Sebelum Puasa, Mari Mendetoks Pikiran Agar Lebih Sehat

Posted by Unknown Selasa, 09 Juli 2013 0 komentar



(c) shutterstock.com

Sebentar lagi memasuki bulan puasa. Bulan di mana kita menahan hawa nafsu dan dengan khusyuk melakukan ibadah agar mendapat pahala yang barokah. Selain itu ibadah puasa akan lebih bermakna bila kita tak hanya menahan lapar, namun juga menjalaninya dengan hati yang tenang.

Nah untuk mencapai ketenangan tersebut, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan sebelum menjalankan ibadah puasa. Ibarat tubuh yang dibersihkan, batin dan pikiran kita juga memerlukan detoksifikasi diri agar tidak lagi terbebani dengan hal-hal yang mengurangi nilai spiritual puasa Anda.

Nah, agar lebih lega dan leluasa menjalankan puasa kali ini, coba lakukan beberapa detoksifikasi pikiran berikut ini.

Memaafkan dan Minta Maaf

Ada sebuah kekuatan yang sangat mengobati dari kata maaf. Mungkin sebuah luka tak akan sembuh begitu saja dengan kata maaf, namun setidaknya ada perasaan lega dan tenang dalam sebuah maaf.

Menghantui pikiran Anda dengan lari dari masalah dan dendam hanya akan membuat hidup Anda terganjal. Selesaikan urusan Anda dan saling bermaafan agar selama puasa nanti Anda tidak terganggu oleh pikiran negatif.

Menyelesaikan Masalah Hutang

Uang adalah hal yang sensitif dan bisa panjang urusannya kalau tidak lekas diselesaikan. Coba selesaikan masalah utang piutang Anda agar tak menjadi hal yang membayang-bayangi masa puasa Anda. Bilapun tak bisa melunasi sekarang, cobalah untuk membicarakannya dengan pihak yang bersangkutan agar tak menimbulkan prasangka buruk.

Uang juga merupakan perkara dunia yang bisa menyandung ibadah Anda. Bagaimanapun, kita harus bertanggung jawab pada setiap perbuatan, rejeki dan utang yang kita miliki.

Jujur Pada Perasaan Anda

Masih ada perasaan yang dipendam? Entah pada siapapun itu dalam hidup Anda. Mulailah puasa kali ini dengan tidak menyimpan beban dan rasa penasaran dalam batin Anda. Jujur mengungkapkan bisa membantu mendetoks pikiran kurang baik dalam hidup Anda.

Misalnya selama ini Anda bermasalah dengan keluarga. Coba komunikasikan dengan cara yang lebih respek dan tidak menyudutkan. Usai membicarakan masalah tersebut dan menemukan kesepakatan, kembali pada poin pertama untuk saling memaafkan.

Esensi dari mendetoks diri sebelum berpuasa adalah untuk menyiapkan batin kita dari beban dan perasaan-perasaan kurang baik yang menghantui pikiran. Lakukan ketiga detoksifikasi pikiran di atas agar saat puasa nanti, banyak hal baik yang bisa terserap ke dalam diri kita. Selamat menjalankan ibadah puasa.

Sumber: vemale.com

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Sebelum Puasa, Mari Mendetoks Pikiran Agar Lebih Sehat
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://sebarberitabaru.blogspot.com/2013/07/sebelum-puasa-mari-mendetoks-pikiran.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Tiket

Popular Posts

LAYANAN TIKET PESAWAT MURAH support SENI BERBELANJA DI RUMAH - Original design by Bamz | Copyright of Berbagi Berita Terkini.