Hindari Sayur Bayam yang Sudah Menghitam

Posted by Unknown Rabu, 29 Mei 2013 0 komentar
Jika sayur bayam sudah mulai menghitam, sebaiknya jangan lagi menyantapnya.

Sayuran hijau memang terbukti memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Sayuran hijau mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat yang tinggi. Sayuran menyumbang antioksidan, dan membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Namun, tahukah Anda bahwa ada jenis sayuran yang ternyata berbahaya jika dikonsumsi setelah lama dimasak? Sayuran ini adalah bayam.

"Banyak orangtua yang mengatakan untuk tidak makan sayur bayam kalau sudah lama dimasak (lebih dari empat jam), karena bisa berbahaya untuk kesehatan," jelas dr Eva Kurniawati, ahli gizi dari RSCM kepada Kompas Female, saat peluncuran bakery di Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Selain tidak boleh dimakan dalam jangka waktu lama setelah dimasak, sayur bayam juga tidak boleh dimakan jika sudah dipanaskan berulang-ulang. Bahaya sayur bayam terjadi karena adanya proses oksidasi yang terjadi antara udara dan bayam. Sayur bayam merupakan sumber zat besi yang tinggi untuk tubuh, namun ketika terlalu banyak bereaksi dengan udara, zat besi akan berubah menjadi senyawa Ferro. Jika zat besi ini bermanfaat untuk tubuh, maka zat ferro ini bersifat racun (oksidan) bagi tubuh. "Kita makan sayur agar sayur bisa menjadi antioksidan, tapi ketika makan sayur bayam yang sudah teroksidasi sama saja kita memasukkan racun ke dalam tubuh," katanya.

Selain itu, bayam juga mengandung senyawa nitrat (NO3) yang ketika teroksidasi akan berubah menjadi nitrit (NO2) yang juga bersifat racun. "Tidak ada batasan waktu yang pasti tentang berapa waktu yang aman untuk menyantap sayur bayam. Hanya saja, tanda sayur ini tak layak dikonsumsi lagi adalah saat sayur yang tadinya berwarna hijau sudah berubah menjadi hitam," tambah Eva.

Eva menambahkan bahwa, sebenarnya dalam proses pemasakan awal dan pendinginan sayur (sekalipun ditutup), proses oksidasi sudah mulai terjadi. Maka perlahan-lahan, daun sayur ini akan berubah menjadi kehitaman dalam waktu antara 4-5 jam setelah dimasak. Hanya saja, bahaya menyantap sayur bayam yang sudah teroksidasi ini tidak akan langsung terasa. Namun, berbagai residu ini akan menumpuk dalam tubuh dan penyakitnya baru akan muncul setelah beberapa lama. Salah satu hal yang paling berbahaya adalah penyakit Sianosis (ketidakmampuan hemoglobin untuk mengikat oksigen, sehingga seluruh jaringan tubuh akan terasa lemas karena kekurangan oksigen).

"Maka kalau ingin masak sayur, terutama sayur bayam ada baiknya untuk masak hanya dengan ukuran sekali makan," sarannya.

Sumber: kompas.com

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Hindari Sayur Bayam yang Sudah Menghitam
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://sebarberitabaru.blogspot.com/2013/05/hindari-sayur-bayam-yang-sudah-menghitam.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Tiket

Popular Posts

LAYANAN TIKET PESAWAT MURAH support SENI BERBELANJA DI RUMAH - Original design by Bamz | Copyright of Berbagi Berita Terkini.