yang ingin Anda katakan kepada pasangan tentang seks dalam hubungan Anda?

Serentetan jawaban dikumpulkan Tracey dari pihak suami maupun istri. Dia berharap dengan mengetahui daftar jawaban itu, Tracey berharap ada obrolan yang lebih intens dari suami istri untuk membicarakan hal-hal terkait seks yang mereka inginkan.

"Saya kira ini cukup mewakili apa yang perempuan inginkan dari laki-laki dan apa yang laki-laki inginkan dari perempuan," ucapnya seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (5/4/2013).

Berikut ini yang diinginkan istri dari suaminya:

1. Untuk menikmati seks, saya ingin bergairah secara emosional sebagaimana fisik saya distimulasi.

2. Kata-kata adalah afrodisiak untuk saya. Jika kamu menginkan seks lagi, berbicara saja lebih banyak.

3. Semakin banyak pekerjaan rumah yang kamu lakukan, saya akan semakin merasa menikmati seks. Soalnya saya tidak akan terlalu lelah dan merasa kita adalah partner yang sejajar.

4. Saya juga ingin berinisiatif memulai seks lebih dulu, tapi saya jadi kehilangan selera kalau kamu setiap hari melakukannya.

5. Saya butuh waktu lebih lama untuk orgasme daripada kamu, dan ini lebih sulit didapat. Jadi jangan terburu-buru.

6. Berlakulah lembut. Kulitku lebih tipis dan lebih sensitif daripada kamu. Kadang sesuatu yang bagimu biasa saja, tapi bagiku itu menyakitkan.

7. Jangan mengasumsikan saya cuma mau seks yang romantis. Saya juga siap untuk melakukan seks liar.

8. Jangan memusuhi kalau saya sebelumnya tidak mau melakukan seks. Itu bikin saya merasa tidak seksi dan jadi tidak bergairah.

9. Terimalah kalau saya mungkin tidak akan orgasme selama berhubungan seks. Saya ingin mendapat stimulasi di klitoris dengan tanganmu atau dengan vibrator. Ini bukan berarti saya tidak menikmati bercinta denganmu, tapi ya beginilah tubuh saya didesain.

Nah, yang ini adalah daftar pemikiran pria soal seks:

1. Saya menggunakan seks untuk mengekspresikan cinta padamu. Kadang-kadang saya kesulitan mengekspresikan emosi dan seks adalah cara untuk mendekatkanmu secara fisik.

2. Saat kamu enggan bercinta dengan saya, saya merasa ditolak sebagai manusia. Tolong lakukanlah dengan lebih baik.

3. Sistem seksual saya simpel. Saya tahu sistem seksualmu berbeda tapi saya butuh kamu untuk membertahukan dan menunjukan secara spesifik apa yang kamu inginkan, jadi saya bisa benar-benar memahami tubuhmu.

4. Hanya karena saya menginginkan sesuatu yang baru, bukan berarti saya berpikir kamu tidak seksi. Saya hanya perlu dan butuh variasi.

4. Saya adalah manusia visual. Saya senang melihatmu mengenakan sesuatu yang seksi. Jangan sinis jika melihatku melihat foto erotis, pria memang melakukan itu.

5. Berhenti mengkhawatirkan tubuhmu. Kamu terlihat menyenangkan di mata saya, tapi saya hanya fokus pada bagian-bagian yang paling saya suka.

6. Saya ingin sering dan teratur dalam melakukan hubungan seks sering. Jika itu tidak mungkin, jelaskan mengapa. Jika saya memahami mengapa dan tahu bahwa kita bisa melakukan seks yang hebat di waktu lain, aku bisa menerimanya.

7. Saya menyadari gairah seks kamu dipengaruhi oleh siklus bulanan. Tapi berikanlah kejelasan saat kamu merasa ingin melakukan hubungan seks. Jangan berfokus pada saat kamu tidak ingin melakukannya.

8. Ketika kamu melakukan hubungan seks seolah hanya untuk menyenangkan saya, itu membuat saya marah dan kecewa. Saya juga ingin kamu menikmatinya seperti saya.

Sumber: http://health.detik.com

Baca Selengkapnya ....

Siapa Sangka 7 Hal Ini Bisa Bikin Pria Malas Bercinta

Posted by Tiket Kotu 0 komentar


Jakarta,
Tak ada bedanya dengan wanita, pria juga sensitif kalau untuk urusan ranjang. Bukan semata karena kecapekan kerja, pria bisa malas bercinta jika dihadapkan pada hal-hal lain yang mungkin tak terduga sebelumnya, baik bersifat fisik maupun psikologis.

Misalnya gangguan kesehatan tertentu seperti penyakit jantung, diabetes hingga diabetes yang dapat berakibat pada disfungsi ereksi dan gangguan ereksi yang dapat mempengaruhi kondisi psikologisnya di kemudian hari. Terkadang gairah seks pria juga ditentukan oleh kondisi pasangannya.

Berikut tujuh hal yang ternyata dapat mematikan hasrat bercinta hingga fungsi seksual pria seperti dikutip dari everydayhealth, Selasa (2/4/2013).

1. Anda terlalu akrab dengan teman-teman suami
Mungkin para istri berpikir jika mereka berteman baik dengan sahabat-sahabat suaminya maka itu akan membuat suami menjadi senang. Tapi sejumlah peneliti membuktikan hal itu tidaklah benar.

Studi terbaru yang dilakukan terhadap 3.000 orang dan dipublikasikan dalam American Journal of Sociology memaparkan bahwa ketika seorang wanita bisa bercengkerama dengan teman-teman suaminya, ini akan membuat sang suami cemburu hingga mengalami disfungsi ereksi, terutama pada pria tua.

"Pria-pria ini akan lebih cenderung mengalami kesulitan untuk mendapatkan dan mempertahankan ereksi, termasuk lebih sering mengalami kesulitan mencapai orgasme selama bercinta," kata peneliti Benjamin Cornwell, seorang profesor sosiologi dari University of Chicago.

Apa alasannya? "Suami mungkin merasa dia telah mendapatkan Anda dan itu berarti teman-temannya takkan memiliki akses yang sama dengannya," terang Gilda Carle, PhD, seorang psikolog dan penulis yang berbasis di New York.

2. Anda cantik dan seksi di mata orang lain
Pria akan bangga jika memiliki pasangan yang cantik dan seksi, apalagi di mata orang lain. Tapi nyatanya hal ini juga membuat pria terintimidasi sekaligus merasa tak sepadan dengan pasangannya.

"Pria suka jika dikatakan beruntung tapi mereka juga tak ingin merasa tak aman," terang April Masini, seorang kolumnis rubrik hubungan dan kencan serta penulis buku Date Out of Your League.

Faktanya, tim peneliti dari University of Valencia menemukan saat berada di sekitar wanita cantik kadar hormon stres pria cenderung meroket. Padahal stres juga merupakan salah satu pemicu disfungsi ereksi pada pria, tak heran peneliti juga menemukan pengaruhnya terhadap penurunan aktivitas pria di atas ranjang.

Tapi tentu saja si dia tak berhak membenci Anda hanya karena Anda cantik bukan? "Jika Anda seorang wanita yang atraktif dan Anda tertarik pada pria yang wajahnya tak begitu tampan, pastikan si dia tahu betapa seksinya mereka di mata Anda," saran Masini.

3. Anda memakai parfum berlebihan
Parfum seharusnya menarik perhatian pria dan membuatnya bergairah. Tapi ternyata aroma parfum yang kuat justru bisa menurunkan gairah pria. Sebuah survei dari University of West Georgia menemukan hampir 30 persen partisipan menganggap produk-produk beraroma itu menjengkelkan.

Belum lagi aroma parfum juga dapat menyebabkan serangan alergi atau memicu sakit kepala membandel dapat mengakibatkan gangguan ereksi.

"Untuk itu, tanyakan bagaimana pendapatnya ketika mencium aroma parfum Anda. Pasalnya setiap orang memiliki indera penciuman yang berbeda-beda jadi jangan tersinggung jika si dia meminta Anda menggantinya," kata Carle.

4. Anda mendengkur
Sudah banyak riset yang membuktikan kebenaran hal ini. Pasangan yang mendengkur tak hanya merusak kehidupan seksual tapi juga hubungan keduanya. Menurut National Sleep Foundation, sekitar 24 persen pasangan menikah terpaksa tidur di dua kamar terpisah karena salah satu pasangan mendengkur begitu keras. 17 persen responden lainnya pun mengakui jika mendengkur mengganggu kehidupan seksual mereka.

Lagipula mendengkur sebenarnya bukan semata masalah pria karena wanita pun mengalaminya. "Untuk itu jika Anda suka mendengkur saat tidur, segera kunjungi dokter gigi atau klinik tidur yang mungkin dapat membantu mengatasi masalah Anda itu," saran Masini.

5. Anda memicu pertengkaran
Tak ada yang mematikan gairah pria lebih daripada terus-menerus bertengkar dengan pasangan. Meski ada peluang untuk melakukan makeup sex atau berbaikan dengan cara bercinta, kerugian yang dialami pria akibat sering bertengkar dengan pasangan itu mungkin sudah kadung terjadi.

Pasalnya sejumlah studi menyatakan bahwa pria yang berada dalam hubungan yang tak sehat berisiko lebih tinggi untuk terkena disfungsi ereksi.

