Trik Agar Bisa Makan Banyak dan Tetap Sehat Saat Lebaran

Posted by Unknown Jumat, 09 Agustus 2013 0 komentar
Trik Agar Bisa Makan Banyak dan Tetap Sehat Saat Lebaran
(Liputan6 TV)

Godaan makan di saat lebaran memang sulit dihindarkan. Sajian yang banyak membuat ngiler, tapi bila dituruti takut sakit. Bagaimana caranya agar tetap bisa makan banyak tetapi juga sehat?

Jangan khawatir, Ada beberapa trik yang disampaikan oleh Ketua Yayasan Gema Sadar Gizi yang juga Pengurus PDGKI Dr. Tirta Prawita Sari, MSc, Sp. GK saat diwawancari Liputan6.com beberapa waktu lalu. Berikut caranya:

1. Tetap olahraga

"Saran saya, bila lebaran kita tahu akan makan banyak, pastikan Anda tetap beraktivitas dan berolahraga. Sisihkan waktu setidaknya 40 menit hingga 1 jam untuk latihan aerobik atau olahraga lainnya yang bisa membakar lemak di tubuh," kata Tirta ketika diwawancari Liputan6.com beberapa waktu lalu di kantor IDI, Jakarta dan ditulis Kamis (8/8/2013).

2. Minum air putih yang banyak

"Pastikan minum air putih yang banyak setiap kali Anda makan. Kurangi minum-minuman yang manis apalagi soda. Saya masih membolehkan minum teh tawar. Itu pun harus disertai air putih kembali," jelasnya.

3. Makan sedikit-sedikit

Tirta menyampaikan, jika Anda ingin makan terus menerus, pastikan mengambil porsi yang kecil dan makan sedikit-sedikit.

"Karena kita tahu, Anda akan makan 2-3 jam lagi, maka makan pagi harus dibagi menjadi 3-4 kali," ujarnya.

Tirta menyontohkan, misalkan biasanya Anda makan pagi dengan satu ketupat, satu potong rendang dan satu potong opor ayam. Bagi makanan menjadi seperempatnya.

Jadi jika Anda ingin makan dua jam lagi, maka pada pagi harinya seusai salat Ied, Anda hanya boleh makan seperempat ketupat, seperempat rendang dan seperempat opor ayam.

Hal ini juga untuk mencegah perut yang kepenuhan makanan. Nanti ketika pukul 9 atau 10 Anda ingin makan lagi, maka Anda boleh ambil porsi sisanya. Begitu seterusnya. Sehingga Anda masih boleh makan satu porsi di pagi hari.

4. Perbanyak makanan sayur dan buah

Karena banyak makanan berlemak di saat lebaran, pastikan untuk tetap makan sayur dan buah. KArena serat dalam sayura dan buah akan membantu sistem pencernaan bekerja dengan baik. "Usahakan makan buah-buahan yang segar. Karena ini lebih baik dibandingkan jus buah. Jus bisa menghilangkan serat alami dalam buah".

Sumber: liputan6.com

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Trik Agar Bisa Makan Banyak dan Tetap Sehat Saat Lebaran
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://sebarberitabaru.blogspot.com/2013/08/trik-agar-bisa-makan-banyak-dan-tetap.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Tiket

Popular Posts

LAYANAN TIKET PESAWAT MURAH support SENI BERBELANJA DI RUMAH - Original design by Bamz | Copyright of Berbagi Berita Terkini.