Kondisi Kuku Cerminkan Kesehatan Tubuh

Posted by Unknown Selasa, 17 September 2013 1 komentar

Kuku bisa menjadi pertanda kesehatan tubuh Anda

Jika mata sering diibaratkan sebagai "jendela jiwa", maka kuku bisa menjadi jendela untuk melihat status kesehatan seseorang. Hal ini karena perubahan pada kuku bisa disebabkan oleh penyakit tertentu.

Beberapa penyakit yang bisa berpengaruh pada kondisi kuku misalnya sindrom kuku kuning (yellow nail syndrome). Kuku akan tampak menebal dan pertumbuhannya lambat. Biasanya dikaitkan dengan penyakit pernapasan.

Sementara itu, jika kuku berwarna kuning, tetapi pertumbuhannya normal, itu bisa menjadi tanda diabetes. Itu karena diabetes dapat menyebabkan glukosa, menyebabkan tumpukan protein kolagen di kuku sehingga kuku tampak kuning. Jika kuku Anda berwarna kuning dan terjadi gejala diabetes lainnya, seperti peningkatan rasa haus atau buang air kecil, segeralah berkonsultasi dan cek kadar gula darah Anda.

Gejala lain dari masalah yang lebih besar? Kuku sendok, di mana kuku mencekung dan muncul jauh dari jari. Anda bahkan sampai bisa menempatkan setetes cairan dalam kuku Anda. Hal ini dapat dihubungkan dengan anemia defisiensi besi, hipotiroidisme, atau penyakit hati.

Yang cukup menarik, ada beberapa perubahan kuku yang juga dapat menjadi tanda masalah kardiovaskular. Pendarahan pecah atau garis merah dan coklat di bawah kuku Anda bisa menjadi tanda infeksi katup jantung.

Kondisi lain yang sering kita temui adalah bercak putih pada kuku. Sebagian orang percaya bercak putih yang ada pada kuku adalah tanda kekurangan kalsium dan berarti Anda perlu minum lebih banyak susu.

Tetapi, hal itu tidak selamanya benar. Bercak putih pada kuku umumnya berhubungan dengan luka masa lalu pada kuku yang baru diketahui kemudian. Namun, terkadang bercak tersebut dapat juga disebabkan dari reaksi alergi terhadap cat kuku atau infeksi ringan.

Masalah lain yang umum pada kuku, yaitu kuku rapuh, yang merupakan gejala umum dari penuaan. Jika masih muda, maka kuku rapuh bisa merupakan gejala dari masalah sederhana, seperti kuku yang terlalu lama terkena sabun atau air, atau sesuatu yang lebih serius.

Kuncinya adalah untuk melihat segala perubahan lain pada kuku Anda setiap waktu, terutama ketebalan kuku dan ada tidaknya perubahan warna. Jangan ragu untuk memeriksakan diri karena cukup banyak dokter kulit yang mengatakan mereka mendapati pasien penyakit kulit, seperti psoriasis, mengalami perubahan pada kuku.

Untuk mendapatkan kesehatan kuku yang baik, Anda sebaiknya rajin menjaga kebersihan kuku, mulai dari memotong dan merawatnya secara teratur.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Kondisi Kuku Cerminkan Kesehatan Tubuh
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://sebarberitabaru.blogspot.com/2013/09/kondisi-kuku-cerminkan-kesehatan-tubuh.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

Laci Kasir mengatakan...

wihh.. keren juga yah, ternyata kuku bisa jadi indikator buat tubuh kita.. luar biasa ciptaan tuhan..

Posting Komentar

Tiket

Popular Posts

LAYANAN TIKET PESAWAT MURAH support SENI BERBELANJA DI RUMAH - Original design by Bamz | Copyright of Berbagi Berita Terkini.