6. Anda membuatnya depresi
National Institute of Mental Health memperkirakan hampir enam juta pria AS mengidap depresi setiap tahunnya. Kendati begitu, banyak pria yang enggan mengungkapkan penyebab depresinya atau bahkan enggan mengakui jika mereka depresi.

Padahal depresi seringkali dikaitkan dengan masalah kesehatan seksual seperti disfungsi ereksi. Yang perlu diwaspadai adalah ketika pria mulai terlihat sedih, gelisah dan mudah tersinggung. Sebagai istri, Anda juga tak boleh diam saja dan introspeksi terhadap berbagai hal yang mungkin Anda lakukan atau katakan yang membuat suami menjadi depresi.

7. Anda terlalu mengaturnya
Setiap wanita tentu ingin meningkatkan kualitas pasangan dan hubungan yang mereka miliki, tapi kadang tanpa disadari mereka bisa saja bertindak secara berlebihan sehingga Anda mengaturnya secara berlebihan, padahal hal ini bisa mematikan hasrat seksual suami.

"Kondisi ini membuat seorang pria merasa dirinya kurang begitu baik dan itu justru akan meningkatkan ketidakamanan (insecurity) yang ia rasakan. Cintai suami Anda dengan apa adanya dia karena tak ada satu orang pun yang sempurna," terang Carle.


Sumber: http://health.detik.com

Baca Selengkapnya ....

4 Latihan Ini Bisa Atasi Ejakulasi Dini

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

(Foto: Thinkstock)

Jakarta, Ejakulasi dini seringkali menjadi momok bagi pria, tak hanya tua tapi juga pria-pria muda. Tapi tak perlu cemas, berolahraga dan latihan merupakan cara terbaik untuk mengatasinya.

Ejakulasi dini adalah salah satu masalah yang paling umum dihadapi pria saat bercinta. Entah karena terlalu bergairah, tergesa-gesa, gangguan psikologis atau memang ada kondisi penyakit tertentu, namun kondisi ini lambat laun bisa membuat para lelaki stres.

Dampak dari ejakulasi tak hanya dapat menimbulkan rasa malu, stres atau menurunkan rasa percaya diri, tetapi juga mengurangi kenikmatan seksual bagi pasangan. Berolahraga dan latihan dianggap sebagai cara terbaik untuk mengatasi ejakulasi dini karena memberikan kekuatan untuk organ intim dan juga meningkatkan sirkulasi darah.

Berikut beberapa latihan yang dapat dilakukan untuk mengatasi ejakulasi dini, seperti dilansir Onlymyhealth, Jumat (5/4/2013):

1. Squeezing

Squeezing dianggap sebagai salah satu metode terbaik untuk mengatasi ejakulasi dini. Ereksi dalam metode ini dicapai melalui masturbasi. Setelah penis sepenuhnya ereksi, ejakulasi dihentikan dengan menekan ujung penis dengan benar-benar keras. Latihan ini dilakukan untuk memaksimalkan orgasme dan menghindari ejakulasi dini.

2. Senam Kegel

Ilustrasi sederhana senam kegel seperti menahan dan melepaskan air seni, yang ketika itu dilakukan maka otot-otot panggul akan bergerak. Teknik senam Kegel yang mudah dilakukan caranya adalah kontraksikan otot seperti menahan kencing untuk awalnya selama 5 detik, kemudian kendurkan. Terus ulangi latihan tersebut setidaknya lima kali berturut-turut dengan meningkatkan lama waktu menahan kencing 15-20 detik.

Latihan ini tergolong mudah karena bisa dilakukan kapan saja dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Latihan bisa dilakukan di kursi kerja, sambil duduk, sambil berjalan, sambil berdiri, atau berbaring.

3. Latihan 'Start and Stop'

Latihan ini dilakukan dengan memegang penis sampai mendapat ereksi. Ketika hampir ejakulasi, tarik tangan menjauh dari penis dan tahan ejakulasi. Ulangi latihan lagi. Dengan melakukan ini berulang-ulang, kontrol penuh pada ejakulasi bisa dicapai.

4. Ubah posisi bercinta

Mengubah posisi saat berhubungan seks juga merupakan latihan yang baik untuk memperpanjang ejakulasi. Hal ini memperlambat gairah dan penetrasi, sehingga meningkatkan hubungan intim dan mencegah ejakulasi dini.

Sumber : detik.com

Baca Selengkapnya ....

Video Polisi Bali Palak Turis Belanda Beredar di Youtube

Posted by Tiket Kotu Rabu, 03 April 2013 0 komentar
Video Polisi Bali Palak Turis Belanda Beredar di Youtube  Salah satu adegan video "Polisi Korupsi di Bali" yang beredar luas di Youtube. 
DENPASAR,  Sebuah video seorang oknum polisi di Bali memalak turis Belanda berjudul "Polisi Korupsi Di Bali/ Corruption Police in Bali" beredar di Youtube. Video berdurasi 4 menit 49 detik tersebut berisi adegan pemalakan seorang oknum polisi terhadap wisatawan Belanda di dalam pos polisi Lio Square, perempatan Petitenget, Kuta Utara.
Oknum polisi yang tidak diketahui namanya karena emblem nama tertutup rompi berwarna hijau tersebut menilang turis Belanda yang mengaku bernama Van Der Spek. Di dalam pos, oknum polisi tersebut menyebutkan kesalahan Van Der Spek adalah tidak mengenakan helm saat mengendarai sepeda motor.
"Kalau di pengadilan kamu harus membayar Rp 1.250.000, tapi kalau di sini hanya Rp 200.000 saja," ujar oknum tersebut saat melancarkan aksi "damainya" kepada si turis.
Tak pikir panjang, Van Der Spek langsung menyodorkan uang Rp 200.000 berupa empat pecahan Rp 50.000-an. Dari proses pengambilan gambar dengan kamera mata-mata, si turis tampaknya sengaja mendokumentasikan video ini dan tampak seperti liputan investigasi.
Video ini diunggah ke Youtube tanggal 1 April lalu dengan akun "gil4sekali" dan saat ini telah disaksikan lebih dari 300 orang. Saat mengonfirmasi video ini kepada Kabid Humas Polda Bali Kombes Hariadi, yang bersangkutan sedang berada di Jakarta dan telepon selulernya tidak aktif saat dihubungi.
Saat dikonfirmasi sore tadi, Kapolres Badung AKBP Komang Suartana membenarkan bahwa oknum polisi tersebut adalah anggotanya dan saat ini tengah dalam pemeriksaan. Dari hasil penyelidikan polisi, video tersebut dibuat sekitar lima bulan lalu, tetapi baru diunggah pada 1 April 2013.

Nonton yuk..aksi Oknum Polisi Keblinger ini :



Baca Selengkapnya ....

LIGA CHAMPIONS : Malaga Imbangi Dortmund

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

Striker Borussia Dortmund dari Polandia, Robert Lewandowski, bereaksi dalam laga perempat final pertama Liga Champions melawan Malaga di Stadion La Rosaleda, Rabu (3/4/2013). Laga itu berakhir 0-0.
Borussia Dortmund setengah tak percaya dengan hasil imbang tanpa gol dalam laga perempat final pertama Liga Champions di markas Malaga, Rabu atau Kamis (4/4/2013).

Maklum saja, tujuh peluang Die Borussen yang mengarah ke gawang, semuanya digagalkan kiper Los Andalusia, Willy Caballero.

"Seharusnya, aku dapat membantu tim dengan mencetak minimal satu gol. Sayang, aku tak bisa melakukannya. Kami masih puas dengan hasil akhir yang diperoleh, dan kami pun masih punya laga kedua (di kandang)," papar Mario Goetze seusai pertandingan.

Bintang Dortmund bernomor 10 itu memang memiliki dua peluang emas dalam setengah jam pertama pertandingan. Namun, semuanya dimentahkan dengan gemilang oleh Willy. Hingga wasit Swedia, Jonas Eriksson, meniupkan peluit panjang, Juara Bundesliga dua musim beruntun itu pun harus rela berbagi angka "kacamata" dengan tuan rumah Malaga.

"Kami tampil bagus dalam laga tandang ini dan mampu menciptakan sejumlah peluang emas. Mario (Goetze) punya 3-4 kesempatan dan biasanya ia mencetak minimal satu gol di antaranya. Seharusnya begitu. Namun, penting juga gawang kami tak kebobolan," sambung gelandang Dortmund lainnya, Ilkay Guendogan.

Hasil imbang itu juga disikapi dengan lapang dada oleh kiper Roman Weidenfeller yang juga menorehkan tujuh penyelamatan dari 10 peluang yang dimiliki Malaga. Ia pun membukukan clean sheets keempat Die Schwarzgelben di Liga Champions musim ini.

"Bisa saja kami puas dengan hasil 0-0 ini. Target kami adalah mencatatkan clean sheet. Sayang kami tak mencetak gol dalam beberapa peluang kami. Yang pasti, aku pribadi puas (dengan hasil akhirnya). Belum ada yang dipastikan lolos, tetapi kami akan lakukan semuanya di kandang kami sendiri," tandas Weidenfeller.

Laga kedua akan berlangsung di Stadion BVB, Selasa (9/3/2013).

Baca Selengkapnya ....

LIGA CHAMPIONS : Bungkam Galatasaray, Satu Kaki Madrid di Semifinal

Posted by Tiket Kotu 0 komentar
Luapan kegemberiaan penyerang Real Madrid, Gonzalo Higuain, usai membobol gawang Galatasaray, Rabu (3/4/2013).

Real Madrid berpeluang besar meraih tiket semifinal Liga Champions setelah El Real berhasil mengalahkan Galatasaray dengan skor 3-0 pada leg pertama perempat final pertama Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Rabu atau Kamis (4/4/2013) dini hari WIB. Dengan hasil ini, Los Blancos hanya membutuhkan minimal hasil imbang tanpa gol pada leg kedua tanggal 9 April mendatang. Sementara itu, peluang Gala untuk lolos ke semifinal cukup sulit. Didier Drogba dan kawan-kawan mutlak meraih kemenangan bermargin empat gol.  

Sebagai tuan rumah, Madrid langsung mengambil inisiatif serangannya. Sebuah serangan cepat Si Putih nyaris membuahkan hasil. Xabi Alonso dengan jeli melepaskan bola kepada Angel Di Maria yang beroperasi di sayap kanan. Dengan cepat, pemain asal Argentina tersebut melepaskan umpan yang disambut tandukan oleh Benzema. Sayang, tandukan pemain asal Perancis tersebut masih  gagal mengenai sasaran.  

Madrid akhirnya benar-benar mampu unggul terlebih dulu berkat gol yang diciptakan Cristiano Ronaldo pada menit kesembilan. Gol berawal dari umpan terobosan Mesut Oezil kepada Ronaldo yang berada di antara dua pemain lawan. Begitu menguasai bola, Ronaldo, yang melihat kiper Fernando Muslera maju, langsung mencip bola yang membuat bola bersarang ke pojok kanan atas gawang Gala.

Bomber andalan Gala, Didier Drogba, nyaris mencetak gol balasan saat menguasai bola di depan kotak penalti lawan pada menit ke-12. Namun, pemain yang pernah memperkuat Chelsea tersebut terlalu terburu-buru dalam melepaskan tembakan sehingga bola gagal mengenai target.

Madrid membalasnya lewat sepakan keras yang dilepaskan Oezil dari luar kotak penalti pada menit ke-18. Usaha Oezil belum membuahkan hasil karena Muslera cukup sigap mengamankan bola.

Tak mau kalah, Drogba mencoba peruntungannya dengan melepaskan tendangan keras pada menit ke-26. Sial, tembakan pemain Pantai Gading tersebut masih bisa ditepis oleh Diego Lopez.

Tiga menit kemudian, Galatasaray kembali dibungkam setelah Benzema berhasil mencetak gol balasan. Dari sisi kiri pertahanan Gala, Essien melepaskan umpan ke dalam kotak penalti. Bola kemudian jatuh ke kaki Benzema. Tanpa ampun, Benzema yang dibayangi-bayangi dua pemain lawan melepaskan tembakan dan gol.

Meski unggul 2-0, Madrid tak sedikit pun mengendurkan serangannya. Sebuah pergerakan dari Benzema cukup mengancam jika saja lajunya tidak dihentikan Nounkeu pada menit ke-41.

Tiga menit kemudian, giliran Eboue yang mengancam gawang Madrid. Pemain yang pernah memperkuat Arsenal tersebut berhasil menembus ke dalam kotak penalti lawan dan kemudian melepaskan tembakan keras. Apes tembakan kaki kanan yang dilepaskan Eboue masih bisa ditepis Lopez. Itu menjadi peluang terakhir bagi Gala dan skor 2-0 untuk keunggulan Madrid bertahan hingga turun minum.

Pada awal babak kedua, Pelatih Gala, Fatih Terim, mengubah strateginya. Dia memasukkan Gokhan Zan yang berperan sebagai bek tengah, untuk menggantikan Sneijder. Penampilan Sneijder memang tak terlalu menonjol pada babak pertama karena pergerakan gelandang asal Belanda ini selalu mampu diredam oleh Sami Khedira.
 
Strategi ini jelas membuat Gala tampil lebih bertahan. Didier Drogba dan kawan-kawan terlihat mengandalkan serangan balik begitu menguasai bola. Meski begitu, gawang Gala bukan tanpa ancaman. Gawang Gala nyaris kembali kebobolan oleh Ronaldo dan Di Maria jika saja Muslera tidak sigap mengamankan bola.

Pada menit ke-65, Pelatih Madrid, Jose Mourinho, melakukan perubahan di lini depan. Dia memasukkan Higuain untuk menggantikan Benzema.

Higuain pun akhirnya mampu membuat Mourinho tersenyum. Pemain asal Argentina tersebut menyumbangkan gol ketiga bagi Madrid pada menit-73. Higuain berhasil melepaskan tandukan dengan memanfaatkan tendangan bebas Alonso. Tandukan Higuain sangat keras sehingga membuat Muslera kesulitan menjangkaunya. Akhirnya, bola bersarang ke pojok kiri aras gawang Gala.  

Setelah itu, Madrid masih memiliki beberapa peluang emas, tetapi berhasil digagalkan Muslera. Alhasil, Madrid menutup pertandingan dengan skor kemenangan 3-0.

Susunan Pemain
Madrid:
41-Diego Lopez, 4-Raphael Varane, 4, Sergio Ramos, 5-Fabio Coentrao, 15-Michael Essien, 6-Sami Khedira, 10-Mesut Oezil (Modric 80), 14-Xabi Alonso, 22-Angel Di Maria (Pepe 86), 7-Cristiano Ronaldo, 9-Karim Benzema (Gonzalo Higuain 65)
Pelatih: Jose Mourinho

Galatasaray: 25-Fernando Muslera; 13-Nounkeu, 26-Semih Kaya, 27-Emmanuel Eboue, 4-Hamit Altintop (Bulut 78), 8-Selcuk Inan, 10-Felipe Melo, 11-Albert Riera, 14-Wesley Sneijder (Zan 46), 12-Didier Drogba, 17-Burak Yilmaz
Pelatih: Fatih Terim

Wasit: Sven Oddvar Moen (Norwegia)


Baca Selengkapnya ....

LIGA CHAMPIONS : Dua Gol Bayern Benamkan Juventus

Posted by Tiket Kotu Selasa, 02 April 2013 0 komentar

Striker Juventus, Alessandro Matri (kanan), berebut bola dengan bek Bayern Muenchen dari Belgia, Daniel van Buyten, dalam laga perdana perempat final Liga Champions di Stadion Allianz Arena, Selasa (2/4/2013).

Bayern Muenchen membuktikan diri sebagai salah satu favorit juara, setelah menumpas perlawanan satu-satunya wakil Serie-A, Juventus, dua gol tanpa balas di Stadion Allianz Arena, Selasa atau Rabu (3/4/2013). Dua gol kemenangan FC Hollywood disumbangkan David Alaba dan Thomas Mueller. Tiga poin itu makin bermakna karena ditorehkan pada laga Bayern yang ke-150 sepanjang partisipasinya dalam kompetisi Eropa.

Baru semenit laga dimulai wasit Mark Clattenburg, Bayern telah menuai gol pembukanya. Adalah Alaba yang mendapatkan umpan panjang, melewati kiper Gianluigi Buffon, dan kemudian memperdayai Arturo Vidal dengan tembakan congkelnya. Bayern memimpin 1-0.

Tiga menit kemudian, Juventus berusaha membalas. Sayangnya, tembakan datar Andrea Pirlo dari situasi tendangan bebas, masih dapat dimentahkan pagar betis Bayern.

Pada menit ke-12, Pirlo kembali mengancam. Namun, tembakan bebasnya masih dapat diantisipasi Manuel Neuer.

Empat menit kemudian, Bayern harus mengganti Toni Kroos yang cedera, dengan Arjen Robben. Gelandang serang Belanda itu telah mencetak empat gol dalam empat pertandingan Bundesliga terakhirnya.

Pada menit ke-20, Mario Mandzukic berhasil merebut bola yag dikuasai Andrea Barzagli. Umpannya kepada Franck Ribery membuat penyerang Perancis itu bebas mengekeskusi peluang. Ironisnya, bola hanya menyamping dari tiang dekat Juventus.

Dua belas menit berselang, Robben kembali mendapatkan peluang berikutnya. Kali ini, sodoran bola Mueller yang gagal dimaksimalkannya, setelah tembakannya hanya membuat bola menyamping dari sasaran.

Beberapa saat jelang turun minum, sepak pojok Pirlo hampir menghasilkan gol balasan. Sayangnya, sundulan Leonardo Bonucci melambung dari gawang Neuer.

Sampai wasit Clattenburg meniupkan peluit jeda, Bayern memimpin 1-0 atas tamunya dari Serie-A, Juventus.

Pada menit ke-53, Luiz Gustavo mendapatkan peluang emas di kotak penalti Juventus. Namun, ia gagal melesakkan bola ke sasaran, setelah eksekusinya melambung jauh dari gawang Buffon.

Sepuluh menit kemudian, Die Roten menuai gol keduanya. Berawal dari sepakan Gustavo, Buffon mengeblok bola yang lalu menuju ke arah Mario Mandzukic. Dengan tenang, striker Kroasia itu menyodorkan bola kepada Thomas Mueller yang dengan mudah menceploskan bola ke dalam gawang I Bianconeri.

Tekanan Bayern makin gencar. Pada menit ke-70, Ribery mencoba peruntungannya dengan sepakan dari luar kotak penalti. Namun, Buffon berhasil membaca dan mengantisipasi bola yang menuju tiang dekat gawangnya.

Sampai laga berakhir, kedudukan 2-0 untuk Bayern tak berubah. UEFA mencatat, raksasa Bavaria itu menguasai pertandingan 54 persen dan menghasilkan 21 peluang dengan 10 di antaranya mengarah ke gawang Juventus.

Sementara Si Nyonya Besar hanya mendapatkan tujuh kesempatan dengan tiga di antaranya tepat ke gawang Bayern.

Dengan hasil itu, pasukan Jupp Heynckes difavoritkan untuk melangkah ke semifinal. Sepekan ke depan, Die Roten punya modal dua gol tanpa kebobolan dan justru itu yang memperkecil peluang Juventus karena harus menuai kemenangan bermargin minimaal tiga gol.

Susunan Pemain
Bayern:
1-Manuel Neuer; 4-Dante, 5-Daniel van Buyten, 21-Philipp Lahm, 27-David Alaba; 7-Franck Ribery (11-Xherdan Shaqiri 90), 25-Thomas Mueller, 30-Luiz Gustavo Dias, 31-Bastian Schweinsteiger, 39-Toni Kroos (10-Arjen Robben 16); 9-Mario Mandzukic (33-Mario Gomez 90)
Pelatih: Jupp Heynckes

Juventus: 1-Gianluigi Buffon; 3-Giorgio Chiellini, 15-Andrea Barzagli, 19-Leonardo Bonucci; 8     Claudio Marchisio, 13-Federico Peluso (6-Paul Pogba 75), 21-Andrea Pirlo, 23-Arturo Vidal, 26-Stephan Lichtsteiner; 27-Fabio Quagliarella (12-Sebastian Giovinco 75), 32-Alessandro Matri (9-Mirko Vucinic 75)
Pelatih: Antonio Conte

Wasit: Mark Clattenburg (Inggris)
 Sumber : UEFA

Baca Selengkapnya ....

LIGA CHAMPIONS : Messi Cedera, PSG Tahan Barcelona

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

Penyerang Barcelona dari Argentina, Lionel Messi, merayakan golnya ke gawang Paris Saint-Germain dalam laga perdana Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Paris, Selasa (2/4/2013).

Paris Saint-Germain berhasil menahan keperkasaan Barcelona dan berbagi angka 2-2 dalam laga perempat final pertama Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Selasa atau Rabu (3/4/2013) dini hari WIB. Kedua gol pertama dalam laga itu masing-masing disunting aktor utama partai itu, Lionel Messi dan Zlatan Ibrahimovic. Sementara dua gol lainnya disunting pada akhir paruh kedua.

Barcelona berusaha menguasai pertandingan sejak menit pertama. Beberapa kali operan Xavi Hernandez plus aksi Alexis Sanchez dan Dani Alves membahayakan pertahanan PSG. Namun, hingga menit kelima, Barca belum menuai hasil maksimal.

Les Parisiens justru nyaris membobol gawang Barcelona kawalan Victor Valdes. Tusukan Ezequiel Lavezzi menggoyahkan pertahanan Blaugrana. Bomber Argentina itu kemudian melambungkan bola melampaui Valdes. Hasilnya, bola masih mengenai tiang kanan gawang Barca.

Tiga menit kemudian, Xavi kembali mengancam barisan belakang PSG. Namun, tembakan jarak jauh pria berusia 34 tahun itu masih melebar dari jala Salvatore Sirigu.

Pada menit ke-13, PSG kembali menyengat. Berawal dari sepak pojok David Beckham, Alex melompat dan menyundul bola. Namun, gangguan Alves sudah cukup mengganggu bek Brasil itu hingga bola pun hanya menyamping di sebelah kanan gawang Valdes.

Pada menit ke-17, aksi serupa juga dikreasi Andres Iniesta. Lengkungan bolanya nyaris membahakan gawang Sirigu, namun bola masih menyamping.

Dua menit kemudian, Ibrahimovic beraksi membahayakan gawang Barca. Tembakan bebasnya mampu menembus pagar betis, namun bola keras mendatar masih dapat diantisipasi Valdes dengan tangan kanannya.

Barcelona akhirnya membobol gawang PSG. Messi yang memanfaatkan umpan cerdik Alves. Bomber Argentina itu lolos di kanan penalti PSG. Sekali kontrol, Messi memperdaya Sirigu dengan tembakan kaki kirinya.

Tiga menit jelang turun minum, Messi nyaris memperbesar keunggulan Blaugrana. Namun, tembakan lengkung kanannya masih tipis melebar, sementara Sirigu sudah terpedaya dan hanya mampu menyaksikan bola yang melayang keluar.

Sebelum laga paruh kedua dimulai, Messi digantikan Francesc Fabregas. Pemain Terbaik Dunia empat kali berturut-turut itu terpaksa keluar akibat dibelit cedera hamstring.

Pada menit ke-58, Ibrahimovic mendapatkan peluang bagus di depan gawang Barcelona. Namun, striker Swedia itu tak menduga Alves yang berdiri di depannya gagal menyundul bola. Alhasil, peluang PSG menghilang begitu saja.

Lima menit setelahnya, Barca kembali mengancam PSG. Lemparan panjang Valdes melampaui jangkauan gelandang bertahan PSG, Blaise Matuidi, dan Jordi Alba pun menyayat pertahanan Les Parisiens. Namun, eksekusi terakhir mantan pemain Valencia itu hanya melebar dari gawang Sirigu.

Kehilangan Messi tak membuat Barca mengendurkan tekanan. Pada menit ke-65, Fabregas menyodorkan bola kepada Sanchez. Tembakan mantan bomber Udinese itu sudah mengarah ke sasaran, namun tepat menuju ke tangan Sirigu. Peluang pun mentah dan Barcelona masih tetap memimpin 1-0.

Semenit setelah Marco Verratti masuk, striker muda Italia itu melepas umpan terukur untuk Maxwell. Bek sayap Brasil itu berusaha memperdaya Valdes dengan tembakan kaki kanan yang mengarah ke tiang dekat. Gagal, karena kiper Barca itu masih dapat membaca eksekusi dan mementahkannya.

Sebelas menit jelang waktu normal usai, PSG sukses menyetarakan keadaan. Bermula dari sundulan Thiago Silva, bola mengenai tiang kanan gawang Barcelona dan kembali ke depan gawang. Sekali sontek dengan kaki kiri, Ibrahimovic pun membobol jala Valdes.

Sampai menit ke-87, situs UEFA mencatat penguasaan bola Barcelona mencapai 65 persen plus membukukan 14 spekulasi dengan tujuh di antaranya mengawarh ke gawang. Sementara PSG menuai 11 kali peluang dengan enam di antaranya tepat ke sasaran.

Semenit jelang waktu normal pungkas, Barcelona kembali memimpin setelah Sanchez lolos dan dilanggar Sirigu di kotak terlarang. Xavi yang menjadi algojo penalti dengan tenang melejitkan bola ke kanan gawang, sementara Sirigu telanjur bergerak ke kiri.
Namun, PSG mampu membalas saat injury time memasuki menit keempat. Bermula dari umpan lambung Christophe Jallet, Ibrahimovic menyuplai bola dengan tandukannya kepada Blaise Matuidi. Gelandang timnas Perancis itu pun melesakkan bola dan arahnya sempat berbelo setelah mengenai bek pengganti Marc Bartra. Valdes pun terpedaya dan bola meluncur pelan ke sebelah kanan gawang Barcelona.
Hingga wasit Wolfgang Stark meniupkan peluit panjang, Barcelona tetap unggul 2-1 atas PSG. Tak pelak, raksasa Catalan itu berpeluang melangkah ke semifinal dan tinggal membutuhkan

Susunan Pemain
PSG:
30-Salvatore Sirigu; 2-Thiago Silva, 13-Alex, 17-Maxwell, 26-Christophe Jallet; 14-Blaise Matuidi, 27-Javier Pastore (19-Kevin Gameiro 76), 29-Lucas Moura, 32-David Beckham (24-Marco Verratti 70); 11-Ezequiel Lavezzi (7-Jeremy Menez 66), 18-Zlatan Ibrahimovic
Pelatih: Carlo Ancelotti

Barcelona: 1-Victor Valdes; 2-Dani Alves, 3-Gerard Pique, 14-Javier Mascherano (15-Marc Bartra 84), 18-Jordi Alba; 6-Xavi Hernandez, 8-Andres Iniesta, 16-Sergio Busquets; 7-David Villa (37-Cristian Tello 81), 9-Alexis Sanchez, 10-Lionel Messi (4-Cesc Fabregas 46)
Pelatih: Tito Vilanova

Wasit: Wolfgang Stark (Jerman)
Sumber : UEFA

Baca Selengkapnya ....

Gigi Susu: Permasalahan dan Solusinya

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

Perlu disamakan persepsi dengan orang tua tentang " PERLUKAH GIGI SUSU DIRAWAT"
Perawatan gigi pada masa anak-anak sangat penting karena kondisi gigi susu saat ini sangat menentukan keadaan gigi-gigi permanen penggantinya.

Beberapa fungsi dan peran gigi susu adalah :

1. Fungsi pengunyahan (mastikasi)

Anak yang sering sakit gigi tentu akan malas untuk mengunyah makanan, hal ini berdampak pada asupan gizi yang tentunya sangat dibutuhkan anak-anak mengingat masa anak-anak adalah masa aktif pertumbuhan dan perkembangan. Disamping itu berdampak pula terhadap pertumbuhan rahang, rahang tidak akan bertumbuh maksimal karena fungsi pengunyahan yang juga tidak maksimal, mengakibatkan  gigi-gigi permanen penggantinya kekurangan ruang sehingga  gigi berjejal, posisi gigi depan maju.

2. Fungsi bicara (fonetik)

Gigi berperan dalam pengucapan huruf-huruf tertentu seperti F,V,S,Z,Th. Ketika gigi, terutama gigi depan hilang/rusak berat maka pelafalan beberapa huruf akan kurang tepat (cedal).

3. Fungsi kecantikan (estetik)

Anak dengan gigi utuh dan rapi akan terlihat semakin cantik/tampan. Yang perlu dicermati adalah beban psikologis anak ketika teman-temannya mengolok  dengan sebutan ompong karena giginya gigis(rampant) dan tinggal akar.

4. Fungsi mempertahankan ruang dalam lengkung gigi  sebagai persiapan pertumbuhan gigi permanen sekaligus menentukan arah pertumbuhan gigi permanen. Gigi susu karena suatu sebab terpaksa dicabut sebelum waktunya, maka gigi yang terletak di depan/ belakangnya akan bergeser ke ruang bekas gigi yang dicabut, hal ini mengakibatkan gigi permanen kekurangan ruang untuk tumbuhnya kelak. Gigi permanen akan kehilangan penuntun arah, akibatnya gigi tumbuh dengan arah yang salah.

 

Beberapa kelainan gigi dan mulut yang sering terjadi :

1. Gigi berlubang (karies)

Proses terjadinya lubang pada gigi dipengaruhi oleh 4 faktor penyebab utama yangterjadi dalam waktu bersamaan. Faktor tersebut adalah :

  1. Kuman
  2. Sisa makanan
  3. Gigi, dengan bentuk anatomi yang berlekuk kadang-kadang sulit untuk dibersihkan secara sempurna.
  4. Waktu

Proses terjadinya karies dimulai dengan adanya plak pada permukaan gigi, dimana gula dari sisa makanan dan bakteri akan menempel pada waktu tertentu dan berubah menjadi asam laktat yang akan menurunkan pH mulut menjadi kritis dan menyebabkan demineralisasi email, yang akan berlanjut menjadi karies gigi.

Lubang pada gigi mempunyai kedalaman yang berbeda-beda yaitu :

  1. Lubang pada permukaan terluar (email) : biasanya belum menimbulkan rasa sakit
  2. Lubang pada permukaan kedua (dentin) : telah menimbulkan rasa sakit jika terkena makanan manis/minum dingin
  3. Lubang sampai ke syaraf gigi : tanpa ada rangsangan akan menimbulkan sakit berdenyut-denyut dan terus menerus

 

Karies gigi yang terjadi pada anak-anak atau balita dapat dijumpai berupa kerusakan gigi yang parah mengenai sebagian besar giginya. Itu biasanya, akibat pemberian susu atau cairan manis di dalam botol atau ASI yang terlalu lama menempel pada permukaan gigi serta makanan manis dan lengket lainnya. Kondisi yang memperparah terjadinya karies pada anak ini adalah karena ketidakpahaman orang tua terhadap penyebab utama terjadinya karies tersebut, dimana karies tersebut dipicu oleh pemberian larutan yang manis, seperti air susu, soft drink menggunakan botol, serta air susu ibu yang cara pemberian, frekuensi serta intensitasnya kurang tepat. Lamanya larutan tersebut berada di rongga mulut, seperti ketika anak tertidur sambil mengemut (mengedot) soft drink, air susu dalam botol ataupun air susu ibu lebih memeperparah terjadinya karies, bahkan dapat terjadi rampan karies pada gigi anak tersebut. Urutan kerusakan biasanya terjadi pada gigi seri atas, gigi geraham, dan gigi seri bawah. Karies yang terjadi pada gigi anak ini dapat menimbulkan rasa sakit/ nyeri, maka anak akan kehilangan selera makan dan kadang dapat terjadi demam serta proses mengunyah makanan akan terganggu, sehingga anak menjadi malas makan dan akhirnya menjadi kurus. Dalam hal ini, secara tidak lansung, karies pada anak akan mempengaruhi proses timbuh kembang dan pertumbuhan gigi permanen anak.
Usaha pencegahan karies pada anak harus dilakukan sedini mungkin, yakni ketika gigi susunya mulai tumbuh.

SOLUSI :

-menghilangkan plak (menyikat gigi dengan teratur setelah

makan dan sebelum tidur).

-mengurangi paparan asam terhadap gigi.

-meningkatkan daya tahan gigi (misalnya dengan penggunaan pasta gigi yang mengandung fluor, pemberian topikal aplikasi fluor).

-menurunkan jumlah kuman (misalnya dengan berkumur antiseptik).

-mengatur pola makan (mengurangi mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula).

-merubah kebiasaan minum susu dari botol ke minum dari gelas, dan jangan biarkan anak minum susu sambil tertidur.

-Kontrol ke drg setiap 3-6 bulan.

2. Bengkak pada gusi

Pembengkakan yang terjadi pada gusi dapat disebabkan adanya peradangan pada gigi maupun gusi. Infeksi yang terjadi pada gigi dapat menjalar pada gusi, yang bahkan dapat sampai ke pipi.

SOLUSI :

-dilakukan perawatan saraf gigi

-pemberian antibiotik dan anti bengkak

 

3. Warna putih pada lidah akibat air susu

Warna putih pada lidah sering dijumpai pada bayi yang minum susu. Sisa susu yang menempel pada lidah akan mengalami fermentasi sehingga merangsang untuk timbulnya jamur, hal ini dapat menimbulkan bau tidak sedap.

SOLUSI :

-lidah disikat menggunakan sikat lidah

-pemberian anti jamur

 

4. Kesundulan

Sepanjang hidup gigi mengalami 2 kali masa pertumbuhan, pertama adalah periode gigi susu dan kedua adalah periode gigi tetap. Terlihat tonjolan / warna putih pada gusi menunjukkan akan tumbuhnya gigi.

Perkiraan tumbuhnya gigi susu dan permanen rahang bawah

 

NAMA GIGI SUSU

NAMA GIGI PERMANEN

GIGI SUSU

USIA TUMBUH

GIGI PERMANEN

USIA TUMBUH

SERI 1

SERI 1

6 BULAN

6-7 TAHUN

SERI 2

SERI 2

7 BULAN

7-8 TAHUN

TARING

TARING

16 BULAN

9-10 TAHUN

GERAHAM 1

GERAHAM KECIL  1

12 BULAN

10-12 TAHUN

GERAHAM 2

GERAHAM KECIL 2

20 BULAN

11-12 TAHUN

 

GERAHAM 1

 

6-7 TAHUN

 

GERAHAM 2

 

11-13 TAHUN

 

Perkiraan tumbuhnya gigi susu dan permanen  rahang atas

 

NAMA GIGI SUSU

NAMA GIGI PERMANEN

GIGI SUSU     USIA TUMBUH

GIGI PERMANEN

USIA TUMBUH

SERI 1

SERI 1

7,5 BULAN

7-8 TAHUN

SERI 2

SERI 2

9 BULAN

8-9 TAHUN

TARING

TARING

18 BULAN

11-12 TAHUN

GERAHAM 1

GERAHAM KECIL 1

14 BULAN

10-11 TAHUN

GERAHAM 2

GERAHAM KECIL 2

24 BULAN

10-12 TAHUN

 

GERAHAM 1

 

6-7 TAHUN

 

GERAHAM 2

 

12-13 TAHUN

 

 

Gigi tidak tumbuh pada tempatnya akibat kesundulan

SOLUSI :

-secara teratur kontrol ke dokter gigi sehingga perkembangan

pertumbuhan gigi dapat diikuti.

-segera bawa ke dokter gigi ketika gigi susu mulai goyah untuk

dilakukan pencabutan.

 

KESIMPULAN

  1. Sedini mungkin perkenalkan dokter gigi kepada anak (sahabat anak) sehingga ketika anak membutuhkan perawatan gigi, mereka sudah tidak takut lagi.
  2. Lakukan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut di rumah secara rutin
  3. Terapkan pola makan sehat

Sumber


Baca Selengkapnya ....

Ini 10 Bahasa Asing yang Berguna Dipelajari

Posted by Tiket Kotu 0 komentar

Kemampuan belajar bahasa yang paling dasar adalah soal kebiasaan yang dibentuk oleh sedikit disiplin dan kesadaran diri.


Belajar bahasa asing kini menjadi tren tersendiri di Indonesia. Tak cukup hanya menguasai bahasa Inggris saja, banyak orang, dari anak-anak hingga dewasa mulai membekali diri dengan bahasa asing lain.

Bagi anda yang masih bingung mencari bahasa asing apa yang bisa menjadi pilihan untuk dipelajari, maka simak hasil survei yang dilakukan oleh CBI Education & Skills Survey 2012 terkait bahasa yang berguna untuk dipelajari.

Berikut 10 bahasa yang patut dipilih:

1. Jerman.

Di urutan pertama, tentu saja ada bahasa Jerman. Bahasa ini menjadi sangat penting karena banyaknya pelajar maupun mahasiswa yang memilih untuk belajar di negara ini. Selain biaya pendidikan yang murah, suasana beberapa kota yang ada di Jerman ini cukup mendukung. Tak hanya itu, negara ini juga banyak menawarkan beasiswa dan kesempatan magang bagi mahasiswa dari luar Jerman sehingga kemampuan bahasa Jerman tentu menjadi yang utama.

2. Bahasa Prancis.

Untuk bahasa yang satu ini tak perlu ditanya lagi, banyak orang kini memilih bahasa Prancis sebagai bahasa asing lain yang wajib dikuasai selain bahasa Inggris. Bahasa yang selalu disebut sebagai bahasa paling romantis di dunia ini sangat penting untuk dipelajari karena untuk melanjutkan studi di negara ini, kemampuan bahasa Prancis yang dimiliki harus memiliki level yang mumpuni, bahkan jika memungkinkan setara dengan penutur asli.

3. Bahasa Spanyol.

Bahasa yang satu ini tentu saja cukup populer di benua biru maupun di negeri Paman Sam. Bahkan, tak sedikit universitas di Eropa maupun Amerika yang memasukkan kemampuan bahasa Spanyol dalam persyaratan masuknya. Tak hanya sekadar bisa, calon mahasiswa harus mengantongi sertifikasi kemampuan berbahasa spanyol yang diakui secara internasional yaitu DELE.

4. Bahasa Mandarin.

Bahasa resmi yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat daratan China ini memang menjadi salah satu bahasa yang penting untuk dipelajari. Tak hanya di Indonesia, nyaris di seluruh dunia bahasa resmi negara yang memiliki rakyat terbesar di dunia dengan kehidupan ekonomi yang bergerak dinamis ini sudah dipelajari oleh anak-anak sejak usia dini. Biasanya, untuk sekolah-sekolah tertentu tak hanya mengajarkan bahasa Inggris saja tapi juga melengkapinya dengan bahasa Mandarin.

5. Bahasa Polandia.

Tentu tak pernah terbayangkan untuk mempelajari bahasa ini. Namun, sebagai salah satu negara yang tergabung dalam Uni Eropa ini, bahasa Polandia mulai menjadi bahasa yang patut dipelajari. Pasalnya, makin banyak mahasiswa asing yang kini berdatangan untuk menuntut ilmu ke negara ini.

6. Bahasa Arab.

Tak ada yang menyangkal pentingnya belajar bahasa Arab terutama untuk orang Indonesia. Tidak sekadar berguna untuk memperdalam ilmu agama, bahasa Arab ini juga berfungsi sebagai alat komunikasi untuk berdagang dan mengembangkan perekonomian. Selain itu, bahasa ini juga sangat membantu bagi orang yang datang untuk menunaikan ibadah haji atau umroh. Pasalnya, kerap kali terjadi salah paham karena penguasaan bahasa yang seadanya.

7. Bahasa Kanton.

Umumnya bahasa ini kerap digunakan di Hongkong. Namun orang-orang berbahasa kanton ini menyebar di berbagai belahan dunia dan kini tercata ada sekitar 70 juta penutur asli bahasa ini. Bahasa ini tentu saja menjadi salah satu bahasa yang penting dipelajari mengingat banyak orang dari mana saja termasuk Indonesia berkunjung ke Hongkong untuk menghabiskan waktu liburan dan berbelanja. Bahkan tidak sedikit juga yang memilih melanjutkan studi di negara ini.

8. Bahasa Rusia.

Siapa yang menyangka jika bahasa yang tampak rumit dengan bentuk huruf cyrillic-nya ini menjadi salah satu bahasa yang patut dipelajari di era modern ini. Meski masih banyak orang yang belum memiliki keberanian untuk menjamah negara yang merupakan pecahan Uni Soviet ini, kehidupan ekonominya berkembang dan menjadi salah satu negara eksportir yang tumbuh pesat. Tak hanya itu, dari segi pendidikan negara ini juga mulai menjadi sasaran mahasiswa yang ingin mengambil gelar master atau doktor.

9. Bahasa Jepang.

Sudah bukan rahasia jika, Jepang berhasil menarik perhatian orang di dunia termasuk Indonesia melalui bombardir budaya Jepang baik dari penyanyi Jepang, komik Jepang hingga tren berpakaian. Tentu tak puas hanya dengan tren berpakaian dan mengenal budaya saja, bahasa Jepang pun kemudian menjadi salah satu bahasa yang banyak diminati dan dipelajari. Terlepas dari tren dan budaya, bahasa Jepang ini dianggap penting karena perdagangan dan penelitian di Asia dipegang oleh negara sakura ini sehingga untuk berkomunikasi dengan masyarakatnya tentu harus mampu menguasai bahasa Jepang.

10. Bahasa Portugis.

Bahasa portugis yang tidak hanya digunakan di Portugal tapi juga sebagian Amerika Latin ini mulai dilirik. Hal ini tentu saja berkaitan dengan salah satu negara Amerika Latin yaitu Brazil yang akan menggelar hajatan akbar Piala Dunia pada 2014 dan Olimpiade Musim Panas pada 2016. Tidak hanya itu, Brazil kini juga menjadi salah satu negara yang masuk dalam enam besar kondisi ekonomi baik di dunia.



Baca Selengkapnya ....

Wow.. "Eyang Subur Akhirnya Muncul"

Posted by Tiket Kotu Senin, 01 April 2013 0 komentar

Setelah perseteruan dengan Adi Bing Slamet marak diberitakan, Eyang Subur seolah menghilang. Eyang Subur akhirnya muncul di perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar di rumahnya di kawasan Tanjungduren, Jakarta Barat 



Baca Selengkapnya ....

Singkirkan MU, Chelsea Tantang City di Semifinal

Posted by Tiket Kotu 0 komentar
Penyerang Chelsea, Demba Ba saat merayakan gol ke gawang Manchester United, pada partai ulangan babak perempat final Piala FA, Senin (1/4/2013). Chelsea melaju ke semifinal setelah sukses mengalahkan MU 1-0 pada laga tersebut.

LONDON,  Penyerang Demba Ba mencetak gol yang menentukan kemenangan Chelsea 1-0 atas Manchester United (MU) pada babak perempat final Piala FA di Stamford Bridge, Senin (1/4/2013). Berkat kemenangan itu, Chelsea melaju ke semifinal, di mana  Manchester City telah menanti.

Kedua tim memulai pertandingan dengan tempo lambat. MU yang pada laga ini tidak diperkuat Wayne Rooney, mengambil inisiatif untuk menyerang lebih dulu. Danny Welbeck, Tom Cleverley, dan Luis Nani beberapa kali mencoba membangun serangan dari sisi sayap lapangan.

Kubu tuan rumah sendiri terlihat sabar menunggu para pemain MU kehilangan bola. Sepanjang babak ini, skuad asuhan Rafael Benitez itu lebih banyak mengandalkan serangan balik dengan mengandalkan kecepatan Oscar, Eden Hazard dan Juan Mata di lini tengah.

Chelsea mendapatkan peluang lebih dulu melalui Demba Ba pada menit ke-30. Berawal dari serangan balik, Hazard memberikan umpan terobosan yang langsung dilanjutkan dengan tendangan keras Ba. Namun, bola tendangannya itu masih dapat ditepis David de Gea sehingga hanya menghasilkan sepak pojok.

Memasuki pertengahan babak pertama, giliran Chelsea yang mengendalikan tempo pertandingan. Sejumlah serangan MU pun terlihat kerap menemui jalan buntu karena barisan pertahanan Chelsea tampil cukup disiplin.

Peluang terbaik MU diperoleh Hernandez lima menit sebelum babak pertama usai. Berawal dari tendangan De Gea, Hernandez melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Akan tetapi, usahanya itu masih dapat digagalkan Petr Cech.

Selepas turun minum, Chelsea langsung tampil menyengat. Pertandingan baru berjalan empat menit, Ba sukses membuat pendukung tuan rumah bersorak setelah mampu mengubah skor 1-0 untuk Chelsea. Gol tersebut dibuatnya setelah memaksimalkan umpan lambung Mata.

Tertinggal, MU berusaha membalas. Pada menit ke-61, Hernandez mendapat kesempatan emas untuk menyamakan kedudukan. Namun, bola hasil sundulannya usai menerima umpan Welbeck masih dapat ditepis Cech dengan baik. Robin van Persie dan Ryan Giggs pun masuk untuk menambah daya gedor lini depan Setan Merah.

Dua menit berselang, giliran Chelsea yang memperoleh peluang emas. Tapi, upaya Mata yang mencoba melakukan tendangan keras dari dalam kotak penalti juga masih dapat digagalkan De Gea yang tampil baik sepanjang pertandingan ini.

Sepanjang pertengahan babak kedua, kedua tim bermain terbuka dan saling jual beli serangan. Chelsea lebih dulu mendapatkan serangan lewat Hazard, tapi masih dapat diblok barisan belakang MU. Sementara, Van Persie memperoleh kesempatan, tapi usahanya juga masih dapat digagalkan bek Chelsea.

MU terus berusaha menyamakan kedudukan hingga menit-menit akhir. Akan tetapi, sejumlah peluang yang diperoleh Van Persie dan kawan-kawan gagal dikonversikan menjadi gol karena barisan pertahanan Chelsea tampil cukup baik. Hingga wasit meniup peluit panjang skor 1-0 untuk tuan rumah tidak berubah.

Menurut catatan Soccernet, sepanjang pertandingan, Chelsea menguasai bola sebanyak 50 persen dan menciptakan delapan peluang emas dari 18 usaha. Adapun MU melepaskan tiga tembakan dari tujuh percobaan.

Susunan Pemain:
Chelsea:
1-Petr Cech, 2-Branislav Ivanovic, 3-Ashley Cole (34-Ryan Bertrand 21), 4-David Luiz, 28-Cesar Azpilicueta, 7-Ramires, 10-Juan Mata, 11-Oscar (13-Victor Moses 90), 12-John Mikel Obi, 17-Eden Hazard, 29-Demba Ba (9-Fernando Torres 90).
Pelatih: Rafael Benitez.

Man Utd: 1-David De Gea, 3-Patrice Evra, 4-Phil Jones, 5-Rio Ferdinand, 12-Chris Smalling, 7-Antonio Valencia, 16-Michael Carrick, 17-Nani (11-Ryan Giggs 65), 23-Tom Cleverley (20-Robin van Persie 61), 14-Javier Hernandez, 19-Danny Welbeck (18-Ashley Young 78).
Pelatih: Sir Alex Ferguson.

Wasit: Phil Dowd.


Baca Selengkapnya ....

Maunya Isteri

Posted by Tiket Kotu Minggu, 31 Maret 2013 0 komentar

Ternyata tulisan "Maunya Suami" mendapatkan respon yang luar biasa, setidaknya yang sharing via twitter dan facebook ribuan orang. Agar adil maka kemudian saya bertanya kepada istri, apa kira-kira maunya istri. Uraian berikut adalah maunya istri.

Sebagai istri, aku ingin kau benar-benar menjadi imam atau pemimpinku. Sebagai imam maka ilmumu, ibadahmu dan penghasilanmu tentu harus jauh lebih tinggi dibandingkan aku. Namun ketika mengejar itu, kau tak boleh melupakan aku dan anak-anak. Saat gelisah, aku tak ingin menunggu terlalu lama dipelukmu, karena itu benar-benar menenteramkan jiwaku. Aku ingin kau lebih sering bermain denganku dan anak-anak.

Suamiku, melihatmu menemani anak-anak belajar dan bercengkrama dengan mereka itu hal yang sangat berharga dalam hidupku. Candaanmu, keusilanmu itu sangat menghiburku dan membuat tak ada jarak antara dirimu dan buah hatimu. Kepedulianmu dengan saudara-saudaraku menjadikan aku yakin bahwa aku tidak salah memilih imam dalam keluargaku.

Sebagai istri, tugasku mendukungmu dan mengangkat derajat anak-anak. Oleh karena itu, jangan kau menuntut karirku dalam bisnis terlalu tinggi, karena itu menyiksaku. Pergi jauh dari rumah untuk urusan bisnis tanpamu itu sangat tidak nyaman bagiku. Ketahuilah, menjadi ibu dari anak-anak yang hebat itu lebih membahagiakanku.

Suamiku, aku tahu, bagimu menemaniku pergi ke pasar atau pusat perbelanjaan itu terkadang menyiksamu. Please, tetaplah menemaniku sebagai ganti karena kau tak selalu mengajakku saat kau berkelana menjelajah ke berbagai penjuru.

Mendengar maunya istri, aku hanya bisa berkata dalam hati, "Aku bukan lelaki sempurna, tetapi percayalah, aku akan terus berusaha menyempurnakan hidupku dan hidupmu serta mewujudkan apa maumu."

Salam SuksesMulia!

By
Sumber : http://www.jamilazzaini.com/maunya-istri/

Baca Selengkapnya ....

Maunya Suami .

Posted by Tiket Kotu 0 komentar


Illustrasi by: http://xoxohaneyko.blogspot.com

Setiap orang yang normal pasti ingin menikah dan punya anak. Setelah berkeluarga pasti masing-masing punya harapan dan kemauan. Sebagai suami, saya juga punya banyak maunya terhadap istri saya. Semoga ini bukan bentuk penindasan suami terhadap istri. Hehehe…

Saya maunya istri lebih banyak di rumah. Apakah tidak boleh bisnis atau bekerja? Boleh, tapi itu bukan prioritas. Waktunya lebih banyak untuk anak-anak dan berada di sisi saya saat saya di rumah. Bila mau bekerja atau bisnis silakan tapi di waktu-waktu sisa, bukan waktu yang utama. Tidak punya penghasilan dong? Tidak apa-apa semua kebutuhan dan permintaanmu saya penuhi.

Saya maunya istri mengembangkan kemampuannya dari rumah bukan dengan meninggalkan rumah. Saya tidak ingin istri saya terlalu lelah. Tugas menemani dan mendidik anak itu lebih penting dan memerlukan energi besar. Jangan kuras energimu, saya ingin kau selalu terlihat segar dan bugar.

Saya maunya istri itukonsultan buat saya. Saat saya ingin maju, ia mensupport dan mendorong saya. Saat saya alpa atau salah, ia yang meluruskan tanpa rasa takut sedikitpun. Saat saya membawa harta yang haram, ia menolak dan berani melawanku.

Saya maunya istri itu selalu menemani saya. Walau tak harus selalu bersama, ia selalu menemani lewat telepon dan BB. Rayuanmu, candaanmu itu selalu saya tunggu. Hati inipun terhibur saat kau kirim kata-kata "I Love You" atau "I Miss You". Ketenanganpun menjalar dalam hatiku saat kau bercerita tentang kegiatanmu.

Saya maunya istri itu penyambung silaturrahim. Ia selalu menjaga komunikasi dengan orang tua dan mertuaku. Ia selalu bercanda dengan saudaraku dan juga ipar-iparku. Bila orang tua, mertua dan para saudara serta ipar memerlukan bantuan dengan ringan tangan ia menawarkan diri untuk membantu.

Saya maunya istri itu sahabat abadi. Saya ingin selalu bersamanya di kehidupan dunia maupun setelah dunia. Oleh karena itu, semakin hari saya ingin kau selalu mengajakku untuk selalu mendekat kepada-Nya. Saya ingin selama-lamanya kau ada di hatiku, di dadaku dan juga di sebelahku.

Maaf istriku kalau saya banyak maunya padahal belum banyak yang bisa saya berikan kepadamu. Pokoke, I Love You…

Salam SuksesMulia!
By

Sumber : http://www.jamilazzaini.com/maunya-suami/

Baca Selengkapnya ....

Ingin Sehat dan Panjang Umur? Perbanyaklah Teman !

Posted by Tiket Kotu 0 komentar


Ilustrasi

Penderita kanker payudara, sebut saja Ny. S, usia masih muda. Usia 33 tahun, cantik, punya anak dua orang. Dirawat beberapa minggu yang lalu karena keluhan mual, muntah, lemah, tidak ada nafsu makan, dan tidak dapat tidur. Sebelum dirawat, penderita baru saja mendapatkan kemo terapi di suatu rumah sakit di luar kota.

Setelah 2-3 hari dirawat, saya  melihat belum banyak perubahan pada pasien. Keluhan-keluhannya seperti tidak  cepat membaik, dan suatu hal yang agak lain saya lihat adalah pasien ini seperti mengurung diri. Saya tidak melihat teman-temannya yang berkunjung, hanya ada keluarga dekat seperti suami, dan orang tuanya.

"Mana teman-temannya?" tanya saya suatu waktu saat visite.

"Ada lah Pak, tapi saya tidak memberitahu bahwa saya dirawat, bahkan teman-teman saya tidak ada yang tahu saya sakit begini, saya malu dan tidak percaya diri kalau mereka tahu dokter", jawab pasien.

"Ya, saya dapat memakluminya, ada beberapa pasien seperti itu, tetapi sampai kapan Anda bisa menutupinya, suatu saat mereka pasti tahu juga. Dan,  teman itu mempunyai pengaruh positif terhadap kesehatan kita. Hubungan-hubungan sehat yang Anda jalin dengan teman-teman Anda, apalagi pada waktu Anda sakit akan mambantu penyembuhan Anda", saya mencoba menjelaskan kepada pasien.

"Apa betul demikian dokter?" tanya pasien lagi.

Sebelum saya menjawab, setelah dia diam sebentar, kelihatan seperti menarik nafas dalam. "Barangkali dokter benar juga, toh saya sekarang tidak lebih baik, saya tidak punya teman untuk mengadu, mengeluh, saya tidak punya teman untuk dapat banyak bercerita tentang penyakit saya, kecemasan, kekhawatiran, ketakutan saya, dan dengan keadaan begini, saya sekarang malah merasa lebih tertekan dokter", sambung pasien.

Beberapa hari setelah itu, waktu visite, suasana di kamar pasien sudah mulai nampak berubah. Buah-buahan, bermacam makanan ringan kelihatan memenuhi mejamya, dan nampak juga beberapa buah karangan bunga di atasnya.

Melihat itu, secara spontan saya bertanya," kelihatannya lain sekarang?"

"Ya dokter, teman-teman sebagian sudah pada ke sini, ini semua dari mereka", urai pasien sambil senyum.

"Ya kan, teman itu menyembuhkan?"

"Ya dokter, saya merasa lebih lega sekarang, saya juga merasa lebih sehat. Saya sekarang punya banyak teman yang mau mendengar, tempat saya mengadu, mencurahkan isi hati, perasaan saya dokter."

Dari hari ke hari suasana di kamar itu saya lihat semakin berubah. Suara gelak, canda, dan tawa semakin riuh saya dengar. Perawat saya pun mulai mengeluh, "ramai sekali dok sekarang di sana, mereka tidak peduli lagi dengan jam kunjungan, jam viste pun masih banyak temannya yang berkunjung", ungkap salah seorang perawat itu. "Nggak apa-apa, biarkan saja, daripada dia tambah sakit kesepian, itu mungkin lebih baik untuk dia, teman-temannya itu dapat menjadi obat bagi dia", jawab saya.

Kemudian, waktu saya visite, memang beberapa temannya masih saya lihat di sana. Salah seorang temannya tampak lagi memijit pundaknya, yang satu lagi sedang mengupaskan apel untuknya, dan yang lain seperti mau menyuapkan oleh-oleh yang dibawanya.  Dalam hati saya bergumam......."hmmmm,  teman-temannya betul-betul menjadi obat baginya."

Tidak lama saya visite, saya tidak ingin mengganggu suasana seperti itu, saya yakin teman-temannya ini sekarang barangkali lebih berarti dibandingkan kunjungan saya. Apalagi, saya lihat pasien ini kelihatannya sudah jauh lebih baik, keluhan-keluhannya sudah membaik, nafsu makannya juga sudah pulih kembali dan tidur pun sudah enak.

Lalu, melihat apa yang dialami pasien ini, saya teringat beberapa penelitian terkait pengaruh hubungan positif antara teman, dan kesehatan seseorang. Teman tidak hanya memberikan efek postif penyembuhan, bahkan juga menurunkan angka kematian dan meningkatkan harapan hidup seseorang. Mempunyai teman dapat mengurangi stress, ketakutan, dan kecemasan. Dukungan sosial yang didapatkan dari teman, menurut penelitian dapat menurunkan debaran jantung, tekanan darah, dan memperbaiki imunitas seseorang.

Penelitian yang dilakukan di Swedia pada laki-laki paruh baya menunjukkan bahwa mempunyai sedikit teman atau tidak ada teman akrab,  dekat, meningkatkan risiko serangan jantun pertama kali sebesar 50 persen. Studi yang dilakukan di Buffalo, New York pada tahun 2009 mendapatkan bahwa mereka yang paling sedikit memperoleh dukungan sosial paling banyak menderita penyakit jantung, kecemasan, dan depresi. Penelitian pada penderita kanker payudara menunjukkan bahwa mereka yang mendapatkan dukungan sosial hidup dua kali lebih lama dibandingkan yang tidak.

Jadi, teman tidak hanya untuk sekedar bersenda gurau, bercanda, tetapi mempuyai pengaruh positif terhadap kesehatan fisik, emosional, dan bahkan spiritual. Dan seperti yang dialami pasien kanker di atas, teman dapat menyehatkan, membantu Anda menghadapi taruma seperti penyakit. Karena itu, perbanyaklah teman. Semakin banyak Anda mempunyainya, semakin dekat hubungan Anda, maka semakin besar pula dukungan yang akan Anda peroleh.

Penulis :
Dr. Irsyal Rusad. Sp.Pd
Sumber: kompas.com

Baca Selengkapnya ....

Perut Buncit? Jangan Salahkan Usia Anda

Posted by Tiket Kotu 0 komentar




Usia sering menjadi biang kerok sesuatu. Dengan alasan usia yang sudah tua, menjadi pembenaran bagi kita untuk hanya duduk di rumah, tak perlu lagi aktif bekerja. Umur juga sering jadi dalih untuk menerima begitu saja apa yang Anda anggap sewaktu masih muda sebagai penyakit. Setelah berangsur tua tidak demikian lagi. Anda sakit pinggang, sakit lutut, hipertensi, diabetes, jantung, dianggap normal bila keluhan penyakit itu muncul setelah Anda beranjak tua. Bahkan, karena usia dianggap sudah tua, sah-sah saja seseorang kemudian meninggal.

Perut buncit,  yang diketahui sebagai faktor risiko beberapa penyakit seperti hipertensi, jantung, stroke, diabetes mellitus, bahkan keganasan,  juga dianggap tidak bermasalah, normal-normal saja bila terjadi pada seseorang yang umurnya sudah beranjak tua. Padahal, pada anak-anak perut buncit sekarang bukanlah sesuatu yang aneh lagi. Dan lebih celaka lagi, banyak yang punya asumsi bahwa perut yang buncit itu dianggap sebagai sesuatu yang tak dapat dihindari, seiring bertambahnya usia mereka.

Sesuai fenomena di atas, banyak pasien saya yang menganggap dan menyalahkan perut mereka yang buncit itu akibat usia mereka yang semakin tua. Misalnya Tuan A. Laki-laki usia 52 tahun, datang konsultasi dengan keluhan dada panas dan perut menyesak, terutama setelah makan. Waktu saya beritahu bahwa keluhannya ada kaitannya dengan perutnya yang buncit itu, pasien seperti tidak percaya, dan merasa bahwa perutnya yang besar itu adalah normal karena usianya yang dia anggap sudah mulai tua.

Pasien lain, seorang wanita berusia 55 tahun dengan keluhan nyeri pada salah satu lututnya. Waktu saya jelaskan bahwa salah satu faktor risiko nyeri pada lututnya ada hubungan dengan kegemukan dan perutnya yang besar, juga beranggapan demikian. "Gimana lagi dokter,  umur saya kan sudah cukup tua", kata pasien

Seperti diketahui, umur memang merupakan salah satu faktor risiko terjadinya perut buncit. Semakin tua Anda, maka kemungkinan perut Anda semakin buncit kian besar pula. Mengapa hal ini bisa terjadi? Pertanyaan yang sering diajukan pasien saya. Salah satu penyebabnya adalah berkaitan dengan menurunnya tingkat metabolisme tubuh kita seiring dengan menuanya kita. Metabolisme yang menurun ini disebakan oleh berkurangnya massa otot, perubahan hormonal, dan kebutuhan kalori organ internal kita yang semakin menurun seiring dengan bertambahnya usai kita.

Perubahan hormonal yang terjadi ini, dapat meningkatkan risiko seseorang menjadi lebih gemuk. Penurunan hormon testosteron dan DHEA pada laki-laki, dan hormon estrogen pada wanita pada wanita dapat menurunkan massa otot dan penumpukan lemak di sekitar perut. Tetapi, itu tidak berarti bahwa kita tidak dapat mempertahan kebidupan yang sehat dan menjaga keseimbangan hormonal dengan semakin tuanya kita. Penelitian menunjukkan bahwa penurunan masaa otot akibat bertambahnya umur, sebagian besar dibawah kendali kita. Semakin sehat makanan kita, semakin sehat kita hidup, dan semakin sering kita bergerak, olahraga, maka semakin seimbang hormon dan semakin baik metabolisme tubuh kita.

Kemudian, umur hanyalah salah satu faktor risiko perut Anda semakin buncit. Massa otot yang semakin berkurang apalagi aktifitas fisik Anda juga semakin menurun dan asupan  makanan Anda sama saja atau bahkan lebih banyak lagi merupakan faktor penting bertambahnya tumpukan lemak di sekitar perut Anda. Massa otot yang berkurang menyebabkan metabolisme tubuh menurun. Penurunan ini akan mengurangi kebutuhan rata-rata kalori kita. Jadi, bila kita tetap makan dengan porsi yang sama, sementara kebutuhan kalorinya menurun, penumpukan lemak itu akan tetap terjadi. Karena itu, sangat penting mempertahankan massa otot walau usia Anda bertambah. Seperti diketahui, jaringan  otot membakar kalori 3 kali lebih banyak dibandingkan jaringan  lemak.

Lalu, karena umur itu tidak dapat dikendalikan, yang dapat kita lakukan adalah mengatur masukan kalori dan mempertahankan aktivitas fisik yang cukup. Jadi, agar penumpukan lemak itu tidak terjadi, maka  Anda harus mengurangi masukan kalori harian Anda atau menaikkan kalori keluarannya. Masukan kalori dapat dikurangi dengan mengurangi asupan makanan yang mengandung kalori tinggi seperti gula, karbohidrat olahan, lemak jenuh, dan memperkecil takaran piring Anda, serta sebaliknya  memilih makanan yang banyak mengandung serat, seperti sayuran dan buah-buahan.

Untuk meningkatkan keluaran kalori, dapat Anda lakukan dengan olahraga aerobik secara teratur, paling tidak 30-40 menit setiap hari, minimal 5 kali dalam seminggu. Dan, untuk meningkatkan massa otot Anda, lakukan olahraga peregangan, dan pembebanan ringan, 2-3 kali dalam seminggu. Insya Allah dengan memperhatikan asupan makanan Anda, olahraga yang Anda lakukan, ancaman perut buncit seiring dengan bertambahnya usia Anda, dapat dihindari.

Sumber: kompas.com

Baca Selengkapnya ....

Tiket

Popular Posts

LAYANAN TIKET PESAWAT MURAH support SENI BERBELANJA DI RUMAH - Original design by Bamz | Copyright of Berbagi Berita Terkini.